KONSEP DASAR PEMROGRAMAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
WELCOME TO VISUAL BASIC
Advertisements

- PERTEMUAN 2 - TIPE DATA, VARIABEL, DAN OPERATOR
- PERTEMUAN 1 - DASAR-DASAR ALGORITMA, PROGRAM, DAN PEMROGRAMAN
Tipe Data, Variabel & Operator
Matakuliah : Algoritma & Struktur Data Versi Materi
Pengenalan Software (perangkat lunak)
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Algoritma Program Pemrograman
STRUKTUR DATA.
Memori dan Scope Variabel
PEMOGRAMAN 1 Pertemuan 3.
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1 C KONSEP DASAR PEMROGRAMAN
Logika & Algoritma -- Pertemuan II: Variabel dan Operator Logika & Algoritma --
Algoritma (Struktur, Tipe Data, Input/Output)
Notasi Algoritma.
Dasar Pemrograman Pendahuluan.
Tipe Data Universitas Muhammadiyah Malang Ganjil 2010 Oleh : Nur Hayatin, S.ST.
Algoritma Pemrograman
Tipe Data, Variabel & Operator
Algoritma Dan Pemrograman
Pengenalan Type Data Type data dapat dikelompokkan menjadi 2
Pemrograman Dasar Kelas X.
ALGORITMA PEMROGRAMAN 1C (KONSEP BAHASA PEMROGRAMAN)
ANALISA DAN DESAIN ALGORITMA
ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
Pemrograman Dasar Kelas X.
Pertemuan 2 Muhamad Haikal, S.Kom., MT
Tipe Data By Serdiwansyah N. A..
PEMROGRAMAN DASAR Varian dan Invarian.
PERTEMUAN 2 Bambang Irawan.
Struktur Program Pascal
BAB 1 BAHASA PEMROGRAMAN
Algoritma dan Pemrograman 2A
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Komputasi dan Pemrograman
PERANGKAT – PERANGKAT KOMPUTER
PARADIGMA PEMROGRAMAN
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Konsep Tipe Data dan Operator
Konsep Tipe Data dan Operator
Oleh : Andriyani BAB I PENDAHULUAN KONSEP DASAR PEMROGRAMAN
ALGORITMA PEMROGRAMAN 1C (KONSEP BAHASA PEMROGRAMAN)
Tipe, Nama, dan Nilai.
Pseudocode – Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pengenalan Type Data Type data dapat dikelompokkan menjadi 2
Tipe Data, Operator dan Ekspresi
ALGORITMA PEMROGRAMAN DASAR
Tipe data & Variabel 1. Bahasa Pascal 2. Tipe data & Variabel
Tipe Data, Nama dan Nilai
TIPE DATA.
Konsep Tipe Data dan Operator
KONSEP DASAR STRUKTUR DATA
TIPE DATA DALAM VISUAL BASIC (VB) INTEGER Yaitu : tipe data numerik, berupa bilangan bulat, dan tanpa pecahan Kisaran angka : antara -32,768 hingga.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
STRUKTUR DATA Konsep Dan Arsitektur.
Bahasa Pemrograman Pascal
Pengantar Pemrograman
Dasar Pemrograman Dan Bahasa Pemrograman
Pemrogram 1 Agus Darmawan, S.kom.
Tipe data & Variabel 1. Bahasa Pascal 2. Tipe data & Variabel.
Pengantar Pemrograman
PEMROGRAMAN DASAR Varian dan Invarian.
TIPE-TIPE DATA PHP Bandung 2009, by hery dwi y.
Oleh : Andriyani BAB I PENDAHULUAN KONSEP DASAR PEMROGRAMAN
Oleh : Andriyani BAB I PENDAHULUAN KONSEP DASAR PEMROGRAMAN
Algoritma 1 Temu 2.
Pengantar Pemrograman
Tipe Data Struktur Ridwan, S.T., M.Eng. Pokok Pembahasan Bahan Kajian. Tipe Data Terstruktur Materi Tipe Data: 1.Definisi data, tipe data dan struktur.
Notasi Algoritmik, Tipe Dasar, Nilai, Ekspresi dan Input/Output
Memori dan Scope Variabel
Transcript presentasi:

KONSEP DASAR PEMROGRAMAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1C

KONSEP DASAR PEMROGRAMAN Pemahaman masalah Solusi masalah Pemahaman tata bahasa (sintaks) bahsa pemrograman

Data fakta mentah atau rincian peristiwa yang diterima secara apa adanya belum diolah, yang terkadang tidak dapat diterima oleh akal pikiran dari penerima data tersebut, maka dari itu data harus diolah terlebih dahulu.

