KONSTANTA A. Ridwan Siregar.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Review Struktur Dasar Program
Advertisements

Pemrograman Terstruktur
INSTRUKSI MASUKAN DAN KELUARAN
Tipe Data, Variabel, Konstanta, Operator
Alg&Pemrog 2B Sistem Komputer Variable  Variable dapat didefinisikan sebagai bagian dari memory untuk menyimpan nilai yang telah ditentukan.  Setiap.
Pemrogramman Terstruktur
BAHASA C.
Identifier, Tipe Data dan Variabel Yusuf Nurrachman.
Tipe Data Dasar Variabel dan Konstanta
Elemen-elemen dlm source code
BASIC DATA TYPES, VARIABLES & OPERATORS
Dasar Pemrograman Komputer [TKL-4002] 2010
Pemrogramman Terstruktur
Elemen Dasar QBasic.
Dasar Komputer & Pemrograman 2A (BAHASA C)
Algoritma & Pemrograman 1
Tipe Data, Variabel, & Konstanta
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Statement Input – Output
Dasar pemrograman.
Dasar Pemrograman Java Pertemuan 2 Pemrograman Berbasis Obyek.
Dasar-dasar Pemrograman PHP
TIPE DATA Erizal, S.Si, M.Kom Sistem Informasi STTI Respati
TIPE DATA, VARIABEL, DAN OPERATOR
Identifier Tipe data Variabel Konstanta
Rismayuni.  integer adalah bilangan bulat tanpa bagian fraksional dan titik decimal integer disimpan sebagai bilangan biner  Contoh :  earn = 1024;
1 Pertemuan Pengantar Bahasa C Matakuliah: T0616 / Algoritma dan Pemrograman Tahun: 2007 Versi: 1/0.
Pertemuan 3.
VARIABEL DAN JENISNYA A. Ridwan Siregar.
Elemen Dasar C++ Norma Amalia, ST.,M.Eng.
ANALISA DAN DESAIN ALGORITMA
Teknik. Pemrog. Terstruktur 2
Komentar, identifier Dan Tipe Data
Pengantar Bahasa C & C++
Tipe Data By Serdiwansyah N. A..
Elemen Dasar C Identifier :
Pertemuan 1 Pengenalan Bahasa C++.
Tipe, Nama, dan Nilai Anifuddin azis.
PERTEMUAN 3 KONSEP TIPE DATA, OPERATOR DAN IDENTIFIER
Dasar pemrograman java
Algoritma & pemrograman 1B
KONSEP TIPE DATA, OPERATOR DAN IDENTIFIER
KOMPUTER APLIKASI IT II
Bahasa C – Intro Yenni Astuti, S.T., M.Eng..
TYPE DATA ,VARIABEL &KONSTANTA Dalam C++
Tipe Data, Variabel, & Konstanta
Pseudocode – Tipe Data, Variabel, dan Operator
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Mengenal Model Data, Perintah I/O
Elemen-elemen Dasar Pada Bahasa C++
Tipe Data Dasar Variabel dan Konstanta
As’ad Djamalilleil Elemen Dasar Java As’ad Djamalilleil
Perintah Input/Output
Daasar Komputer dan Pemrograman 2A
As’ad Djamalilleil Sintaks Dasar As’ad Djamalilleil
Bagian 3 Unsur-unsur kode program Borlan C++
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pengenalan dan Struktur Java (Tipe Data)
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK PENDAHULUAN
Pemrograman Terstruktur
Algoritme dan Pemrograman
KONSEP TIPE DATA, OPERATOR DAN IDENTIFIER
Variabel dan Tipe Data TEE 2103 Algoritma & Pemrograman
Algoritma Struktur Data
Data dan Struktur Data.
TIPE-TIPE DATA PHP Bandung 2009, by hery dwi y.
Mencetak Nilai Konstanta
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Teknik. Pemrog. Terstruktur 2
T0616 ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN (2)
Transcript presentasi:

KONSTANTA A. Ridwan Siregar

KONSTANTA Konstanta adalah ekspresi dengan nilai tetap

LITERAL Literal adalah jenis konstanta yang paling nyata, digunakan untuk menyatakan nilai tertentu di dalam source code suatu program, mis: 5 di dalam code adalah suatu konstanta literal, bisa terdiri dari: integer, floating-point, characters, strings, Boolean, pointers, atau user-defined literals a = 5;

INTEGER NUMERALS Konstanta numerik di atas memiliki nilai integer 123 1776 707 -273

