SOFT SKILL DALAM KURIKULUM BISNIS

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MOTIVASI DIRI DAN PEMBELAJAR PROAKTIF DI PT
Advertisements

Metodologi Pembelajaran
Modul Pendidikan Entrepreneurship di UB Lecture 1: Pendahuluan
Tendi Naim, Konsultan Pendidikan
MODUL STUDI KASUS.
COMPLETE, Profile Lulusan Undip
RAPAT KERJA TUTUP TAHUN AJARAN GANJIL Target Rapat Kerja IBA Tanggal 17 Desember 2012 – Evaluasi Semester Ganjil Promosi Metode Pengajaran.
PEMBELAJARAN KBK.
METODE BELAJAR Tim Akademik FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Pengantar manajemen Sumber daya IT
SEMINAR SAP DAN GBPP PHP-PTS INSTITUT MANAJEMEN KOPERASI INDONESIA
Standardisasi Sistem Pembelajaran Ichsan Setya Putra IT TELKOM Bandung 24 Mei 2013 Part III.
GAP Profile Lulusan IBA UC Accounting Active Learning
GAP Profile Lulusan IBA UC Accounting Active Learning
 Teori pembelajaran dan model pembelaharan di Perguruan Tinggi Ahmad Muttaqin UIN Sunan Kalijaga.
Achievement Motivation
(compiled from varied resources and for limited used only)
MENGEMBANGKAN POTENSI DIRI SISWA MELALUI PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJAR TENTANG BAGAIMANA CARA BELAJAR.
( STUDENT CENTERED LEARNING )
   Achievement Motivation By :
PROJECT FRAMEWORK Pertemuan-14 Mata Kuliah: CSM-211, Management Support System Tahun Akademik : 2012 / 2013 Sasaran Pembelajaran The student can make design.
TEAM TEACHING.
Program Dasar Pendidikan Tinggi Universitas Indonesia (PDPT-UI)
MANAJEMEN OPERASI OPERATIONS MANAGEMENT
INTRODUCTION KEWIRAUSAHAAN (ENTREPRENEURSHIP) M.SAID, S.E., M.Si
Modul Pendidikan Entrepreneurship di UB Lecture 1: Pendahuluan L. Setyobudi 2010.
Entrepreneurship 1 The Ground Breaker
PRAKTIK SIMULASI MANAJERIAL
CAPING DAY FIKKES UNIMUS 2017
Teachers and Technology
COMPLETE: Profile Lulusan Undip P2KKN | KKN-PPM Tim II Tahun 2016.
Entrepreneurship 1 The Ground Breaker
Pelaksanaan Penjaminan Mutu Internal di Prodi MRI
Inspirasi, Kreativitas, dan Ide Bisnis
COMPLETE: Profile Lulusan Undip P2KKN | KKN-PPM Tim I Tahun
Program Pengembangan Softskill Mahasiswa Pascasarjana
STUDENT CENTERED LEARNING (SCL)
Konsep Pengembangan Modul dan Penerapan model model SCL
KKN Sebagai Salah Satu Proses Pembelajaran untuk Menghasilkan Lulusan COMPLETE Mukh Arifin LP2MP | Quality for Development.
KIAT MENGAJAR GENERASI Y
Kemampuan Berkomunikasi Siswa
SILABUS MATA KULIAH TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
TIM Pelatihan dan Pengembangan
( STUDENT CENTERED LEARNING )
Kontrak Kuliah Pengantar Akuntansi 1
PRAKTIK SIMULASI MANAJERIAL psm.feb.uns.ac.id
SILABUS MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA DI SD
EMPAT PILAR PENDIDIKAN
Kebutuhan Mahasiswa Menuju Sukses
Outline Kuliah Manajemen
PENJELASAN SILABUS STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN INDONESIA
MANAJEMEN DESAIN: SILABUS
( STUDENT CENTERED LEARNING )
Pengantar Teknologi Informasi (PTI)
SEMINAR MANAJEMEN PEMASARAN
KEWIRAUSAHAAN Kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses Prepared by H. Mustika Lukman.
Kode : Bobot : 1 SKS Dosen : Ir. Muhril Ardiansyah, M.Sc., Ph.D.
PROSES PEMBELAJARAN I Made Ardana
PROJECT FRAMEWORK Pertemuan-13
KEWIRAUSAHAAN Kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses Prepared by H. Mustika Lukman.
Internship* For VCD students ( * magang, kerja praktek )
PRAKTIK SIMULASI MANAJERIAL psm.feb.uns.ac.id
EMPAT PILAR PENDIDIKAN
Modul Pendidikan Entrepreneurship di UB Lecture 1: Pendahuluan
PENGANTAR TEKNOLOGI PENDIDIKAN
SILABUS MATA KULIAH PEMBELAJARAN IPA DI SD
Teknologi Pendidikan Rhiza S. Sadjad
Model Pembelajaran Kolaboratif
STRATEGI PENGEMBANGAN TVET PERSONALE Peni Handayani 2018 Disampaikan pada kegiatan BimTek Pendidik Vokasional.
Apa yang dimaksud dengan pembelajaran diperguruan tinggi?
Transcript presentasi:

SOFT SKILL DALAM KURIKULUM BISNIS “Sebuah sharing pengalaman…” SOFT SKILL DALAM KURIKULUM BISNIS WIRAWAN ED RADIANTO

Masa Depan akan digenggam oleh otak kanan (Daniel Pink, 2011) FMB UC Bisnis Entrepreneurship Book smart and Street Smart Masa Depan akan digenggam oleh otak kanan (Daniel Pink, 2011)

MATAKULIAH 120 SKS SEMESTER 7 INTEGRATED REAL BUS SEMESTER 6 IBM PRACTICE SEMESTER 5 ENTREPRENEURSHIP 5 MATAKULIAH 120 SKS SEMESTER 4 ENTREPRENEURSHIP 4 SEMESTER 3 ENTREPRENEURSHIP 3 KREATIFITAS INOVASI INSPIRASI BISIS SEMESTER 2 ENTREPRENEURSHIP 2 EKSEKUSI BISNIS SEMESTER 1 ENTREPRENEURSHIP 1

CLASSROOM SETTING AND RESOURCES What to learn? TEACHER’S BEHAVIOR STUDENT’S BEHAVIOR How do we know what we have learned? FOCUS OF LEARNING CLASSROOM SETTING AND RESOURCES How do we learn? TEACHER-STUDENT INTERACTION

Teaching Best Practices UC Way Discovery Resourcing Plan & Execution Reflection

Execution Discovery Plan Reflection Goal setting & learning outcomes. Understanding : trend, phenomena, issues, needs or problem Goal setting & learning outcomes. Construct of new core knowledge or understanding . Idea &Feedback Discovery Plan Standards and references Estimation : time, resource Feedback Work with respect & standards Legal aspect & copy right Time Management Documentation & feedback Execution Reflection Achievement Awareness Self – knowledge

Teaching Learning Centre Teaching Best Practice THEORY GAP PRACTICES ACTIVE LEARNING SOFT SKILL Kurikulum Teaching Learning Centre Komitmen HOD Teaching Best Practice Strategi Pengajaran Teknologi Informasi

LECTURER FACULTY OF MANAGEMENT AND BUSINESS Teaching method Knowledge Class Management Motivational Skill Management Skill Communication Skill Minimum Skills

REAL ENTREPRENEUR/ BUSINESSMAN PENDAMPING (FASILITATOR, MENTOR, COACH) ACTIVE LEARNING REAL PROJECT BUSINESS CREATIVE ASSESSMENT IMMERSION PROGRAM REAL ENTREPRENEUR/ BUSINESSMAN EXHIBITIONS REAL COMPANIES CLASS MANAGEMENT GAMES FILMS ARTIFACTS PROBLEMS DOSEN PA PENDAMPING (FASILITATOR, MENTOR, COACH) ENGAGEMENT STRONG PERSISTENCE CREATIVE SMART

Classroom activities

Outdoor activities

Company Visit

Bazaar & Exhibition

Artwork

Examination

Creative Inovatif TM Topik AAL Tujuan 1 Pengantar Game “kantong Doraemon Agar mahasiswa lebih senang belajar dan akun-akun dalam akuntansi lebih cepat diserap oleh mahasiswa. Agar mahasiswa mempunyai jiwa kebersamaan. 2 Persiapan Bazar mahasiswa dihadapkan langsung dengan kegiatan usaha dagang sehingga teori yang dipelajari dalam mata kuliah Pengantar Akuntansi bisa dipraktekkan langsung. 3 Pelaksanaan bazaar 4 Presentasi Laporan Keuangan Bazar Game “accounting race” Agar mahasiswa lebih mudah dan fun dalam mempelajari persamaan dasar akuntansi. Agar mahasiswa mempunyai semangat untuk bersaing secara posistif. 5 Lomba Puzzle Game “Peace of snow puzzle” mahasiswa lebih mudah mempelajari jurnal umum dan jurnal penyesuaian. Agar mahasiswa terasah untuk berstrategi dalam menyelesaikan permasalahan 9 Creative team building. Game “electric hand” Mahasiswa dilatih agar bisa cepat bertindak dengan tepat. Pada saat menemui kasus-kasus dalam akuntansi, mahasiswa diharapkan bisa dengan cepat dan tepat mengambil tindakan.

Etika bisnis Evaluasi: UTS 20% Membuat film pendek 3-5mnt ttg akuntan dan etika UAS 20% membuat produk 3 dimensi ttg etika SAA1 25% penugasan (BIG PROJECT) SAA2 15% keaktifan di kelas SAA3 20% Membuat komik strip ttg etika

TERIMAKASIH SEMOGA BERMANFAAT