Biodata Nama : Arwin Dermawan Alamat : Perumahan Sidorejo Gang Sadewa G.15 Jln. Wates Km.3,5 Yogyakarta 55182 Telepon : 0274-414472 Kantor : MMTC Jln. Magelang Km. 6 Yogyakarta Jabatan : Staf pengajar MMTC Pendidikan : Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Yogyakarta
Animation Is a method of creating the Illusion of life or movement in animate objects or drawings , an extension of graphic art into the field of cinematography. Animasi merupakan suatu metoda menciptakan ilusi kehidupan atau gerak pada object atau gambar, suatu pengembangan seni grafis ke bidang sinematografi.
Sejarah Animasi Animasi I (1876) ditemukan oleh Emile Reynoud (guru Ilmu Alam) digunakan untuk menerangkan Tata Surya. Emile Kohl, Kartun I (1908 ), bangsa Prancis. Penemu teknik perekaman gambar Frame by frame. 1 detik = 24 gambar.karya kartunnya : ” Drame chesles fairtoche.” John R. Brays (1909) , Amerika . karya kartunnya : ” Colonel Helzaliar” Beb Harrizon : “ Crazy Cat” Pat Sullivan : “ Felix The Cat” Max Fleichers : “ Koko the Clown “ Walt Disney (1928) : “ Mickey Mause “, “Donald Duck “, Goofi & Fluto”. Hanna Barbera (1972) Australia . Karya kartunnya: “Scooby Doo”, “The Banana Split “. Arwin D
Penggolongan Animasi Animasi Animasi tanpa Film Animasi Film Neon sign Advertising Display Kinetic Art Animasi Mainan Wayang Tanpa Kamera Single Frame Exposure Without Single Frame Exposure
Animasi Film Animasi Tanpa Kamera Etching on Film Painting on Film
Plane View Animation Page Bar Animation 3 – D Animation Animasi Film Single Frame Exposure Plane View Animation Page Bar Animation 3 – D Animation
Plane View Animation Page Bar Animation 3 – D Animation Animasi Film Single Frame Exposure Plane View Animation Page Bar Animation 3 – D Animation
Peg-Bar Animation Cel Animation Drawing on Paper 3 –D Animation Single Frame Exposure 3 –D Animation Object Animation Puppet Animation Clay Animation Pixilation Stop Frame Cinematography Peg-Bar Animation Cel Animation Drawing on Paper Plane View Animation Cut out animation Powder Animation Paint on glass Rotoscoping
String Hand Puppet Magnetic Board Black light Stick Cut Out Animasi Film Without Single Frame Exposure String Hand Puppet Magnetic Board Black light Stick Cut Out
Tenaga Ahli Animasi Pipeline Designer
Tenaga Ahli Animasi Character Designer
TAHAPAN PEMBUATAN ANIMASI DENGAN KOMPUTER 1 Modeling 2 Material 3 Rigging and Skinning 4 Lighting and Camera 5 Motion and Sound 6 Rendering 3 Khusus untuk pembuatan Character Animation
Modeling Adalah tahapan pembuatan model atau obyek yang akan dianimasikan. Obyek bisa berupa bentuk manusia, hewan, logo, teks atau benda sehari-hari yang kita lihat. Dalam pembuatannya obyek ada yang sederhana dan mudah dan ada pula yang rumit.
Add Material Adalah tahapan penyempurnaan model sehingga wujudnya sesuai dengan yang diinginkan. Sebagai contoh apabila kita membuat teko, pada tahapan ini akan menerapkan materialnya seperti terbuat dari logam, porselin,plastik,atau terbuat dari kaca yang tembus pandang. Juga pada tahapan ini dibuat efek terhadap lingkungannya, seperti refleksi, bayangan dsb.
Rigging & Skinning Rigging Adalah tahapan pembuatan Struktur tulang (bone) serta membuat controler untuk memudahkan mengatur gerakan object pada saat membuat animasi Skining adalah tahapah menggabungkan struktur tulang dengan model yang telah dibuat sehingga object dengan struktur tulang menjadi kesatuan yang solid dan siap untuk dianimasikan
Rigging & Skinning Proses Pengeditan dalam tahapan Skinning
Lighting & Camera Lighting & Camera Adalah tahapan penataan cahaya dan penempatan (blocking) camera agar object dapat terlihat dengan baik.
Add Motion and Sound Adalah tahapan pembuatan bagaimana obyek tersebut bergerak dan suara yang mengringinya. Suara bisa untuk obyek itu sendiri dan juga bisa sebagai atmosfirnya atau efek yang ditimbulkannya. Diperlukan koleksi sound effect yang banyak
Rendering Adalah tahapan seting output dan pengkalkulasian oleh komputer untuk mewujudkan karya animasi serta parameter yang telah diseting untuk disimpan pada file tertentu. Render bisa memakan waktu lama dan juga bisa relatif cepat, tergantung: Rumit tidaknya obyek atau karya animasinya Hardware yang digunakan Out put file dan ukuran serta resolusinya Durasi
Profil seorang Graphic Designer untuk pertelevisian karya grafik Characteristic of television sarana (komputer) Sense of Art Skill Graphic designer
Unsur keindahan dalam karya grafis Skill Karya Grafis Knowledge
Persepsi tentang keindahan Subjective KEINDAHAN (Beauty) Objective
Proses dan pertimbangan pembuatan LOGO Visi dan Missi dari perusahaan V Designer Image target Audience Interpretasi Arwin D
Beberapa model logo Arwin D
Karya-karya Grafik pada media Televisi Judul acara (Sinetron/Drama, TalkShow) Call Station (Identitas Stasiun Penyiaran) Iklan (Komersil,Layanan Masyarakat) Nama kerabat kerja Produksi Head Line berita Nama pengisi acara Logo Running text dsb.
