Dr. Rick Griffith • Singapore Bible College • BibleStudyDownloads.org

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Lesson 1 for April 5, Yesus dan para rasul hidup pada abad ke-1. Ada beberapa jenis hukum yang mengatur bangsa Yahudi pada saat itu: 1.Hukum manusia:
Advertisements

ANAK Lesson 2 for July 12, 2014.
BAGAIMANA SUPAYA DISELAMATKAN
MATERI KAM - GPIB JEMAAT IMMANUEL BEKASI 04 OKTOBER 2010
Dr. Rick Griffith, Singapore Bible College
Acrostic Bible – 2 John Dr. Rick Griffith, Singapore Bible College 2 YOHANES Ayat 1 – 3 Cinta pada wanita 4 – 6 Peringatan untuk mengasihi sesama 7 – 11.
YUDAS Kelas Alkitab Malam GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI
14 MEI GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI Oleh : Pdt. A. Letlora
Serial Tokoh Alkitab SILAS
Barnabas, uskup di Heraclea Phygellus, uskup di Efesus.
MENANG ATAS PENCOBAAN.
Injil Lukas Pendahuluan Daftar isi. Injil Lukas Pendahuluan Daftar isi.
HERMOGENES, DEMAS DAN APELLES.
KEDATANGAN YESUS Lesson 1 for April 4, 2015.
BAPTISAN DAN PENCOBAAN
Siapakah Yesus? Who Jesus is?. Tiap orang harus tahu, Tiap orang harus tahu Tiap orang harus tahu, Siapakah Yesus? Ev’rybody ought to know, Ev’rybody.
SIAPAKAH YESUS KRISTUS?
PAULUS: RASUL UNTUK BANGSA LAIN
DARI BUDAK MENJADI AHLI WARIS
OTORITAS PAULUS DAN INJIL
Dr. Rick Griffith • Singapore Bible College • BibleStudyDownloads.org
ALLAH KASIH KARUNIA DAN PENGHAKIMAN
Banyak Jalan atau Satu Jalan?
Dr. Rick Griffith, Singapore Bible College
JALAN MENUJU IMAN Lesson 7 for August 12, 2017.
Dr. Rick Griffith • Singapore Bible College • BibleStudyDownloads.org
Kebangkitan dan Transformasi
MELESTARIKAN HUBUNGAN
GEREJA: BERBAGAI UPACARA DAN RITUAL
Oleh: Khoerul Anwar TH a.
SAKRAMEN (Pertemuan keempat)
JANJI BAGI YANG TERANIAYA
INJIL DATANG KE TESALONIKA
YESUS KRISTUS, Tuhan dan Manusia
Membawa Kabar Baik.
YANG MENINGGAL DALAM KRISTUS
KEMENANGAN ATAS KUASA-KUASA JAHAT
PAULUS kaderisasi penggerak kerasulan kitab suci
BERSUKACITA DAN BERSYUKUR
Hidup & Beruntungan Kematian & Kecelakan
Lesson 8 for August 23, “Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam.
ANAK-ANAK PERJANJIAN Lesson 10 for December 9, 2017.
SIAPAKAH MANUSIA DALAM ROMA 7?
Berasal dari bahasa Arab Dari 2 kata AL Dan Kitab AL : kata sandang atau tambahan Kitab : Buku/Kitab Jadi Alkitab : Buku itu / Buku / Kitab Bahasa.
Andreas umbu manja Tirsa greis longdong Yosua mahardhika jaya
PENATALAYANAN SETELAH EDEN
TAHANAN DI KAISAREA Lesson 12 for September 22, 2018.
PENAHANAN DI YERUSALEM
KAMU AKAN MENJADI SAKSIKU
KUNCI KEPADA PERSATUAN
PERTOBATAN PAULUS Lesson 5 for August 4, 2018.
MUSYAWARAH YERUSALEM Lesson 8 for August 25, 2018.
PELAYANAN PETRUS Lesson 6 for August 11, 2018.
PERJALANAN MISIONARIS PAULUS YANG PERTAMA
PARA PEMIMPIN GEREJA MULA-MULA
BAB VI YESUS KRISTUS PEJUANG KERAJAAN ALLAH
PENTAKOSTA Lesson 2 for July 14, 2018.
SAMBUTAN KASIH Lesson 10 for June 9, 2012.
KEHIDUPAN DALAM GEREJA MULA-MULA
DIPERSATUKAN DENGAN YESUS
PERSATUAN DALAM IBADAH
PERSATUAN DALAM IMAN Lesson 8 for November 24, 2018.
Hukum ALLAH. Hukum ALLAH Waktu ALLAH menyampaikan hukum di atas Bukit Sinai, Allah tidak hanya menyatakan diri-Nya sendiri sebagai penguasa tertinggi.
PERSATUAN DAN HUBUNGAN YANG RUSAK
Injil Dari Patmos Lesson 1 for January 5, 2019.
BUKTI YANG PALING MEYAKINKAN
YESUS MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH
“.... Sebab sebentar lagi akan datang keselamatan yang dari Pada-Ku” (Yes 56:1-8) “....sesungguhnya, seorang raja akan memerintah menurut kebenaran...”
1.Pembenaran oleh iman. Roma 5: Kasih Allah bagi orang berdosa. Roma 5: Dosa masuk ke dunia. Roma 5:12. 4.Hukum dan dosa. Roma 5:13-14,
Materi Purity Topik 2.
Transcript presentasi:

