Interaksi Manusia dan Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
1 Chapter 1 Introduction to Human Computer Interaction Mgs. Afriyan Firdaus Fakultas Ilmu Komputer UNSRI.
Advertisements

Soedjono, Asas-Asas Sosiolog(Bandung:Amico,1985) hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, … Kamus bahasa Indonesia.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
Kurniawan Teguh Martono, ST, MT Jurusan Sistem Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
FERIYANTO MOHI Alamat: Perum Sleman Permai 2 Blok C No Kelas D 2009 Usang Joko : 2010 Ferry.
Interaksi Manusia dan komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer – Part 1
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
MEMAHAMI KONSEP IMK Oleh : Sestafianus Komandono. S.komp, MBA
ASPEK ERGONOMIK.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (Human Computer Interaction)
Human Computer Interaction
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
HUMAN COMPUTER INTERACTION
Pengantar Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Human Computer Interaction (HCI)
Interaksi Manusia dan Komputer
KONSEP INTERFACE
Interaksi Manusia Dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer
Pengenalan Konsep Interaksi Manusia dan Komputer
Pendahuluan.
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pengenalan konsep IMK(Human, Computer Interaction)
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Human Computer Interaction (1)
Interaksi Manusia & Komputer (Human Computer Interaction)
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
المختبر اللغوي واستخدامه لتعليم اللغة العربية
Pendahuluan.
Pendahuluan.
PENDAHULUAN BY Ade Irma PS.
Pertemuan Kedua Pendahuluan
Interaksi Manusia Dan Komputer
PENGENALAN KONSEP IMK Dahlan Abdullah
IMK.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Tujuan instruksional umum:
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENGENALAN KONSEP IMK Pertemuan 2.
I. PENDAHULUAN Sewaktu anda menggunakan komputer barangkali anda tidak menyadari bahwa sesungguhnya anda sedang melakukan dialog dengan komputer. Dari.
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
MODEL DAN TEKNIK INTERAKSI
Pendahuluan Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Interaksi Manusia dan Komputer
Pendahuluan.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
Pengertian IMK Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
PENGENALAN KONSEP IMK.
Konsep Interaksi manusia dan komputer Ahmad Sujana IF STT MANDALA.
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
PENGENALAN KONSEP Interaksi Manusia Komputer (IMK) Oleh :Nofriadiman, ST., Mkom Program Studi Sistem Informasi STTIND Padang.
Transcript presentasi:

Interaksi Manusia dan Komputer Pertemuan 1 Season 1

Pendahuluan Perkembangan teknologi komputer, baik hardware maupun software semakin hari semakin cepat, sulit untuk diprediksi. Meski pada hakikatnya komputer merupakan mesin yang sangat bodoh, namun manusia mampu membuatnya menjadi begitu cerdas dengan cara memasukkan berbagai perintah kedalam komputer sehingga komputer bisa melakukan pekerjaan yang diinginkan manusia

Untuk membuat komputer cerdas, bisa melakukan segala sesuatu yang diingikan manusia, manusia itu sendiri harus tau bagaimana membuat perintah yang bisa dimengerti oleh komputer.

Interaksi manusia dan komputer ?

Interaksi manusia-komputer merupakan satu disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau iteraksi diantara pengguna denfgan sistem. Sistem yang dimaksudkan disini tidak hanya sistem yang ada pada komputer saja tetapi juga sistem yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, (sudarwan dan ariyus, 2007)

Hewett dkk mengemukakan bahwa Interaksi Manusia dan Komputer merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang peramcamgam, implementasi dan evaluasi sistem komputasi interaktif dan berbagai aspek terkait

Faktor-faktor Pendewasa HCI Ada berbagai faktor yang ikut mendewasakan HCI dan mengembangkan Interaksi Manusia dan Komputer, khususnya Kecerdasan Buatan (artificial intelligence), rekayasa perangkat lunak (software engineering) dan matematika (mathematics)

Faktor Rekayasa Perangkat Lunak Rekayasa perangkat lunak (software engineering) bisa didefinisikan sebagai intruksi-intruksi yang bila dieksekusi akan memberikan fungsi dan kerja yang diinginkan atau sebuah struktur data yang memungkinkan suatu program memanipulasi informasi secara proposional. Faktor rekayasa perangkat lunak merupakan suatu faktor yang bisa menciptakan suatu program yang efektif, efisien serta user friendly

