Manajemen Programming

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENULIS B E R I T A TELEVISI
Advertisements

Siaran Pers.
IKLAN MEDIA PENYIARAN.
Program & Programming Pengajar : Yeni P. Anshar Bahan kuliah no. 006
Jenis Program Televisi
Broadcast Programming
Broadcast Programming
Dasar-dasar produksi documentary
Broadcast Programming
PEDOMAN PERILAKU PENYIARAN DAN STANDAR PROGRAM SIARAN (P3 & SPS)
Broadcast Programming
PERIKLANAN INTERNASIONAL
Broadcast Programming
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Penulisan Skenario Film dan Televisi
Oleh: Dwiyatna Widinugraha, M.A.
IDENTITAS PROGRAM AUDIO VISUAL
FORMAT ACARA AUDIO VISUAL (TELEVISI) Pertemuan 03 Matakuliah: U0152 – Audio Visual I Tahun: 2007.
TEKS DISKUSI PENGERTIAN : Secara singkat, teks diskusi adalah sebuah teks yang memberikan dua pendapat berbeda mengenai suatu hal (satu "pro" dan satu.
Segmentasi Audience.
Pemasaran & Programming
Pemutusan Kontrak K 6 - Hukum Kontrak UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA
SENI TEATER.
PELUANG PASAR BISNIS TELEVISI
Televisi.
Manajemen Penyiaran Fasilitator : Danang Trijayanto Pertemuan : II
Welcome to the Manajemen Media TV Class
DASAR-DASAR PENYIARAN Kode Etik Penyiaran 2016.
TV Entertainment.
Promosi Media.
Strategi Kreatif Program Televisi
NAMA : DEDY CORNELIUS BANGUN NIM : JURUSAN : BROADCASTING MATA KULIAH : CREATIVE PROGRAM DOSEN : YULIA KARSONO, S Ikom, M Ikom.
EVALUASI PELAKSANAAN UNDANG UNDANG PENYIARAN UU NO. 32 TAHUN 2002
By Potan Rambe ( Radio Man )
MENGAPRESIASI DRAMA ANAK
Kuliah 11 FORMAT FORMAT PROGRAM.
Bergabung di Trax FM sejak Tahun 2000
MANAJEMEN RADIO BY:ELVA RONANING ROEM.
Pengampu Mata Kuliah : Yudi Daherman M.I.Kom
Altobeli Lobodally, S.Sos, M.Ikom
Penyensoran dan Quality Control
“Strategi Pemilihan Tema Berita Dalam Program Berita “Suara Anda” Metro TV?” Andi Ahmad M 2008 –
Mengkritisi UU Penyiaran
PRODUKSI BERITA TV  Agus Triyono,SSos,MSi.
Dasar-Dasar Penyiaran
Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta Fasilitator: Danang Trijayanto
Mahasiswa mengerti tentang teori “agenda setting”
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
TEKNIK MENULIS PROPOSAL
MENGAPRESIASI DRAMA ANAK
Rebranding Concept & Example
Aspek hukum program siaran
Program, Production, News Department
Perbedaan wawancara & etika peliputan
PRODUKSI ACARA TELEVISI
AGRESIVITAS ANAK DALAM MENONTON FILM LAGA DI TELEVISI
SERI PRESENTASI JURNALISTIK OLAHRAGA 2015 Dr. Made Pramono, M.Hum.
BAB 07 PENGENDALIAN SOSIAL
TELEVISI DAN PERKEMBANGANNYA Kelompok 3
Aspek Hukum Dalam Pembangunan UNIVERSITAS TADULAKO By : AMMAR MUHAMMAD F
HAL MENDASAR PRODUKSI BERITA
FORMAT BERITA Format penyajian berita TV dapat ditetapkan sesuai dengan bahan yang diperoleh.
Bergabung di Trax FM sejak Tahun 2000
PRODUKSI BERITA TV-PART 1
Produksi berita televisi Pertemuan 4
Muhammad Irawan saputra, S.I.kom., M.I.kom
Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom
MANAJEMEN REDAKSI DAN ALUR PRODUKSI BERITA TV
Hukum dan Etika Profesi Public Relations Pertemuan 4
PROSES PRA PRODUKSI PENYIARAN RADIO
Transcript presentasi:

Manajemen Programming Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta Fasilitator: Danang Trijayanto

Programming>Keberhasilan Vane Gross, setiap program yang ditayangkan di televise memiliki dua bentuk: Dominasi Format, Konsep acara. The concept of the show is the key to its success; performers are selected to fulfill the requirementsof the core idea Contoh: Film the six million dollar man. Tahun 1970an. Konsep yang bagus ttg astronot yg mengalami kecelakaan dan luka parah. Dengan teknologi elektromagnetik, astronot dapat pulih dan menjadi manusia super, Kemudian daya Tarik fisik dikembangkan, citra astronot yg tampan dan atletis. Contoh lain: Reality show

Programming>Keberhasilan Dominasi Bintang (Star dominant) The star is the key ingredient; a format is designed around the skills of the lead performer Format cerita dirancang berdasarkan kemampuan atau keahlian pemain utama; personalities dan daya tariknya yang ditonjolkan. Dalam program film, atau talkshow berdasarkan keahlian pembawa acara; The oprah winfrey show. Dominasi format dan bintang terkadang tidak saling berkesesuaian Format first, star second. You can have a proven big star, but you really have to have a proven format (Greg Meidel, President Twentieth tv)

