Desain Produk dan Jasa (LANJUTAN)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pertemuan-6 DESAIN PRODUK DAN JASA
Advertisements

MANAJEMEN PERIKLANAN ANALISIS PRODUK.
Manajemen Produksi dan Operasi
Rekayasa Perangkat Lunak dan Proses Software
Jaminan Kualitas Perangkat Lunak Software Quality Assurance [SQA]
Sistem Informasi Manufaktur
STRATEGI OPERASI STIE PUTRA BANGSA.
BAB 2 DISAIN BARANG DAN JASA
Presentasi Kelompok 4 Manajemen Operasi Desain Produk dan Jasa.
Manajemen Mutu Perangkat Lunak
McGraw-Hill/Irwin Copyright © 2008, The McGraw-Hill Companies, Inc. All rights reserved.McGraw-Hill/Irwin Copyright © 2008 The McGraw-Hill Companies, Inc.
MANAJEMEN PRODUKSI & OPERASI
Pengembangan perangkat lunak
SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR
SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR ALFIA RINI,S
SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR Pertemuan 24. SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR Pemasaran bertanggung jawab menentukan apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan,setelah.
Sistem Informasi Manufaktur
Sistem informasi berbasis komputer dalam organisasi
SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR
Desain Produk dan Jasa.
MANAJEMEN PRODUKSI Resista Vikaliana, S.Si. MM 23/10/2013.
Sistem Informasi Akuntansi
Strategi penetapan harga
Aplikasi Sistem Informasi Dalam Fungsi – Fungsi Organisasi
Materi Sesi ke 8 Pengembangan Sistem Informasi Manajemen
MANAJEMEN, KONTROLER DAN AKUNTANSI BIAYA
SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR
KONSEP BIAYA DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BIAYA
Proses bisnis dan sistem informasi manajemen
SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR
BAB 5 Desain Produk dan Jasa
Quality Function Deployment, Value Engineering and Target Costing, an Integrated Framework in Design Cost Management: A Mathematical Programming Approach.
DESAIN PRODUK DAN JASA.
STRATEGI MRP.
MANAJEMEN OPERASI, KUALITAS DAN PRODUKTIVITAS
UKURAN KINERJA.
Desain Sistem Akuntansi
PERANCANGAN SISTEM SECARA UMUM
MANUFAKTUR & PEMASARAN
PERANCANGAN SISTEM SECARA UMUM
NAMA. : Deny Ismanto, S. E. MATA KULIAH. : Metodologi Penelitian,
Bab 8 Produk, Jasa, dan Strategi Penentuan Merek
Desain Produk & Jasa Desi Harsanti Pinuji.
FASE DESAIN.
MANAJEMEN PRODUKSI & OPERASI
STRATEGI OPERASI UNTUK BARANG DAN JASA
Pengelolaan Sistem Informasi
MEMAHAMI EKSPETASI PELANGGAN
Sistem Informasi Manajemen 2*
Seleksi, pendefinisian, mendisain produk
Keahlian Merancang Desain Berdasarkan Pada Kualitas Fungsi Penyebaran
MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
Sistem Informasi Marketing
MANUFAKTUR & PEMASARAN
Perencanaan dan Pengembangan Produk
Sistem Informasi Manufakturing
SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR.
UKURAN KINERJA.
BAB 1, MANAJEMEN, KONTROLER DAN AKUNTANSI BIAYA
UKURAN KINERJA.
Managemen Sistem Operasi
BAB 1O.
CORPORATE INFORMATION SYSTEM (Sistem Informasi Organisasi)
MANAJEMEN PRODUKSI Resista Vikaliana, S.Si. MM 23/10/2013.
DASAR-DASAR MANAJEMEN YANG EFEKTIF
Bagian 8 NUR ALAM M. NOER, SE
Strategi Siklus Hidup produk Pertemuan 9 Buku 1 Hal:
BAB 2 DISAIN BARANG DAN JASA
Bab 8 Produk, Jasa, dan Strategi Penentuan Merek
SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR
Transcript presentasi:

Desain Produk dan Jasa (LANJUTAN)

Pengembangan produk Sistem pengembangan produk Sebuah strategi produk yang efektif menghubungkan keputusan produk dengan arus uang, dinamika pasar, siklus hidup produk, dan kemampuan organisasi

Pengembangan produk yang optimal bergantung pada dukungan bagian-bagian lain dalam perusahaan, dan juga gabungan dari sepuluh keputusan MO yang berhasil, mulai dari desain produk hingga pemeliharaan.

