Representasi Pengetahuan II
Semantic Networks
Semantic networks : Gambaran pengetahuan grafis yang menunjukkan hubungan antar berbagai objek
Semantic networks disusun oleh : Node : representasi dari objek Arc : representasi dari hubungan antar node
Perluasan semantic networks dapat dilakukan dengan menambah node dan menghubungkan node yang bersesuaian Penambahan dapat dilakukan dalam 3 cara : Objek yang sama Objek yang lebih khusus Objek yang lebih umum
Pewarisan pada semantic networks : Node yang ditambahkan secara otomatis mewarisi informasi yang telah ada pada semantic networks Penambahan node “Tweety” otomatis mewariskan sifat-sifat dari “Animal” pada objek “Tweety” Contoh : “Tweety” breathes air, karena “Animal” breathes air
Operasi pada semantic networks : Salah satu cara penggunaan semantic networks adalah dengan bertanya pada node
Contoh : CASE 1 : Jika bertanya pada “Bird”, “How do you travel?” Jawabannya : “Fly” Pelacakan :
Contoh : CASE 2: Jika bertanya pada “Tweety”, “How do you travel?” Jawabannya : “Fly” Pelacakan :
Contoh : Exception handling CASE 3: Jika bertanya pada “Penguin”, “How do you travel?” Jawaban normal : “Fly”, seharusnya “Walk” Untuk mengatasi kasus tersebut, arc khusus ditambahkan pada node “Penguin” untuk meng-override informasi yang telah diwariskan
Proses override berarti menambahkan arc atau sifat yang sama dengan objek induk pada node, tetapi dengan value atau karakteristik yang berbeda
Production Rules
Rules (aturan-aturan) termasuk pengetahuan prosedural Menghubungkan informasi yang diberikan dengan tindakan (action) Struktur rule, secara logika menghubungkan satu atau lebih antecedent (premis-premis) yang berada pada bagian IF, dengan satu atau lebih consequents (konklusi/kesimpulan) pada bagian THEN
Sebuah rule dapat memiliki multiple premise yang tergabung dengan menggunakan operasi logika (AND, OR) Bagian konklusi dapat berupa kalimat tunggal atau gabungan dengan menggunakan operasi logika (AND) dan dapat pula memiliki kalimat ELSE
Apabila pengetahuan direpresentasikan dengan rules, maka ada dua metode penalaran yang dapat digunakan : Forward Reasoning Backward Reasoning
A C D B G E F I H L J K Keadaan Awal Tujuan
A C D B G E F I H L J K Tujuan Keadaan Awal
Representasi Pengetahuan III
Triplet Object-Attribute -Value
Object dapat berupa bentuk fisik atau konsep Atribut adalah karakteristik atau sifat dari object tersebut Values besaran/nilai/takaran spesifik dari atribut tersebut pada situasi tertentu. Dapat berupa numerik, string atau boolean Sebuah object bisa memiliki beberapa atribut Sebuah atribut dapat dianggap sebagai suatu object baru dan memiliki atribut sendiri Digunakan juga pada frames dan semantic networks
Contoh representasi item O-A-V : Object Attribute Values Rumah Kamar Tidur 2, 3, 4, dll Warna Hijau, Putih, dll Ukuran 3x4, 4x4, dll Bola Diameter 30 cm Merah Berat 10 ons
Single-Value d Facts : atribut yang hanya memiliki satu nilai tunggal Contoh : Q : Please tell if the barometer is Falling Steady Rising A : Falling
Multiple-Value d Facts : atribut yang dapat memiliki nilai lebih dari satu Contoh : Q : Please select the level of education High School College Graduate School A : High School
Jika sebuah value dipilih dari list, maka sistem akan men-set value tersebut pada working memory menjadi TRUE, dan value yang lain menjadi FALSE
Frame
Frame : kumpulan pengetahuan tentang suatu obyek tertentu, peristiwa, lokasi, situasi, dll Frame biasanya digunakan untuk merepre- sentasikan pengetahuan yang didasarkan pada karakteristik yang sudah dikenal, yang merupakan pengalaman
Struktur frame :