Dr. Rick Griffith • Singapore Bible College • BibleStudyDownloads.org Perjanjian Baru Dr. Rick Griffith • Singapore Bible College • BibleStudyDownloads.org

48 Injil Yohanes Matius Markus Lukas Kata “Injil" berasal dari bahasa Inggris lama yang berarti “Perkataan Tuhan." Dan kata itu diambil dari terjemahan bahasa Yunani “kabar baik." Salah satu penggunaan kata ini di masa lalu adalah dalam pernyataan raja, yang mengumumkan “kabar sukacita” akan hari kelahiran raja sepanjang jalan di kota-kota Inilah maksud dari Perjanjian Baru kita. Keempat Injil itu berbicara kabar sukacita tentang Yesus. Dunia masa lalu telah mengenal sejarah, puisi, nubuat dan surat-surat. Tetapi sebuah “kabar baik” adalah baru bagi mereka. Disini, penulis terinspirasi untuk tidak hanya mengerjakan hal yang berhubungan dengan sejarah secara lengkap. Mereka juga ingin menciptakan iman (lihat Yoh. 20:30-31). Mereka juga mengumumkan berita baik bahwa, sebagaimana janji yang ada dalam Perjanjian Lama, Tuhan telh mengutus seorang Penebus, Yeus, ke dunia.

Matius Markus Lukas Yohanes 48 Injil Mengapa ada empat Injil? Mungkin untuk alasan yang sama perbedaan pemahaman seperti pemotongan bagian per bagian terbaik dari perhiasan akan menunjukkan perbedaan orang. Matius menjelaskan satu bagian dari hidup Yesus, Markus yang lain dan Lukas yang ketiga Ada tiga Injil yang memilikibanyak kemiripan yang disebut Sipnosis (“melihat dengan," or “lihat seperti") Injil. Mereka melihat kehidupan Yesus dari sudut pandang sejarah. Dengan kata lain, Injil Yohanes lebih cenderung ke dalam makna dari hidup dan pengajaran Yesus.

Injil Sipnosis 49 Perbandingan dalam keempat Injil menunjukkan bahwa Matius, Markus dan Lukas dicermati memiliki kesamaan, sementara Yohanes memiliki perbedaan Bagian pertama dari Injil setuju dalam bahasa, dalam bahan yang mereka pergunakan, dan dalam hal kejadian-kejadian serta kehidupan Yesus yang terekam. Karena kesamaan pendapat inilah, ketiga buku ini disebut Injil Sipnosis. (syn, “bersama dengan"; optic, “melihat/mengamati"; thus “melihat/mengamati bersama"). Sebuah perbandingan matematika menunjukkan bahwa 91% Injil Markus ada dalam Injil Matius, sementara itu 53% Injil Markus diketemukan dalam Injil Lukas. Kesamaan inimenimbulkan pertanyaan tentang keaslian Injil Sipnosis. Apakah para penulis ini berdasarkan pada sumber yang sama? Ataukah mereka dari sumber yang berbeda?

