Sistem Operasi - Multimedia

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PELATIHAN VIDEO EDITING UNTUK PROMOSI PRODUK UKM
Advertisements

OPERASI DASAR PERALATAN KOMPUTER
Video • Video menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.
PENGENALAN KOMPUTER Pengertian Komputer
Mengenal Komputer.
PUSAT KOMUNITAS KREATIF
SISTEM OPERASI BAB IV Topik Bahasan :
Dasar-dasar multimedia
Komponen Sistem Teknologi Informasi
MULTIMEDIA.
Unsur-unsur Komputer Aplikasi Komputer 1.
MULTIMEDIA.
SOFTWARE Perangkat lunak.
Pertemuan 10 Software (Perangkat Lunak)
Pertemuan 1 Pengenalan Multimedia
PERANGKAT KERAS (HARDWARE) DAN PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Mengoperasikan PC Stand Alone
Pemrograman Multimedia
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF
Pengantar TI 2015/2016 PENGANTAR MULTIMEDIA.
Pertemuan I Multimedia (Teori)
DESAIN GRAFIS (CITRA BITMAP DAN VEKTOR)
Sistem Komputer D. SINAGA, M.KOM.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA
PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A
MY FLASH MULTIMEDIA & KONVERSI
Dosen : Bella Hardiyana S. Kom
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
Sejarah Multimedia TRI SURATNO, S.KOM.,M.KOM.
PELATIHAN PEMASARAN ONLINE PRODUK UKM BERBASIS MULTIMEDIA
Pengenalan multimedia
KOMPUTER ANIMASI & PRODUKSI MULTIMEDIA
MULTIMEDIA Pert. 1.
Pengantar Teknik Elektro
Sistem Multimedia Pertemuan ke-2.
DASAR DASAR MULTIMEDIA
MULTIMEDIA Loading … masuk keluar.
Pengantar Teknologi informasi (TIF1101/SIF1101)
SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)
Operasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi
PENGENALAN KONSEP DASAR KOMPUTER BERUPA HARDWARE (PERANGKAT KERAS ) DAN SOFTWARE ( PERANGKAT LUNAK ) NABILLA AGUSHINTA.
PERANGKAT MULTIMEDIA.
Perangkat Lunak (Software) Komputer
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ( SMKN 1 ) 2008
TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
PELATIHAN VIDEO EDITING UNTUK PROMOSI PRODUK UKM
Application Software & System Software
Pertanyaan: Seberapa Jauh multimedia Interaktif yang dilakukan dalam pembelajaran (langsung/tidak langsung) (Ghoza) Pak Sidik Ariya Bagaimanakah peranan.
Pertemuan I Pengenalan Komputer 9/8/
REVIEW MATERI TIK X GANJIL 2011
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER PRINGSEWU
SISTEM KOMPUTER.
Pengantar Aplikasi Komputer
MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SOFTWARE DAN HARDWARE
Sekilas Tentang Komputer
Perangkat Lunak Komputer Created by: Kusnul Kotimah.
Disusun Oleh : Tutuk Jatmiko,SPd SMK Ibrahimy Panji Kab. Situbondo – Jawa Timur.
Pengantar Multimedia Tujuan Khusus Pelatihan :
This presentation uses a free template provided by FPPT.com ETIMOLOGI MULTIMEDIA Oleh : Putrie Fortuna RGP.
ASSALAMU’ALAIKUM WR.WB TIK.MM Memilih dan memakai Software dan Hardware untuk Multimedia.
Perkembangan Multimedia Masa Depan
tujuan Mahasiswa memahami defenisi dari multimedia
UNIT 4: PEMPROSESAN PERKATAAN
Pemrograman Multimedia
PERANGKAT KERAS (HARDWARE) TIK
UNIT 2: PENGENALAN KOMPUTER DAN SISTEM OPERASI KOMPUTER
Pemrograman Multimedia Dede heru. s.kom. OVERVIEW Position : Contact Address: Phone: - Handphone : dedeheru Homepage:
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ICT Heri Cahyono.
Hari 1 - Remediasi PENGENALAN KOMPUTER.
Mahasiswa memahami defenisi dari multimedia Mahasiswa mengetahui perkembangan terkini dari multimedia Mahasiswa mengetahui manfaat teknologi multimedia.
Transcript presentasi:

