Chapter 10: Desain Industri

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Bab 7 Pemasaran Strategis untuk Pertumbuhan Perusahaan dan Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham KELOMPOK 3 MANAJEMEN PEMASARAN.
Advertisements

Pengembangan Sistem Informasi
NILAI PELANGGAN Diema Hernyka.
Manajemen Pemasaran bank
Bab VI Posisi Strategis.
Bab 10 Pemasaran.
Marketing Mix (Bauran Pemasaran)
Aspek Pemasaran.
Prototype.
11 PEMASARAN Kejujuran = Kepuasan Pelanggan Andi HM.
MARKETING MANAGEMENT & PERILAKU KONSUMEN
Pengembangan perangkat lunak
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KOMPUTERISASI AKUNTANSI
Chapter 10 Marketing.
Konteks Metode Analisis dan Desain Sistem
Business Plan Technology Companies Lidia Kusumaningrum Jakarta, 23 Januari 2014.
PROTOTYPING.
Resista Vikaliana, S.Si. MM
Ruang Lingkup Pemasaran
Diambil dari modul KWU UNY
Manajemen Proyek Web.
KONSEP SISTEM INFORMASI KORPORASI
PERTEMUAN 1 MANAJEMEN OPERASI JASA (EKMA4369)
Desain Produk dan Jasa (LANJUTAN)
proses PERANGKAT LUNAK
PERTEMUAN 3 MANAJEMEN OPERASI JASA (EKMA4369)
Enterprise Resource Planning
Peranan sistem informasi dan teknologi informasi
Interaksi Manusia & Komputer Prototyping
Strategi Positioning Kompetitif (1)
Bahan Kuliah ASPEK HARGA.
Konsep Marketing bukan konsep fungsional melainkan sebuah konsep bisnis strategis yang bertujuan untuk meraih kepuasan berkelanjutan yang memiliki nilai.
KEWIRAUSAHAAN Pemasaran Menjelaskan konsep pemasaran
Perencanaan Dan Pengembangan Produk
Pemasaran.
Materi Habis Uts IMK Prototyping
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
Pengelolaan Sistem Informasi
PENGENDALIAN SISTEM KOMPUTERISASI PERSPEKTIF MANAJEMEN
MARKETING MANAGEMENT Pemasaran adalah demikian mendasar sehingga tidak dapat dianggap sebagai suatu fungsi yang terpisah Peter F Drucker
Introduction to 1 Chapter Planning a Business.
Pemasaran.
PRODUCT LIFE CYCLE.
Pertemuan ke-3 Diema Hernyka S, M.Kom
MANAJEMEN DAN PEMASARAN
Bab 10 Pemasaran.
Pertemuan 26 Kunci Sukses SIE
DESAIN INDUSTRI DIAN MARDI SAFITRI.
Membangun Sistem Informasi ERP
JAMINAN KUALITAS PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE QUALITY ASSURANCE)
DESAIN INDUSTRI DIAN MARDI SAFITRI.
Pertemuan 19/20 DESAIN INDUSTRI
Information System Analysis and Design
Pemasaran JUHARI, SE, MM.
Bab 10 Pemasaran Maruji Pakpahan.
Pengembangan Sistem Informasi
OSKAR JUDIANTO SSn., MM., MDs. FAKULTAS DESAIN dan INDUSTRI KREATIF
Bab 10 Pemasaran Dr. Ssiswantoyo. Tujuan Pembelajaran Menjelaskan konsep pemasaran Menjelaskan strategi dan taktik pemasaran Menjelaskan konsep bauran.
Bab 10 Pemasaran.
Bab 10 Pemasaran.
Aspek Pemasaran.
Aspek Pemasaran.
Bab 10 Pemasaran.
Introduction to 1 Chapter Planning a Business.
Paradigma Rekayasa Perangkat Lunak
Perancangan eBusiness (eCommerce)
Ruang Lingkup Pemasaran
Bab 10 Pemasaran.
Aspek Pemasaran.
Bab 10 Pemasaran Dr. Ssiswantoyo. Tujuan Pembelajaran Menjelaskan konsep pemasaran Menjelaskan strategi dan taktik pemasaran Menjelaskan konsep bauran.
Transcript presentasi:

Chapter 10: Desain Industri Perancangan Produk

Pengantar Tipping point: Produk life cycle Hush Puppies Kriminalitas di NY Sifilis di Baltimore Air Walk Produk life cycle Marketing: Mavens, Connector, Salesman ID vs Marketing point of view vs product design point of view

Industrial Design (ID) Tanggung jawab: Estetis Fungsi Interface Pembahasan menyeluruh mengenai: Pandangan historis & definisi Investasi yang telah ada Metoda menentukan pentingnya ID Biaya dan keuntungan investasi dalam ID Bagaimana ID membantu membangun identitas perusahaan Langkah2 spesifik ID Metoda untuk menilai kualitas usaha ID sebuah produk jadi

