IMK: PENANGANAN KESALAHAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Perancangan Tampilan.
Advertisements

Interaksi Manusia dan Komputer
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Perancangan Sistem Ana Kurniawati.
Dheni Setyawan ( ) Taufiq Yulyanto M ( ) Raka Januarsa ( )
FAKTOR MANUSIA.
BAB 6 Design Interface (Perancangan Tampilan)
Perancangan Tampilan.
Pesan Sistem, Perancangan Layar dan Warna
Testing dan Implementasi Sistem
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Interaksi Manusia dengan Komputer
Lingkungan MS Access Pertemuan 2
Presentasi dan properti leksikal
Sumber Slide : Inayatullah,M.Si
NamaSlide Tika Listiani Umar3-5 Erwin Suganda6-8 Indah Rahmawati Putri9-11 Ivan David12-14 Heru Setiawan15-17.
komponen antarmuka pengguna
Oleh: Chalifa Chazar MANAJEMEN PROSES.
Chalifa Chazar KEAMANAN SISTEM Chalifa Chazar
Interaksi Manusia dan Komputer
Chalifa Chazar MANAJEMEN MEMORI Chalifa Chazar
Perancangan Tampilan.
HUMAN COMPUTER INTERACTION
Perancangan Sistem L. Erawan.
KONSEP USER INTERFACE.
STMIK-IM Bandung Oleh : Chalifa Chazar
IMK: HELP&DOKUMENTASI
Interaksi Manusia & Komputer Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi
PERANCANGAN INTERFACE USER
Presentasi dan properti leksikal
Oleh : Chalifa Chazar SISTEM KOMPUTER Oleh : Chalifa Chazar
KONSEP INTERFACE
Anna Dara Andriana S.Kom.,M.Kom
Chalifa Chazar edu.script.id
Chalifa Chazar SISTEM PAGING Chalifa Chazar
Ragam dialog Pertemuan 3.
8 ATURAN EMAS DALAM PERANCANGAN USER INTERFACE
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
Pesan kesalahan dan Presentasi
Interaksi manusia komputer
Perancangan Formulir Elektronik
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
MATERI KULIAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN JURUSAN MANAJEMEN FE _ UM
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Perancangan Tampilan.
SEMESTER PENDEK INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Presentasi dan properti leksikal
Perancangan Tampilan.
Ragam dialog Pertemuan 3.
Perancangan Tampilan.
Presentasi dan properti leksikal
PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
REKAYASA WEB Development Process
Perancangan Tampilan.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
Perancangan Tampilan.
Presentasi dan properti leksikal
Kuliah ke-4 Program Studi Ekstensi DTE FTUI SlidesĀ©2008
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
Presentasi dan properti leksikal
Perancangan Tampilan.
Perancangan Tampilan.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Presentasi (pesan kesalahan) dan properti leksikal
Dialogue Notation & Design Part-2
Transcript presentasi:

IMK: PENANGANAN KESALAHAN Chalifa Chazar http://edu.script.id chalifa.chazar@gmail.com

Pendahuluan Hampir tidak ada sistem yang berjalan sempurna sebelum melewati berbagai rentetan kesalahan (error) Semakin besar sistem yang dibuat, semakin banyak kesalahan yang mungkin muncul

Tujuan software user interface Meminimalkan kesalahan user Menyediakan kemudahan recovery dari kesalahan

Tipe-tipe kesalahan user Preceptual error Gagal menangkap informasi Gagal menangkap perhatian pengguna Cognitive error Ketiadaan bantuan Inkonsistensi Ketiadaan status informasi Kemampuan yang kurang Motorik error Lemahnya koordinasi tangan dan mata Tekanan kecepatan Memerlukan jenis keahlian lainnya

Petunjuk pencegahan&perbaikan kesalahan Validasi masukan Proteksi pengguna Pemulihan dari kesalahan Penampilan pesan kesalahan yang tepat dan sesuai Kenali jenis bug Mengembalikan kursor ke area kesalahan Memungkinkan pertimbangan ulang aksi-aksi yang dilakukan oleh user

Pesan kesalahan Pesan yang terlalu umum mempersulit pengguna untuk mengetahui apa yang salah Pesan yang tampak memarahi membuat frustasi karena tidak menyediakan informasi tentang apa yang salah dan bagaimana cara memperbaikinya

Ketentuan pesan kesalahan Panduan konstruktif & nada positif Pemilihan kata berpusat pada pengguna Menggunakan format fisik yang sesuai Perancangan pesan yang efektif

Panduan konstruktif & nada positif Daripada memarahi user, lebih baik pesan menunjukan bagaimana cara untuk memperbaiki kesalahan Pesan yang bernada kejam dan bermusuhan dapat mengganggu pemakai Hindari kata-kata negatif seperti: ILLEGAL, ERROR, INVALID, BAD

Pemilihan kata berpusat pada pengguna Menunjukan bahwa user mengendalikan sistem Hindari bentuk perintah ENTER DATA, fokuskan pada kendali user Pengguna harus memiliki kendali atas sejumlah informasi yang ditampilkan

Format fisik yang sesuai Gunakan kombinasi huruf besar dan kecil Huruf besar hanya digunakan untuk pesan yang bersifat bahaya/gawat Hindari pesan hanya dengan kode, tampilkan kode diakhir pesan jika perlu Penempatan pesan: dekat dengan kesalahan, pada baris bawah layar, atau pop-up window di tengah Peringatan dengan suara yang berguna

Rancangan pesan yang efektif Produk Spesifikasi dan sepresisi mungkin Konstruktif: tunjukan apa yang harus dilakukan Gunakan nada positif, jangan memarahi Gunakan kata yang berpusat pada user Gunakan tata bahasa, istilah dan singkatan yang konsisten Pertimbangkan pesan bertingkat Gunakan format visual dan penempatan yang konsisten

Rancangan pesan yang efektif (2) Proses Bentuk gugus kendali kualitas pesan Sertakan pesan dalam tahap perancangan Simpan semua pesan dalam sebuah file Bahas pesan dalam pengembangan Usahakan untuk menghapus beberapa kebutuhan pesan Laksanakan uji penerimaan (acceptance test) Kumpulkan data frekuensi setiap pesan Kaji ulang dan perbaiki pesan dari waktu ke waktu

TERIMA KASIH Chalifa Chazar ST., MT Http://edu.script.id Email: chalifa.chazar@gmail.com copyright@2015 TERIMA KASIH