System Development Life Cycle (SDLC)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengembangan Sistem Informasi
Advertisements

CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
Siklus, Metode dan Teknik Pengembangan Sistem Informasi
Teknologi Informasi ~ Sistem Informasi ~
REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering) Eka Ismantohadi
BAB 2 METODE REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PENGEMBANGAN SISTEM.
Methods for Software Engineering
METODOLOGI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM
Managing Software Requirement 2
Analisis Desain Sistem Informasi
Manajemen Proyek Perangkat Lunak (MPPL)
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
SIKLUS HIDUP SISTEM Proses Pengembangan sistem berasal dari system life cycle/siklus hidup sistem. Siklus hidup sistem terjadi begitu saja System.
MODEL PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak
Metode rpl BY: Y. PALOPAK S.Si., MT..
SIKLUS HIDUP SISTEM INFORMASI
Pengembangan SISTEM secara TOTALITAS bahan 14
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK.
Pengantar Teknologi Informasi
SE2423 Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
Anna dara andriana., M.kom
Analisa dan Desain Berorientasi Obyek
ENTOT SUHARTONO, SKOM, MKOM
CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
RPL.
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Siklus Hidup Perangkat Lunak
PENGEMBANGAN SISTEM Alasan & Tujuan Pengembangan Sistem
Pengembangan Sistem Pertemuan 3.
PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
Materi Habis Uts IMK Prototyping
Analisa dan Perancangan Sistem
RPL.
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
PENGEMBANGAN SISTEM Muhammad Hidayat, SE.
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
BAB 2 KONSTRUKSI & BISINS PROSES
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Anna dara andriana., M.kom
KELOMPOK 8 NAMA ANGGOTA : Firda Firdaus W.L( ) M. Ichsan Rauf ( ) Rananda Putra I.( ) Taufan Herman ( ) Trisna Syahputra(
Siklus, Metode dan Teknik Pengembangan Sistem Informasi
Proses Pengembangan Database
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
“Strategi Pengembangan Manajemen Sistem Informasi Publik”
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
SDLC Pertemuan 1 Dosen Pengampu: Sandfreni
Pendekatan-Pendekatan Pengembangan Sistem
ANALISA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
PENGEMBANGAN SISTEM.
REKAYASA KEBUTUHAN PL.
Pengembangan Sistem Informasi
PENGEMBANGAN SISTEM.
SOFTWARE ENGGINERING Model Model Siklus Rekayasa Perangkat Lunak
Pengembangan Sistem Kuliah : APSI Oleh : Iwan Abadi, Ir., M.M.
Pengembangan Sistem Informasi
Pertemuan 8 RPL Oleh : Syukriya al-Asyik S.Kom
Pengembangan SISTEM secara TOTALITAS bahan 14
Pertemuan 1 Pengantar Pengembangan Sistem
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
Rekayasa Perangkat Lunak Bag-2
Building Information Systems
Transcript presentasi:

System Development Life Cycle (SDLC) Dosen : Rinci Kembang Hapsari, S.Si., M.Kom

What is SDLC? Siklus hidup pengembangan sistem Metodologi umum untuk pengembangan sistem yang merupakan keseluruhan proses dalam membangun sistem melalui beberapa langkah.

SDLC Metodologi : pendekatan atau seragkaian langkah yang diformalkan Planning Review kebutuhan projyek Prioritas kebutuhan projyek Alokasi resources Identifikasi team pengembang proyek 5. Support Meninjau sistem pasca implementasi Mengidentifikasi kesalahan dan perangkat tambahan Monitoring kinerja sistem 2. Analysis Melakukan investigasi awal Aktifitas analisis detail : Mempelajari sistem saat ini Menentukan kebutuhan user Solusi yang direkomendasikan 4. Implementation Mengembangankan program, jika diperlukan Menginstall dan menguji sistem baru Melatih user Mengkonversi ke sistem baru 3. Design Mendapatkan hardware dan software, jika diperlukan Mengembangkan detail sistem