Penganggalan Injil Sipnosis 49 Markus Matius Lukas Perkiraan A Matius dan Lukas menggunakan Markus sebagai sumber utama Pandangan 1 Penulisan Markus antara tahun 50-awal 60 a. Penulisan Matius antara akhir 50-60an b. Penulisan Lukas 59-63 Pandangan 2 Penulisan Markus 65-70 a. Penulisan Matius di tahun 70an b. Penulisan Lukas di tahun 70an Markus Matius Lukas Perkiraan B Matius dan Lukas tidak menggunakan Markus sebagai sumbernya Penulisan Markus kemungkinan telah ditulis antara tahun 50 dan 70 a. Penulisan Matius sekitar awal 50an [lihat Pengenalan Matius: Waktu dan Tempat Penulisan] [lihat Pengenalan Lukas: Waktu dan Markus

Permasalahan Sipnosis 49 Pertanyaan seperti beberapa pernyataan ini dikenali sebagai permasalahan Sipnosis. Beberapa pertimbangan penyelesaian telah berkembang : Menggunakan tradisi dari mulut ke mulut. Beberapa pemikiran bahwa tradisi ini telah menjadi bagian penting yang menjadi bahan utama dari berbagai pendekatan penulisan Injil. Menggunakan Injil mula-mula. Beberapa perkiraan menunjukkan bahwa penulis-penulis Sipnosis semuanya telah memuliki hubungan dengan Injil mula-mula, sekarang telah hilang. Menggunakan penulisan akhir. Beberapa memperkirakan bahwa penulisan akhir ini telah menggabungkan berbagai kejadian yang berkaitan dengan hidup Yesus dan ini yang dipakai oleh para penulis Sipnosis. Kebergantungan yang saling menguntungkan. Beberapa telah menyaranjan bahwa para penulis Sipnosis saling berdekatan satu samalain sehingga hasil yang diperoleh dari penulisan mereka mirip.

Permasalahan Sipnosis 49 Menggunakan dua sumber utama. Pandangan yang paling umum adalah bahwa dokumen Markus, disebut Quelle (dalam bahasa Jerman untuk "sumber") atau Q, digunakan oleh Matius dan Lukas sebagai sumber utama, termasuk Injil mereka. Pengutamaan dan penggunaan Matius. Pandangan lain menyarankan bahwa kedua Sipnosis yang lain mengambil dari MAtius sebagi bahan utamanya. Penggabungan dari semua yang diatas. Teori ini memperkirakan bahwa para penulis Injil Sipnosis menggunakan tradisi dari mulut ke mulut, penulisan akhir,kebergantungan satu sama lain pada penulis Sipnosis yang lain dalam penulisan Injil mereka dan juga menggunakan kesaksian secara langsung.

Jalan keluar untuk menyelesaikan masalah sipnosis 51 50 Hipotesa Dua-Sumber Q AD 50 Markus AD 65 Matius Lukas Skema diatas telah menunjukkan perkiraan-perkiraan sebagimana keadaan, situasi, lokasi dan waktu untuk tujuan dipakai sebagai sumber. Memakai Matius dan Lukas dari kemungkinan penjelasan Markus. Matius dan Lukas juga menggunakan sumber dari mulut ke mulut dan sumber [Q] yang khususnya memiliki kemungkinan kesamaan sumber itu sendiri. Walaupun sumber ini berupa tulisan, dari kata orang atau kombinasi hal itu tidak berpengaruh. Pada dasarnya beberapa ayat dalam Matius dan Lukas menunjukkan suatu penjelasan yang masih diperdebatkan.

Hipotesa Empat-Sumber Jalan keluar untuk menyelesaikan masalah sipnosis 50 Hipotesa Empat-Sumber M Yerusalem AD 60-65 Markus Roma AD 65 Q Antiokhia AD 50 L Kaisarea Proto-Lukas Matius Antiokhia AD 85 Lukas Kaisarea, Korintus? AD 60, AD 80 Tradisi Antiokhia Sumber Lukas 1-2

Pengumpamaan Hubungan Injil Sipnosis 51 51 Markus 661 Pengumpamaan Hubungan Injil Sipnosis 1068 1149 Matius 500 Lukas 350 Numbers indicate the verses in each proposed source 235 M 333 Q L 564

How Well Do You Know the Life of Christ? Bagaimana Anda mengenal baik hidup Yesus? 53 How Well Do You Know the Life of Christ? 4 TAMU PADA PERNIKAHAN Dapatkah Anda memberikan urutan kronologinya? 6 PERCAKAPAN DENGAN NICODEMUS 3 3 PENCOBAAN MUSUH 7 KOTBAH DI BUKIT 1 KELAHIARAN DI BETLEHEM 5 PEMBERSIHAN DI BAIT SUCI [YANG PERTAMA] 10 PEMBASUHAN KAKI PARA MURID 8 PERUMPAMAAN TENTANG KERAJAAN 2 TUKANG KAYU DI NAZARET 9 KUBUR LAZARUS Terry Hall, Bible Panorama, 121

