MOBILE TECNOLOGY (J2ME)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
IT603 Ramos Somya.  Mahasiswa mampu memahami konsep dan penerapan komputasi mobile dan aplikasinya.
Advertisements

Review C/C++ & Intro to Java Pemrograman Berorientasi Obyek IT209.
MIDP, MIDLet & Antar Muka J2ME
H. Risdiandri Iskandar, SKom,MM 1 PENGENALAN JAVA 2 ME.
Introduction OOP with JAVA Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Semester Genap Nur hayatin, S.ST.
Oleh: Ali Ridho Barakbah
Pengenalan Java As’ad Djamalilleil
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
APLIKASI KUMPULAN DOA DAN HADITS BERBASIS MOBILE Sendi Arta Gumelar,
Object Oriented Programming (OOP)
Mobile Application.
Nama : Dwi Nur Aini NPM Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi
Perangkat Lunak Software. Perangkat Lunak merupakan sekumpulan aturan yang digunakan untuk menjalankan perangkat keras terdiri dari kumpulan istruksi.
Pengenalan Java dan Object-Oriented Programming
J2ME, Configuration & Profile
MIDP (MIDlet) dan Tools
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
APLIKASI TES IQ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION PADA PERANGKAT MOBILE 1. PENDAHULUAN.
H. Risdiandri Iskandar, SKom, MM
Mobile Device & J2ME Oleh : Oman Somantri, S.Kom
Pengenalan Java.
JAVA APPLET Creating Web Application using Java Applet Introduction to Java (1 st part)
By Dwija Wisnu Brata Your Incrediable J2ME. J2ME ? Java 2 Micro Edition adalah pengembangan bahasa Java yang disesuaikan agar mampu berjalan di perangkat.
Pengantar & Dasar Pemrograman Java Oleh :Yeka Hendriyani, M.kom
Mobile Programming Pertemuan 1 Presented by Mulyono
Pengenalan Pemrograman Java
Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
JAVA FUNDAMENTAL Chapter 1 By. Budhi Irawan, S.Si, M.T.
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Java Micro Edition (J2ME)
PENGENALAN JAVA.
Networking Belajar bagaimana menerapkan sebuah MIDlet yang mempunyai kemampuan koneksi ke dalam jaringan Membuat koneksi HTTP, HTTP Redirects, HTTPS,
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
Pengaksesan Jaringan (Connection)
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
Pengenalan Java.
Pengantar Teknologi Mobile
DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER
Pemrograman berorientasi objek
Pengenalan Program Java
LAB PEMOGRAMAN DASAR (BAHASA C)
APLIKASI KAMUS INGGRIS-INDONESIA INDONESIA –INGGRIS DENGAN Galih Putro Heryyan for further detail, please visit
As’ad Djamalilleil Pengenalan Java As’ad Djamalilleil
Dasar Pemrograman MIDlet
Pemrograman Berorientasi Obyek IT209
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
Pengembangan Aplikasi Mobile
JAVA LANJUT.
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Mobile Teknologi Pertemuan 3 Agung Brastama Putra.
Instalasi JME & Uji Coba
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Aplikasi Petunjuk Tempat Kuliner Jakarta Melalui Handphone Ridwan Salim, for further detail, please visit
Mobile Teknologi Pertemuan 2
JAVA.
Pengenalan Java.
PENGENALAN JAVA LANJUT
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
Pengenalan Java.
Pengenalan Java.
PEMOGRAMAN BERERIENTASI OBJEK
Pengenalan J2ME, Configuration & Profile
Object-Oriented Programming (OOP). TEXT BOOK Materi Pertama 1.OOP Concepts: Konsep dan Paradigma Object-Oriented.
Review C/C++ & Intro to Java
Blackberry, Windows Phone, Ios , android
Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)
APLIKASI Agris Setiawan
APLIKASI 3IN1 KONVERTER PADA TELEPON SELULAR Wenny Rahmawati,
PI, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas APLIKASI GAME BUBBLEBREKER MENGGUNAKAN TEKNOLOGI J2ME for further detail, please.
Transcript presentasi:

MOBILE TECNOLOGY (J2ME) Dosen : Bella Hardiyana, S. Kom

PERTEMUAN 1 PENGENALAN MOBILE Dosen : Bella Hardiyana, S. Kom

PENGENALAN JAVA JAVA menurut definisi dari Sun adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan. Java2 adalah generasi kedua dari Java platform (generasi pertamanya adalah Java Development Kit/ JDK).