Tipe Data Dasar Tipe Data Numerik : digunakan pada variabel atau konstanta untuk menyimpan nilai dalam bentuk angka. Integer, Tipe data berupa bilangan bulat. Real, Tipe data berupa bilangan desimal atau pecahan.

Enumerasi Tipe data berupa urutan list. Boolean Tipe data dengan hasil TRUE dan FALSE. Char Tipe data karakter yang ditulis diantara petik tunggal atau ganda. String Tipe data urutan dari karakter yang ditulis diantara petik tunggal atau ganda.

Program Himpunan atau kumpulan instruksi yang dibuat oleh programmer atau executable dari suatu software. Pemrograman Kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu.

Bahasa Pemrograman Prosedur atau tata cara penulisan program. Fungsi Bahas Pemrograman sebagai alat komunikasi antara pemrogram dengan komputer.

4 Kelompok Bahasa Pemrograman : High Level Language (Pascal dan Basic) Middle Level Language (Bahasa C) Low Level Language (Assembly) Object Oriented Language (Visual Dbase, Visual Voxpro, Delphi, Visual C)

Tipe Pemrograman Pemrograman Prosedural, start eksekusi program tergantung dari algoritma yang dipakai dan perintahnya. Pemrograman Terstruktur, start eksekusi program dimulai dari atas. pemrograman modular, program dipecah-pecah ke dalam modul-modul, dimana setiap modul menunjukkan fungsi dan tugas tunggal.

pemrograman fungsional, program yang seluruh kodenya berupa fungsi-fungsi. Pemrograman Visual, program yang menggunakan ekspresi visual. (grafik, gambar, atau ikon) dalam proses pemrograman.

Pemrograman Even-Driven, Menggunakan konsep “jika sebuah aksi/perintah dilakukan terhadap sebuah obyek, apa yang akan terjadi/dilakukan oleh obyek tersebut selanjutnya”.  Pemrograman berorientasi objek, semua data dan fungsi dikelompokkan kedalam class yang terdiri dari kumpulan obyek yang dapat menerima, memproses, mengirim, menyimpan dan memanipulasi data. Antar obyek juga dapat dilakukan interkasi dengan saling bertukar data.

Tahap Pengembangan Program

KOMPUTASI Komputasi adalah algoritma yang digunakan untuk menemukan suatu cara dalam memecahkan masalah dari sebuah data input. Data input disini adalah sebuah masukan yang berasal dari luar lingkungan sistem. Komputasi ini merupakan bagian dari ilmu komputer berpadu dengan ilmu matematika.

MODEL KOMPUTASI Model Fungsional Terdiri dari kumpulan nilai, fungsi, dan operasi dari fungsi aplikasi. Model Logika Berdasarkan dari hubungan dan kesimpulan logika. Metode Imperative Berisi pernyataan dan operasi penugasan yang digunakan untuk merubah suatu pernyataan.

SINTAKS, SEMANTIK DAN PRAGMATIS Aturan gramatikal / komposisi suatu program yang mengatur tata cara penulisan huruf, angka dan karakter lain. SEMANTIK Mendefinisikan arti dari program yang benar secara sintaks dari bahasa pemrograman tersebut. PRAGMATIS Kemudahan dalam implementasi dan pemakaian dan keberhasilan bahasa dalam mencapai tujuan.

DESAIN BAHASA PEMROGRAMAN Simplicity and Readability, program harus mudah ditulis, dan mudah dibaca oleh programmer umumnya. Clarity about Binding, memiliki batasan definisi dan waktu yang jelas, misalnya ukuran memori suatu tipe data, run time, dsb. Reliability, program akan melakukan hal yang sama ketika memperoleh input data yang sama. Support, mudah diakses, dipelajari, dan di-install oleh siapa saja. Efficient.