Perbandingan Empat Kitab Injil 52 Matius Markus Lukas Yohanes Penulis Pekerjaan sblm diselamatkn Pemungut Cukai Tidak ada (Pemuda) Dokter Medis Nelayan Suku Yahudi Non Yahudi Karunia Pemuridan Pelayanan atau penggembalaan Pelayanan atau pengajaran Pembaca Secara Etnis Orang Yahudi Roma Non Yahudi (Yunani) Dunia Minat Tanda (1 Kor. 1:22)   Hikmat (1 Kor. 1:22) Keadaan Spiritual Non percaya Percaya Kebutuhan Utama: Mesias dan Tawaran Kerajaan Teladan dlm penderitaan (mendorong pemuridan) Universalitas (dan perluasan kerajaan) KeTuhanan

Perbandingan Empat Kitab Injil 52 Perbandingan Empat Kitab Injil Matius Markus Lukas Yohanes Tanggal Penulisan 40an 64-68 57-59 akhir 60an Tempat Pemulisan Antiokia atau Siria Roma Kaisarea or Roma Efesus Dikirim ke Palestina Untuk Teofilus Asia, dsb Yesus adalah..   Raja Israel(Mesias) Hamba yang mnederita(Ketuhanan) Manusia Sempurna (Mesias) Anak Tuhan(Ketuhanan) Ayat Kunci 21:5 10:45 19:10 20:31 Tema Hukum Kekuasaan Anugrah Kemuliaan Titik berat tulisan Khotbah Mujizat Perumpamaan Alegori Penyusunan Secara topik Kronologis Secara Topik Keturunan Abraham sampai Yusuf Tidak ada Adam sampai Maria

Perbandingan Empat Kitab Injil 52 Matius Markus Lukas Yohanes Rentang Kelahiran sampai Kebangkitan Pelayanan sampai kebangkitan Pola Pemuridan Penggembalaan Sejarah Spiritualitas Ucapan Kristus 60% 42% 50% Pasal 28 16 24 21 Ayat 1068 661 1149 878 Ayat per pasal. 38 41 48 42 Kutipan PL 53 36 25 20 Kiasan PL 76 27 105 Referensi PL 129 63 67 125 Materi yang unik 7% 59% 92% Pandangan secara luas ------------------- Kitab Injil Sinoptik------------------- Injil Ekstra

ALPABET HIDUP YESUS (Terry Hall, Bible Panorama, 139) 54 ALPABET HIDUP YESUS (Terry Hall, Bible Panorama, 139) Angels [malaikat] Lukas 1:5-38; Mat. 1:18-25 Nazaret, Yerusalem Birth [kelahiran] Lukas 2:1-20; Mat. 2:1-12 Betlehem Carpenter [tukang kayu] Mat. 2:19-23; Lukas 2:39-52 Nazaret Dove [merpati] Mat. 3:11-17; Lukas 3:15-23 Sungai Yordan Enemy [musuh] Mat. 4:1-11; Lukas 4:1-13 Padang gurun Followers [pengikut] Yoh. 1:19-51; Mark 3:14-19 Perea, Galilea Guest [tamu] Yoh. 2:1-11 Kana Housecleaning [pembersihan Bait] Yoh. 2:13-22 Yerusalem Interview [percakapan] Yoh. 3:1-21 Jacob’s well [sumur Yakub] Yoh. 4:5-42 Samaria Kin [keluarga] Lukas 4:16-31 Location [tempat] Mat. 4:13-22 Kapernaum Message [pesan] Mat. 5-7 Daerah Kapernaum Nature [karakter] Lukas 7:1-35 Daerah Kapernaum, Galilea Opposition [penentang] Mat. 12:22-50 Parables [perumamaan] Mat.13:1-53; Mark 4:1-34 Question [pertanyaan] Mat. 16:13-28; Lukas 9:22-36 Kaisaria Filipi Revelation [pewahyuan] Mat. 17:1-13 Ituria, Bukit Hermon Stoning [dilempari batu] Yoh. 10:22-39 Tomb [kubur] Yoh.11:1-54 Bethani dekat Yerusalem Upset [kekecewaan] Mat. 21-23 Vision [penglihatan] Mat. 24-25 Yerusalem, Bukit Zaitun Washing [pembasuhan] Yoh. 13 Yerusalem, Ruang Atas Xecution [penghukuman] Mat. 26:30 - 27:56 Yes! [Ya] Mat. 28; Lukas 24:1-49 Yerusalem, Yudea, Galilea Zion [Sion] Lukas 24:50-53; KPR 1:1-12