Faktor Kecerdasan Buatan Kecerdasan buatan merupakan suatu bagian ilmu komputer yang bertujuan agar komputer dapat melakukan pekrjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia serta menggabungkan cara berfikir manusia dengan mesin untuk mengambil keputusan, memecahkan masalah dan pembelajaran

Faktor ini mempunyai peran yang sangat penting dalam pengembangan HCI untuk masa yang akan datang, dimana diharapkan akan tercipta suatu sistem yang betul-betul andal, canggih dan merupakan pola berfikir manusia.

Faktor Linguistik Komputasional Peran bahsa yang digunakan sebagai antarmuka (interface) sangatlah penting agar user lebih mudah menggunakan sistem dan tidak terjadi kesalahanpahaman didalam menggunakannya.

Faktor Psikologi Pemahaman akan psikologi orang yang akan menggunakan software sangatlah dibutuhkan dalam interaksi manusia dan komputer mengingat setiap user memiliki sifat dan kelakuan yang berbeda. Didalam merancang suatu program faktor ini harus dipikirkan terlebih dahulu, seperti siapa target pengguna program, bagaimana suasana lingkungan target, bagaimana perilaku mereka secara umum.

Faktor multimedia Konteks multimedia digunakan sebagai sarana dialog yang sangat efektif antara manusia dan komputer. Dengan konteks multimedia, tampilan dari suatu interaksi akan menjadi lebih menarik dan lebih mudah dimengerti oleh pengguna

Faktor Antropologi Faktor antropologi memberikan gambaran tentang cara kerja kelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai bidang masing-masing. Contohnya : suatu perusahaan yang bergerak dibidang pertelevisian memiliki lebih dari 100 orang karyawan. Bagaimana masing-masing individu di dalam kantor tersebut berinteraksi dengan teknologi tentu sangat menentukan masa depan perusahaan

Faktor Ergonomik Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Karena manusia yang bekerja di depan komputer biasanya menghabiskan waktu yang cukup lama maka letak meja, kursi, monitor, keyboard, mouse, posisi duduk, pengaturan cahaya, kebersihan dan berbagai aspek lain akan sangat berpengaruh terhadap interaksi manusia dan kompter yang digunakannya

Faktor Sosiologi Pada interaksi manusia dan komputer, sosiologi berhubungan dengan pengaruh sistem komputer dalam struktur sosial, pada intinya faktor inimerupakan konteks dari suatu interaksi

Teknik Penulisan Suati produk (program) yang dibuat membutuhkan manual agar orang yang belum biasa menggunakan produk tersebut bisa memelajarinya terlebih dahulu agar kemudian dapat terjadi interaksi yang baik antara orang dengan komputer

Faktor Matematika Yagn dimaksud dengan matematika dalam hubungan manusia dan komputer adalah bahwa pembuatan suatu produk (software) haruslan efisien dalam perhitungan matematika. Jika suatu software bisa dijalankan oleh semua orang, baik yang baru belajar komputer maupun yang telah pakar, unusr kemudahan dalma segi hitungan matematika akan membuat software itu disukai oleh banyak orang

Faktor Bisnis Faktor bisnis mempengaruhi perkembangan IMK. Produk-produk yang dibuat, baik itu produk perusahaan, kelompok atau perorangan, semakin memudahkan terjadinya IMK. Persaingan bisnis yang semakin hari semakin ketat membuat mereka berlomba untuk merebut hati konsumen dengan produk yang lebih mudah digunakan.

contoh Perusahaan hardware : mebuat produk yang memudahkan manusia memenuhi kebutuhannya Banyak alat elektronik seperti ponsel, PDA komputer yang semakin hari semakin fleksibel, yang semakin memudahkan manusia berinteraksi dengan mesin (komputer) Hal ini memicu perkembangan perangkat lunak yang lain, yang juga semakin memudahkan manusia berinteraksi dengan mesin

SEKIAN dan TERIMA KASIH