PENGEMBANGAN MULTIMEDIA
TAHAP PENGEMBANGAN MULTIMEDIA
TAHAP PENGEMBANGAN MULTIMEDIA #1 CONCEPT Menentukan tujuan : Tujuan dari multimedia, audiens yang menggunakan Memahami karakteristik user Tingkat kemampuan audiens Output Dokumen dengan penulisan yg bersifat naratif
TAHAP PENGEMBANGAN MULTIMEDIA #2 DESIGN Desain Berbasis Multimedia , Metode desain pembuatan film : Menggunakan Storyboard, flowchart view
TAHAP PENGEMBANGAN MULTIMEDIA #3 MATERIAL COLLECTION Merupakan tahapan pengumpulan objek yang akan digunakan berdasarkan konsep dan rancangan.
Pengumpulan objek : Pembuatan Text Pengumpulan/Koleksi Text Pembuatan Grafis Pengambilan Gambar Pengumpulan Suara Editing Suara Pembuatan atau Capture Video Editing Video Pemodelan Karakter, Ilustrasi Penganimasian
TAHAP PENGEMBANGAN MULTIMEDIA Pembuatan Objek Multimedia Pembuatan objek multimedia dilakuan dengan menggunakan Hardware dan Software berbasis Multimedia. Hardware yang digunakan dalam pembuatan Objek Multimedia :
TAHAP PENGEMBANGAN MULTIMEDIA Software yang digunakan : Operating System, misal : Microsoft Windows XP Text Authoring Software, misal : Notepad, Ms. Word Graphic Authoring Software, misal : Corel Draw, PhotoShop, Illustrator Animation Authoring Software, misal :Macromedia Flash, ToonBoom, Corel Rave, 3DMax, Maya, Blender Audio Authoring Software, misal : Cool Edit Pro, Audacity, SoundForge Video Authoring Software, misal : Adobe Premiere, Ulead Studio Dalam pembuatan objek multimedia, dirancang objek-objek yang akan digunakan dalam Animasi. Multimedia Pembelajaran seperti Animasi, Video, Suara, Grafis atau gambar, dan Narasi.
TAHAP PENGEMBANGAN MULTIMEDIA #4 ASSEMBLY Merupakan tahapan perakitan objek yang telah dibuat pada tahapan Material Collection dengan melakukan pengabungan Animasi, Video, Suara, dan Grafis menjadi suatu keselarasan dalam tampilan maupun suara. Tahapan perakitan dilakukan dengan melakukan pemrograman terhadap susunan objek berdasarkan Storyboard yang telah dirancang. Setelah objek dibuat dengan menggunakan perangkat yang diperlukan maka dilakukan proses penggabungan seluruh objek multimedia yang telah dibangun menjadi satu kesatuan dalam Produk Multimedia
TAHAP PENGEMBANGAN MULTIMEDIA #5 TESTING Melakukan pengujian terhadap produk multimedia yang dibuat dengan melakukan ”Running Program”. Apakah produk mengalami ”error message”? Serta menguji urutan konten produk dengan kesesuaian skenario dan storyboard. Jika ternyata terjadi ketidak sesuaian maka akan dilakukan perbaikan dengan meninjau kembali perancangan dan melakukan tahapan berikutnya sampai terjadi kesesuaian
TAHAP PENGEMBANGAN MULTIMEDIA #6 DISTRIBUTION Merupakan tahapan dimana hasil produksi produk Multimedia akan disebar luaskan atau penyimpanan hasil. Pada tahapanan ini hasil produksi dapat disimpan dalam media CD dalam bentuk CD Program atau Video CD atau melalui online web.
PRODUK MULTIMEDIA ## PRESENTATION PRODUCT Digunakan untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan ringkas. Informasi disajikan secara berurutan/terstruktur (linear) Ciri-ciri : Dibuat secara singkat (beberapa jam atau beberapa hari) Jumlah presentasi sedikit dan konten mudah dibubah sesuai perkembangan Memiliki kontrol navigasi sedikit Banyak menggunakan teks dalam menyampaikan informasi berkaitan dengan elemen-elemen yang lain. Membutuhkan waktu singkat
PRODUK MULTIMEDIA REFERENCE PRODUCT Beberapa fasilitas yang kadang ditambahkan : zooming control, panning control, bookmark, drawing tool Contoh : Corporate Presentation, Sales Presentation, Educational Lecturer REFERENCE PRODUCT Dibuat untuk semua user, dari anak-anak hingga orang dewasa. Disimpan dalam CD-ROM atau high density media Ciri-ciri : Memiliki kontrol navigasi sederhana dan mudah dikenali Terstruktur dan mudah digunakan Informasi disusun berdasarkan abjad
PRODUK MULTIMEDIA Jenis reference product : Fasilitas yang tersedia : Konten Umum : Encyclopedy, Dictionary Konten Khusus : History Multimedia Fasilitas yang tersedia : Help Function Selection Function Bookmarking Back Search Main Menu Function Print & Export Function
PRODUK MULTIMEDIA DATABASE MULTIMEDIA Merupakan sistem penyimpanan data yang dapat melakukan proses save, manipulation & retrieval data teks, image, grafik, audio dan video Ciri-ciri : Mengelola data kapasitas besar (binary large object) Pencarian data secara deskriptif (content based search) Akses konten bersama (different queries) Hubungan yang konsisten dalam pengelolaan data (relational consistency) Contoh : google earth
PRODUK MULTIMEDIA EDUCATION & TRAINING Merupakan produk pembelajaran dan pelatihan untuk kemudahan proses pengajaran dan pembelajaran Memiliki nilai tambah dibandingkan media belajar konvensional Kategori : Instructor Support Product : lecturer slide, handout Standalone/Self-paced Product : Computer Based Training Combination Product : Media Pembelajaran yang komprehensif
PRODUK MULTIMEDIA KIOSK Sistem informasi interaktif menggunakan komputer. Diletakkan di lokasi umum, agar user mudah menggunakannya Ciri-ciri : Antarmuka bersifat user friendly Segera memberikan respon atas aksi yang diberikan oleh user Mudah digunakan Perangkat yang dibutuhkan : display (touchscreen), processor, storage, speaker, video player, high resolution, keyboard, camera, network, dll.
PRODUK MULTIMEDIA ENTERTAINMENT & GAME Kategori : Point of Information System(POI) : informasi mengenai lokasi, jadwal perjalanan, layanan, dll. Biasanya terdapat di airport, rumah sakit, stasiun kereta, instansi pemerintah, dll Point of Sales System (POS) : user bisa melakukan manipulasi data dan informasi, misalnya : penjualan, pemesanan tiket, stok barang ENTERTAINMENT & GAME Produk hiburan berbasis multimedia yang bergantung pada penggunaan grafik, audio, animasi dan video. Standalone & Network
PRODUK MULTIMEDIA VIDEO CONFERENCE Single user & Multiuser Komunikasi antara dua pihak atau lebih pada waktu bersamaan dengan menggunakan kombinasi audio, video dan data yang dihubungkan melalui jaringan. Room Based System & Dekstop Video Conferencing Peralatan yang dibutuhkan : Rollabout, codec, monitor TV, Kamera, microphone, slide to video device, micro video system, 3D imaging device, photo CD presenters, video player, visualizer.