Programming>Keberhasilan>Elemen keberhasilan Programmer>Type of Appeal<Elemen kualitas: 1. Konflik Benturan kepentingan atau karakter tokoh yang terlibat 2. Durasi Durable program dan nondurable program >kembangkan gagasan, misalnya: seks, uang dan kekuasaan. Contoh: guiding light (40 tahun di Amerika) Mengembangkan karaktrer dalam cerita: film drama cheers/ berita Yang tidak dapat bertahan: Survivor/ penghuni terakhir 3. Kesukaan Menampilkan pemain utama yg disukai. Hangat, dan ramah. Kesesuaian antara program dan yang membawakannya

Programming>Keberhasilan>Elemen keberhasilan 4. Konsistensi Konsisten terhadap tema dan karakter pemain yang dibawa sejak awal. Tidka menyelipkan program yng tidak berhubungan. 5. Energi Kualitas> Kecepatan cerita, excitement, dan gambar yang kuat Tanggungjawab> Penulis, sutradara, dan pemain 6. Timing Pertimbangan waktu penayangan. Keharmonisan Cerita dan nilai sosial. Penerimaan nilai social pada drama cohabitation (1960an) dan Three’s Company (1977), contoh lain: joe millionaire 7. Tren Jalan untuk melihat apa yang disukai oleh audiens.

Programming>Keberhasilan>Elemen keberhasilan>Tren Tren dalam program TV terjadi bila beberapa stasiun TV menampilkan ide yang sama. Contoh tren pada program TV di AS: Tahun 1950an > Menyiarkan program drama teater secara langsung Tahun 1960an > Film koboi Tahun 1970an > Komedi situasi Tahun 1980 an > Drama seri Tahun 1990an > news

Eksekusi Program>Strategi Penayangan>Waktu Siaran Program Prime Time Waktu Paling baik ditonton oleh semua audien > Jam 19.30-23.00 Late Fringe Time Jam 23.00-01.00 All Other Time Jam 01.00-10.00 Day Time Jam 10.00-16.30 Fringe Time Jam 16.30-19.30

Ekseskusi Program>Strategi penayangan>Strategi Menarik Audiens Head Sterling (1982) > Upaya menarik Audiens Masuk ke stasiun sendiri (inflow) > menahan yang sudah ada > tidak ada aliran audiens keluar (outflow) 1. Head to head Program yang menarik audiens yang sama, Program sama>program berita 2. Program tandingan Conterprogramming, merebut audiens di tv pesaing dg menjadwalkan program yang berbeda, stasiun A berita, stasiun B infotainment 3. Bloking Program Audiens dipertahankan dalam suatu waktu dg program sejenis. Program sinetron dan komedi sepanjang malam.

Eksekusi Program>Strategi penayangan>Strategi Menarik Audiens 4. Pendahuluan kuat Strong lead in. Menyajikan program yang kuat pada permulaan segmen siaran. Program kriminalitas menuju program berita nasional pada day time 5. Strategi Buaian (Creating Hammock). Membangun audiens pada program baru/ Membangkitkan pada program yg turun popularitas>Penempatan pada progam unggulan (Flow throught) 6.Penghalangan (Stunting) Perubahan jadwal programs secara cepat. Disposis/ interupsi program

Evaluasi Program>Manajer Program Peter Pringle, dalam mengawasi program (Program control), manajer program bertanggungjawab dalam: 1. Mempersiapkan standar program stasiun 2. mengawasi kesesuaian content dan regulasi 3. memelihara record program 4. directing dan awasi kegiatan staf 5. Memastikan kontrak 6. Kesesuaian anggaran Ketentuan 1 dan 3 diatur dalam P3SPS (Pedoman) dan wajib disosialisaikan

Evaluasi Program>P3SPS 1. Program Faktual Terdiri atas: Program berita, Features, Dokumentari, Reality show, Konsultasi on air dg narasumber, diskusi, perlombaan, pertandingan, dll. < Stasiun penyiaran harus menerapkan etika jurnalistik: prinsip akurasi, keadilan, dan menghormati 2. Program Kuis Kejelasan atas prosedurnya. Syarat dan ketentuan. 3. Program Perbincangan Talkshow tentang Seks, perilaku seks dg waktu siar LFT

Evaluasi Program>P3SPS 4. Program Mistik Program factual yang bertemakan dunia gaib, paranormal, kontak dengan roh. Waktu siar maupun promo 22.00-03.00 tanpa manipulasi, dan kejelasan atas tayangan 5. Program Asing Program utuh hasil impor. Menyediakan terjemahan. 6, Program Pemilu Siaran berita, sosialiasa pemilihan, siaran kampanye, harus adil dan tidak bersikap partisan.

Evaluasi Program>P3SPS Setiap acara dibagi atas 4 kelompok: 1. Klasifikasi A Tayangan untuk anak, berusia < 12 tahun 2. Klasifikasi R Tayangan untuk remaja, berusia 12-18 tahun 3. Klasifikasi D Tayangan untuk dewasa 4. Klasifikasi SU Tayangan untuk semua umur. Tidak secara khusus ditujukan untuk A dan R, tapi masih dianggap layak untuk mereka. Program Klasifikasi ‘D’ hanya boleh disiarkan pada pukul 22.00—03.00 misalnya: gulat profesional

Evaluasi Program> Sanksi P3SPS Pelanggaran atas P3SPS dikenakan sanksi administrative berupa A) teguran tertulis B) Pemberhentian acara sementara C) Pembatasan durasi waktu siaran D) Denda administrative E) Pembekuan kegiatan siaran lembaga peyiaran F) Penolakan dan perpanjangan izin G) Pencabutan izin penyelenggaraan.

Thank You