AUDIO UNTUK PRODUKSI CHANNEL LIST.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh Edy Santoso PORTRAIT PHOTOGRAPHY.
Advertisements

EVOLUSI TEKNOLOGI SUARA
Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi
KONSEP DASAR PENCAHAYAAN (LIGHTING)
PEREKAMAN DAN EDITING PROGRAM VIDEO INSTRUKSIONAL
KOMPONEN BAGIAN KAMERA
Sayful Fitriadi Tony Ilham Mirwansyah W
DASAR-DASAR PRODUKSI ACARA RADIO-TV
CAMERA SET-UP.
Tugas Besar 1 (Simulasi Proyek)
BROADCASTING TV REMIDIAL.
Memperoleh Audio yang Baik
MENJELASKAN PRINSIP KONVERSI
The eye school Adalah suatu pesan yg memudahkan bagi fotografer untuk menilai dan memutuskan tentang lighting yang akan digunakan. Tidak hanya berdasarkan.
Recording dan Editing Berita di Televisi
KULIAH 6 Kerabat Kerja Produksi/Siaran Televisi
MENGOPERASIKAN KAMERA
MELAKUKAN PROSES PRODUKSI
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
PERALATAN YANG MENDUKUNG
MENGIDENTIFIKASI JENIS DAN FUNGSI ALAT-ALAT PENDUKUNG PEMBUATAN VIDEO
Directing Rehearsal Script reading Dry run / blocking rehearsal
MENENTUKAN KRU FILM.
MACAM DAN PENEMPATAN MIKROPON PADA INSTRUMENT Kompetensi : Memahami prinsip pembuatan master.
Photography By : MG. Robert F. Damaling.
TEKHNIK KAMERAMEN Bayu Pratama.
DIGITAL AUDIO WORKSTATION
CONECTORS SOUND LOCATION HEADPHONE
MENJELASKAN FUNGSI MASTERING Kompetensi : Memahami prinsip pembuatan master.
Oleh : Aris Sarwo Nugroho, M. Kom
PENGARUH KUALITAS SUARA
TAHAPAN PRODUKSI (LANJUTAN) Pertemuan 10 Matakuliah: U0152 – Audio Visual I Tahun: 2007.
Tata Fotografi Elektronik Arie Nugraha, M.Si
Pusat Pendidikan dan Pelatihan BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL
AUDIO MIXER OPERASIONAL AUDIOMAN ( JOBDES & SOP )
Sarana, Prasarana dan Pendukung (Biro Iklan, PH)
JENIS-JENIS MICROPHONE Dan JANGKAUAN ( Polar Pattern )
JENIS-JENIS MICROPHONE Dan JANGKAUAN ( Polar Pattern )
Operasional Dasar Tata Suara
MENGIDENTIFIKASI JENIS DAN FUNGSI ALAT-ALAT PENDUKUNG PEMBUATAN VIDEO
PERANGKAT AUDIO DAN ANALISA KEBUTUHAN
MACAM DAN PENEMPATAN MIKROPON PADA INSTRUMENT
TEKNIK PENYIARAN&KAMERA
MEDIUM AUDIO.
KOMPOSISI MATERI KULIAH APPLIED MEDIA AESTHETICS OLEH:BUDIYANTO
Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan 2016
MENJELASKAN FUNGSI MASTERING
Kamera, Lighting, Sound & Art Materials
BROADCASTING Media Sistem Studio.
Teknik Produksi Kamera.
PELATIHAN BAGAIMANA BERBICARA DI DEPAN KAMERA UNTUK PENGAJARAN
BROADCASTING PROGRAM DIRECTOR TV.
Lighting & Art Materials
Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi
Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi 1.
FUNGSI TATA CAHAYA DAN SIFAT CAHAYA
peralatan studio radio
FOTOGRAFI Tanpa Gambar, Aksara tak Bermakna
LUNCH WITH ERWIN 2008 On 90.4 Cosmopolitan FM.
Sistem Tata Suara PERTEMUAN II DESAIN KOMUNIKASI VISUAL &
APPLIED MEDIA AESTHETICS
Kesinambungan pesan yang dibangun melalui kaidah-kaidah sebuah film atau program televisi,sehingga pemaparannya menjadi logis Film yang baik adalah film.
PENCAHAYAAN (LIGHTING)
DESAIN PRODUKSI (Produksi Berita TV)
LUNCH WITH ERWIN 2008 On 90.4 Cosmopolitan FM.
Produksi Berita TV syaiful HALIM.
Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom.
Pertemuan 3 Yosaphat Danis Murtiharso, S.Sn, M.Sn
PSP 22 tahun 2017 PETUNJUK TEKNIS
PENGERTIAN EDITING.
Transcript presentasi:

AUDIO UNTUK PRODUKSI CHANNEL LIST

MENYUSUN KEBUTUHAN Kebutuhan peralatan audio setiap produksi berbeda-beda, hal ini sangat dipengaruhi oleh Jenis program Lokasi/tempat produksi Jumlah dan jenis performance

