PENDEKATAN RPL UNTUK INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Analisa Perancangan Sistem
Advertisements

Pemrograman Visual Isa Rosita, S.Kom Hp :
Oleh: Nurrahman. Buku ajar  manual untuk pengajaran dalam suatu cabang ilmu  Diproduksi sesuai dengan keperluan lembaga pendidikan  bentuk cetakan.
Perancangan Sistem Informasi Terstruktur (3 SKS)
E-PROCUREMENT Sistem Informasi Pengadaan Barang dan Jasa Secara Online
AKHMAD ZAINURI ST. MT FTUB
Aplikasi Pembuatan Iklan Otomotif Bajaj Pulsar Menggunakan Microsoft Visual Ilyas Pudin, for further detail, please visit
SOFTWARE.
Prototyping Aplikasi Teknologi Informasi
CENTRE BOGOR MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6
Kelompok 1 Mochammad. Nasir Mochammad. Nasir Isommuddin Isommuddin T. Yusak D
APLIKASI PEMBAYARAN PADA KLINIK ASY’ SYIFA MEDICAL Wahyu Priyambada. for further detail, please visit
DESAIN IMK-M5.
ALAT UNDI DENGAN PENAMPIL 7’SEGMENT MELALUI INTERFACE Hasanudin
APLIKASI KAMUS PSIKOLOGI PADA PERANGKAT MOBILE DENGAN Harry Prasetyo Diputra for further detail, please visit
PROYEK SISTEM INFORMASI
MICROSOFT VISUAL BASIC 6
Rekayasa Perangkat Lunak
PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA
Metode Penelitian di bidang teknik informatika
Pertemuan 12 Perancangan dan Pengembangan Sistem Multimedia Interaktif
Perencanaan & pembiayaan
Siklus Hidup Pengembangan Sistem
Analisa & Perancangan sistem
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
Pemrograman Visual I Outline: Profil Kontrak Perkuliahan
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Anna dara andriana., M.kom
Software Project Tugas Besar PBO, PBD, dan SPL
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
PROYEK SISTEM INFORMASI
PENGALAMAN PENGGUNA A. Ridwan Siregar.
Rincian Tugas MOBTEK Halaman.
PROTOTIPE (Berkerja dengan Model Pertama)
Siklus Perancangan PBK
Step 3: Memahami Prinsip Desain Antarmuka
Menguji Rancangan Antarmuka Pertemuan 4
Analisa Perancangan Sistem
“PEMBUATAN WEBSITE INFORMASI DATA NILAI MAHASISWA NURDIANTO
SUSTAINABLE ECO DEVELOPMENT 1
Materi Habis Uts IMK Prototyping
Analisa dan Perancangan Sistem
Analisis Kebutuhan.
APLIKASI ADMINISTRASI PENDAFTARAN PASIEN DAN PERAWATAN Rosalia Sulisetyowati, for further detail, please visit
Tugas Ujian Akhir (Portfolio)
BAB 2 KONSTRUKSI & BISINS PROSES
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
Anda adalah seorang wirausaha yang kebetulan memiliki modal lebih dari 8 juta rupiah. Beberapa pilihan bisnis yang anda inginkan antara lain: Ekspansi.
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
Anna dara andriana., M.kom
“Aplikasi Tutorial Troubleshooting pada Personal Komputer dengan meggunakan Borland Andi Rahman Putera for further detail, please visit
SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN SISTEM (System Development Life Cycle/SDLC)
Analisis Perbandingan Sistem Operasi Telepon Seluler Symbian dan Bambang Irawan for further detail, please visit
APLIKASI Waskita Utama
Aplikasi Petunjuk Tempat Kuliner Jakarta Melalui Handphone Ridwan Salim, for further detail, please visit
SDLC Pertemuan 1 Dosen Pengampu: Sandfreni
Membangun Sistem Informasi ERP
PEMBUATAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG Rizal Subagja,
FORMAT TUGAS PEMROGRAMAN PIRANTI BERGERAK
PEMROGRAMAN GAME TIC TAC TOE DENGAN MENGGUNAKAN Jimmy Rinaldo
METODOLOGI MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang
STRUKTUR DATA OLEH: KHAIRIL ANWAR, ST.
Interaksi Manusia Komputer [IF ]
DIMULAI MINGGU KE 8 S/D 14 After mid semester
SUSTAINABLE ECO DEVELOPMENT 1
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
VISUAL BASIC 6.0 APLIKASI TEKS EDITOR BERBAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN
Analisa Perancangan Sistem
RESOURCES (GREIN-R) DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT APLIKASI PENGOLAHAN DATA SISWA PADA PT. GREAT INDONESIAN for further detail, please visit
Transcript presentasi:

PENDEKATAN RPL UNTUK INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER TUGAS BESAR PENDEKATAN RPL UNTUK INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER Membuat Project RPL

Petunjuk Pertama, pahami kebutuhan dari project, pakailah semua teori yang telah Anda pelajari berhubungan dengan project yang dibuat. Pada saat membuat project, jangan terbatasi oleh guideline saja, masukkan komponen atau elemen penelitian dalam beberapa isu yang berhubungan dengan system informasi perusahaan. Buatlah kelompok dengan maksimal 5 mahasiswa per kelompok Menjadi lebih kreatif ketika mendesain antarmuka pengguna untuk mengoptimalkan kegunaan (usability) dan pengalaman user (user experience).

GAMBARAN PROJECT Pilih salah satu organisasi atau perusahaan yang bergerak dalam bidang seperti jasa atau sektor manufaktur (misalnya klinik medis, perusahaan bus, perusahaan real estate, perpustakaan universitas, pompa bensin) dan mempelajari persyaratan organisasi. Kemudian merancang sistem interaktif yang tepat buat organisasi tersebut. Dalam membuat desain, Anda harus mendalami semua langkah-langkah desain secara detail. Ada dua tahap yang harus dilakukan sebagai berikut:

GAMBARAN PROJECT Pilih salah satu organisasi atau perusahaan yang bergerak dalam bidang seperti jasa atau sektor manufaktur (misalnya klinik medis, perusahaan bus, perusahaan real estate, perpustakaan universitas, pompa bensin) dan mempelajari persyaratan organisasi. Kemudian merancang sistem interaktif yang tepat buat organisasi tersebut. Dalam membuat desain, Anda harus mendalami semua langkah-langkah desain secara detail. Ada dua tahap yang harus dilakukan sebagai berikut:

GAMBARAN PROJECT Pada tahap pertama, Anda selesaikan desain konseptual dan membuat presentasinya. Setiap kelompok diwajibkan untuk menyampaikan laporan pada desain konseptual pada minggu ketujuh dan mulai presentasi pada minggu kedelapan (setelah MID semester). Laporan ini harus diserahkan dalam dua salinan (hard dan soft copy).

GAMBARAN PROJECT Pada tahap kedua, Anda implementasikan desain konseptual dengan membuat prototype dan juga melakukan evaluasi prototype. Anda dapat menggunakan salah satu bahasa pemrograman seperti Microsoft Visual Basic, Microsoft Visual Foxpro, Java, Android platform atau open source software untuk mengembangkan prototipe. Tergantung pada kebutuhan proyek Anda, prototipe Anda dapat ditargetkan untuk PC, web atau aplikasi mobile. Setiap kelompok diwajibkan untuk menyampaikan laporan dalam dua salinan (hard dan soft) termasuk source code-nya pada minggu ke- 12 dalam bentuk CD. Presentasi dilakukan pada minggu ke-13 dan ke-14.

ISI PROJECT Pada dasarnya, project Anda akan berisi komponen-komponen sebagai berikut: Pendahuluan Project Analisa kebutuhan dari organisasi/ departemen. Desain konseptual Membangun prototype Evaluasi prototype Nomor 1-3 adalah laporan tahap pertama Nomor 4-5 adalah laporan tahan kedua

TYPESETTING Laporan Anda sebaiknya mengikuti format sebagai berikut: Font type: Times New Roman, Font size: 12 pt Spasi 1.5 pt 10-20 halaman termasuk tahap kedua

PENILAIAN LAPORAN TAHAP PERTAMA Introduction to your project (organisasi/ departemen)– (20%) Gambarkan sejarah, bisnis utama, struktur organisasi, dll. Analisa kebutuhan atau permintaan dari organisasi/ departemen (40%) Identifikasi pengguna dan tujuan dari sistem Daftar kebutuhan fungsional dan non fungsional Gunakan metode pengumpulan data yang tepat Gunakan sebuah dokumentasi yang baik Conceptual design (40%) Illustrate the interface of the system Indicate the design issues that taken into consideration

PENILAIAN LAPORAN TAHAP KEDUA Building prototype (60 marks) Indicate the prototype development Prototype is fully functional Evaluation of the prototype (40 marks) Using appropriate evaluation technique List out the major design flaws Indicates appropriate suggestions for Improvement on prototype design