Waktu-waktu penting dalam hidup Yesus 55 Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang (Mark 10:45) Puncaknya di Galilea Awal di Samaria Setelah di Samaria Awal di Yudea Setelah di Yudea Awal di Perea Setelah di Perea Waktu Pembukaan Waktu Penutupan Persiapan Konfirmasi Walk Thru the New Testament seminar (used with permission)

Tarikh Kelahiran Kristus 56 Tarikh Kelahiran Kristus Tarikh kelahiran: ca. Disember 5 BC/Januari 4 BC Yesus dilahirkan antara dua tarikh ini: Banci Kirenius (Lukas 2:1-5) Kematian Herodes yang Agung (Mat. 2:1; Luk 1:5) 6 BC 29 Mac-11 April 4 BC Harold W. Hoehner, Chronological Aspects of the Life of Christ (Zondervan, 1977), 114

Tarikh Permulaan Pelayanan Kristus 56 Tarikh Permulaan Pelayanan Kristus Permulaan Pelayanan: ca. M. Luruh AD 29 Yesus mungkin memulakan pelayananNya antara dua tarikh: TAHUN KE-15 PEMERINTAHAN TIBERIUS* (Luk 3:1-3) 19 Ogos AD 28 31 Disember AD 29 *Diperolehi dari Kalendar Julian atau Tahun Serantau Tiberius Harold W. Hoehner, Chronological Aspects of the Life of Christ (Zondervan, 1977), 114

Jangkamasa Pelayanan Kristus 56 M. Luruh AD 29 – 3 April AD 33 (3.5 Tahun) Yohanessendiri mencatatkan tiga Paskah Oleh itu, pelayanan Kristus sekurang – kurangnya 2.5 tahun Permulaan pelayanan Kristus Paskah #1 April 7, AD 30 Paskah #2 Paskah #3 April 25, AD 32 Paskah #4 April 3, AD 33 Pelayanan Kristus selama 3½ tahun menjelajah empat Paskah. Namun begitu, Sinoptik hanya menyentuh satu Paskah sahaja (#2 dalam skala ini), yang mungkin hanya memberi gambaran pelayanan untuk satu tahun. Walaupun begitu, Yohanes telah memenuhkan maklumat itu dengan menunjukkannya dalam tiga Paskah lain yang tidak disebut oleh Matius, Markus dan Lukas. M. Luruh AD 29 Yoh 2:13, 23 Tidak dinyatakan oleh Yohanes Markus 2:23-28 Lukas 6:1-5 Matius 12:1-8 Yoh 6:4 Yoh 11:55–12:1 Harold W. Hoehner, Chronological Aspects of the Life of Christ (Zondervan, 1977), 114

62 Perumpamaan Kristus J. Dwight Pentecost, A Harmony of the Words and Works of Jesus Christ (Grand Rapids: Zondervan, 1981), 587-88

63 Mujizat Yesus

Pencobaan Yesus 65 PENCOBAAN PENGUASA KITAB SUCI TUDUHAN PENGESAHAN TIPE HASIL 1. Annanias, mantan Imam Besar Yahudi (A.D. 6-15) Yoh 18:13-23 Tuduhan utamanya melawan Annanias. Pertanyaan umum, tidak spesifik TIDAK SAH!! Diadakan di tengah malam. Prasangka. Tanpa kejelasan tuduhan.Kekerasan Yahudi dan Agama Dinyatakan bersalah karena tidak menghormati dan dibawa pada Kayafas 2. Kayafas dan Sanhedrin (Kayafas adalah menantu dari Annanias) (th. 18-36) Mat. 26:57-68 Mk 14:53-65 Luk 22:54, 63-65 Yoh. 18:24 Penghujatan karena menyebut diri Messias, Anak Allah Saksi palsu. Kekerasan dan Prasangka Dinyatakan bersalah karena penghujatan dan dibawa ke Sanhedrin (Mahkamah Agung Yahudi) 3. Sanhedrin, 70 penguasa Israel. Pernyataan mereka diperlukan sebelu Yesus dapat di bawa ke penguasa Romawi Mat. 27:1 Mk 15:1 Luk 22:66-71 Menyatakan diri Anak Allah. Dituduh penghujatan! (layak untuk mati dibawah hukum Yahudi) Pengadilan yang sudah direncanakan. Tanpa adanya pengambilan suara yang pantas Dinyatakan bersalah karena penghujatan dan dib wa ke penguasa Romawi,Pilatus