Frame dapat memiliki field tambahan yang disebut Class Class dapat diisi sebuah nilai (misalnya : Object2) yang merupakan nama dari frame lain yang berhubungan dengan Object1
Elemen frame : Slot : kumpulan atribut/properti yang menjelaskan obyek yang direpresentasi oleh frame Facet (subslot) : menjelaskan pengetahuan atau prosedur dari atribut pada slot
Facet dapat berbentuk : Value : nilai dari suatu atribut Default : nilai yang digunkan jika slot kosong atau tidak dideskripsikan pada frame instansiasi Range : menandakan jenis dari informasi yang dapat muncul pada slot tersebut (misalnya 0 sampai 100) If Added : berisi informasi prosedural yang berupa suatu tindakan yang akan dikerjakan jika nilai slot diisi atau diubah
If Needed : digunakan pada kasus dimana tidak ada value pada slot. Suatu prosedur akan dikerjakan untuk memperoleh atau menghitung sebuah value Other : slot berisi frame, rule, semantic networks ataupun tipe lain dari informasi
Frame Kelas (Class) : Merepresentasikan karakteristik umum dari suatu obyek Dalam setiap frame kelas dapat didefinisikan properti-properti umum yang biasanya dimiliki oleh semua obyek dalam kelas tersebut
Frame Instansiasi(Instance) : Instansiasi : kelas digunakan untuk mendeskripsikan suatu objek khusus dari kelas tersebut Frame tersebut secara otomatis mewarisi properti dan value dari kelas tersebut Dalam teknik pemrograman, frame dapat direpresentasikan dengan OOP
Contoh lain Frame : Kursi hotel Spesialisasi dari : kursi Kamar hotel Tinggi : 20 – 40 cm Jumlah kaki : 4 Kegunaan : tempat duduk Contoh lain Frame : Kamar hotel Spesialisasi dari : kamar Tempat : hotel Isi : kursi hotel, telpon hotel, ranjang hotel Telpon hotel Spesialisasi dari : telpon Kegunaan : memanggil pelayan kamar Pembayaran : melalui kamar Kasur Superkelas : bantal Penetapan : perusahaan Ranjang hotel Superkelas : ranjang Kegunaan : tempat tidur Bagian : kasur
Representasi Pengetahuan IV
Script
Script: representasi pengetahuan yang digambarkan sebagai urutan peristiwa Elemen-elemen script : Kondisi input Track (jalur) Prop (properti, pendukung) Role (peran) Scene (adegan) Hasil
Contoh : Script UAS Track : Ujian tertulis matakuliah AI Role : Mahasiswa, Pengawas Prop : lembar soal, lembar jawaban, presensi, pena Kondisi Input : Mahasiswa terdaftar untuk ikut ujian Scene-1 : Persiapan Pengawas Pengawas menyiapkan lembar soal Pengawas menyiapkan lembar jawaban Pengawas menyiapkan lembar presensi Scene-2 : Mahasiswa Masuk Ruangan Pengawas mempersilakan mahasiswa masuk Pengawas membagikan lembar soal Pengawas membagikan lembar jawaban Pengawas memimpin doa
Scene-3 : Mahasiswa Mengerjakan Soal Ujian Mahasiswa menulis identitas di lembar jawaban Mahasiswa menandatangani lembar jawaban Mahasiswa mengerjakan soal Mahasiswa mengecek jawaban Scene-4 : Mahasiswa Telah Selesai Ujian Pengawas mempersilakan mahasiswa keluar ruangan Mahasiswa mengumpulkan kembali lembar jawaban Mahasiswa keluar ruangan Scene-5 : Pengawas Mengemasi Lembar Jawaban Pengawas mengurutkan lembar jawaban Pengawas mengecek lembar jawaban dan presensi 3. Pengawas meninggalkan ruangan
Hasil : Mahasiswa merasa senang dan lega Mahasiswa merasa kecewa Mahasiswa pusing Mahasiswa memaki-maki Mahasiswa sangat bersyukur
TUGAS Gambarkan representasi jaringan semantik untuk informasi objek-objek berikut : Ann is the wife of Bill, Ann is the mother of Susan, Ann is the sister of Carol, Bill is the father of Susan, Tom is the husband of Susan, Susan is the mother of John, Tom is the father of John, David is the husband of Carol, Carol is the mother of Tom, David is the father of Tom.
Buatlah representasi pengetahuan menggunakan frame untuk menggambarkan Personal Computer (PC)