BIJAK DALAM MEDIA SOSIAL

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Panduan Blog Unidar Haris K, S.Pd, M.Cs.
Advertisements

SOSIALISASI PENGHARGAAN ADHIKARYA PANGAN NUSANTARA PROGRAM PENINGKATAN DIVERSIFIKASI DAN KETAHANAN PANGAN MASYARAKAT TA DISPERTA KAB. SUMENEP.
Jumat, 15 Maret 2013 Serbaguna Fakultas Bisnis & Ekonomika (SGFBE) TECHNICAL MEETING MANIAC 2013.
>>0 >>1 >> 2 >> 3 >> 4 >> H O W ???? >>0 >>1 >> 2 >> 3 >> 4 >> 5.
ITS Students Internationalization Project Competition “Dare to Lead The Change”
HARI SUMPAH PEMUDA KE 83 TAHUN 2011
PETUNJUK TEKNIS ORGANISASI DEPARTEMEN KOMINFO
Tarpat cup 8 Lomba mewarnai.
DEPKOMINFO DEPARTEMEN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DIREKTORAT JENDERAL POS DAN TELEKOMUNIKASI Jl. Medan Merdeka Barat No. 17 jakarta LOMBA DESAIN PRANGKO.
Komputer dan masyarakat
CREATIVITY BEYOND THE STARDUST MANIAC 2015 TRIATHLON MULTIMEDIA COMPETITION Fotography – Videography Flash Interactive Multimedia.
Hand in hand to inspire the children Contoh Panduan.
Peraturan Peserta Lomba Design Cyber Competition 6
Cyber Movie Cyber Competition 6. Konsep Lomba Movie dikumpulkan paling lambat H-2 pelaksanaan Cyber Movie Movie dikumpulkan dalam bentuk DVD atau Flashdisk.
Cybertography Cyber Competition 6.
In House Event January 2007 Fresh and Cyber Kids Event & Promo.
TECHNICAL MEETING Himpunan Mahasiswa Agroekoteknologi (HIMAGROTEK)
Kategori FILM PENDEK.
HOMEWHAT?TYPECONTESTORDERCONTACT Phovi adalah proyek untuk menjadikan suatu kenangan terlihat lebih hidup, lebih lucu dan lebih bercerita. Produknya.
HOMEWHAT?TYPECONTESTORDERCONTACT Phovi adalah proyek untuk menjadikan suatu kenangan terlihat lebih hidup, lebih lucu dan lebih bercerita. Produknya.
Tentang Lomba Foto&Tulis LPS
Don’t follow trends, start YOUR trend !
Lomba Kreativitas Display Kaca
SMAN 1 BEKASI Cyber Competition 8.
Jl. Medan Merdeka Barat No. 17 Jakarta 10110
MEDIA SOSIAL di ERA KETERBUKAAN INFORMASI
Pemanfaatan Teknologi Pendidikan
Lomba Bahasa Arab ALIYA.COM 2015.
Cyber Competition 8 Cyber Movie.
CYBERTOGRAPHY 2017 CYBERTOGRAPHY 2017.
Ormawa Of The Year.
PETUNJUK TEKNIS LOMBA FAST TYPING
JAPAN ADDICT FESTIVAL 夢を見よう
yang Kuat di Media Sosial
TECHINAL MEETING LOMBA KARYA TULIS ILMIAH “LIFEMAX” SMA/MA SEDERAJAT TINGKAT NASIONAL TAHUN 2O16.
Paperless generation (Page) #2
Sisfo & Medsos UKM Sistem Informasi & Pemanfaatan Media Sosial dalam Promosi Penerangan dan Komunikasi Efektif untuk Dunia Usaha Kecil & Menengah di Kabupaten.
Introduction Designstart Competition
LOMBA DACIL (DAI CILIK)
Cara Belajar Yang Efektif
ALIYA.COM SDIT ALIYA 2017 Sabtu, 28 Oktober 2017
ALIYA.COM SDIT ALIYA 2017 Sabtu, 28 Oktober 2017
Merancang Layout Display Karya Inovasi Pembelajaran
Bab I – Profil usaha A. Latar belakang
DESKRIPSI KEGIATAN Kelanjutan dari kegiatan “Honda Safety Riding Kelana kampoeng” yang sukses digelar pada Juli Februari 2017 Dengan konsep dasar.
PANDUAN PENYUSUNAN RPP
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
TATA TERTIB UMUM. TATA TERTIB UMUM TATA TERTIB UMUM Tidak merokok di seluruh wilayah kampus UK Petra Tidak makan dan minum di auditorium Tidak membuang.
PERTEMUAN 2 ETIKA BERMEDIA SOSIAL.
PANDUAN PENGELOLAAN AKUN INSTAGRAM BY GILANG RAMADHAN.
Persyaratan Lomba Mading:
TEMU TEKNIK DAN PENJELASAN LOMBA KREATIVITAS GURU DAN KARYAWAN YPL CABANG SEMARANG DAN RANTING AMBARAWA Aula Bernadus, 10 Agustus 2012.
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
Manajemen Media Sosial untuk Branding
B: massol507.wordpress.com
LOMBA GAPURA Mendukung ASIAN GAMES 2018 di Hari Kemerdekaan RI ke 73 tahun.
LOMBA POSTER SEMARAK GEOGRAFI NASIONAL 2018
Hari Kemerdekaan RI ke 73 tahun.
Technical meeting Lomba umum.
#latar belakang : HUT TQ ke-13
PETUNJUK TEKNIS LOMBA FAST TYPING
START adalah komunitas di dalam Isagenix, yang terdiri atas para visioner dan peraih prestasi di seluruh dunia serta berusia antara tahun. Para anggota.
TECHNICAL MEETING MAIN EVENT 4 Mei 2018 Supported by:
CYBERTOGRAPhY CC 9 CycomPresent CYBERTOGRAPHY CC 9.
Celebration of Kartini KARTINI’S RETURN XII
Technical meeting Lomba Dance Cover JapanZuki Show 13
GADGET. Barang canggih yang diciptakan dengan berbagai aplikasi yang dapat menyajikan berbagai media berita, jejaring sosial, hobi, bahkan hiburan.
BIJAK DALAM MEDIA SOSIAL
UI X KALBIS SCA PANGGILIN
ETIKA BERSOSIAL MEDIA Oleh: Agil Bayu Sagita.
Transcript presentasi:

BIJAK DALAM MEDIA SOSIAL

Media Sosial 82 juta orang pengguna internet (2014) Sebagian besar menggunakan media sosial Berbagi opini, video, gambar, artikel, dan lokasi Kebebasan Berekspresi Dampak positif dan negatif Lebih dari 100.000.000 pengguna medsos di Indonesia 450.000 (NTB), 270.000 (NTT)

Media Sosial Pelatihan Media Sosial untuk Gerakan Nasional Revolusi Mental: Meningkatkan penggunaan internet secara positif Menumbuhkan gerakan dengan nilai strategis dan program gerakan perubahan Mendorong partisipasi masyarakat Mengimplementasikan dan menyebarkan gerakan dengan tema #AyoBerubah2017

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL LAKUKAN! Perhatikan Narasumber

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL LAKUKAN! Apakah Benar? Apakah Baik? Apakah Bermanfaat? Berpikir Dahulu

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL LAKUKAN! Courtesy of: malesbanget.com Courtesy of: http://smpn5psngan.blogspot.co.id Courtesy of: tribunnews Teman Baru

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL LAKUKAN! INSPIRASI & MOTIVASI Pengetahuan & Pengalaman Pesan Positif

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL LAKUKAN! Pesan Positif

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL LAKUKAN! WARISAN AFI NIHAYA FARADISA MITA HANDAYANI Akreditasi Courtesy of… Inspired by… Terinspirasi oleh… Diambil dari…

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL LAKUKAN! Nama Asli

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL LAKUKAN! Cek Kebenaran

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL HINDARI Dari grup sebelah… Cuma copas… …jangan berhenti di kamu Mencengangkan!… Menyebarkan Hoax

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL HINDARI Curhat berlebihan

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL HINDARI Melakukan Spam

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL HINDARI Tag Masal

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL HINDARI Mempublikasikan Identitas

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL HINDARI Menyebarkan Meme Penghinaan

PANDUAN POST DI MEDIA SOSIAL Benar dalam berbahasa

PANDUAN POST DI MEDIA SOSIAL Interaksi Positif

PANDUAN POST DI MEDIA SOSIAL Courtesy of: photographymad.com Courtesy of: dpshots.com Visual yang menarik

PANDUAN POST DI MEDIA SOSIAL JAM SEKOLAH SAAT BERKENDARA SAAT KUMPUL KELUARGA* Waktu Post *Jangan sampai terlalu sibuk bermain medsos sehingga melupakan interaksi dunia nyata