INTEGER NUMERALS Sebagai tambahan terhadap angka desimal, C++ membolehkan penggunaan angka oktal (basis 8) dan heksadesimal (basis 16) sebagai konstanta desimal Untuk literal oktal, digit diawali dengan sebuah karakter 0 (zero) Untuk heksadesimal, diawali dengan karakter 0x (zero, x)

INTEGER NUMERALS Contoh konstan literal berikut adalah ekuivalen satu sama lain: 75 // decimal 0113 // octal 0x4b // hexadecimal

INTEGER NUMERALS Konstan literal tersebut memiliki satu jenis, sama seperti variabel, dengan harga dasar literal integer adalah int, tetapi akhiran (suffix) tertentu dapat ditambahkan terhadap suatu literal integer untuk menetapkan jenis interger yang berbeda: Suffix Type modifier u or U unsigned l or L long ll or LL long long

INTEGER NUMERALS Unsigned dapat dikombinasikan dengan int dan long, seperti contoh berikut: 75 // int 75u // unsigned int 75l // long 75ul // unsigned long 75lu // unsigned long

FLOATING POINT NUMERALS Floating point mengekpresikan nilai nyata, dengan desimal dan/atau eksponen 3.14159 // 3.14159 6.02e23 // 6.02 x 10^23 1.6e-19 // 1.6 x 10^-19 3.0 // 3.0

FLOATING POINT NUMERALS Jenis dasar untuk floating-point literals adalah double Untuk floating-point literals jenis float atau long double dapat dispesifikasikan dengan menambahkan satu dari akhiran berikut: Suffix Type f or F float l or L long double

CHARACTER AND STRING LITERALS Character dan string literals diapit oleh dua tanda kutip: Baris 1 dan 2 adalah single-character literals, dan baris 3 dan 4 adalah string literals 1 2 3 4 'z' 'p' “Apa kabar?“ “Halo bro"

CHARACTER AND STRING LITERALS Character dan string literals dapat juga merepresentasikan karakter khusus yang sulit atau tidak mungkin dinyatakan dalam source code, seperti newline (\n) atau tab (\t) Semua karakter khusus diawali dengan karakter backslash (\)

CHARACTER AND STRING LITERALS Escape code Description \n newline \r carriage return \t tab \v vertical tab \b backspace \f form feed (page feed) \a alert (beep) \' single quote (') \" double quote (") \? question mark (?) \\ backslash (\) Contoh: '\n' '\t' “Kiri \t Kanan" “satu\n dua\n tiga"

CHARACTER AND STRING LITERALS Programmer dapat menggunakan string literals panjang dalam beberapa baris, seperti berikut: Atau sama dengan: 1 x = "string diekspresikan dalam\ 2 dua baris" x = "string diekspresikan dalam dua baris"

LITERAL LAINNYA Ada 3 kata kunci literal dalam C++ yaitu: true, false dan nullptr: True dan false adalah dua nilai yang dimungkinkan pada jenis bool (Boolean) Nullptr adalah nilai null pointer 1 bool lawan = true; 2 bool tameng = false; 3 int* p = nullptr;

TYPED CONSTANT EXPRESSIONS Adakalanya, lebih nyaman memberi sebuah nama terhadap nilai konstan: 1 const double pi = 3.1415926; 2 const char tab = '\t';

TYPED CONSTANT EXPRESSIONS 1 #include <iostream> 2 using namespace std; 3 4 const double pi = 3.14159; 5 const char baris_baru = '\n'; 6 7 int main () 8 { 9 double r=5.0; // radius 10 double lingkaran; 11 12 lingkaran = 2 * pi * r; 13 cout << lingkaran; 14 cout << baris_baru; 15 } 31.4159

PREPROCESSOR DEFINITIONS (#DEFINE) Mekanisme lainnya untuk menamai nilai konstan adalah dengan penggunaan preprocessor definitions, dengan bentuk seperti berikut: Setelah direktif ini, setiap kemunculan identifier dalam code diinterpretasikan sebagai replacement, dimana replacement adalah urutan karakter (hingga akhir baris) . #define identifier replacement

PREPROCESSOR DEFINITIONS (#DEFINE) Contoh: PREPROCESSOR DEFINITIONS (#DEFINE) 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 #include <iostream> using namespace std; #define PI 3.14159 #define BARIS_BARU '\n' int main () { double r = 5.0; // radius double lingkaran; lingkaran = 2 * PI * r; cout << lingkaran; cout << BARIS_BARU; } 31.4159

TERIMA KASIH