USABILITAS WEB (WEB USABILITY)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Candra Irawan Dimas Bhirawa Fahrizky Syahrial Andri Daisy Rahmad
Advertisements

Web Statis vs Web Dinamis
1 Start with Question • Pernahkah Anda menutup sebuah website karena waktu loading yang lama? • Seberapa sering Anda menemukan website yang –tidak (atau.
TEKNIK WAWANCARA & OBSERVASI
Proses-proses Perangkat Lunak
ANALISIS SISTEM.
Manajemen Proyek Sistem Informasi DAY-4
Interaksi Manusia dan Komputer
PERENCANAAN DAN ANALISIS SISTEM
Pengujian Sofware – strategi
TEKNIK PENEMUAN FAKTA.
LANGKAH-LANGKAH ANALISIS SISTEM DAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Interaksi Manusia dan Komputer
Evaluasi IMK.
KONSEP WEB.
Pertemuan 10 Understanding Marketing Strategies on Internet 1.
Mengidentifikasi kebutuhan dan Menetapkan persyaratan
Proses Dari Desain Interaksi
Mengelola Proses Perancangan
Interaksi Manusia & Komputer Website
Step 14 : Uji, Uji, dan Uji Ulang
ARSITEKTUR INFORMASI A. Ridwan Siregar.
Teknik Evaluasi.
USABILITAS WEB (WEB USABILITY)
Interaksi Manusia dan Komputer
TEKNIK EVALUASI Rima Dias Ramadhani.
Evaluasi IMK.
Evaluasi IMK.
PENGALAMAN PENGGUNA A. Ridwan Siregar.
TUJUAN SITUS DAN KEBUTUHAN PENGGUNA
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
mEnyusun rencana manajemen CAKUPAN PROYEK
MENGEMBANGKAN SOLUSI BISNIS
JENIS SITUS WEB A. Ridwan Siregar.
Pengenalan Evaluasi dan Evaluasi Framework
MENGEMBANGKAN SOLUSI BISNIS
Pertemuan 5 Electronic Commerce
Proses Dari Desain Interaksi
Rekayasa Kebutuhan Software
KEBERGUNAAN Anna Dara Andriana., M.Kom
KEWIRAUSAHAAN ANGGIA PARAMITA PUTI KENCANA, SE, MSM Fakultas Ekonomi
DESAIN INFORMASI DAN NAVIGASI
Mengelola isi halaman web
LATIHAN DAN PENGEMBANGAN
Interaksi Manusia - Komputer Rani Susanto, M. Kom
PERTEMUAN 2 KONSEP SISTEM INFORMASI DAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA.
MODUL 1 KEWIRAUSAHAAN ( ESA 142 ).
Membangun Web yang baik (lanjutan)
Mengidentifikasi kebutuhan dan Menetapkan persyaratan
KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM
Web usability Firman Wahyudi.
Evaluasi IMK.
Evaluasi IMK.
REKAYASA WEB Development Process
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pertemuan 10 Understanding Marketing Strategies on Internet
Interaksi Manusia dan Komputer Antar Muka, Desain Layar, dan Usabilitas dari situs Harry Suryadi ( ) Henry Santoso ( )
MERANCANG SISTEM E-BISNIS
IMPLEMENTASI SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO) PADA WEBSITE
Evaluasi IMK.
PRINSIP-PRINSIP PELATIHAN (TOT 01). SASARAN MODUL Mendefinisikan “ Pendidikan dan Pelatihan “ dan menunjukan perbedaan antara keduanya; Mendefinisikan.
Mengelola Proses Perancangan
Usabilitas L. Erawan.
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Teknik evaluasi dan groupware / cscw
Evaluasi IMK.
mEnyusun rencana manajemen CAKUPAN PROYEK
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Metode penelitian Usability Nielsen
Transcript presentasi:

USABILITAS WEB (WEB USABILITY) A. Ridwan Siregar

AI Modul-4 Usabilitas Web kemampuan untuk digunakan efisien dan memuaskan ARS AI Modul-4 Usabilitas Web

AI Modul-4 Usabilitas Web RINGKASAN Apakah usabilitas (usability)? Bagaimana, kapan, dan di mana memperbaiki/menyempurnakannya? Mengapa kita peduli? Tinjauan untuk menjelaskan konsep utama usabilitas dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar ARS AI Modul-4 Usabilitas Web

PENGERTIAN USABILITAS Usabilitas adalah suatu atribut kualitas yang mengkaji bagaimana kemudahan antarmuka pengguna (user interfaces) untuk digunakan? Kata “usabilitas” juga merujuk pada metode untuk memperbaiki/menyempurnakan kenyamanan penggunaan (ease-of-use) pada waktu proses desain ARS AI Modul-4 Usabilitas Web