Jenis penyajian Karya Grafik Still Animasi (Motion) 2-D Animasi 3-D Animasi Arwin D
Hardware & Software komputer grafis dan Animasi Desain Grafis Corel Draw Freehand Pagemaker Dll. Photoshop Photopaint Dll.
Hardware & Software komputer grafis dan Animasi Editing Audio & Video Cool Edit Adobe Audition Sonar Wave Lab Final Cut Pro Avid Express Adobe Premier Ulead Video Studio DPS Velocity Exfree Pinnacle Studio
Hardware & Software komputer grafis dan Animasi Animasi 2-D dan 3-D Flash Corel RAVE Maya 3-D Studio Max Cinema 4 D Lightwave Truespace Z-brush Softimage Z-brush Swish Ulead 3-D Cool Studio Poser Dll
Hardware & Software komputer grafis dan Animasi Compositing (Effect) After Effect Combustion Maya Fusion Photomorph Particle Illution dll
Spec. Komputer Grafis Processor : Intel,Core 2 duo, Quad core atau AMD turion, (speed) Ram : 512 MB – 2 GB Mother Board : Asus Deluxe, Fujitsu Siemens Hard disk : 80 – 100 GB Graphic Card : ATI Radeon, NVIDIA G-Force , memory 512 MB Casing : En Light,Simbadda Sound Card : On Board - Professional Power Supply : 400 – 500 Watt Optic Drive : DVD Writer / Combo Monitor : 17- 21 inc (LCD,CRT)
MENGESPORT LOGO DARI COREL KE ULEAD 3-D STUDIO Pastikan logo dalam keadaan terseleksi. Klik file lalu pilih export
MENGESPORT LOGO KE ULEAD 3-D STUDIO Pastikan pada directory mana dan folder apa logo tsb. Disimpan. 4. Pada file name ketik nama logo 5. Lalu pada save as type pilih WMF 6. Pilih selected only lalu klik export
MENGESPORT LOGO KE ULEAD 3-D STUDIO 6. Pada WMF export pilih as curves 7. Lalu klik ok
MENGIMPORT LOGO DENGAN ULEAD 3-D STUDIO 1. Klik File lalu pilih import graphic
MENGIMPORT LOGO DENGAN ULEAD 3-D STUDIO 2. Pada open window arahkan pada directory dan folder tempat logo yang telah di export,lalu pada files of type pilih WMF
MENGIMPORT LOGO DENGAN ULEAD 3-D STUDIO 2. Cari logo yang telah kita ekspot sesuai dengan nama yang telah kita berikan, kemudian klik open
MENGIMPORT LOGO DENGAN ULEAD 3-D STUDIO 1. Gunakan tombol ini untuk merubah ukuran 2. Gunakan tombol ini untuk merotasi obyek 3. Gunakan tombol ini untuk menggeser obyek
Membuat logo Trans TV Tampilan Corel Draw
Membuat logo Trans TV 1. Buat persegi sama sisi dengan cara : klik rectangle tool lalu klick and drag pada canvas sambil menekan tombol control pada keyboard tuk menjaga proporsi persegi sama sisi
Membuat logo Trans TV 2. Putar objek 45 derajat dengan cara pada angle rotation ketik 45 lalu tekan enter
Membuat logo Trans TV 3. Tumpulkan sudut persegi dengan menggunakan shape tool
Membuat logo Trans TV 4. Duplicate persegi pada sumbu nol dengan cara merubah duplikat distance pada angka nol 5. Kecilkan objek kedua tetap pada sumbunya dengan drag pada sudut atas sambil menekan tombol shift
7. Pada layar akan muncul Trim tool lalu tekan ikon tersebut 6. Aktifkan kedua objek dengan cara klik objek 1 lalu tekan tombol shift lalu tahan dan click objek 2. weld trim 7. Pada layar akan muncul Trim tool lalu tekan ikon tersebut
Membuat logo Trans TV
Membuat logo Indosiar Susunlah bidang persegi yang untuk proses TRIM Lakukan proses trim spt. Dibawah ini Buat lingkaran dgn eleips tool Klik kanan lalu pilih Break apart Agar dapat diberi warna berbeda Membuat logo Indosiar
Proses membuat logo TV 7
Menjalankan Program Photoshop Double pada icon jika telah ada pada desktop Atau klick start lalu program dan pilih Photoshop
Tampilan Photoshop setelah memilih New Menu bar palet Dialog New option untuk memilih ukuran, background canvas yang diinginkan Tool bar
Tampilan Photoshop setelah memilih New Navigator berfungsi untuk zoom in /zoom out Canvas dengan opsi background putih Layer dan channel
Perbedaan bitmap dan Vector
Pengaruh resolusi dengan ukuran monitor
Kepadatan pixel pada image
Fungsi alat pada Photoshop I
Fungsi alat pada Photoshop II
Fungsi alat pada Photoshop III
Karakter Huruf HURUF Arial Black HURUF Times New Roman HURUF Broadway
Karakter Huruf HURUF jokerman John handy let HURUF staccato 222bt HURUF Highligh let HURUF jokerman John handy let