Perancangan Antar Muka Tugas Analisa Desain dan Sistem TI – 2C
Tujuan untuk membantu perancang antarmuka dalam melakukan perancangan antarmuka agar menghasilkan antarmuka halaman sistem informasi/web yang konsisten, sederhana dan kontekstual.
Fokus Perancangan Antar muka antara modul-modul perangkat lunak Antara perangkat lunak dan sumber informasi selain manusia Antara user dengan user (manusia)
Jenis Antar Muka Beberapa jenis yang diperlukan : Antar muka untuk input parameter proses -> layar Antar muka untuk output proses -> layar Antar muka untuk input data -> layar dan parameter passing Antar muka untuk output data -> layar dan parameter passing Antar muka untuk pesan-pesan -> layar
Hal-hal penting Konsistensi dalam penggunaan warna, font, bahasa dll. Adanya feedback bagi pengguna Memungkinkan aksi reversal Verifikasi dalam semua aksi destruktif penting Mengurangi informasi yang harus diingat antar aksi Efisiensi dialog, gerak dan pikiran pengguna Mengelompokkan aktivitas berdasarkan fungsi dan mengatur layar sesuai dengan pengelompokkan tersebut Menyediakan bantuan (help) yang sensitif konteks Tampilkan info yang sesuai dengan konteks
Hal-hal penting (cont’d) Minimalkan presentasi data menggunakan tabel/form Maksimalkan menggunakan graph/chart Message error yang berarti Minimalkan jumlah aksi masukkan yang diperlukan Tampilan antar muka disesuaikan dengan kebutuhan/kebiasaan user, misalnya : - clerk – keyboard , manager – mouse atau clerk – input, decision maker – delete/hapus/update.
Mendesain Tampilan Antar Muka Dilakukan secara manual pada kertas Bantuan alat bantu pemrograman misalnya dengan CASE tools ( AppModeller pada Power Designer )
Hasil Akhir Rancangan Format Modul Antar Muka yang siap untuk diprogram Format Rancangan layar yang siap diimplementasikan
TERIMA KASIH