5 TUGAS GEREJA “SEBAGAI PEMBANGUNAN JEMAAT”

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Sosialisasi Bahan Adven Bulan Keluarga 2013
Advertisements

Katekese Inisiasi Kristiani/Katolik
PEMBEKALAN RAKER PAROKI Sta. MONIKA
Tujuan Pelayanan Setiap peserta pelatihan ini dipersiapkan untuk mengambil bagian dalam perintisan satu jemaat setempat atau jaringan jemaat setempat yang.
MEMAHAMI PUJIAN & PENYEMBAHAN DALAM PD
Penggunaan KS Dalam Katekese
Juni 2009 SabdaKehidupan “Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak,
BAHAN AJAR Kelas XII Semester II (Genap).
ARAH DASAR PASTORAL KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA Tahun 2011 – 2015 Introduksi Pastoral SAMADI, Januari 2013.
IKUT KRISTUS Kristus yang diikuti Gereja adalah
GEREJA.
VERBUM DOMINI MANET IN AETERNUM
Keluargaku meniru Tuhanku
KATEKESE ANALISIS SOSIAL
Draft ARAH DASAR PASTORAL KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA Tahun 2011 – 2015
Masyarakat Madani (Civil Society)
KTB Koas Kamp Medis Nasional XVII Perkantas 3-8 Agustus 2010
+Menempatkan diri dalam kelompok para murid Tuhan + Menjadi seperti apakah aku? Petrus? Thomas? Matius? Yohanes dan Yakobus? Yudas? Atau siapakah aku?
Sakramen Untuk Pelayanan Persekutuan & Perutusan
Oleh: Pdt. Yohanes Bambang Mulyono
RENCANA PROKER & RAB/RAI
Aksi Puasa Pembangunan Keuskupan Bogor : Keluarga Bertanggung Jawab 2011 : Kaum Muda Membangun Diri di Era Globalisasi 2012 : Membangun Gaya.
JUMAT AGUNG Makna Hari Jumat Agung: Hari ini ditetapkan sebgai hari laku tanpa dosa dengan kewajiban berpantang dan berpuasa bagi seluruh anggota Gereja.
Mempersiapkan Awam sebagai Saksi Kristsus
Komitmen Pengurus Lingkungan Gereja St. Ignatius Paroki Jl
KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA
GEREJA &SAKRAMEN Pertemuan ke 9.
KATEKESE UMAT PENGANTAR L. Atrik Wibawa
AKSI PUASA PEMBANGUNAN (APP) 2012 DIPERSATUKAN DALAM EKARISTI, DIUTUS UNTUK BERBAGI KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA.
TEMU KOMSOS SE-KAJ TEMU KOMSOS SE-KAJ Katedral, 14 Maret 2010
PERSEKUTUAN DOA KARISMATIK KATOLIK
KELUARGA MENYAMBUT YESUS
Spiritualitas: dasar, akar dan jangkar Kita dan spritualitas kita Menurut anda secara pribadi, apakah arti kata “Spiritualitas” itu? Buatlah definisi.
KERANGKA DASAR APP KEUSKUPAN SURABAYA TAHUN 2012
PANGGILAN HIDUP MEMBIARA
Apa itu Institusi sosial?
MENGIKUT YESUS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Lingk. Maria Goretti Lingk Maria Bunda Yang Setia Lingk. Yohanes Don Bosco Link. Christoforus.
Membangun Komunitas Kristiani
Pendidikan agama kristen
MEMBANGUN SIKAP ADIL DAN BERADAB
KELOMPOK SEL YANG SEHAT ADALAH KELOMPOK SEL YANG BER-MULTIPLIKASI
UMAT KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA (KAJ)
Katekisasi GKI Gejayan
LOKAKARYA EKUMENIS PEMUDA GKI 2016
CINTA EKARISTI dan ADORASI
KEMAJEMUKAN BANGSA INDONESIA
4 PILAR GEREJA MEMBANGUN JEMAAT RD RUDY HARTONO.
Ekaristi Sumber Berkat Dalam Keluarga
PDKK YOHANES BERCHMANS
PERENCANAAN STRATEGIK PAROKI
ALKITAB/ KITAB SUCI PERJANJIAN LAMA/ PERJANJIAN. BARU
LITURGI IBADAH GKI.
EVANGELII NUNTIANDI Pewartaan Injil dalam Dunia Modern
ALKITAB/KITAB SUCI (LANJUTAN)
GEREJA YANG KONTEKSTUAL
Tugas Tulislah doa Aku percaya / Syahadat Para rasul ! Apa Paroki anda.
Keluarga dengan Anak Usia Remaja
DIAKONIA TRANSFORMATIP PARADIGMA BARU DALAM MENYUSUN PROGRAM Pdt
Teman hidup yang sepadan.
Tugas dan Panggilan Gereja
ARAH DASAR KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA Tahun 2016 – 2020 (draft final)
MERAYAKAN ADVEN MENYIAPKAN NATAL
GEREJA KATOLIK Komunitas orang beriman Hidup dalam Tradisi Para rasul
Komitmen Konsistensi Orang Muda Terlibat Pengembangan Umat
PERANAN PEKERJA DAN ORGANISASI PENGELOLAAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT
1. MENELUSURI HAKIKAT GEREJA a. Gereja : umat allah Dalam perjanjian baru gambaran gereja sebagai umat allah dapat ditemukan dalam 1ptr. 2:10; rm. 9:25.
SAAT KONFLIK MUNCUL Lesson 7 for November 17, 2018.
MODUL IMAN KRISTEN (Tahap BERSEMI) “Mengenal Pengakuan Gereja Toraja”
KELUARGA - KELUARGA BERIMAN
Transcript presentasi:

5 TUGAS GEREJA “SEBAGAI PEMBANGUNAN JEMAAT” RD Rudy Hartono

ARUS SEKULARISASI YANG MERAJALELA Sikap pasif dalam kegiatan Gereja / Umat Basis Spiritual, tetapi tidak Religius - Klenik Ibadat hanya sebagai Ritual Keagamaan Fundalmentalisme yang menyerang iman Katolik Sikap Pragmatis: Kawin Campur dan perceraian Menurunnya pendidikan & kualitas iman dalam keluarga Gaya hidup konsumtif dan hedonis Media Digital & Internet yg ekspansif

KOINONIA (PERSEKUTUAN) TUGAS GEREJA LEITURGIA (LITURGI) KOINONIA (PERSEKUTUAN) KERIGMA (PEWARTAAN) DIAKONIA (PELAYANAN) MARTYRIA (KESAKSIAN)

Perkenalan atas identitas lapangan. Orientasi Penelitian Enam Proyek Pembangunan Jemaat Perencanaan Pelaksanaan Stabilisasi setiap tahap yang telah ditemukan selalu harus dirumuskan sebagai refleksi.

Beberapa langkah… Perkenalan Orientasi Perencanaan Pelaksanaan Penelitian Stabilisasi

PERKENALAN PERKENALAN: mulai dengan perkenalan global medan pastoral. Diperhatikan konteks masyarakat dan gerejawi via sarana pengamatan dan wawancara Contoh: Anton –peneliti: Stase dilakukan di salah satu wilayah dari paroki –stasi St Alfonsus (Nandan) dari paroki Induk St Albertus Magnus (Jetis). Stasi Nandan terletak 8 km sebelah utara kota Yogyakarta. Lingkupnya rural yang masih kuat ditentukan oleh budaya Jawa. Menurut pekerjaan, komposisi penduduk terdiri atas pegawai negeri rendah, karyawan bank, guru, pedagang, petani buruh yang tidak tanah sendiri serta sopir taksi. Refleksi: dari pengalaman orientasi lapangan ini muncul betapa majemuknya masyarakat Indonesia sebagai konteks pembangunan jemaat.

ORIENTASI Mulai diarahkan pada jemaat dengan perkenalan anggota dan masalahnya. Diteliti pula kesanggupan mereka melakukan perubahan. Contoh: Anton peneliti> masalah yang dipantau di stasi Alfonsus menyangkut surutnya partisipasi pada pertemuan-pertemuan.Pengaruh lingkungan Islam besar. Daya gerak orang juga besar sehingga orang tidak mudah mengikat diri pada paroki. Refleksi: kunjungan keluarga condong dipergunakan sebagai sarana mengumpulkan informasi. Orang tidak terbiasa dengan cara ini karena dapat dipakai sebagai sarana kontrol oleh para pejabat gereja.

