Java GUI PBO.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Mike Yuliana PENS-ITS
Advertisements

Event Handling di JAVA.
Pemrograman JAVA (TIB09)
Java Applets Pertemuan 7
Komponen Antarmuka Grafis
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Konsep Abstract Windowing Toolkit (AWT)
GUI in Java.
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
JAVA GUI (Graphical User Interface)
Java Review Oleh: Idris Winarno.
Modul 9: antarmuka grafis (GUI) dalam window
Arranging Components on a User Interface Pertemuan 14 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
PBO - PERTEMUAN 9- JAVA GUI.
Abstract windowing toolkit & swing
Graphic User Interface
Bahasa Pemrograman 3 Lab Bahasa Pemrograman 3
Layout Management Akhmad Zaini.
Membangun Aplikasi GUI
Layout Managers and Event Handling
Presented by : Ratri Enggar Pawening
KONSEP OOP DAN AWT [ RIO PRIANTAMA ].
Graphical User Interface (GUI)
GUI Event Handling.
GUI event handling.
Pemrograman Berorientasi Objek
Pertemuan 12. Pemrograman Window Sejauh ini Anda melakukan pemrograman pada level konsul Java sesungguhnya juga mendukung pemrograman Window. Salah satu.
Java GUI Container Pertemuan 2
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Graphical User Interface
Java Applets Pertemuan 7 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Pemrograman Berorientasi Obyek
1 Pertemuan 12 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
JAVA GUI SWING Kelompok 4 : M.Fadli Rozak ( )
Konsep Pemrograman dan Paradigmanya
Implementasi Pemrograman Berorientasi Objek
KONSEP SWING.
PBOL Dewi Kusumaningsih
MENGUASAI LAYOUT MANAGER
Graphical User Interface (GUI)
Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)
KONSEP AWT.
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Java GUI.
PBOL Dewi Kusumaningsih
Java User Interface (Swing)
Basic GUI Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 13 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Java Progamming Membangun GUI dengan Swing
GUI Event Handling.
Component and Layout Manager Pertemuan 3
GUI AWT & SWING Alpro-2.
GUI Event Handling Alpro-2.
JFC dan Swing U Abd. Rohim, MT mailto:
Struktur Kode Aplikasi Java (2)
Pengenalan Pemrograman 2
JAVA GUI (Graphical User Interface)
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Visual Java
Pertemuan 13 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING (LANJUTAN)
Graphical User Interface
GUI Event Handling Sussi.
PACKAGE.
Pemrograman Berorientasi Obyek
antarmuka grafis (GUI) dalam window
Pemrograman Berorientasi Obyek
Pemrograman GUI dengan Java
VISUAL PROGRAMMING DALAM JAVA
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

Java GUI PBO

Konsep Graphical User Interface (GUI) di Java

API untuk Aplikasi GUI di Java 1. AWT (Abstract Window Toolkit): Library dan komponen GUI (java.awt) yang pertama kali diperkenalkan oleh Java, Sun tidak merekomendasikan lagi penggunaan komponen GUI dari AWT 2. Swing atau JFC (Java Foundation Class): Library dan komponen GUI (javax.swing) terbaru dari Java dan yang direkomendasikan Sun untuk pemrograman GUI. Komponen Swing sebagian besar adalah turunan AWT dan lebih lengkap daripada AWT komponen AWT & Swing dapat digunakan bersama

Komponen AWT

AWT

Contoh membuat aplikasi GUI import java.awt.*; public class SampleFrame extends Frame { public static void main(String args[]) { SampleFrame sf = new SampleFrame(); sf.setSize(100, 100); sf.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE); sf.setVisible(true); }

Contoh membuat aplikasi graphic import java.awt.*; public class GraphicPanel extends Panel { GraphicPanel() { setBackground(Color.black); //Konstanta dalam class Color } public void paint(Graphics g) { g.setColor(new Color(0,255,0)); //hijau g.setFont(new Font("Helvetica",Font.PLAIN,16)); g.drawString("Hello GUI World!", 30, 100); g.setColor(new Color(1.0f,0,0)); //red g.fillRect(30, 100, 150, 10); } public static void main(String args[]) { Frame f = new Frame("Testing Graphics Panel"); GraphicPanel gp = new GraphicPanel(); f.add(gp); f.setSize(600, 300); f.setVisible(true); } }

frame dengan kontrol di dalamnya.

