Buatlah flowchart untuk pembagian 3 buah bilangan

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERCABANGAN # IF…THEN IF…THEN…ELSE SELECTION STIKOM
Advertisements

Pengendalian Proses : Seleksi (Conditional)
Pertemuan Ke-3 STRUKTUR PEMILIHAN.
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Dasar Komputer & Pemrog 2 A minggu 4
Pengambilan Keputusan
PERTEMUAN 6 Algoritma Presented by : Sity Aisyah, M.Kom
PENYELEKSIAN KONDISI (PEMILIHAN)
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
Struktur Kendali Proses (Seleksi)
Algoritma dan Struktur Data
LOGIKA ALGORITMA Pertemuan 6.
Oleh Nila Feby Puspitasari
Struktur Kontrol: Keputusan
Notasi Algoritma.
STATEMENT PENGENDALIAN (PEMILIHAN)
Bab 2 – b PERINTAH 2 B Percabangan. PERCABANGAN Tidak setiap baris program akan dikerjakan Hanya yang memenuhi syarat (kondisi) Syarat terdiri dari operand-operand,
2 JAM TEORI dan 1 jam praktek
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Struktur Kendali Percabangan pada C
Pemprograman Terstruktur 1
Struktur Kontrol Pemilihan
Struktur kontrol ∞ kondisi. ∞ if-else ,
Algoritma dan Struktur Data
Struktur kontrol.
Algoritma dan Struktur Data
Algoritma & Pemrograman Chapter 6
DECISION KONDISI / PEMILIHAN
Materi Kuliah 1. Pertemuan ke : 1 Pengenalan Komputer dan Pemrograman
Percabangan Dosen Pengampu: M. Zidny Naf’an, M.Kom.
Materi 9 LOGIKA & ALGORITMA.
ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
Pertemuan 2.
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Flowchart (Diagram Alur)
PERCABANGAN (DECISION)
Statement Control (if dan switch)
Algoritma.
Variabel dan Ekspresi Struktur Percabangan dan Struktur Perulangan
Algoritma dan Struktur Data 1 pertemuan 12
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Pemrograman Visual I Outline: Kondisi dan Aksi Selection Statement
Struktur Kendali Sri nurhayati, mt.
Struktur Kontrol Pemilihan
Struktur Seleksi (Percabangan)
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
PERTEMUAN 5 PENYELEKSIAN KONDISI.
PERTEMUAN 7 STATEMENT PEMILIHAN
Percabangan C++ Norma Amalia, ST., M.Eng.
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Penyeleksian
PERCABANGAN Siti Mukaromah, S.Kom.
Pemrograman Web Lanjut “Pertemuan ke-3”
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Algoritma & Pemrograman 1
1. Bentuk If- else STRUKTUR SELEKSI KONDISI SELEKSI KONDISI
PERCABANGAN (DECISION)
Algoritma Percabangan
Algoritma & Pemrograman 1
JAVA FUNDAMENTAL.
STATEMENT PENGENDALIAN (PEMILIHAN)
Seleksi.
Pertemuan 2 Rismayuni.
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
PENYELEKSIAN KONDISI.
Percabangan/Penyeleksian Kondisi
Flow Control & Exception Handling
Castaka Agus Sugianto, M.Kom., M.CS
PEMILIHAN (SELEKSI KONSIDI)
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Dasar Pemrograman Percabangan Nurul Anisa Sri Winarsih, M. CS
Transcript presentasi:

Buatlah flowchart untuk pembagian 3 buah bilangan Buatlah flowchart untuk menghitung nota pembelian yang ditambah dengan pajak

Percabangan

Percabangan Pemilihan satu pernyataan yang akan dijalankan dimana pemilihan itu didasarkan pada kondisi tertentu Terdapat 2 jenis struktur yang digunakan yaitu IF dan switch Statement yang terdapat dalam sebuah blok percabangan akan dieksekusi hanya jika kondisi yang didefenisikan terpenuhi (bernilai benar).

Percabangan Artinya jika kondisi tidak terpenuhi (bernilai salah) maka statement tersebut juga tidak ikut dieksekusi atau dengan kata lain diabaikan oleh kompiler. Percabangan dapat terdiri dari 1 kondisi atau lebih

Percabangan Contoh : jika Ani mendapat nilai 10 maka Ani akan mendapat hadiah Kata Kunci dari kalimat diatas adalah nilai 10 Artinya hadiah akan didapat oleh Ani jika mendapat nilai 10, sebaliknya jika nilai dibawa 10 maka Ani tidak akan mendapat hadiah.

