ANALISA DAN DESAIN ALGORITMA Konsep Pemrograman
Outline Apa itu Bahasa Pemrograman? Tipe Data Variabel Konstanta Komentar Program Operator
Apa itu Bahasa Pemrograman? PROGRAM merupakan bentuk implementasi dari Algoritma atau Flowchart. PROGRAM ditulis mengikuti aturan BAHASA PEMROGRAMAN
Bahasa Manusia vs Bahasa Pemrograman Diajarkan oleh manusia ke manusia Sebagai sarana komunikasi antar manusia Terdiri dari sekumpulan kalimat. Kalimat diakhiri dengan . (titik) Memiliki aturan tata bahasa (grammar) Diajarkan oleh manusia ke computer Sebagai sarana manusia “memerintah” computer Terdiri dari sekumpulan perintah (statement). Perintah diakhiri dengan ; (titik koma) atau simbol lain. Memiliki aturan tata bahasa program
Jenis-jenis Bahasa Pemrograman Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner. Bahasa Tingkat Rendah, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai instruksi-instruksi tingkat rendah. Contoh: Bahasa Rakitan (Assembly) Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia dan instruksi yang bersifat simbolik. Contoh: Bahasa C Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia. Komputer dapat mengerti bahasa manusia itu diperlukan program compiler atau interpreter. Contoh: Java, C++, PHP, C#, Visual Basic, dll Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_pemrograman
10 Bahasa Pemrograman Populer di Indonesia Java C PHP Visual Basic Phyton C++ Javascript C# Objective-C ActionScript Sumber: http://www.codepolitan.com/10-bahasa-pemrograman-populer-di-indonesia/
Important programming concepts Semicolon -> ; Setiap Kalimat pasti di akhiri dengan titik . Dalam Pemrograman setiap statement (kalimat perintah) selalu diakhiri dengan Semicolon (;) contoh : x = 10;
Comment (komentar) Komentar diperlukan dalam program dan pseudo code untuk membuat catatan dan untuk deskripsi singkat Contoh : //ini adalah komentar untuk 1 baris /*ini adalah komentar untuk beberapa baris*/ Contoh : r = 10.5; //r is the radius of a circle in cm
Variabel Variabel adalah suatu pengenal (identifier) yang digunakan untuk mewakili suatu nilai tertentu di dalam proses program. Nilai dari suatu variabel dapat diubah selama program berjalan. Nilai variabel akan tersimpan selama program berjalan. Nama dari suatu variabel dapat ditentukan sendiri oleh pemrogram dengan aturan tertentu
Aturan Penamaan Variabel Terdiri dari gabungan huruf dan angka dengan karakter pertama harus berupa huruf. Tidak boleh mengandung spasi. Tidak boleh mengandung simbol-simbol khusus, kecuali garis bawah (underscore). Panjangnya tertentu. Setiap bahasa pemrograman memiliki aturan khusus penamaan variabel. Case-sensitive: Bahasa C, Java, PHP, … Case-insensitive: Visual Basic, .Net, … Contoh Benar: NIM, nim, nama_mhs, noHP, dll Salah: 10nim, nilai mhs, diskon20%, dll
Variabel Variabel adalah sebuah simbol nama yang menunjukan tipe data. Contoh Variabel : variabel integer -> A = 2 variabel Real -> A=2.5 variabel character -> ch =‘q’ Variabel String -> name=“safitri juanita” Variabel boolean -> isgameover = false
Teori : char int long int float double long double Setiap data yang disimpan di dalam memory komputer, harus mengikuti bentuk atau format tertentu yang disebut : Tipe Data Tipe data dalam Bahasa C/C++ : char int long int float double long double
Tipe Data. Tipe data dasar (primitif) yang digunakan oleh Bahasa C. Sebutan Tipe Data Bentuk penulisan dalam Bahasa C Jumlah Byte yang diperlukan Jangkauan nilai numerik 1. Character 2. Integer 3. Floating point (single precision) 4. Double precision char atau signed char unsigned char int atau signed int atau signed unsigned int atau unsigned long atau long int atau signed long atau signed long int unsigned long atau unsigned long int float double long double 1 2 4 8 10 -128 s.d. 127 0 s.d. 255 -32768 s.d. 32767 0 s.d. 65535 -2147483648 s.d. 2147483647 0 s.d. 4294967295 3.4E-38 s.d. 3.4E38 positip atau negatip 1.7E-308 s.d. 1.7E308 3.4E-4932 s.d 1.1E4932