PANDUAN POST DI MEDIA SOSIAL Penggunaan Tagar

GNRM

Persyaratan Lomba #AyoBerubah2017 Peserta Kompetisi #AyoBerubah2017 adalah siswa/i sekolah menengah. Kompetisi akan dilakukan di media sosial melalui kanal Facebook, Twitter, Instagram dan YouTube. Peserta dapat mengirimkan foto/video yang berkaitan dengan Gerakan Nasional Revolusi Mental untuk melakukan perubahan (melayani, bersih, tertib, mandiri, dan bersatu)yang menggunakan tagar #AyoBerubah2017 #(Provinsi). Foto/video yang diupload tidak diperbolehkan mengandung unsur pornografi dan SARA. Setiap provinsi akan diambil 2 pemenang (kecuali 5 provinsi besar dengan data pelajar pengguna media sosial terbesar di Indonesia akan diambil 3 pemenang, yaitu Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya dan Samarinda) dan akan diberangkatkan ke Jakarta dengan ditemani oleh 1 orang pendamping dari keluarganya. (Data berdasarkan Dashboard Facebook Ads) Pemenang akan mendapatkan sertifikat resmi dari Sesmenko PMK, uang tabungan senilai Rp.3.000.000,- dan penyerahan hadiah dilakukan di Jakarta pada bulan Desember 2017. Hasil karya pemenang (video, foto, dan sebagainya) akan menjadi milik PMK dan dapat dipergunakan sesuai peruntukannya.

Mekanisme Lomba #AyoBerubah2017 Facebook Like akun Facebook Revolusi Mental Lakukan foto/video yang mencerminkan kegiatan Revolusi Mental baik dari diri sendiri, keluarga, atau lingkungan. Upload foto tersebut pada wall Facebook kamu dengan keterangan foto, tag dan mention Facebook Revolusi Mental serta gunakan hashtag #AyoBerubah2017 #(Provinsi) Foto/video yang diupload tidak dibatasi, setiap peserta dapat mengupload lebih dari 1 foto/video. Penentuan pemenang akan dilakukan oleh juri dan keputusan pemenang tidak dapat diganggu gugat. Foto/video tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, dan plagiat. Contoh: Upload foto _ Keterangan Foto _ @Revolusi Mental _ #AyoBerubah2017_ #(Provinsi).

Mekanisme Lomba #AyoBerubah2017 Twitter Follow Twitter @revmen_id dan @sakuinaja Lakukan foto/video yang mencerminkan kegiatan Revolusi Mental baik dari diri sendiri, keluarga, atau lingkungan. Twitpic foto kamu dengan keterangan foto dan mention Twitter @revmen_id serta gunakan hashtag #AyoBerubah2017 #(Provinsi). Foto/video yang diupload tidak dibatasi, setiap peserta dapat mengupload lebih dari 1 foto/ video. Penentuan pemenang akan dilakukan oleh juri dan keputusan pemenang tidak dapat diganggu gugat. Foto/video tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, dan plagiat. Contoh: Upload foto _ Keterangan Foto _ @ revmen_id_ #AyoBerubah2017 #(Provinsi).

Mekanisme Lomba #AyoBerubah2017 Instagram Follow Instagram @revolusimental_id dan @sakuinaja Lakukan foto/video yang mencerminkan kegiatan Revolusi Mental baik dari diri sendiri, keluarga, atau lingkungan. Upload foto/video kamu di Instagram dengan keterangan foto dan tag/mention Instagram @revolusimental_ id serta gunakan hashtag #AyoBerubah2017 #(Provinsi). Foto/video yang diupload tidak dibatasi, setiap peserta dapat mengupload lebih dari 1 foto/ video. Penentuan pemenang akan dilakukan oleh juri dan keputusan pemenang tidak dapat diganggu gugat. Foto/video tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, dan plagiat. Contoh: Upload foto _ Keterangan Foto _ @ revolusimental_id_ #AyoBerubah2017 #(Provinsi).

Mekanisme Lomba #AyoBerubah2017 YouTube Buat video yang mencerminkan kegiatan Revolusi Mental baik dari diri sendiri, keluarga, atau lingkungan (durasi karya maksimal 3 menit). Upload video kamu di YouTube serta berikan keterangan foto pada YouTube dan berikan hashtag #AyoBerubah2017 #(Provinsi). Link video pada YouTube bisa kamu upload pada Facebook atau Twitter dan tag/mention Facebook atau Twitter resmi dari Revolusi Mental serta gunakan hashtag #AyoBerubah2017 #(Provinsi). Video yang diupload tidak dibatasi, setiap peserta dapat mengupload lebih dari 1 video. Video tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, dan plagiat. Penentuan pemenang akan dilakukan oleh juri dan keputusan pemenang tidak dapat diganggu gugat.

Kriteria Penilaian Kesesuaian isi dengan tema 25% Kreativitas dan originalitas 25% Keindahan dan estetika 15% Komunikatif 15% Caption yang menarik 20%