Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dialogue Notation & Design Part-2

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dialogue Notation & Design Part-2"— Transcript presentasi:

1 Dialogue Notation & Design Part-2
IMK Dialogue Notation & Design Part-2

2 Notasi Dialog Tekstual
Tata Bahasa (Grammars) Diagram yang digunakan untuk menggambarkan dialog komputer juga memiliki sifat linguistik, sehingga format grammar juga dipakai sebagai notasi dialog. Salah satu bentuk formal yang sering digunakan untuk notasi dialog tekstual adalah BNF (Backus-Naur Form) dan regular expression.

3 Production Rule Unordered list of rules: Good for concurrency
if condition then action condition based on state or pending events every rule always potentially active Good for concurrency Bad for sequence

4 Action Properties Ada tiga karakteristik (properties) dialog yang terkait dengan aksi yang dilakukan oleh user, yaitu kelengkapan (completeness), deterministik (determinism) dan konsistensi (consistency). Dalam hal kelengkapan (completeness), selain aksi user yang normal/umum, desainer bertanggungjawab untuk melihat jauh ke depan dan mengantisipasi bagaimana perilaku sistem pada kondisi yang tidak diperkirakan atau pada kondisi khusus. Desainer dapat mendaftar semua aksi yang mungkin dan pada setiap state dialog mencari semua aksi yang mungkin terlupakan. Pada setiap state yang diperkirakan akan muncul aksi user yang khusus, desainer harus dapat memutuskan atau paling tidak dicek pada saat pengujian, bagaimana perilaku sistem terhadap kejadian tersebut.

5 Action Properties Karakteristik deterministik memperbolehkan kedua state berjalan atau state yang akan dijalankan adalah state dengan prioritas yang lebih tinggi. Karakteristik konsistensi (consistency) mengharapkan aksi yang sama pada situasi yang berbeda akan melakukan hal yang sama pula. Contoh : user terbiasa dengan tombol ‘tab’ yang menyebabkan kursor bergeser ke kanan sebanyak 8 karakter. Pada penggunaan dialog box, tombol ‘tab’ menyebabkan kursor bergerak ke dialog box berikutnya.

6 Jenis-jenis Dialog Command Language WIMP (Window, Icon, Menu, Pointer)
Direct Manipulation PDA dan Pen Speech dan Natural Language

7 Command Language Merupakan paradigma user interface yang pertama kali
Contoh : MS-DOS shell, UNIX shell, dBase Keuntungan: Lebih cepat Dapat melakukan kegiatan meskipun di luar batas Perulangan Implementasi yang mudah & hemat Tujuan: Konsistensi Penamaan dan pemberian singkatan yang baik Melakukan tugas perancangan dapat membantu meminimalkan kekurangan

8 Command Language Konsistensi Menyediakan konsistensi desain:
Secara umum: Apakah pilihan dan argumen diungkapkan dengan cara yang sama di mana-mana UNIX gagal di sini karena perintah dikembangkan oleh banyak orang di organisasi yang berbeda Tidak tersedia guideline

9 Command Language Terminologi menjaga agar terminologi konsisten
Konsep yang sama diungkapkan dengan pilihan yang sama Berguna untuk menyediakan pasangan simetris (kongruen) forward/backward next/prev control/meta

10 WIMP (Window, Icon, menu, Pointer)
Berfokus pada Menus, Buttons, forms, Icons

11 Definisi Direct Manipulation
Kesinambungan tampilan dari objek-objek & aksi-aksi yang dilakukan Cepat, dapat dikembalikan, peningkatan aksi dimana efeknya dapat segera terlihat Penggantian dari sintaks command language dengan manipulasi langsung pada objek

12 Direct Manipulation Keuntungan
Mudah dipelajari dan diingat, khususnya untuk pemula WYSIWYG Menyediakan konteks dan tampilan yang cepat dari feedback, sehingga user dapat mengetahui apakah tujuan telah tercapai Fleksibel Membatasi beberapa jenis kesalahan yang dapat terjadi

13 Direct Manipulation Kekurangan Penggunaan seluruh ruang pada layar
Harus mempelajari arti dari komponen-komponen yang tampak pada layar Tampilan visual mungkin dapat disalah artikan

14 Direct Manipulation Kekurangan (lanjutan)
Penggunaan mouse dapat lebih lambat daripada pengetikan Tidak ada penjelasan otomatis Tidak bagus pada : pengulangan, penyimpanan history, tugas tertentu (seperti merubah semua huruf cetak miring menjadi cetak tebal), variabel

15 PDA & PEN Menjadi lebih umum dan penggunaan yang lebih luas
Tampilan yang lebih kecil (160x160 atau 320x240). Tombol-tombol yang lebih sedikit, interaksi melalui “pen” atau stylus. Peningkatanwireless, warna, memory yang lebih besar, CPU dan OS yang lebih baik

16 Speech & Natural Language
Speec (Suara) Adalah getaran pada suara menimbulkan bunyi “ahh”. Mulut, tenggorokan, bibir membentuk bunyi Input Speech: Pengenalan speaker Pengenalan suara Pemahaman bahasa natural

17 Speech & Natural Language
Memberi arti pada kata-kata Input dapat berupa suara atau dari keyboard Keuntungan : Mudah dipelajari dan diingat Lebih kuat Cepat, efisien (tidak selalu) Layar yang kecil

18 Speech & Natural Language
Kekurangan : Belum dapat bekerja dengan baik Mengasumsikan pengetahuan dari permasalahan Membutuhkan keahlian pengetikan. Implementasi membutuhkan biaya yang mahal

19 User Interface Software
Alat Bantu User Interface: 01 02 03 Aplikasi apa yang biasa digunakan oleh programmer untuk membuat program Kombinasi dari objek-objek interface dan perilaku manajemen Sekarang sudah object-oriented

20 User Interface Software
Pustaka dari komponen-komponen perangkat lunak dan routines yang digunakan oleh programmer: 01 02 03 04 Xwindows : Xtoolkit & Motif Macintosh : Mac Toolbox, MacApp Windows : Windows Developer’s Toolkit Java : Swing

21 IMK SELESAI


Download ppt "Dialogue Notation & Design Part-2"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google