Quality Function deployment (qfd) QFD proses menetapkan permintaan pelanggan (“keinginan” pelanggan) dan menerjemahkan keinginan pelanggan ke dalam atribut (“cara”) yang dapat dipahami dan dilaksanakan oleh setiap bagian fungsional. QFD digunakan di awal proses desain

Menyusun organisasi untuk pengembangan produk Empat pendekatan terhadap pengorganisasian untuk pengembangan produk : Sebuah organisasi dengan departemen- departemen yang berbeda. Menugaskan seorang manajer produksi untuk “memenangkan” produk melalui sistem pengembangan produk dan organisasi terkait.

c. Pengembangan produk dengan menggunakan sebuah tim, yang dikenal sebagai tim pengembangan produk, tim desain untuk kemampuan manufaktur, dan tim rekayasa nilai. d. Tidak membagi organisasi menjadi penelitian dan pengembangan, rekayasa, produk,dll.

Tim pengembangan produk (product development teams) bertanggungjawab mengubah permintaan pasar menjadi sebuah produk yang dapat mencapai tahap keberhasilan Tim terdiri perwakilan dari pemasaran, produksi, pembelian, penjaminan kualitas.

Permasalahan desain produk Teknik penting untuk merancang suatu produk : Desain yang tangguh : desain yang dapat diproduksi sesuai persyaratan Desain moduler : desain di mana bagian / komponen dari suatu produk dibagi-bagi menjadi modul yang dapat ditukar dan diganti dengan mudah Computer- Aided Design (CAD) perancangan dibantu komputer untuk merancang produk dan mendokumentasikan produk

4. Computer-Aided Manufacturing (CAM) manufaktur dibantu komputer (penggunaan teknologi untuk mengendalikan mesin) 5. Teknology virtual Reality : komunikasi visual dengan penggunaan citra sebagai pengganti benda asli 6. Analisis nilai : suatu tinjauan atas produk yang berhasil dilakukan selama proses produksi 7. Etika dan desain yang ramah lingkungan

Manfaat cad dAn cam Kualitas produk. Dengan CAD, para perancang dapat menelaah lebih banyak alternatif, kemungkinan masalah, dan bahaya Waktu desain yang lebih singkat. Fase yang lebih singkat, sehingga biaya jadi murah, maka respon pasar lebih cepat

Manfaat cad dAn cam Pengurangan biaya produksi. Penggunaan karyawan lebih efisien, sehingga dapat mengurangi biaya Ketersediaan basis data. Memberikan informasi pada piranti lunak manufaktur dan menyediakan data produk yang akurat, sehingga bekerja dengan informasi yang sama Sejumlah kemampuan baru. Contoh: kemampuan memutar dan menggambarkan objek dalam bentuk tiga dimensi

Kontinuum perkembangan produk Strategi pengembangan internal: Migrasi produk yang ada Perbaikan terhadap produk yang ada Pengembangan produk baru secara internal Strategi pengembangan eksternal: Aliansi Usaha patungan Membeli teknologi atau keahlian dengan akuisisi

aliansi Aliansi (alliances) : perjanjian kerjasama yang menjadikan perusahaan tetap independen, tetapi dapat menggunakan kekuatan tambahan untuk mencapai strategi yang sesuai dengan misi masing-masing. Contoh: Mercedes Benz, Ford Motor, dan Ballard Power Systems membentuk sebuah aliansi untuk mengembangkan “mobil hijau” yang berbahan bakar baterai

Usaha patungan Usaha patungan (joint ventures) adalah kepemilikan bersama, biasanya di antara dua perusahaan, untuk menghadirkan produk baru atau menguasai produk baru. Contoh : Fuji – Xerox, sebuah produsen dan penjual mesin fotokopi yang merupakan sebuah usaha patungan dari Xerox (pembuat mesin fotokopi dari AS) dan Fuji (produsen film terbesar dari Jepang)

Mendefinisikan suatu produk Barang/jasa yang baru diperkenalkan ke pasar, harus didefinisikan. Barang/ jasa didefinisikan dari segi fungsinya, yaitu apa yang dapat dilakukan oleh barang tersebut Kemudian produk dirancang dan perusahaan menentukan bagaimana fungsi tersebut dapat tercapai. Spesifikasi yang cermat dari sebuah produk harus ada untuk memastikan produksi dapat berlangsung secara efisien.