Predictive Life Cycle Model Waterfall model Spiral model Incremental model Rapid Aplication Development Prototyping model

Waterfall Model Original SDLC Suatu fase dimulai ketika yang lain komplet, backtracking dan perulangannya kecil

Rapid Application Development (RAD) Rapid Application Development (RAD) adalah model proses pembuatan software yang terurut secara linier yang memberikan pembuatan daur hidup yang singkat “Kecepatan tinggi” adaptasi dari model terurut secara linier Konstruksi compenent-based Efektifitas kebutuhan dimengerti secara baik dan lingkup proyek dibatasi.

Pengujian dan turn over Pengujian dan turn over R AD Mo d e l Tim #3 Pemodelan Bisnis Tim #2 Pemodelan Data Pemodelan Bisnis Pemodelan Proses Tim #1 Pemodelan Data Pemodelan aplikasi Pemodelan Bisnis Pemodelan Proses Pengujian & turn over Pemodelan Data Pemodelan aplikasi Pemodelan Proses Pengujian dan turn over Pemodelan aplikasi Pengujian dan turn over 60 – 90 hari

Prototyping Model Mempercepat development Sistem kontinyu direvisi Identifikasi permasalahan Initial Requirements Develop Prototype Mempercepat development Sistem kontinyu direvisi Convert to Operational System Working Prototype If Prototype Accepted Problems Implement & Use Prototype Revise & Enhance Prototype New Version

Spiral Model Menggabungkan keuntungan-keuntungan model Water Fall dan prototyping, dan memasukkan aktivitas analisis resiko (risk analysis). Melibatkan proses iterasi, tiap iterasi bekerja pada satu 'level produk‘ (dari level prototipe sampai pada level perangkat lunak yang diinginkan). Tiap perpindahan level didahului oleh analisis resiko

Spiral Model

Adaptive Life Cycle Models Adaptive = learning Extreme Programming SCUM

Siapa yang berpartisipasi dalam system develop life cycle? Sistem analis Programmer Webmaster Users Network Engineer Database specialist Management Vendors

METODE PENGEMBANGAN Pendekatan, sudut pandang, atau kumpulan aturan yang harus diikuti untuk menyelesaikan tahap-tahap aktivitas pengembangan perangkat lunak. Beberapa metode pengembangan PL: Konvensional atau tradisional (1955) Berorientasi Data (1975) Berorientasi Aliran Data atau Proses (1976) Berorientasi Objek (1980an)

METODE KONVENSIONAL Sudut pandang pengembangan adalah alur (prosedur) kerja pada sistem fisik organisasi. Prinsip pengembangan: Dokumen apa yang menjadi media data atau informasi Bagaimana dokumen tersebut terbentuk dan mengalir dari satu bagian organisasi ke bagian organisasi yang lain Proses apa saja yang dilakukan terhadap dokumen tersebut Proses mana yang akan dibantu komputer

METODE BERORIENTASI DATA Sudut pandang pengembangan adalah struktur data dari dokumen masukan/keluaran yang digunakan dalam sistem . Prinsip pengembangan: Mengidentifikasi entitas atau item-item yang menjadi objek informasi berikut operasi- operasinya. Menyatakan struktur informasi secara hirarki dengan menggunakan konstruksi sequence, selection dan repetition. Memetakan hirarki struktur informasi menjadi struktur program.

METODE BERORIENTASI FUNGSI Perangkat lunak dianggap sebagai kumpulan fungsi atau proses transformasi data: data masukan proses transformasi data keluaran/hasil transformasi keadaan awal dan akhir perubahan (dari keadaan awal ke akhir) aksi untuk mengubah keadaan

METODE BERORIENTASI OBJEK Dekomposisi persoalan menjadi objek-objek yang berkorespondensi dengan dunia nyata. Persoalan: PERKULIAHAN Objek: Dosen Mahasiswa Kuliah Nilai

OBJECT ORIENTED VS FUNCTIONAL