Struktur Satu Kondisi if….then Pernyataan IF sederhana Jika hanya terdapat 1 statement If (kondisi) Pernyataan; Keterangan : Kondisi = untuk menentukan pengambilan keputusan Pernyataan = suatu pernyataan yang akan dijalankan jika kondisi bernilai benar

cout<<“ani mendapat pujian”; Kondisi tidak ya Pernyataan Contoh program : if (nilai==10) cout<<“ani mendapat pujian”;

Jika terdapat lebih dari 1 statement Bentuk Umum : if (kondisi) { pernyataan 1; pernyataan 2; ….. } Contoh program: Untuk mencari nilai diantara 0 – 10, jika bilangan yang dimasukkan adalah bilangan 1 s/d 9 maka akan program akan menampilkan tulisan sbb Bilangan yang dimasukkan = <output dari bilangan yang dimasukkan> Lebih besar dari nol dan lebih kecil dari sepuluh

Struktur dua Kondisi if then else Struktur percabangan ini sedikit lebih kompleks bila dibandingkan dengan struktur yang hanya memiliki satu buah kondisi. Bentuk umumnya : If (kondisi) { pernyataan_jika_kondisi_terpenuhi } else { pernyataan_jika_kondisi_tidak_terpenuhi; }

Kondisi Pernyataan_1 Pernyataan_2

Struktur Tiga Kondisi Struktur ini merupakan perluasan dari struktur dua kondisi, yaitu dengan menyisipkan / menambahkan satu atau lebih kondisi didalamnya. Bermanfaat untuk menyelesaikan sejumlah kemungkinan tindakan yang mungkin terjadi.

Bentuk umum If (kondisi1) { pernyataan_jika_kondisi1_terpenuhi } else if (kondisi2) { pernyataan_jika_kondisi2_terpenuhi } else if (kondisi3) { pernyataan_jika_kondisi3_terpenuhi } …… Else { pernyataan_jika_semua_kondisi_tidak_terpenuhi

tidak tidak tidak … ya ya ya Kondisi1 Kondisi2 Kondisi3 Pernyataan_1 Pernyataan_n

Contoh Algoritma umur (mencetak pesan “ani boleh nonton” jika umur yang dimasukkan diatas 17) Deklarasi umur : integer Deskripsi read (umur) if umur > 17 then write (‘Ani boleh nonton’) end if

Contoh flowchartnya start Input umur Umur = 17 ? tidak ya Cetak Ani Boleh nonton end

Selamat Mencoba : Buatlah flowchart dan programnya jika k lebih besar dari 4 maka hitung x = k + 1 Buatlah flowchart untuk kondisi sebagai berikut : jika a> b maka cetak nilai a sebaliknya jika b>a maka cetak nilai b. Buatlah sebuah flowchart untuk mengetahui apakah nilai tersebut merupakan bilangan genap atau ganjil

Tugas!!!! Buatlah algoritma pseudocode dan flowchart untuk mencari bilangan terbesar dari tiga buah bilangan bulat Yang semangat yah buatnya!!!!!!

Senam pikiran..... Buatlah programnya jika k lebih besar dari 4 maka hitung x = k + 1 Buatlah program untuk kondisi sebagai berikut : jika a> b maka cetak nilai a sebaliknya jika b>a maka cetak nilai b. Buatlah program untuk mengetahui apakah nilai tersebut merupakan bilangan genap atau ganjil

Switch Switch merupakan sebuah pernyataan yang digunakan untuk menjalankan salah satu pernyataan dari beberapa kemungkinan pernyataan, berdasarkan nilai dari sebuah ungkapan dan nilai penyeleksian. Tipe dari ekspresi ini haruslah bilangan bulat dan karakter.

Bentuk umum Ungkapan = ungkapan1 Switch (ekspresi) { case konstanta1; pernyataan1; break; case konstanta2; pernyataan2; case konstantaN; pernyataanN; default; pernyataan default; Pernyataan_1; Break; Ungkapan = ungkapan1 Pernyataan_2; Break; … Pernyataan_1; Break;

Keterangan Ekspresi dapat berupa ungkapan, konstanta atapun variabel Setiap pernyataan1 dapat terdiri dari sebuah atau beberapa pernyataan. Pengujian pada switch dimulai dari konstanta1.Apabila nilainya cocok dengan ekspresi maka pernyataan1 akan dijalankan.Kalau tidak cocok akan beralih ke pernyataan2 begitu seterusnya sampai hasil yang diinginkan.

Jika sampai pada pengujian akhir tidak ada yang cocok maka default akan dijalankan. Perintah break berfungsi sebagai statement peloncatan. Artinya perintah ini akan menghentikan proses pengulangan dan program ini akan langsung meloncat ke statement yang berada dibawahnya.

Perintah break menyebabkan ekspresi diarahkan ke akhir switch kalau nilai konstanta1 tidak sama dengan nilai ekspresi dan kemudian baru diteruskan ke pengujian dengan konstanta2 dan seterusnya.

Algoritma nya Algoritma Mencetak_angka (mencetak pilihan berdasarkan angka yang dimasukkan) Deklarasi Pilih : integer Deskripsi Read (pilih) Case(pilih) pilih=1: write (‘anda pilih satu’ ) pilih=2: write (‘anda pilih dua ‘) pilih=3: write (‘anda pilih tiga ‘) otherwise write (‘pilihan anda salah’) End case