CHANNEL LIST Disamping menyusun kebutuhan peralatan audio, pertimbangan penting lainnya adalah membuat kalkulasi audio input/ audio source Karena proses produksi sangat mempertimbangkan banyak hal, maka pada saat persiapan produksi sebuah program perlu dibuat Channel List. Channel list merupakan daftar kebutuhan audio input

CHANNEL LIST Channel list mencantumkan semua kebutuhan source audio dari mic, CD player, Tape dan seterusnya Jumlah dari kebutuhan input ini yang menjadi dasar pertimbangan kita untuk menentukan jenis mixer audio yang akan kita pake, jenis microphone, dan accessories lain yang kita pake

CHANNEL LIST Misalnya untuk sebuah performance musik band yang terdiri dari dram, bas, gitar, keboard dan vokal maka setidaknya membutuhkan 12 channel audio 7 Drum set Mic 1 Gitar 1 Bass gitar 1 Keboard 1 Mic Vokal (biasanya disisakanminimal ) 1 untuk cadangan

MENYUSUN KEBUTUHAN Beberapa hal yang perlu dijadikan sebagai bahan pertimbangan lainnya adalah : Proses perekaman, langsung atau tidak langsung Menentukan jenis microphone dengan memperhatikan polar patern pada microphon yang kita gunakan

Contoh RUNDOWN SEGMENT DISCRIPTION DUR SOURCE REMARK 1 Bumper Cabaret Show Host opening program and Introducing Topic by Host Footage 15 04: 00 03: 00 05 VTR LIVE 10: 20 Commercial break 02:00 2 1.Bumper Host opening segment and welcoming Guest Topic Talk Show with Guest Topic Parody Show 01: 00 05: 00 10 : 00 02: 00 3 Host opening segment and welcoming Guest Expert Talk show with Guest Topic and Expert 06: 00 08:00 4 Host opening segment + clue to “Make Over Show” Make Over Show by Guest Topic and Stylist diselingi Talk show with Guest Expert 09 : 00 5 Bammper Hasil dari Make over show + interview Serupa Tapi Ancur Closing song CBB 03: 20 09: 20 TOTAL DURASI 60 : 00

Rundown Dengan Rundown seperti di atas bisa dibuat chanel list (berapa input) untuk program tersebut

REKAMAN LANGSUNG Karena konfigurasi dan karakteristiknya, microphone cardioid paling banyak dipergunakan dalam sistem rekamanlangsung baik film maupun video, meskipun sering terjadi off axis Untuk jarak dekat penggunaan cardioid menghasilkan suara bagus, namun untuk jarak yang lebih jauh atau di luar ruangan maka yang di butuhkan adalah super/hyper cardioid

MICROPHONE Kalo semua jenis microphone diatas tidak memngkinkan maka pergunakan wireless Mic Urut-urutan prioritas :cardioid- super/hyper cardioid – ultra directional – mic wirelless

PENEMPATAN MICROPHONE Usahankan sedekat mungkin, tapi tetap diluar frame kamera, jarak yang dianjurkan 2 feet. Mic yang terlalu dekat aka menimbulkan bass tip up, menonjolnya suara rendah. Posisi normal adalah diatas dengan sudut 45 derajat dan di depan sumber suara. Posisi mic diatas mengarah kebawah membentuk sudut 45* akan sangat menguntungkan dalam kontinuitas atmosfer Perubahan angle kamera tidak terlalu banyak meruban atmosfer yang di tangkap

SUBYEK BERGERAK Shoot dimana si aktor/talent bergerak microphone harus ikut bergerakagar jarak dan sudut pengambilan suara tetap

MIC, BOOM dan LIGHTING Boom sebaiknya berada pada sisi yang berlawanan dengan angle key light, cahaya utama (membentuk sudut 90 – 120) Pada longshot, boom ditempatkan sejauh mungkin dari angle key light Tata cahaya hendaknya didisain sedemikian rupa sehingga cahaya untuk are akting terpisah dengan background Cahaya lampu yang menimbulkan bayangan tajam dibatasi, usahakan hanya key light saja yang menimbulkan bayangan tajam, sedang kan fill dan back light diusahakan lebih lunak

BLOKING LIGHTING Back Light Edge Light Area Edge Light Area Side Light Area Side Light Area Fill Light Area Fill Light Area Key Light Area Key Light

WIRELLESS Terdiri dari tiga bagian Microphone, berbentuk mini dan bersifat omni directional Pemancar (transmiter) Penerima (reciever) Wireless, di satu sisi memiliki banyak keuntungan, karena suara yang dihasilkan berkualitas bagus, tapi disisi lain penggunaan mic wireless tidak akan membentuk dimensi atau flat Disamping itu dengan penggunaan gelombang frkuensi sangat rentan terjadinya gangguan

THANKS