KOMPONEN KUALITAS USABILITAS Usabilitas dimaknai oleh 5 komponen kualitas: Learnability: Bagaimana mudah bagi pengguna untuk menyelesaikan tugas dasar pada waktu pertama sekali mereka berhadapan dengan desain tersebut? Efficiency: Ketika pengguna telah mempelajari desain tersebut, bagaimana cepat mereka dapat melakukan tugas? ARS AI Modul-4 Usabilitas Web

KOMPONEN KUALITAS USABILITAS Memorability: Ketika pengguna kembali ke desain tersebut setelah satu kurun waktu tidak menggunakannya, semudah apa mereka dapat menghidupkan kembali keterampilannya? Errors: Berapa banyak kesalahan yang dilakukan pengguna, separah apa kesalahan tersebut, dan semudah apa mereka dapat pulih dari kesalahan tersebut? Satisfaction: Apakah menyenangkan dalam menggunakan desain tersebut? ARS AI Modul-4 Usabilitas Web

APA — DEFINISI USABILITAS Ada beberapa atribut kualitas penting lainnya, salah satu yang utama adalah kegunaan (utility), yang merujuk pada fungsionalitas desain: Apakah desain melakukan apa yang dibutuhkan pengguna? Usability dan utility sama penting dan secara bersama menentukan apakah sesuatu bermanfaat Untuk apa sesuatu itu mudah tetapi bukan yang anda inginkan Sebaliknya, walaupun suatu sistem dapat secara hipotetis melakukan apa yang anda inginkan, tetapi anda tidak bisa membuatnya terjadi karena antarmuka pengguna yang terlalu sulit ARS AI Modul-4 Usabilitas Web

APA — DEFINISI USABILITAS Untuk mempelajari kegunaan desain, anda dapat menggunakan metode penelitian pengguna yang sama yang memperbaiki usability Definisi: Utility = apakah ia menyediakan fitur yang anda butuhkan Definisi: Usability = bagaimana mudah dan menyenangkan fitur-fitur tersebut untuk digunakan Definisi: Useful = usability + utility ARS AI Modul-4 Usabilitas Web

MENGAPA USABILITAS PENTING Pada web, usability adalah suatu kondisi keharusan untuk bertahan hidup Mengapa orang meninggalkan suatu situs web? Situs web sulit untuk digunakan Homepage gagal menyatakan dengan jelas apa yang ditawarkan oleh organisasi dan apa yang bisa dilakukan oleh pengguna pada situs tersebut Pengguna kesasar pada situs web Informasi situs web sulit untuk dibaca atau tidak menjawab pertanyaan utama pengguna Praktik terbaik menghabiskan 10% biaya desain untuk usability ARS AI Modul-4 Usabilitas Web

BAGAIMANA MENYEMPURNAKAN USABILITAS Ada banyak metode untuk mempelajari usability, tetapi yang paling dasar dan bermanfaat adalah uji pengguna (user testing), yang terdiri dari 3 komponen: Minta beberapa pengguna representatif, seperti pelanggan untuk situs e-commerce atau karyawan untuk suatu intranet (yang bekerja di luar bagian anda) Minta para pengguna untuk melakukan tugas-tugas representatif pada desain Observasi apa yang dilakukan pengguna, apakah mereka sukses, dan di bagian mana mereka mengalami kesulitan dengan antarmuka pengguna. Tutup mulut dan biarkan para pengguna berbicara. ARS AI Modul-4 Usabilitas Web

AI Modul-4 Usabilitas Web Penting untuk menguji pengguna secara individual dan biarkan mereka memecahkan setiap masalah dengan cara mereka sendiri. Jika anda membantu mereka atau mengarahkan perhatian mereka pada bagian tertentu, anda telah mengkontaminasi hasil uji Untuk mengidentifikasi masalah terpenting usability, menguji 5 pengguna cukup daripada melibatkan banyak orang, lebih baik menjalankan uji kecil dan merevisi desain dan memperbaiki usability begitu anda mengidentifikasinya Mendesain berulang-ulang adalah cara terbaik untuk meningkatkan kualitas pengalaman pengguna. Semakin banyak versi dan antar muka yang anda uji pada pengguna semakin baik. ARS AI Modul-4 Usabilitas Web

AI Modul-4 Usabilitas Web Uji pengguna berbeda dengan focus group, yang tidak sesuai untuk mengevaluasi desain usability Focus group mendapat tempatpada riset pasar,tapi untuk mengevaluasi desain interaksi anda harus mengobservasi secara dekat pengguna individual sewaktu mereka melakukan tugas dengan antarmuka pengguna. Mendengarkan apakata orang adalah salah arah:anda harus mengamati apa yang sedang mereka lakukan. ARS AI Modul-4 Usabilitas Web

