Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng"— Transcript presentasi:

1 #2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
Animasi Flash

2 Apa itu Flash? Sejak diperkenalkan pada tahun 1996, Macromedia Flash menjadi sangat populer dan langsung mendapat tempat di hati masyarakat dunia web karena dapat membuat menampilkan animasi dan interaksi di web. Tetapi sejak bulan Desember 2005, perusahaan Macromedia dibeli oleh Adobe dan kini berganti nama menjadi Adobe Flash sejak versi 9 atau CS3.

3 Macromedia Flash Adobe Flash merupakan software yang dipakai untuk menggabungkan antara multimedia, grafis, animasi dan suara. Banyak digunakan untuk membangun game animasi Bisa dimanfaatkan sebagai media interaktif untuk pembelajaran

4 Kelebihan dan Kemampuan Flash
Merupakan teknologi animasi yang paling populer Ukuran file yang kecil dengan kualitas yang baik Kebutuhan Hardware yang tidak tinggi Dapat membuat website, cd-interaktif, animasi web, animasi kartun, kartu elektronik, iklan TV, banner di web, presentasi cantik, membuat permainan (game), aplikasi web dan handphone. Dapat ditampilkan di banyak media seperti Web, CD-ROM, VCD, DVD, Televisi, Handphone dan PDA.

5 Tampilan Muka Macromedia Flash
Menu Bar Time Line Color Panel Kanvas Toolbox

6 Toolbox Macromedia Flash

7 Layer Layer dapat dianalogikan sebagai kanvas suatu lukisan. Jumlah layer bisa lebih dari satu (berlapis), layer yang paling atas adalah kanvas yang terdepan Layer bawah Layer Tengah Layer Atas

8 TimeLine Timeline atau garis waktu mempunyai fungsi untuk membantu penempatan obyek pada fungsi waktu Angka pada timeline menunjukkan garis waktu disebut sebagai frame. Menggunakan satuan fps, jika 12 fps maka setiap frame akan ditampilkan 1/12 detik

9 Frame Frame berarti adegan, berarti satu frame pada movie anda melambangkan satu potongan adegan, yang akan menyusun keseluruhan animasi atau movie anda. Setiap frame memiliki properti, yang menentukan bagaimana frame tersebut menyusun movie. Keyframe berarti frame kunci anda dapat meletakkan obyek pada keyframe (berlambang titik hitam)

10 Membuat Dokumen Baru Membuat dokumen baru Dialog pembuatan

11 Jenis File Flash File Utama (.fla) File Hasil Export (.swf)
File yang menyimpan obyek-obyek flash. File ini dapat diedit atau diubah isinya. File Hasil Export (.swf) File hasil export yang tidak bisa diedit. Untuk membuka masih membutuhkan flash player File Publikasi Hasil hasil publish yang menghasilkan .exe, .html, .swf dll. Bisa dibuka tanpa perlu installasi flash player atau macromedia flash

12 Jenis Animasi di Flash Keyframe to Keyframe (frame by frame)
Pembuatan animasi yang dilakukan frame demi frame. Biasanya dilakukan untuk membuat film kartun Motion Tween Animasi perubahan bentuk secara instance Contoh dalam kategori ini : Shape Tweening, Motion Guide Action Script Action script merupakan bahasa pemrograman di flash yang digunakan untuk pengontrolan object

13 KeyFrame to KeyFrame Animation
Buat Dokumen Baru di Flash Buat gambar1 pada frame1 Klik Kanan Frame, Insert Blank Frame buat gambar dua pada frame2 Klik kanan Frame, Insert BlankFrame dan buat gambar 3 pada Frame3 Dst sampai frame terakhir Untuk menjalankan tekan Ctrl-Enter pada keyboard Klik Kanan pada Frame dan pilih Insert BlankFrame

14 Frame By Frame dengan MultiLayer
Digunakan untuk membuat animasi jika ada bagian yang bergerak dan ada bagian yang tidak bergerak Hanya yang bergerak yang perlu kita gambar ulang Perlu dipilah : mana obyek yang bergerak dan tidak berbergerak Dibuat layer sendiri-sendiri Yang tidak bergerak ikut gambar sebelumnya

15 Motion Tweening Buat dokumen baru Gambar pada frame 1
Arahkan kursor ke frame20 klik kanan dan pilih keyframe Geser Gambar pada frame1 ke tempat yang kita inginkan Arahkan kursor antara frame1- frame20 klik kanan dan pilih create motion tween Untuk melihat efek ketik ctrl-enter

16 Animasi Shape Tweening
Buat dokumen baru Pada kanvas gambar object yang anda inginkan Arahkan kursor ke Frame 20 insert Blank Frame Pada posisi yang sama pada frame1 gambar object yang benar-benar berbeda dari frame1 Select Frame1 s/d frame20 pada properties pilih shape pada isian tween Ketik Ctrl-enter untuk melihat efek animasinya NB. Jika obyek bukan shape harus kita rubah dulu menjadi shape dengan cara dari menu modify  Break Apart

17 Animasi Shape Tweening: Shape Hints
Kadang hasil animasi Shape Tweening tidak sesuai dengan harapan kita Kita bisa menentukan mana yang berubah mana tidak sehingga perubahan menjadi bagus Cara : Klik KeyFrame1, dari menu modify  Shape  Add Shape Hint. Pindahkan lingkaran kecil ke awal perubahan Selanjutnya klik Keyframe20, pindahkan lingkaran kecil ke akhir yang ingin kita rubah Ulangi langkah diatas untuk mengkorespondensi awal dan akhir perubahan. Semakin banyak semakin bagus Korespondensi Titik shape hint

18 Animasi Shape Tweening: Shape Hint …
Korespondensi Titik shape hint

19 Animasi dengan motion Guide
Berguna untuk membuat animasi sesuai dengan jalur yang sudah ditentukan, cont : putaran planet ke matahari, animasi roket yang meluncur, dll Pembuatan animasi dengan motion guide Bangun dokumen baru Buat object yang akan digerakkan pada frame1 Buat layer Guide dari menu Insert  Timeline  MotionGuide Dengan pencil tools buat jalan yang akan dilalui object Insert KeyFrame40 dan gerakkan object ke tempat yang diinginkan Pada frame1 pastikan object ada di ujung path dan frame40 object ada di akhir path Pilih frame1-frame40 dan click kanan pilih Create motion tween Pastikan Snap to Object aktif pada menu view  snapping  snap to objects Pada properties object pastikan Orient to Path dicentang untuk supaya arah object real

20 Animasi dengan motion Guide


Download ppt "#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google