Basic Design Principles Brent Fox - Sugiyanto Basic Design Principles
Basic Design Principles Back to Basic Memperlakukan gambar dan teks sebagai elemen desain Warna bisa menjadi alat desain yang kuat Warna dikaitkan dengan emosi Warna harmonis terlihat baik bersama-sama, mecakup warna yang mirip satu sama lain Warna komplementer dua warna berlawanan satu sama lain dalam roda warna
Basic Design Principles Warna harmonis didapatkan dg cara meletakan segitiga, persegi atau persegi panjang dalam roda warna Jika dicampurkan abu-abu netral Warna preference terikat fungsi mata, subyektif
Basic Design Principles Warna memiliki kekuatan visual antar satu dengan yang lain Kuning, merah dan orang lebih kuat dari warna pada sisi yg berlawanan Warna kuning lebih kuat Warna seimbang
Basic Design Principles Warna Hangat : kuning, merah, orange bahagia, gembira, dll Warna dingin : purple, biru, hijau tenang Dingin, sangat tenang Hangat, ceria
Basic Design Principles Warna pada monitor dan TV RGB Intensitas tinggi putih, rendah hitam Warna Digital : RGB, CMYK, HSB, Pantone Terdapat warna cahaya yang tidak dapat diproduksi dalam pencetakan
Basic Design Principles CMYK warna cetak Mencampur warna cmyk mendapatkan warna lebih gelap Pada hasil cetak terdapat dot pola Kemampuan hasil cetak ditentukan nilai dpi
Basic Design Principles HSB Hue Saturation Brightness Hue warna merah ke biru Saturation kekuatan warna, rendah Abu-abu, tinggi full color Brightness rendah hitam, tinggi putih
Basic Design Principles Organisasi Visual Elemen merata dan selaras Jarak visual tidak selalu sama dengan jarak fisik Obyek lingkaran lebih dekat dengan obyek persegi
Basic Design Principles Kesatuan dan Variasi Kesatuan mengulang elemen visual : warna, bentuk, ukuran Warna Gunakan warna yang konsisten diseluruh interface Bentuk lingkaran, gunakan bentuk melengkung pada seluruh desain Variasi Untuk menciptakan minat visual Misal : beda ukuran, warna Bentuk persegi, mengatur sudut yang berbeda
Basic Design Principles Ruang Negatif Ruang negatif ruang kosong didaerah sekitar obyek, bentuk latar belakang Gerakan Gambar statis-tanpa animasi-bisa menuturkan perasaan gerak Lebih banyak ruang visual dan obyek miring memberikan kekuatan rasa gerak (kecepatan)
Basic Design Principles Gerak stabil berasal dari garis yang vertikal atau horisontal. Gerakan Mata Mengacu pada urutan tampilan image
Basic Design Principles Balance dan Weight Bentuk dan obyek dalam setiap gambar memiliki berat visual Perhatikan tata letak keseluruhan dan kontrol berat visual didistribusikan
Basic Design Principles Berat visual dipengaruhi : warna, ukuran dan bentuk obyek Keseimbangan formal (simetris) menarik garis bawah ke tengah layar, mirrorred object, tidak perlu sama, serupa dalam ukuran, bentuk dan warna Keseimbangan informal (asimetris) jika membagi layar, besar item tidak sama, ukuran bukan satu-satunya atribut untuk keseimbangan desain. Perlu perencanaan dan ketrampilan, lebih menarik secara visual
Basic Design Principles Bilangan Ganjil Jumlah obyek yang ganjil lebih menarik, karena tidak memiliki obyek pusat Jumlah 3-5 obyek lebih menarik secara visual
Basic Design Principles Pembagian Gambar Pembagian merata, atau 2/3 dari tampilan Perpotongan Obyek Tidak tampak terjadi kesalahan Perhatikan alignment