variabel Teori : Tipe data dalam Bahasa C/C++ : char int long int Setiap data yang disimpan di dalam memory komputer, harus mengikuti bentuk atau format tertentu yang disebut : Tipe Data Tipe data dalam Bahasa C/C++ : char int long int float double long double Pada pelajaran selanjutnya area ini sering disebut : variabel Setiap data yang disimpan dalam memory komputer, tersimpan dalam suatu area. Variabel adalah suatu area dalam memory yang isinya dapat diubah-ubah Area tersebut ada yang perlu diberi nama, ada juga yang tidak mesti mempunyai nama Berapa banyak byte yang digubakan, tergantung tipe datanya
int A; 2 byte A Nama : A Tipe : integer Isi : Biasa diilustrasikan dengan gambar : A Menyiapkan suatu area dengan : Nama : A Tipe : integer Isi : Karena bertipe integer, maka untuk variabel A disiapkan area sebanyak : Isinya ada tapi kita tiadk tahu 2 byte Dan hanya dapat menampung nilai numerik integer ( bilangan bulat ) dari : -32768 s.d 32767
int A = 5; 5 A Nama : A Tipe : integer Isi : 5 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 1 0 1 Menyiapkan suatu area dengan : Nama : A Tipe : integer Isi : 5 2 Byte ( 16 bit )
TIPE DATA Numeric Integer -> nilai integer (tanpa desimal) contoh : -44, 1 dst Real – real numbers (dengan desimal) contoh : 12,5 Character : semua yang di apit oleh tanda petik. Contoh : ‘a’, ‘12’ String : semua karakter yang di apit dengan kutip “ “. Contoh : “saya suka makan”
Boolean : TRUE dan FALSE TRUE bernilai 1 FALSE bernilai 0
Konstanta Sebuah nilai yang tidak akan berubah walaupun saat di eksekusi maka di sebut Kontanta. Example: 3.14 nilai dari PI 9.8 nilai dari (acceleration due to gravity)
Assignment Operator = Hal ini digunakan untuk menetapkan nilai ke variabel Contoh : x = 7; Pernyataan ini memberikan 7 ke variabel x
Operator Matematika Penjumlahan ( + ) contoh : x = 1+2; //hasil 3 Pengurangan ( - ) contoh : x=5-3; // hasil 2 Perkalian ( * ) contoh : x=5*3; //hasil 15 Division ( / ) contoh : x=5/3; //hasil 2
Operator Modulus Untuk mendapatkan sisa hasil pembagian Contoh : 5 % 2 = 1 karena 5 : 2 =2 sisa 1
Increment operator ++ Digunakan untuk penambahan nilai dari sebuah variabel dengan angka 1 post (++ depan) contoh = i=2 cetak i++ maka hasilnya 2 pre (++ belakang) cetak ++i maka hasilnya 3
Post Increment Pertama gunakan nilai yang ada kemudian tambahkan contoh : count =5; x=count ++//count tambah 1 kemudian memberi nilai 6 print :x ; //nilai 5 print : count; // nilai 6 atau x=count; //nilai x diisi nilai count count = count + 1//count tambah 1 kemudian memberi nilai x =6 print : x; print:count;
Decrement Operator Digunakan untuk pengurangan nilai dari sebuah variabel dengan angka 1 contoh = i=2 cetak i-- maka hasilnya 2 pre (++ belakang) cetak --i maka hasilnya 1
Operator Perbandingan Arti Contoh < Kurang dari x < y Apakah x kurang dari y <= Kurang dari sama dengan x <= y Apakah x kurang dari sama dengan y > Lebih dari x > y Apakah x lebih dari y >= Lebih dari sama dengan x >= y Apakah x lebih dari sama dengan y == Sama dengan x == y Apakah x sama dengan y != Tidak sama dengan x != y Apakah x tidak sama dengan y
Operator Logika (Perbandingan) && atau AND : Logika AND (DAN) || atau OR : Logika OR (ATAU) ! atau NOT : Logika NOT (INGKARAN)
Operasi Logika Logika AND Logika OR A B Hasil TRUE FALSE A B Hasil
LATIHAN SOAL Apa yang tercetak dari program berikut ? a. int A=10, B=5; printf ("%i",A); printf ("%i",B); b. double A=10, B=5; printf ("%d",A); printf ("%d",B); c. int A=10, B=5; printf ("%i",A++); printf ("%i",++B); d. int A=10; double B=5; e. int A=10, B=5; printf ("%i",A--); printf ("%i",--B); f. int A=10, B=5; float T; T=A/B; printf ("%f",T); g. char X='ak' printf ("%c", X); h. int A=65, B=68; printf ("%c",A); printf ("%c",B);
Latihan di Kelas Buatlah algoritma / flowchart untuk menginputkan 3 buah bilangan bulat dan tampilkan bilangan TERBESAR diantara ketiganya (dianggap ketiga bilangan nilainya berbeda). TIDAK BOLEH MENGGUNAKAN OPERATOR LOGIKA Buatlah algoritma / flowchart untuk menginputkan 3 buah bilangan bulat dan tampilkan bilangan TERBESAR diantara ketiganya (dianggap ketiga bilangan nilainya berbeda). BOLEH MENGGUNAKAN OPERATOR LOGIKA