Strategi Kreatif Program Televisi

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KOLUKIUM 2 JUDUL TUGAS AKHIR PEMBUATAN FILM PENDEK BERGENRE DRAMA OLAHRAGA DENGAN DRAMATISASI TEKNIK SLOW MOTION BERJUDUL ASA NAMA: MUHAMMAD GHOZWUL FIKRI.
Advertisements

Storyboard dalam proses produksi
Pembuatan Video Klip Berjudul “Aku Gila” Dengan Penggabungan Animasi 2D dan 3D Bergenre Narative Clip Haykal Faisal Bahanan
Program & Programming Pengajar : Yeni P. Anshar Bahan kuliah no. 006
Jenis Program Televisi
BROADCASTING TV REMIDIAL.
The Concert of Victory.
PROGRAM DIRECTOR PROGRAM DIRECTOR – PENGARAH ACARA
Dialog, Musik dan Sound Effect
DESAIN PRODUKSI Deskripsi Program :
Continuity Arie Nugraha, M.Si.
Klasifikasi Sistem Lambang menurut Tadeuz Kowzan
MENENTUKAN KRU FILM.
PERTEMUAN XI (SEBELAS)
IDENTITAS PROGRAM AUDIO VISUAL
AUDIO VISUAL APLIKASI TOPIK 8 PEMBUATAN PROPOSAL PROJECT
DRAMA Senada dengan film, drama adalah karangan yang berbentuk dialog/percakapan antara pemainnya. Dialog dalam drama tidak jauh berbeda dengan percakapan.
Diyah Ayu Amalia Avina M.Si
Matakuliah : U0162/AUDIO VISUAL II
AUDIO VISUAL APLIKASI TOPIK 11 TAHAP PRODUKSI 2 (SHOOTING) LUAR STUDIO
FORMAT ACARA AUDIO VISUAL (TELEVISI) Pertemuan 03 Matakuliah: U0152 – Audio Visual I Tahun: 2007.
TEKS DISKUSI PENGERTIAN : Secara singkat, teks diskusi adalah sebuah teks yang memberikan dua pendapat berbeda mengenai suatu hal (satu "pro" dan satu.
Storyboard.
29 Desember 2016 Satker : Kreativitas dan Pemandu Bakat
SENI TEATER.
PROSEDUR PENULISAN NASKAH TELEVISI.

Tahapan Produksi Film Pra Produksi (Pre Production)
Muhammad Irawan saputra, S.I.Kom., M.I.Kom
WRITING NON-DRAMA SCRIPT
TV Entertainment.
Prinsip, Strategi, Tata Cara dan Media Advokasi
[deskripsi] Elemen Naskah AUDIO VISUAL.
Keterampilan Variasi Stimulus
Kuliah 11 FORMAT FORMAT PROGRAM.
SASTRA ANAK (2) PERTEMUAN KE-14 Khusnul Fatonah, M.Pd. PGSD.
TV COMMERCIAL D A N FILM PENDEK
Menanggapi pementasan drama
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
KARYA DALAM DUA DIMENSI
Altobeli Lobodally, S.Sos, M.Ikom
PERSEPSI MAHASISWA ESA UNGGUL JURUSAN BROADCASTING ANGKATAN 2011 Terhadap PROGRAM 180 DERAJAT DI KOMPAS TV SARI WULANDARI
MERANCANG KARYA SENI TEATER
PRODUKSI BERITA TV  Agus Triyono,SSos,MSi.
Dasar-Dasar Penyiaran
Mahasiswa mengerti tentang teori “agenda setting”
Tata Fotografi Elektronik Arie Nugraha, M.Si
TAKTIK KREATIF IKLAN MEDIA CETAK
Bab 3 Visual Storytelling dan Storyboard
Muhammad Irawan saputra, S.I.kom., M.I.kom
“PERGELARAN ROMANSA 4 SUDUT”
STRATEGI PENATAAN KAMERA DALAM PROGRAM SIRAMAN QOLBU DI MNCTV
TAHAPAN PELAKSANAAN PRODUKSI ACARA TELEVISI
Perbedaan wawancara & etika peliputan
PRODUKSI ACARA TELEVISI
Dasar Perlengkapan Pementasan
PERTEMUAN I.
HAL MENDASAR PRODUKSI BERITA
PT. Tayang Visi Aplikasi Digitasi (TVaD)
DESAIN PRODUKSI (Produksi Berita TV)
PRODUKSI BERITA TV-PART 1
Produksi Berita TV syaiful HALIM.
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Produksi berita televisi Pertemuan 4
Muhammad Irawan saputra, S.I.kom., M.I.kom
Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom
PRODUKSI PROGRAM AUDIO-VISUAL / TV
Muhammad Irawan saputra, S.I.Kom., M.I.Kom
PRODUKSI PROGRAM AUDIO-VISUAL / TV
Menurut WHO Remaja merupakan masa peralihan antara masa anak dan masa dewasa yang berjalan antara umur 10 tahun sampai 19 tahun.
Transcript presentasi:

Strategi Kreatif Program Televisi Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom

Strategi Program Srategi adalah kunci penting dalam program televisi untuk meraih dan mempertahankan penonton

Elemen-elemen Strategi Kreatif Target Segment Pembuatan sebuah program salah satu hal utama adalah analisis penonton: Ditentukan berdasar usia Jenis kelamin Status Sosial

Elemen-elemen Strategi Kreatif - Klasifikasi Usia: A : < 12 tahun (tayangan anak) R :12 – 18 tahun (tayangan remaja) D : > 18 tahun (tayangan dewasa) SU : Semua Umur *Keputusan KPI Nomor 009/SK/KPI/8/2004 pasal 65

Elemen-elemen Strategi Kreatif - Klasifikasi Status Sosial (Lloyd Warner) A+ : kelas atas bagian atas A : kelas atas bagian bawah

Elemen-elemen Strategi Kreatif B+ : kelas menengah bagian atas B : kelas menengah bagian bawah C+ : kelas bawah bagian atas C : kelas bawah bagian bawah

Elemen-elemen Strategi Kreatif Bahasa Naskah Olok-olokan/pemakaian istilah asing/sudut pandang yang tercermin dalam bahasa (waktu, orientasi hidup,kepekaan sosial)

Elemen-elemen Strategi Kreatif Format Acara Drama Non-drama (talkshow, reality show, musik) berita

Elemen-elemen Strategi Kreatif Punching Line Kejutan-kejutan dalam dialog untuk penonton yang dibuat secara terencana: Celetukan Pertanyaan Manipulasi emosi dll

Elemen-elemen Strategi Kreatif Gimmick dan Funfare Gimmick Strategi menarik perhatian penonton dengan sound effect, editing, adegan, mimik, ekspresi, atau pergerakan kamera Funfare Kemeriahan yang diletakkan di awal atau akhir acara

Elemen-elemen Strategi Kreatif Clip Hanger Desain alur acara yang dibuat untuk membangkitkan rasa penasaran penonton. Cerita dibuat menggantung.

Elemen-elemen Strategi Kreatif Bumper in/out Identitas acara yang dibuat semenarik mungkin untuk melekatkan acara di ingatan pemirsa

Elemen-elemen Strategi Kreatif Tata Artistik/Tata Panggung Pembuatannya disesuaikan dengan acara dan juga harus dikoordinasikan dengan bagian kameramen karena sangat berhubungan dengan penempatan kamera dan blocking

Elemen-elemen Strategi Kreatif Musik dan Fashion Harus memperhatikan segment penonton Ritme Acara Ritme acara harus diperhatikan untuk menjaga kesetiaan penonton

Elemen-elemen Strategi Kreatif Logo dan Music Track untuk ID Tune Logo berfungsi melekatkan acara pada ingatan penonton Musik ID berguna untuk melekatkan ingatan dan juga untuk menarik perhatian

Elemen-elemen Strategi Kreatif General Rehearsal Perhatian utama dalam rehearsal ini adalah blocking, penataan lighting dan juga sound

Elemen-elemen Strategi Kreatif Interactive Program Untuk mengetahui minat penonton, pengembangan ide kreatif, dan juga penonton merasa dilibatkan Faktor ini sekarang sangat menonjol perlu diperhatikan dengan perkembangan media sosial

Pustaka Naratama. 2006. Menjadi Sutradara Televisi. Jakarta: Grasindo. Pratiwi, C.G. 2013. Strategi Kreatif Program Tamu IstimewaDalam Mempertahankan Eksistensi Program di Stasiun ADITV. Jogjakarta: UINSUKA