Sistem Operasi - Multimedia

Tujuan Mahasiswa memahami defenisi dari multimedia Mahasiswa mengetahui perkembangan terkini dari multimedia Mahasiswa mengetahui manfaat teknologi multimedia Mahasiswa mengetahui peluang dalam industry multimedia

Mengapa Multimedia Menurut Riset Computer Technology Research (CTR) Manusia mampu mengingat 20 % dari apa yang dia lihat Manusia mampu mengingat 30% dari yang dia dengar Manusia mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat Manusia mampu mengingat 70% dari yang dia lihat, didengar dan dilakukan

Definisi Multimedia menurut wikipedia.org: “Multimedia is the use of several different media to convey information (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity)”.

History Multimedia Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM CD-ROM pada waktu itu dijadikan standard dikarenakan dahulu multimedia sebatas hanya kemampuan komputer untuk menampilkan video melalui sebuah CD-ROM saja

Jenis Multimedia Multimedia, yang juga banyak dikenal dengan istilah many-media, secara sederhana dihubungkan dengan utilisasi (pendaya-gunaan) dari media atau kombinasi dari media-media yang tepat untuk topik tertentu dalam rangka untuk memaksimalkan kelancaran komunikasi. Pada perkembangannya Multimedia dibagi atas dua jenis yaitu Multimedia Linier Multimedia Interaktif.

Manfaat Multimedia Multimedia dapat digunakan dalam: Bidang periklanan yang efektif dan interaktif Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif

Pengaruh Multimedia Multimedia merupakan media interaktif yang sangat ampuh mempengaruhi manusia. Dalam hal ini multimedia mampu: Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting! Mengubah cara belanja. Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya. Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.

Lanjutan Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan computer multimedia, belajar online, menggunakan e-book. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.

Perangkat Lunak Mutimedia Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam data processing system, berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya system multimedia. Perangkat lunak ini digologkan menjadi tiga bagian, yaitu Bahasa pemrograman multimedia, Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, Visual Basic, Flash Programmer dan Java. Perangkat lunak system multimedia Perangkat ini terdiri dari system operasi (operating system) misalnya DOS (Disc Operating System), Windows 95/98/ME, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux dan Mac OS. Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) seperti aplikasi anti virus. Perangkat lunak aplikasi multimedia.

Perangkat lunak aplikasi multimedia Perangkat Pengolah Teks Perangkat Lunak pengolah Animasi dan Grafik 2D Aplikasi Pengolah grafik 2D dibagi menjadi : Grafik 2D Vektor misalnya corel draw, macromedia freehand, adobe illustrator, open draw dll Grafik 2D Raster, misalnya : Adobe Photoshop, Jast Paint shop pro, Gimp dll. Animasi, misalnya : Macromedia Flash, Adobe Image Ready dll. Perangkat Lunak pengolah Animasi dan Modelling Grafik 3D Contoh aplikasi animasi dan modeling 3D, (3D studio maks, blender, maya, Softimage, Lighware dll.) Perangkat Lunak Authoring Multimedia Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web

Sistem Multimedia Sebuah sistem multimedia adalah suatu sistem yang mendukung lebih dari satu media. Suatu sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia jika terdapat: Kombinasi Media Independence 3. Computer-supported Integration

Beberapa alat yg digunakan dalam multimedia Keyboard PC units Notebook CD Mikropon Speaker Monitor Scanner Printer Kamera digital Video cassete recorder Tape recorder Mouse dsb

Pembagian Sistem Multimedia Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi: 1. Sistem Multimedia Stand Alone Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard. 2. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar.