PENEMU ILMU PENGETAHUAN MUSLIM

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh : Abd. Shamad Nur Khalimatus Sa’diyah
Advertisements

BAB KE-15 SEJARAH DAKWAH ISLAM.
Ilmu Pengetahuan & Pendidikan Di Kawasan Timur Tengah
PENULISAN SEJARAH ZAMAN IBN KHALDUN
PENGANTAR FILSAFAT OLEH HARYONO.AS NIP
KHILAFAH ABBASYIAH (132 H/750 M-656 H/1258 M)
Tokoh-Tokoh Ilmuwan Muslim
Sains dan Teknologi menurut I S L A M
MK Filsafat dan Etika Kesejahteraan Sosial Arif Wibowo
MAZHAB FIKIH DALAM ISLAM
KELOMPOK I Deshinta Elsalina ( ) G.A Diasari ( )
PEMIKIRAN FILSAFAT IBNU MISKAWAIH
Oleh: Ahmad Khoeruddin Muhammad Rosyid R. Muhamad Ramdan Rijal Tamami
Sejarah Hukum Islam II (Masa Pembinaan, Pengembangan, dan Pembukuan)
Pemikiran Filsafat Ibnu Rusyd
INORGANIC CHEMISTRY II (Acid base concept)
Sejarah Perkembangan Islam
Welcome in Our Presentation
PENGANTAR PATOFIS.
Present by Nila Purnama Sari
PERTEMUAN KETIGABELAS
IBNU BAJJAH AIK – 3 (Kimia dalam Perspektif Islam)
ISLAM DAN IPTEK PARA ILMUWAN ISLAM
Disusun oleh: Serly Mega Pratiwi ( )
BIOGRAFI TOKOH ILMUWAN ISLAM
MENUNTUT ILMU CHAIRUNNISA.
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
Sumbangan Islam terhadap Sains
TUGAS ISLAM DAN IPTEK.
DINASTI ABBASIYAH KEPEMIMPINAN DAN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN.
AL-KHAWARIZMI ( M) Oleh : Lia Lu’lu’ul Lutfiyah B2C014002
Berkenalan dengan “ALJABAR” (Algebra)
E-Learning MATA KULIAH : FILSAFAT ILMU DAN LOGIKA
Ilmuwan Muslim Nama Kelompok: Indah Kurnia S (C )
E-Learning Mata Kuliah : Filsafat Ilmu dan Logika
Peran Agama dalam Ilmu Pengetahuan dan Riset
UNIVERSITAS PAKUAN PROGRAM PASCA SARJANA JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN 2015 Hakikat Ilmu Filsafat Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah : FILSAFAT.
SEJARAH FILSAFAT ILMU.
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN HUKUM ISLAM
POLA PIKIR MANUSIA DAN PERKEMBANGANNYA
ISLAM SEBAGAI AGAMA DAN PERADABAN
Cendekiawan-cendekiawan Muslim pada Masa Bani Abbasiyah
Perkembangan Peradaban Islam pada Masa Kejayaan
Pembaharuan dalam Islam
Sejarah Matematika Nama : Desil Carmelisa Npm : Jurusan/Prodi : PMIPA/Matematika (a)
MASA PEMBINAAN, PENGEMBANGAN, DAN PEMBUKUAN (ABAD VII-X M)
PERTUMBUHAN ILMU PENGETAHUAN PADA MASA BANI UMAYYAH
10 Ilmuwan Muslim Terbesar Dan Terhebat Sepanjang Sejarah.
Perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan
Ilmu, Sejarah Perkembangan dan Aliran-Aliran Filsafat Ilmu
MASA KEJAYAAN ISLAM YANG DINANTIKAN KEMBALI Periodesasi Sejarah Islam Kemajuan Islam pada Periode Klasik Tokoh-tokoh Kejayaan Islam Menelaah Perkembangan.
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
STUDI ISLAM III BAB V MASALAH ORIENTALISME
TINJAUAN DESKOMVIS TOPIK 5 MODEL TINJAUAN ESTETIKA FILOSOFI DARI RENAISANCE, PENCERAHAN, MODERN DAN POST MODERN TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN.
ISLAM DAN PERKEMBANGANNYA DI INDONESIA
KONSEP KETUHANAN DALAM ISLAM
PROSES-PROSES PERKEMBANGAN AWAL PERADABAN BARAT
PENGANTAR PATOFIS.
PENGANTAR FILSAFAT Oleh: AHMAD TAUFIQ MA. Belajar Filsafat 1. Dari Sejarah Perkembangan Pemikiran: Yunani Kuno – Filsafat Timur Abad Pertengahan Filsafat.
IPA dan Peranannya Bagi Kehidupan Manusia
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan
BAB 2: AKHLAK MUSLIM TERHADAP ILMU PENGETAHUAN
Pertumbuhan ilmu pengetahuan masa NABI SAMPAI ABBASIYAH
DESIGN&CREATED BY: MUHAMMAD REIHAN REYDANU.  Pada masa kekuasaan Dinasti Abbasiyah, umat Islam telah mencapai puncak kemuliaan, baik dalam bidang ekonomi,
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
1 Sejarah Peradaban Islam dari masa Ke Masa Sejarah Peradaban Islam dari masa Ke Masa By: Hendra Bakti PDM Kota Payakumbuh.
H. Rahmat Hidayat Nst, Lc Direktur Travel Aljarwal Taisir Wisata.
SEJARAH ISLAM Sanlat Masjid Baitul Iman, 20 Ramadhan 1440/ 25 Mei 2019.
AL-QUR’AN SAINS DAN TEKNOLOGI. KELAS B REGULER ANGGOTA : SULTHON ZAMRONI RANGGA SATRIA WIRABANGSA HAQQI FITRAH AMRI MUHAMAD KIFLAN AFFANDI.
Transcript presentasi:

PENEMU ILMU PENGETAHUAN MUSLIM

DISUSUN OLEH: NAMA KELOMPOK: ARUM SELLYA P (C100140010/B) SHOFI NUR F.K (C100140018/B) ALIFATU FARIKHA (C100140019/B) NUR ASIH RINDHI F (C100140055/B) AGUS SAPTO AJI (C100130164/A)

Muhammad bin zakariya al razi Ibnu sina Muhammad bin zakariya al razi Ibnu rusyd Ibnu haitham Umar hayyam

IBNU SINA IBNU SINA beliau bernama lengkap Abū ‘Alī al-Husayn bin ‘Abdullāh bin Sīnā lahir pada 980 di Afsyahnah daerahdekat Bukhara, sekarang wilayah Uzbekistan (kemudian Persia), dan meninggal pada bulan Juni 1037 di Hamadan, Persia (Iran). seorang ilmuan muslim yang terkenal di dunia beliau pemikirannya sangat cerdas dan sering disebut bapak kedokteran, ia lahir pada jaman keemasnya peradaban islam Ia juga seorang penulis yang produktif dimana sebagian besar karyanya adalah tentang filosofi dan pengobatan. Bagi banyak orang, beliau adalah Bapak Pengobatan Modern dan masih banyak lagi sebutan baginya yang kebanyakan bersangkutan dengan karya-karyanya di bidang kedokteran. Karyanya yang sangat terkenal Qanun fi Thib  merupakan rujukan di bidang kedokteran selama berabad-abad.  Dia adalah pengarang dari 450 buku pada beberapa pokok bahasan besar, banyak di antaranya memusatkan pada filosofi dan kedokteran. Dia dianggap oleh banyak orang sebagai Bapak Kedokteran Modern, George Sarton menyebut Ibnu Sina sebagai "Ilmuwan paling terkenal dari Islam dan salah satu yang paling terkenal pada semua bidang, tempat, dan waktu". Karyanya yang paling terkenal adalah The Book of Healing dan The Canon of Medicine, dikenal juga sebagai sebagai Qanun (judul lengkap: Al-Qanun fi At Tibb). Karya Qanun fi Thib (Canon of Medicine/Aturan Pengobatan) Asy Syifa (terdiri dari 18 jilid berisi tentang berbagai macam ilmu pengetahuan) An Najat

II. MUHAMMAD BIN ZAKARIYA AL-RAZI Abu Bakar Muhammad bin Zakaria ar-Razi atau dikenali sebagai Rhazes Ia lahir di Rayy, Teheran pada tahun 251 H./865 dan wafat pada tahun 313 H/925.beliau adalah salah satu pakar sains di iran diawal hidupnya tertarik dalam bidang musik dan ilmu pengetahuan alam beliau mengkaji ilmu-ilmu mengenai kimia,filsafat,logika,matematika dan fisika dan pada akhirnya ia lebih memilih dan tertarik kedunia medis dan kedokteran dalam waktu yang relatif cepat beliau mendirikan rumah sakit yang terkenal sebagai pusat penilitian dan pendidikan medis informasi yang dikeluarkan oleh beliau mengenai bidang kimia sangat sederhana dan rasional. Contoh Karyanya: At-Thilib al-Ruhani Kitab al-Ladzdzah Al shiradhal dawlah

III. IBNU RUSYD  Ibnu Rusyd (Ibnu Rushdi, Ibnu Rusyid, lahir tahun 1126 di Marrakesh Maroko, wafat tanggal 10 Desember 1198) juga dikenal sebagai Averroes, adalah seorang filsuf dari Spanyol (Andalusia). beliau seorang jenius berasal dari andalusia dengan pengetahuannya di bidang ensiklopedik yaitu mengkonsultasikan dibidang kedokteran dan hukum . Masa hidupnya sebagian besar diberikan untuk mengabdi sebagai "Kadi" (hakim) dan fisikawan. Di dunia barat, Ibnu Rusyd dikenal sebagai Averroes dan komentator terbesar atas filsafat Aristoteles yang memengaruhi filsafat Kristen di abad pertengahan, termasuk pemikir semacam St. Thomas Aquinas. Banyak orang mendatangi Ibnu Rusyd untuk mengkonsultasikan masalah kedokteran dan masalah hukum.  Pemikiran Ibnu Rusyd  Ibnu Rusyd adalah seorang jenius yang berasal dari Andalusia dengan pengetahuan ensiklopedik. Masa hidupnya sebagian besar diberikan untuk mengabdi sebagai "Kadi" (hakim) dan fisikawan. Di dunia barat, Ibnu Rusyd dikenal sebagai Averroes dan komentator terbesar atas filsafat Aristoteles yang memengaruhi filsafat Kristen di abad pertengahan, termasuk pemikir semacam St. Thomas Aquinas. Banyak orang mendatangi Ibnu Rusyd untuk mengkonsultasikan masalah kedokteran dan masalah hukum.  Pemikiran Ibnu Rusyd 

Pemikiran Ibnu Rusyd : Karya-karya Ibnu Rusyd meliputi bidang filsafat, kedokteran dan fikih dalam bentuk karangan, ulasan, essai dan resume. Hampir semua karya-karya Ibnu Rusyd diterjemahkan ke dalam bahasa Latin dan Ibrani (Yahudi) sehingga kemungkinan besar karya-karya aslinya sudah tidak ada.  Filsafat Ibnu Rusyd ada dua, yaitu filsafat Ibnu Rusyd seperti yang dipahami oleh orang Eropa pada abad pertengahan; dan filsafat Ibnu Rusyd tentang akidah dan sikap keberagamaannya. Karyanya: Bidayat Al-Mujtahid Kulliyaat fi At-Tib (Kuliah Kedokteran) Fasl Al-Maqal fi Ma Bain Al-Hikmat Wa Asy-Syari’at