Fitur Swing Komponen GUI Lengkap: button, listbox, combobox, textarea, dsb Pluggable Look-and-Feel: tampilan GUI dapat diubah sesuai dengan kehendak (tidak perlu mengikuti native OS) Data Transfer Antar Komponen: drag and drop, copy and paste Internationalization: proses desain aplikasi yang memungkinkan aplikasi dijalankan sesuai dengan preferensi tanpa rekompilasi Localization: proses translasi teks ke bahasa lokal dan menambahkan komponen lokal

Komponen Swing

Komponen Dasar Swing 1. Top-Level Container: kontainer dasar dimana komponen lainnya diletakkan (JFrame, JDialog dan Applet) 2. Intermediate Container: kontainer perantara dimana komponen lainnya diletakkan (JPanel, JScrollPane, JTabbedPane, JToolbar, JSplitPane) 3. Atomic Component: komponen yang memiliki fungsi spesifik dan menerima interaksi langsung dari user (JButton, JLabel, JTextArea, dsb) 4. Layout Manager: mengatur tata letak dan posisi komponen dalam kontainer (BorderLayout, BoxLayout, FlowLayout, GridBagLayout, GridLayout) 5. Event Handling: menangani event yang dilakukan user (klik mouse, ketik keyboard, perbesar frame, dsb)

Top-Level Container JFrame, JDialog, Applet

Content Pane dan Menu Bar Menambahkan content pane pada Jframe frame.getContentPane().add(yellowLabel , BorderLayout.CENTER); Menambahkan komponen pada content pane JPanel contentPane = new JPanel(new BorderLayout()); contentPane.setBorder(someBorder ); contentPane.add(someComponent , BorderLayout.CENTER); contentPane.add(anotherComponent , BorderLayout.PAGE_END); frame.setContentPane(contentPane); Menambahkan menu bar pada Jframe frame.setJMenuBar(greenMenuBar );

JFrame cara-1

JFrame Cara-2

JFrame Cara-2 (dg setBound)

Atomic Component

Atomic Component

JButton

Layout Manager

Layout Manager Posisi dan ukuran suatu komponen ditentukan oleh layout manager. Layout manager mengatur tampilan dari komponen di dalam kontainer. 1.FlowLayout 2.BorderLayout 3.GridLayout 4.CardLayout

FlowLayout Manager FlowLayout Manager adalah default manager untuk class Panel dan subclassnya, termasuk class applet.

FlowLayoutBeraksi.java

Border Layout Manager BorderLayout membagi kontainer menjadi lima bagian diantaranya utara, selatan, timurbarat, dan tengah

GridLayout Manager GridLayout manager membagi kontainer menjadi baris dan kolom. Semua region memiliki ukuran yang sama. Hal tersebut tidak mempedulikan ukuran sebenarnya dari komponen.

GridLayoutBeraksi.java

BoxLayoutBeraksi.java

CardLayoutBeraksi.java

GridLayoutBeraksi.java

Joption Pane

Penanganan Kejadian (Event Handling)

Delegation Event Model Delegasi event model menguraikan bagaimana program dapat merespon interaksi dari user Event Source Event Listener/Handler Event Object

Event Source Event source mengacu pada komponen GUI yang meng-generate event. contoh, jika user menekan tombol, event source dalam hal ini adalah tombol

Event Listener/Handler Event listener menerima berita dari event-event dan proses-proses interaksi user. Ketika tombol ditekan, listener akan mengendalikan dengan menampilkan sebuah informasi yang berguna untuk user.

Event Object Ketika sebuah event terjadi (misal, ketika user berinteraksi dengan komponen GUI),sebuah object event diciptakan.

Delegation Event Model Pada awalnya, sebuah listener harus diregistrasikan dengan sebuah source. Sehingga dapat menerima informasi tentang event-event yang terjadi pada source tersebut. Ketika sesuatu terjadi dengan event source, sebuah event object akan menguraikan event yang diciptakan. Saat listener menerima sebuah event object (pemberitahuan) dari source, dia akan bekerja. Menerjemahkan pemberitahuan dan memproses event yang terjadi.

Proses Penanganan Event Komponen harus didaftarkan sebagai pendengar (listener) dg menggunakan method addXXXListener() button = new JButton("Click Me"); button.addActionListener(this); 2. Meng-implementasi interface listener atau meng-extends class adapter (bisa juga dengan membuat inner class) 1. class HelloGUI implements ActionListener 2. class HelloGUI extends MouseAdapter{} atau class HelloGUI extends JFrame{ class handler extends MouseAdapter{}} 3. Menuliskan code penangan kejadian pada method class handler extends MouseAdapter{ public void mouseClicked(MouseEvent e){ //code penangan kejadian }}

Event Handling