Playtesting Pemrograman Game.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
CUSTOMER NEWSLETTER Kelompok 4 R. Dendy Wibisono.J 22740
Advertisements

PENGORGANISASIAN KELAS
Tugas Tim No. 1 Garis besar  Latihan ini memberikan suatu masalah bagi tim untuk dipecahkan. Tujuan  Meminta anggota kelompok bekerja sama dalam tim.
KULIAH KE-3 MATERI SURVEI
RESENSI PENGERTIAN Pertimbangan atau perbincangan terhadap sebuah buku dengan tujuan menunjukkan kepada khalayak perlu tidaknya buku tersebut dibaca.
Kuliah ke-3 MATERI SURVEI.
KARYA TULIS ILMIAH BIDANG IPA Insih Wilujeng, M.Pd S-1 Pend. Fisika FMIPA UNY S-2 Pend. IPA UNESA S-3 Pend. IPA UPI.
Diagnosis Kesulitan Belajar
Prinsip- Prinsip Belajar
PEMBUATAN PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM JARINGAN LAN Hervina
KONSEP KEPUASAN PELANGGAN
Week 14 Review Presented by Wendra Hartono. Agenda  Membagikan hasil dan mengumumkan nilai.  Mengumpulkan nama perusahaan hari ini paling lambat sore.
11 dan 12. PENGUMPULAN DATA ARTI PENGUMPULAN DATA
METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM STANDAR PROSES PENDIDIKAN
Implementasi & Uji Coba
MENGGUNAKAN MACROMEDIA DREAMWEAVER ULTRADEV 4 PEMBUATAN WEBSITE KLUB – KLUB TERBESAR LIGA EROPA DENGAN for further detail, please visit
12. PENGUMPULAN DATA ARTI PENGUMPULAN DATA
LAMARAN KERJA DAN WAWANCARA KERJA
AUSTRALIA INDONESIA PARTNERSHIP FOR EMERGING INFECTIOUS DISEASES Epidemiologi Lapangan Tingkat Dasar Sesi 7 – Penularan dan penyebaran penyakit.
Memanfaatkan Peluang Usaha
APLIKASI TEKNIK DASAR BULU TANGKIS MENGGUNAKAN MACROMEDIA Yunni Wulan Sari, for further detail, please visit
Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM
APLIKASI TEKNIK DASAR BULU TANGKIS MENGGUNAKAN MACROMEDIA Heri Kiswanto, for further detail, please visit
Penggalian Ide (Brainstorming)
BWD Bina Nusantara University 1 Individual Assignment, submit on FINAL EXAMINATION PLEASE NOTE: NO PLAGIARISM and NO ONE CAN SUBMIT THE SAME WORK. PENALTI.
Metode Pengumpulan Informasi Anajab
HUMAS.
Step 14 : Uji, Uji, dan Uji Ulang
APLIKASI TEKNIK DASAR BILIARD MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH Hartini,
TEKNIK EVALUASI Rima Dias Ramadhani.
12. PENGUMPULAN DATA ARTI PENGUMPULAN DATA
PENULISAN LAPORAN Yanti Trianita S. Ikom 1/3/2018 BI/Ragam.
PROTOTIPE (Berkerja dengan Model Pertama)
B. METODE PENGUMPULAN DATA
EVALUASI PENGEMBANGAN MEDIA
Teknik Informatika STMIK AMIKOM Purwokerto
Pemrograman Game.
METODE DAN INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA
Teknik Informatika STMIK AMIKOM Purwokerto
Aqwam Rosadi K Game Development.
LAPORAN Rini Astuti S.I.Kom., MM 4/27/2018.
Evaluasi Interaksi Manusia dan Komputer Oleh : SRI HERAWATI, S.KOM
MANAJER …(1) Tulis (+) jika sesuai dengan anda dan (-) jika tidak seseuai Aku sering dapat mempengaruhi orang lain untuk mengerjakan apa yang aku inginkan.
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
PERTEMUAN II Mengkondisikan kelas/Orientasi keberadaan mahasiswa
Disain Kerja untuk Menghindari Kerja Monoton Pertemuan 13
PEMBELAJARAN KOOPERATIF
PEMBUATAN GAME SPACE METEOR MENGGUNAKAN J2ME
Materi 2 - Komputer Multimedia
11 dan 12. PENGUMPULAN DATA ARTI PENGUMPULAN DATA
ROLEPLAY SEBELUM ROLEPLAY
STRATEGI KREATIF MEDIA ONLINE www. dealgoing
TEMU XVI TUJUAN MENYAJIKAN SALAH SATU TOPIK TENTANG PERKEMBANGAN GIZI MUTAKHIR MEMBERI MASUKAN KEPADA MAHASISWA TENTANG HASIL KERJA MEREKA MENDAPAT MASUKAN.
PEMANFAATAN LINGKUNGAN DAN BERBAGAI SUMBER BELAJAR
GAME TIC TAC TOE DENGAN MENGGUNAKAN PYTHON Titus Pambudi
PEMROGRAMAN GAME TIC TAC TOE DENGAN MENGGUNAKAN Jimmy Rinaldo
METODE PENELITIAN SOSIAL PERTEMUAN 10 DAN 11
Aqwam Rosadi K Game Development.
KOMUNIKASI INTERNAL Adhi Gurmilang.
DESAIN INSTRUMEN Penelitian Kualitatif
B. METODE PENGUMPULAN DATA
Evaluasi sebagai alat Ukur Hasil Pembelajaran
COMMUNITY AWARENESS (Penyadaran Masyarakat). APA? “adalah sebuah proses membangun pemahaman risiko yang ditujukan untuk mempengaruhi kesadaran dan perilaku.
Teknik evaluasi dan groupware / cscw
Analisis dan Desain Sistem
Dalam proses belajar, mengarahkan anak unutk mencapai target tertentu
Resensi buku pengetahuan. Pengertian resensi Resensi adalah suatu penilaian terhadap sebuah karya. Karya yang dimaksud disini bisa berupa berupa buku.
FORUM KONSULTASI PUBLIK
MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION (J2ME) APLIKASI GAME ‘WORDIX’ PADA PONSEL for further detail, please visit
MEMBUAT GAME GAMBAR ACAK DENGAN Hermawan Widiyanto,
Transcript presentasi:

Playtesting Pemrograman Game

Anda sudah membuat prototype? Anda sudah coba mainkan? Bagaimana “rasanya” ketika memainkan pertama kali? Anda sudah merasa puas? Menurut anda pemain akan menyukainya? Perbaikan apa yang anda buat? Menurut anda, berapa kali testing perlu dilakukan?

Kendala Playtesting Akibatnya? Game tidak akan optimal..!! Dianggap membosankan Designer atau pihak lain ingin “potong kompas” Biaya untuk testing mahal (apalagi testing eksternal) Membutuhkan waktu lama Akibatnya? Game tidak akan optimal..!! Kekurangan akan sulit diperbaiki bila proses sudah sampai pada tahap produksi

Metode Pengembangan Game Basics of Game Design

Prosesnya… Test dengan diri anda sendiri/mitra designer Test dengan orang dekat/yang dipercaya Bukan designer Buat rules tertulis untuk panduan mereka Catat saran & pendapat tanpa terlalu terikat dengannya Test dengan orang yang tidak anda kenal Hadapi kritik dan komentar nyeleneh Hasilnya lebih “jujur” dibanding orang dekat Test dengan playtester yang cocok dengan target pemain game anda

Posisi anda ketika testing…

Yang perlu dilakukan… Test dengan diri anda sendiri/mitra designer Test dengan orang dekat/yang dipercaya Pastikan anda sudah membuat rules awal untuk game Anda menjadi pengamat ketika game anda dimainkan orang dekat/yang dipercaya Catat feedback yang anda amati dari pemain

Metode Playtesting One-on-one testing Group Testing Feedback forms Interview Open Discussion Data Hooks Bisa digunakan beberapa metode sekaligus

Awali: Test dengan diri sendiri Anda bisa melakukan perubahan fundamental secara cepat dari gameplay Anda bisa menyempurnakan rules dan procedure dengan lebih cepat dan membuat variasinya Kelemahan: Anda terikat dengan game anda, sehingga tidak bisa melihat kelemahannya secara objektif Kelemahan: Fun menurut anda (designer) tidak selalu selaras dengan fun dari sisi gamer (skill terbatas)

Test dengan orang lain Sebaiknya anda hanya sebagai pengamat Ambil catatan dari respon playtester Kelemahan: Membutuhkan waktu lebih lama dan persiapan yang lebih kompleks Kelebihan: Hasilnya lebih jujur dari test dengan diri sendiri (tergantung jenis playtester, latar belakang dan skill mereka) Gunakan sesi testing dengan metode tersendiri

Metode Sesi Playtesting Introduksi (2-3 menit) Diskusi awal (5 menit) Sesi Bermain (15-20 menit) Diskusi dari pengalaman memainkan (15-20 menit) Penutup Baca detail di hal. 252-254 dr buku wajib Game Design Workshop 2nd Edition 2008)

Tugas : Gunakan document di hal. 263 (Taking Notes dr buku wajib Game Design Workshop 2nd Edition 2008) Terjemahkan & modifikasi kedalam bahasa Indonesia jika ingin memberikannya kepada playtester