IV. IBNU HAITHAM Ibnu Haitham dilahirkan di Basrah pada tahun 354H bersamaan dengan 965 Masehi. Ia memulai pendidikan awalnya di Basrah sebelum dilantik menjadi pegawai pemerintah di bandar kelahirannya. Setelah beberapa lama berkhidmat dengan pihak pemerintah di sana, beliau mengambil keputusan merantau ke Ahwaz dan Baghdad. Di perantauan beliau telah melanjutkan pengajian dan menumpukan perhatian pada penulisan. Abu Ali Muhammad al-Hassan ibnu al-Haitham atau Ibnu Haitham (Basra, 965 - Kairo, 1039), dikenal dalam kalangan cerdik pandai di Barat, dengan nama Alhazen, adalah seorang ilmuwan Islam yang ahli dalam bidang sains,falak, matematika, geometri, pengobatan, danfilsafat. Ia banyak pula melakukan penyelidikan mengenai cahaya, dan telah memberikan ilham kepada ahli sains barat seperti Boger, Bacon, dan Kepler dalam menciptakan mikroskop sertateleskop Kecintaannya kepada ilmu telah membawanya berhijrah ke Mesir. Selama di sana beliau telah mengambil kesempatan melakukan beberapa kerja penyelidikan mengenai aliran dan saliran Sungai Nil serta menyalin buku-buku mengenai matematika dan falak. Tujuannya adalah untuk mendapatkan uang cadangan dalam menempuh perjalanan menuju Universitas

Karyanya: Ibnu Haitham membuktikan pandangannya apabila beliau begitu ghairah mencari dan mendalami ilmu pengetahuan pada usia mudanya. Sehingga kini beliau berhasil menulis banyak buku dan makalah. Di antara buku hasil karyanya:   Al'ami' fi Usul al'Hisab yang mengandungi teori-teori ilmu metametik dan metametik penganalisaannya Kitab al-Tahlil wa al'Tarkib mengenai ilmu geometri Kitab Tahlil ai'masa^il al 'Adadiyah tentang algebra

V. UMAR KHAYYAM Umar Khayyām (18 Mei 1048 - 4 Desember 1131), dilahirkan di Nishapur, Iran. Nama aslinya adalah Ghiyātsuddin Abulfatah 'Umar bin Ibrahim Khayyāmi Nisyābūri . Khayyām berarti "pembuat tenda" dalam bahasa persia Sang Matematikawa Pada masa hidupnya, ia terkenal sebagai seorang matematikawan dan astronom yang memperhitungkan bagaimana mengoreksi kalender Persia. Pada 15 Maret 1079, Sultan Jalaluddin Maliksyah Saljuqi (1072-1092) memberlakukan kalender yang telah diperbaiki Umar, seperti yang dilakukan oleh Julius Caesar di Eropa pada tahun 46 SM dengan koreksi terhadap Sosigenes, dan yang dilakukan oleh Paus Gregorius XIII pada Februari 1552 dengan kalender yang telah diperbaiki Aloysius Lilius (meskipun Britania Raya baru beralih dari Kalender Julian kepada kalender Gregorian pada 1751, dan Rusia baru melakukannya pada 1918). Sang astronom Pada 1073, Malik-Syah, penguasa Isfahan, mengundang Khayyām untuk membangun dan bekerja pada sebuah observatorium, bersama-sama dengan sejumlah ilmuwan terkemuka lainnya. Akhirnya, Khayyām dengan sangat akurat (mengoreksi hingga enam desimal di belakang koma) mengukur panjang satu tahun sebagai 365,24219858156 hari.Ia terkenal di dunia Persia dan Islam karena observasi astronominya. Ia pernah membuat sebuah peta bintang (yang kini lenyap) di angkasa

Umar Khayyām dan Islam Filsafat Umar Khayyām agak berbeda dengan dogma-dogma umum Islam. Tidak jelas apakah ia percaya akan kehadiran Allah atau tidak, namun ia menolak pemahaman bahwa setiap kejadian dan fenomena adalah akibat dari campur tangan ilahi. Ia pun tidak percaya akan Hari Kiamat atau ganjaran serta hukuman setelah kematian. Sebaliknya, ia mendukung pandangan bahwa hukum-hukum alam menjelaskan semua fenomena dari kehidupan yang teramati. Para pejabat keagamaan berulang kali meminta dia menjelaskan pandangan-pandangannya yang berbeda tentang Islam. Khayyām akhirnya naik haji ke Mekkah untuk membuktikan bahwa ia adalah seorang muslim. Karyanya: Dibidang puisi Di bidang Astronomi