TENTANG JAVA Java adalah bahasa pemograman tingkat menengah Java adalah bahasa pemograman berorientasi objek Java bersifat open source Java bersifat case-sentitive Java bersifat multi-platform Sintax java selalu disimpan di dalam class

EDISI JAVA J2SE (Java 2 Standard Edition) Inti dari bahasa pemograman Java; bahasa pemograman java standar; edisi library yang dirancang untuk membuat aplikasi desktop atau applet pada web browser J2ME (Java 2 Micro Edition) Edisi library yang dirancang untuk digunakan pada perangkat tertentu seperti pagers dan mobile phone. J2EE (Java 2 Enterprise Edition) Kumpulan teknologi yang cukup kuat dan berada di atas lingkungan J2SE; edisi library Java yang dirancang untuk membuat sebuah aplikasi enterprise yang memerlukan antarmuka dengan sumber data (datasource) atau dapat pula dikatakan bahwa J2EE adalah superset dari J2SE.

RUANG LINGKUP KETERHUBUNGAN J2SE, J2EE DAN J2ME   Package J2ME Opsional J2EE J2SE Lainnya Foundation MIDP Profile CDC CLDC JVM KVM

PENGENALAN J2ME Ketika kita membuat aplikasi mobile dengan J2ME, maka kita membutuhkan profile. Profile adalah penjelasan/deskripsi tentang dirinya (perangkat). Profile tidak bisa berjalan dengan sendiri tanpada adanya configuration. Configuration adalah penyetingan yang berfungsi untuk mensinkronisasikan perangkat lunak yang kita buat dengan perangkat micro yang ada.

PROFILE Di dalam J2ME, profile di bagi menjadi 2 : MIDP (Mobile Information Device Profile) Diperuntukkan untuk perangkat-perangkat mobile pada umumnya, seperti handphone, pager, PDA, dll. Foundation Profile Diperuntukkan untuk perangkat-perangkat mobile khusus, seperti internet TV, Navigator mobil, car TV, nokia communicator).

CONFIGURATION Setiap profile memiliki Configuration masing-masing. CLDC (Connected Limited Device Configuration) adalah configuration untuk MIDP. CLDC adalah konfigurasi yang terbatas dikarenakan karena ukuran memori, dan resolusi layar serta library J2SE yang terbatas. CDC (Connected Device Configuration) adalah configuration untuk Foundation. CDC adalah konfigurasi yang sedikit terbatas dikarenakan spesifikasinya diatas perangkat CLDC.

PROFILE & CONFIGURATION Sebuah profile mendefinisikan API tambahan yang berjalan diatas configuration Profile memberikan fitur-fitur bagi market tertentu, dan bagi kategori tertentu dari device Configuration hanya mendefinisikan library dasar, sedangkan profile mendefinisikan library yang berguna untuk membuat sebuah aplikasi yang efektif. Library ini termasuk library untuk pembuatan user interface, networking, dan penyimpanan data.

PERBEDAAN CLDC DAN CDC CLDC CDC Konfigurasi yang sangat terbatas Konfigurasi yang sedikit terbatas Di compile oleh KVM (Kilobyte Virtual Machine) Di compile oleh JVM (Java Virtual Machine) Digunakan pada perangkat : HP, PDA, twoway pager dengan memori 160-512 KB Digunakan pada perangkat : Nokia Communicator, car TV, Internet TV dengan memori minimal 2 MB Prosesor : 16/32 bit Prosesor : 32 bit Library J2SE yang bisa digunakan : java.util; java.lang; java.io; Hampir semua library J2SE bisa digunakan.

Terbatasnya dukungan multimedia Keterbatasan memori KARAKTERISTIK MOBILE Berukuran kecil Terbatasnya display Input terbatas Terbatasnya dukungan multimedia Keterbatasan memori Keterbatasan sumber energi Rendahnya konsumsi energi Terbatasnya koneksi jaringan Terbatasnya waktu hidup

MENJALANKAN APLIKASI MOBILE

MIDlets Sebuah aplikasi dari MIDP disebut sebagai MIDlet. Application Management Software (AMS) dari device ini akan bergerak mengikuti method create, start, pause, dan destroy dalam MIDlet. MIDlet adalah bagian dari paket javax.microedition.midlet. Sebuah MIDlet harus menjadi turunan dari class MIDlet. Ia dapat meminta parameter-parameter yang dibutuhkan dari AMS seperti yang telah didefinisikan pada application descriptor (JAD). Sebuah MIDlet tidak memiliki (dan harus tidak memiliki) method main. Ia secara otomatis akan dikenali oleh AMS dari starting point sebuah program.

DAUR HIDUP MIDlet

TAHAP-TAHAP System akan menjalankan konstruktor (membuat objek baru) MIDlet Setelah itu system akan menuju Paused dalam status Loaded. Setelah itu system akan menuju Active ketika startApp() dijalankan atau ada perintah dari user sampai perintah tersebut dieksekusi. Setelah itu system akan menuju Paused dalam status Paused ketika pauseApp() dijalankan atau dengan kata lain menunggu perintah selanjutnya dari user. Setelah itu system akan menuju Destroyed ketika destroyApp() dijalankan atau dengan kata lain ada perintah untuk menutup aplikasi.