PENELITIAN Di fase ini rumusan masalah diperdalam dan dicarikan pemecahannya. Informasi dari fase orientasi sangat diperlukan dalam fase penelitian ini. Contoh: Anton> kurangnya partisipasi di stasi Alfonsus ada kaitannya dengan cara berpartisipasi para warga asli setempat. Mereka mencaplok segala-galanya dan tidak memberikan banyak peluang kepada kaum pendatang untuk melibatkan diri pada hidup gerejawi. Anton berusaha membenahi soal iklim dlm stasi ini. Refleksi: dimana tradisi gerejawi dapat diungkapkan?dimanakah teologi rakyat? Kesibukan mereka dalam rejeki sehari-hari menyita perhatian proyek ini.

PERENCANAAN Merupakan peralihan dari penelitian ke pelaksanaan. Cita-cita yang sifatnya lurus perlu dituangkan dlm tujuan-tujuan konkrit dan terjangkau. Contoh: Anton> agar stasi ini mewujudkan iklim terbuka yang memberi peluang bagi penduduk asli dan pendatang. Rencana: perencanaan bersama, bertemu wilayah, melaporkan hasil penelitian,menawarkan rencana ke wilayah, pertemuan dengan dewan wilayah, pertemuan dengan anggota wilayah, rumuskan program. Refleksi:

PELAKSANAAN Fase ini untuk mewujudnyatakan proyek-proyek serta program-program yang diusulkan. Contoh: Anton> membuat langkah pelaksanaan pertama segala kegiatan difokuskan pada tema perkembangan iman dan rasa kebersamaan. Kedua, meneruskan kegiatan ini plus liturgi rumah, ketiga dikoordinir oleh dewan wilayah. Refleksi: kelompok sel-sel merupakan sistem mencapai perubahan-perubahan.

STABILISASI Langkah ini merupakan sebuah evaluasi serta menetapkan syarat-syarat agar hasil yang telah dicapai dapat diteruskan post penelitian. Contoh: Anton> telah terjadi perlambatan dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan ke 5 dan 6 karena sesudah paskah mulai berfungsi pengurus wilayah yang baru. Diperkirakan tidak menimbulkan kesulitan, maka besarlah kesanggupan untuk berubah. Refleksi:Apakah ideal tentang partisipasi secara penuh dapat dikembangkan dalam konteks modernisasi yang masyarakatnya majemuk? Apakah prioritas pembangunan jemaat?

BEC= Komunitas Basis Gerejani BASIC dipahami sebagai akar rumput (sosiologis), prinsip fundamental ajaran Kristiani (teologi) plus dipahami sebagai jaringan vital. ECCLESIAL: kumpulan orang beriman kepada Yesus Kristus, dibimbing oleh Roh Kudus, dipersatukan dengan Gereja lokal dan universal. COMMUNITY: sebuah persahabatan yang vital antar anggota, menampilkan solidaritas, dan saling membantu, hidup berdasar pedoman bersama dan komitmen bersama, saling mengenal permasalahan hidup dan mengatasinya bersama-sama.

KOMUNITAS BASIS GEREJANI Adalah himpunan umat dalam jumlah yang kecil (15-20 orang). Membentuk komunitas di tingkat basis. Mengadakan pertemuan secara rutin sebagai anggota komunitas. Mengadakan doa bersama, bermenung dan bersharing Kitab Suci bersama Mengemukakan permasalahan pribadi Dan mencari jalan keluar berdasarkan tuntunan firman Tuhan untuk keselamatan di antara mereka. Hidup solidaritas, persaudaraan sejati, dan relasi kuat.

CARA BARU HIDUP GEREJA KBG sebagai a new way of being church. Mampu memberi warna baru dalam kehidupan menggereja. Cara lama: klerus dan parokial…Hierarki. Cara baru: gereja tingkat basis dan pusatnya adalah Umat Allah dalam kesatuan persekutuan berkomunitas. Titik temu berbagai ekklesiologis yang efektif menyangkut hidup, pemahaman hidup dan visi teologis Gereja saat ini.

TERIMA KASIH