KAPAN BEKERJA PADA USABILITAS Usabilty memegang peranan pada setiap tahapan proses desain Tahapan utamanya sbb: Sebelum memullai desain baru, uji desain lama untuk mengidentifikasi bagian-bagian yang baik yang akan anda pertahankan atau anda tekankan, dan bagian-bagian yang tidak bagus adalah yang mengganggu pengguna Kecuali anda bekerja untuk intranet, uji desain kompetitor anda untuk mendapatkan data murah dalam berbagai alternatif antarmuka yang memiliki fitur serupa dengan anda punya (Jika anda beekerja pada suatu intranet, baca panduan desain intranet untuk belejar dari desain lain) ARS AI Modul-4 Usabilitas Web

KAPAN BEKERJA PADA USABILITAS Lakukan studi lapangan untuk melihat bagaimana para pengguna berperilaku pada habitat alami mereka Buat prototipe kertas untuk satu atau beberapa ide desain dan uji desain tersebut Perbaiki ide desain yang diuji berulang-ulang Periksa relatif desain untuk menghasilkan panduan usability baik dari studi anda sebelumnya tau dari penelitian yang dipublikasikan Ketika anda memutuskan untuk mengimplementasikan desain akhir, uji kembali ARS AI Modul-4 Usabilitas Web

DIMANA MENGUJI USABILITAS Anda dapat menjalankan uji usabilitas satu pengguna setiap minggu, seperti bekerja pada lab Banyak organisasi melakukan uji dalam ruang konferensi atau di kantor sepanjang anda bisa menutup pintu agar tidak terjadi gangguan Yang penting, anda mendapatkan pengguna sesungguhnya dan duduk dengan mereka ketika mereka menggunakan disain anda. Anda hanya memerlukan notepad untuk mencatat ARS AI Modul-4 Usabilitas Web

INDIKATOR USABILITAS WEB Tingkat keberhasilan (success rates) Waktu bertahan (linger time) Waktu yang dihabiskan pada home page sebuah situs (time spent on the home page of a site) Waktu yang dihabiskan pada halaman kunjungan awal (time spent on initial visit page) Waktu muat halaman (page load time) Alasan untuk berkunjung kembali (reasons for return visits) ARS AI Modul-4 Usabilitas Web

AI Modul-4 Usabilitas Web TINGKAT KEBERHASILAN Minta pengguna untuk melakukan tugas tertentu pada situs web (yang memungkinkan pada situs tersebut) Pada tahun 1990an tingkat kesuksesan sekitar 40% Pada tahun 2006, tingkat keberhasilan 66% ARS AI Modul-4 Usabilitas Web

AI Modul-4 Usabilitas Web WAKTU BERTAHAN Diberikan tugas pada situs web, seperti meneliti sebuah produk baru Pengguna mengunjungi rata-rata 3,2 situs, sebagai tambahan terhadap search engine yang mereka gunakan Pengguna menghabiskan rata-rata 1 menit 49 detik mengunjungi satu situs web, sebelum memutuskan untuk pindah Satu situs hanya memiliki probabilitas 12% untuk dikunjungi ARS AI Modul-4 Usabilitas Web

WAKTU YANG DIHABISKAN PADA HOME PAGE SEBUAH SITUS Diberikan tugas pada situs web, seperti meneliti sebuah produk baru Pengguna menghabiskan rata-rata hanya 31 detik pada home page suatu situs web pada kunjungan pertama Menurun menjadi 25, 22, dan 19 detik pada kunjungan kedua, ketiga, dan keempat Hanya 23% pengguna melakukan scrolled down home page (untuk situs web yang memiliki multiple screen-fuls) dari sebuah situs web pada kunjungan pertama Hanya 16%, 16%, and 14% scrolled home page pada kunjungan kedua, ketiga, dan keempat Selama 30 detik: begitu banyak yang harus dikatakan, tetapi sedikit waktu untuk mengatakannya! ARS AI Modul-4 Usabilitas Web

WAKTU YANG DIHABISKAN PADA HALAMAN KUNJUNGAN AWAL Pengguna web yang memasuki sebuah situs web pertama kali pada suatu halaman interior (misalkan melalui link dari suatu search engine), menghabiskan waktu lebih lama dibandingkan dengan pengguna yang memasukinya melalui home page Pengguna web lebih berpengalaman menghabiskan lebih sedikit waktu dibandingkan dengan pengguna yang kurang berpengalaman ARS AI Modul-4 Usabilitas Web

AI Modul-4 Usabilitas Web WAKTU MUAT HALAMAN Berapa lama pengguna untuk menunggu suatu halaman dimuat sebelum menyerah? ARS AI Modul-4 Usabilitas Web

ALASAN UNTUK BERKUNJUNG KEMBALI ARS AI Modul-4 Usabilitas Web

AI Modul-4 Usabilitas Web TERIMA KASIH ARS AI Modul-4 Usabilitas Web