HISTORY German 1990  AEG electronics (ahli teknik & arsitektur) Angkatan baru lebih kearah fungsional (luar kedalam) US desainer teater dan artis ilustrator muncul aerodinamika (streamliner) Now ? ID Bell, Ford, IBM Definisi ID: Jasa profesional dalam menciptakan dan mengembangkan konsep dan spesifikasi guna mengoptimalkan fungsi2, nilai, dan penampilan produk serta sistem untuk mencapai keuntungan yang mutual antara pemakai dan produser. Fokus : Bentuk dan interface 5 tujuan penting ID Kegunaan Penampilan Kemudahan pemeliharan Biaya-biaya rendah Komunikasi

Menilai Kebutuhan ID Investasi (gbr 10.2) Biaya langsung: jumlah desainer Biaya manufaktur Biaya waktu (penalty cost) Dua dimensi estetis dan ergonomis yang seimbang: Ergonomis: Seberapa penting kemudahan pemakaian Seberapa penting kemudahan perawatan Berapa banyak interaksi pemakai yang diperlukan u fungsi2 produk Berapa pembaharuan yang interaksi pemakai diperlukan/ Apa pokok permasalahan keamanan? Estetis Apakah diferensiasi visual diperlukan (=internal disk drive?) Seberap penting gengsi kepemilikan, kesan dan mode? Estetika akan memotivasi tim? (Gbr 10.3)

Desain Industri Membangun Identitas Produk Apple Computer Rolex Braun AG Bang & Olufsen Motorola

Proses Desain Industri Internal vs Subkontrak Penyelidikan kebutuhan pelanggan Tidak selalu dengan fokus group atau riset pasar Konseptualisasi Perhitungan teknis, biaya dan pertimbangan manufaktur (kerjasama desain dengan teknis) efisien iteration Perbaikan awal model lunak (soft model) ukuran sebenarnya, termasuk didalamnya uji ergonomis

Proses Desain Industri Perbaikan Lanjutan dan Pemilihan Konsep Akhir Model keras dan gambaran informasi intensif  rendering (detailed design & penggunaan produk, warna, pengujian penerimaan pelanggan untuk ciri dan fungsi produk) Secara teknis belum berfungsi karena hanya mendekati replikasi desain (dasar2 fungsi kerja saja  tombol, sliding, dll) Penggambaran kontrol, mendokumentasikan: fungsi, ciri, ukuran, warna, sentuhan akhir permukaan dan dimensi kunci. Koordinasi dengan ahli teknik, manufaktur dan distribusi external. Pengaruh peralatan berbasis komputer pada proses ID

Manajemen Proses Desain Industrial Produk yang dikendalikan oleh teknologi Manfaat yang didasarkan pada teknologi atau kemampuan menyelesaikan tugas teknikal yang spesifik. Contoh: ? Produk yang dikendalikan oleh pengguna Manfaat dikendalikan oleh pengguna berasal dari kegunaan interface dan estetis

Keterlibatan &Waktu dalam Proses ID Gambar 10.8 Bobot Desain keterlibatan ID Komputer Laptop Super komputer Kamera Pembuat Kopi Komputer station Telepon Selular Arloji Kursi Kantor HDD Super Komputer Produk yg berfokus/ Dinilai berdasarkan Teknologi Produk yg berfokus/ Dinilai berdasarkan user Gambar 10.9 Waktu proses ID Produk yg berfokus/ Dinilai berdasarkan Teknologi Produk yg berfokus/ Dinilai berdasarkan user

Penilaian Kualitas Desain Industri Kualitas dari interface Daya tarik emosional Kemampuan memelihara dan memperbaiki produk Ketepatan penggunaan sumber daya Perbedaan produk.

Gambar 10.11: Penilaian Peranan ID Kategori Penilaian Level Kepentingan Penjelasan Peringkat lo med hi Kualitas dari interface Daya tarik emosional Kemampuan untuk memelihara dan memperbaiki produk Penggunaan yang tepat dari sumber Diferensiasi produk

Value Creation and Delivery Sequence Strategic Marketing Tactical Marketing Choose the value Provide the value Communicate the value Customer Segmentation Market Focus Value Positioning Product Development Service Development Pricing Sourcing Making Distributing Servicing Sales force Sales Promotion Marketing

Five Product Level Five level of product that help to plan marketing offer Each level add value to customer

Keterangan Core Benefit: Fundamental, the customer is really buying. Basic Product Expected Product: a set of attributes and conditions buyers normally expect when purchase. Augmented Product: Add cost, soon become expected benefit. Potential Product: exceed customer expectation, new way to satisfy visitor, and distinguish product with others.