Pencobaan Yesus 65 PENCOBAAN PENGUASA KITAB SUCI TUDUHAN PENGESAHAN TIPE HASIL 4. Platus, gurbernur Yudea (sudah dalam ‘kondisi sulit’ dengan Romawi) (th. 26-36) Mat. 21:11--14 Mk 15:2-5 Luk 23:1-7 Yoh 18:28-38 Menuduh Dia pengkhanat. Dirubah tuduhannya,alasannya pantas untuk hukuman di Romawi TIDAK SAH!! Teta ditahan, sekalipun diketemukan tidak bersalah. Tanpa pembelaan. Kekerasan Romawi dan Secara Umum Diketemukan TIDAK BERSALAH . . . Tetapidi bawa ke Herodes Antifas. Masyarakat menolakpemerintahan Pilatus . 5. Herodes Antipas, gubernur Galilea (4 S.M.- th. 39) Luk 23:8-12 Tidak ada tuduhan. Pencobaan hukuman. Kekerasan masyarakat. Tanpa landasan. Kekerasan dalamruang sidang. Tanpa pembelaan yang layak Kekerasan, tanpa pembelaan dan dikembalikanke ilatus tanpa keputusan Herodes 6. Pilatus (kedua kali) Mat. 27:15-26 Mk 15:6-15 Luk 23:18-25 Yoh 18:39-19:16 Pengkhianatan . . . Meski tanpa alasan yang dapat dibuktikan. Membuat persepakatan dan menempatkanNya sejajar dengan Barnabas, pejahat Pilatus, tanpa bukti bersalah, mengijinkan orang tak bersalah dalam penghukuman Penganiayaan tanpa alasan; Diketemukan tak bersalah namun Pilatus ‘cuci tangan’ dan mengijinkan Dia untuk diSALIB

Kata Kunci kitab PB 24 Tgl Kitab Kata kunci Kehidupan Paulus Kunci doktrin 40s Matius Kerajaan   Eklesiologi 44-47 Yakobus Pekerjaan Soteriology 49 Galatia Dasar kebenaran Perjalanan pertama Soteriologi 51 1 Tesalonika Gembira Perjalanan kedua Eskatologi 2 Tesalonika Kesengsaraan 56 1 Korintus Pengudusan Perjalanan ketiga 2 Korintus Pe-rasulan 56-57 Roma Keadilan 57-59 Lukas Kedaultan I Misiologi

Dipenjara pertama kali Kristologi (Pendamaian) 24 Kata Kunci kitab PB  Tgl Kitab  Kata kunci Kehidupan Paulus Kunci doktrin 60 Efesus Kesatuan Dipenjara pertama kali Kristologi (Kepala) 61 Kolose Kedaulatan Kristologi (Tuhan) Filemon Pengampunan Kristologi (Pendamaian) 62 Filipi Tingkah laku Kristologi (Contoh) Kisah Para Rasul Kedaulatan II   Misiologi 1 Timotius Perintah Perjalanan ke empat Eklesiologi 64 1 Petrus Penderitaan Eskatologi 2 Petrus Pengetahuan 64-68 Markus Pemuridan NT Book Key Words

Utusan pekabaran injil 24 Kata Kunci kitab PB  Tgl Kitab  Kata kunci Kehidupan Paulus Kunci doktrin 66 Titus Memimpin Perjalanan keempat Eklesiologi 67 2 Timotius Doktrin Dipenjara kedua kali 67-68 Ibrani Keunggulan   Kristologi c. 69 Yohanes Kepercayaan Soteriologi 75 Judas Penuntut Eskatologi 85-95 1 Yohanes Cinta 2 Yohanes Perbatasan Misiologi 3 Yohanes Utusan pekabaran injil 95-96 Wahyu Kemenangan NT Book Key Words

Black

Latar Belakang Perjanjian Baru— BibleStudyDownloads.org Dapatkan slide ini tanpa biaya New Testament Backgrounds PPT in Bahasa Indonesia Latar Belakang Perjanjian Baru— BibleStudyDownloads.org