Keputusan membuat atau membeli (make or buy decision) Perusahaan dapat memilih untuk memproduksi komponen mereka sendiri, atau membeli dari perusahaan lain. Membedakan antara apa yang perusahaan inginkan untuk diproduksi dan apa yang dibeli. Keputusan membuat atau membeli penting ada variasi kualitas, harga, dan jadwal pengantaran

Penerapan pohon keputusan (decision tree) Pohon keputusan dapat digunakan untuk membuat keputusan produk baru dan untuk beragam permasalahan manajemen lainnya. Untuk membentuk sebuah pohon keputusan, digunakan prosedur sebagai berikut: Pastikan semua alternatif yang mungkin dan keadaan sudah dimasukkan ke pohon, termasuk alternatif untuk “tidak melakukan apa-apa” Pengembalian hasil (payoff) dimasukkan pada akhir tiap cabang yang bersesuaian Menetapkan nilai ekspektasi dari setiap tindakan yang ada Pilih EMV (Expected Monetary Value) / kemungkinan pengembalian hasil yang tertinggi

contoh Silicon, Inc., sebuah produsen semikonduktor sedang meneliti kemungkinan memproduksi dan memasarkan sebuah mikroprosesor. Untuk menjalankan proyek ini, dibutuhkan sebuah sistem CAD yang canggih atau mempekerjakan dan melatih beberapa insinyur tambahan. Pasar untuk produk ini bisa jadi baik, bisa jadi tidak baik. Silicon, Inc., tentu juga memiliki pilihan untuk tidak mengembangkan produk baru sama sekali. Dengan penerimaan yang baik oleh pasar, penjualan akan mencapai 25.000 prosesor dengan harga $100. Dengan penerimaan pasar yang tidak baik, penjualan hanya akan mencapai 8.000 prosesor seharga $100. Harga peralatan CAD $500.000, tetapi merekrut dan melatih tiga insinyur baru hanya membutuhkan biaya $375.000. walaupun demikian, biaya produksi akan turun dari $50 per buah saat diproduksi tanpa CAD, dan $40 dengan adanya CAD. Kemungkinan mikroprosesor baru diterima dengan baik oleh pasar adalah 0,40, sementara kemungkinan penerimaan yang tidak baik adalah 0,60. Keputusan mana yang harus dipilih ?

jawab membeli CAD merekrut dan melatih insinyur tidak melakukan apa-apa

contoh Sarah King, presiden King Electronics mempunyai dua pilhan desain untuk lini produk tabung sinar katoda (CRT) yang beresolusi tinggi untuk stasiun kerja CAD- nya. Pilihan desain A memiliki kemungkinan sebesar 0,90 untuk menghasilkan 59 CRT yang baik per 100 unit produk dan kemungkinan sebesar 0,10 untuk menghasilkan 64 CRT yang baik per 100 unit produk. Biaya desain adalah $1.000.000. Pilihan desain B memiliki kemungkinan sebesar 0,80 untuk menghasilkan 64 CRT yang baik per 100 unit produk, dan kemungkinan sebesar 0,20 untuk menghasilkan 59 CRT yang baik per 100 unit produk. Biaya desainnya $1.350.000. Ditanyakan: Pilih desain A atau B untuk tingkat pengembalian tertinggi?

Clarkson Products mempunyai pilihan (a) segera memproduksi TV stereo tercanggih yang baru selesai uji purwarupa, atau (b) membiarkan tim analisis nilainya menyelesaikan penelitian mereka. Jika Ed Lusk, wakil presiden operasi, maju dengan purwarupa yang ada (pilihan a), maka perusahaan dapat mengharapkan penjualan sebanyak 100.000 unit dengan harga masing-masing $550, dengan kemungkinan 0,6, dan kemungkinan 0,4 untuk 75.000 unit seharga $550. jika ia menggunakan tim analisis nilai (pilihan b), perusahaan mengharapkan penjualan 75.000 unit pada $750 dengan kemungkinan 0,7 dan kemungkinan 0,3 pada 70.000 unit seharga $750. Biaya analisis nilai adalah $100.000 dan hanya digunakan pada pilihan b. Pilihan apakah yang EMV-nya tertinggi?