Pencarian Simulated Annealing

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penyelesaian TSP dengan Algoritma Genetik
Advertisements

Metode Pencarian Heuristik
Algoritma Genetika Kelompok 2 Ferry sandi cristian ( )
Kecerdasan Buatan Pencarian Heuristik.
GRAF TIDAK BERARAH PART 2 Dosen : Ahmad Apandi, ST
Algoritma Genetika.
Genetic Algoritms.
Design and Analysis of Algorithm Dynamic Programming
SEARCH 2 Pertemuan ke Lima.
Hill Climbing.
Pencarian Heuristik.
METODE PENCARIAN HEURISTIK
Hill Climbing Best First Search A*
Uniform-Cost Search (UCS)
HEURISTIC SEARCH Presentation Part IV.
Pertemuan 4 Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan
Ruang Keadaan (state space)
Assalamualaikum wr.wb Tugas Uas Logika & Algoritma -Knapsack Problem
Nama : Rizky .S kelas : 11.1A.04 NIM : No.absen : 35
Metode Pencarian & Pelacakan
Pertemuan 24 BRANCH AND BOUND (2)
Kuliah Sistem Fuzzy Pertemuan 13 “Algoritma Genetika” (lanjutan)
SISTEM INTELEGENSIA BUATAN
Pertemuan 16 DYNAMIC PROGRAMMING : TRAVELING SALESMAN PROBLEM (TSP)
1 Pertemuan 24 Branch and Bound II Matakuliah: T0034/Analisis & Perancangan Algoritma Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Pencarian Heuristik.
METODE PENCARIAN dan PELACAKAN
Informed (Heuristic) Search
Kecerdasan Buatan Materi 4 Pencarian Heuristik.
STRATEGI PENCARIAN PERTEMUAN MINGGU KE-4.
Disampaikan Oleh : Yusuf Nurrachman, ST, MMSI
Pencarian Heuristik (Heuristic Search).
Pencarian Heuristik.
Perbandingan Algoritma Brute Force dan Depth First Search (DFS) dalam Kasus Travelling Salesman Problem (TSP) Ervin Yohannes ( )
Penyelesaian Masalah menggunakan Teknik Pencarian Heuristic Search
Pert 4 METODE PENCARIAN.
Algoritma Bruteforce Team Fasilkom.
Imam Cholissodin | Algoritma Evolusi Teknik Optimasi Imam Cholissodin |
Metode Pencarian/Pelacakan
Metode Pencarian & Pelacakan
Masalah, Ruang Keadaan dan Pencarian
Pencarian Simulated Annealing
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
Graf Berlabel Graf Euler Graf Hamilton
Optimasi Masalah Kombinatorial
Pertemuan 6 Pencarian Heuristik
GRAF TIDAK BERARAH PART 2 Dosen : Ahmad Apandi, ST
Program Dinamis.
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
Algoritma Bruteforce (disarikan dari diktat Strategi Algoritma, Rinaldi Munir) Team Fasilkom.
ALGORITMA GREEDY, KRUSKAL, MINIMUM SPANNING TREE
MATERI PERKULIAHAN ANALISIS ALGORITMA
Pertemuan 6 Pencarian Heuristik
Pengaplikasian Graf dalam Kehidupan Sehari-hari
Metode pencarian dan pelacakan - Heuristik
MODEL TRANSPORTASI MATERI 10.
Program Dinamis (Dynamic Programming)
Program Dinamis (Dynamic Programming)
Program Dinamis (Dynamic Programming)
Uniform-Cost Search (UCS)
SITI ROKHANI, APLIKASI TRAVELLING SALESMAN PROBLEM (TSP) DALAM MENENTUKAN RUTE TERPENDEK PADA PENDISTRIBUSIAN JENANG DI KOTA KUDUS (STUDI KASUS.
Algoritma AI 1.
MASALAH DAN METODE PEMECAHAN MASALAH
Informed (Heuristic) Search
PENGANTAR MODEL SIMULASI
ALGORITMA GREEDY : MINIMUM SPANNING TREE
Tugas UAS Logika & Algoritma Knapsack Problem Metode Greedy
TUGAS UAS LOGIKA & ALGORITMA * KNAPSACK PROBLEM *METODE GREEDY
Teori Bahasa Otomata (1) 2. Searching
Graf dan Analisa Algoritma
Transcript presentasi:

Pencarian Simulated Annealing Kecerdasan Buatan Materi 5

Pencarian Simulated Annealing Ide dasar simulated annealing terbentuk dari pemrosesan logam. Annealing  memanaskan kemudian mendinginkan. SA biasanya digunakan untuk penyelesaian masalah yang mana perubahan keadaan dari suatu kondisi ke kondisi yang lainnya membutuhkan ruang yang sangat luas Contoh : Travelling Salesman Problem

Pencarian Simulated Annealing Algoritma: Evaluasi Keadaan awal. Jika keadaan awal merupakan tujuan, maka pencarian berhasil dan KELUAR. Jika tidak demikian, lanjutkan dengan menetapkan keadaan awal sebagai kondisi sekarang. Inisialisasi BEST_SO_FAR untuk keadaan sekarang. Inisialisasi T sesuai dengan annealing schedule

Pencarian Simulated Annealing Algoritma: Kerjakan hingga solusi ditemukan atau sudah tidak ada operator baru lagi yang akan diaplikasikan ke kondisi sekarang. Gunakan operator yang belum pernah digunakan tersebut untuk menghasilkan kondisi baru Evaluasi kondisi yang baru dengan menghitung :  = nilai sekarang – nilai keadaan baru Jika kondisi baru = tujuan, maka pencarian berhasil dan KELUAR. Jika bukan tujuan, namun memiliki nilai yang lebih baik dari pada kondisi sekarang, maka kondisi baru = kondisi sekarang. Demikian pula tetapkan BEST_SO_FAR untuk kondisi yang baru tadi.

Pencarian Simulated Annealing Algoritma: Jika nilai kondisi baru tidak lebih baik dari kondisi sekarang, maka tetapkan kondisi baru = kondisi sekarang, dengan probabilitas : p´ = e- Langkah ini biasanya dikerjakan dengan membangkitkan suatu bilangan random r pada range [0 1]. Jika r < p’, maka perubahan kondisi baru menjadi kondisi sekarang diperbolehkan. Namun jika tidak demikian, maka tidak akan dikerjakan apapun. Perbaiki T sesuai dengan annealing scheduling BEST_SO_FAR adalah jawaban yang dimaksudkan

Pencarian Simulated Annealing Ada 3 hal yang perlu diperhatikan dari algoritma simulated annealing : Nilai awal untuk Temperatur (T0). Nilai T0 biasanya ditetapkan cukup besar (tidak mendekati nol). Biasanya T0 ditetapkan 2 kali panjang suatu jalur yang dipilih secara acak. Kriteria yang digunakan untuk memutuskan apakah temperatur sistem seharusnya dikurangi atau tidak. Berapa besarnya pengurangan temperatur dalam setiap waktu.

Implementasi SA Untuk Kasus TSP Gambaran permasalahan TSP : Traveling salesman problem(TSP) adalah suatu permasalahan untuk mendapatkan rute terpendek yang harus dilalui seorang sales yang harus melewati semua kota(n) dengan setiap kota harus dilalui satu kali sampai dia kembali ke kota asalnya. TSP banyak digunakan dalam penerapannya untuk bidang transportasi, komunikasi dan teknologi informasi. Dalam TSP, tujuan yang dicapai adalah rute dengan jarak terpendek, dan batasannya adalah semua kota harus dilalui dan setiap kota hanya dilalui satu kali.

Implementasi SA Untuk Kasus TSP Simulated Annealing pada TSP : Simulated Annealing padaTSP digunakan untuk menelusuri dan mencari setiap rute yang mungkin, kemudian mendapatkan rute yang jaraknya paling pendek. Model Simulated Annealing untuk menyelesaikan TSP adalah model state yang dibangun untuk menyatakan rute yang mungkin dan definisi energi yang dinyatakan dengan total jarak yang ditempuh.

Penyelesaian TSP Dengan Simulated Annealing Operator Ada beberapa operator yang bisa digunakan untuk menentukan jalur. Misalkan jumlah kota yang akan dikunjungi adalah NC. Kota-kota disimpan pada larik L. Bangkitkan 2 bilangan random antara 1 sampai NC. Misalkan kedua bilangan itu adalah N1 dan N2 dengan N1 < N2. Depan = L(1) sampai L(N1-1) Tengah = L(N1) sampai L(N2) Belakang = L(N2+1) sampai L(NC)

Penyelesaian TSP Dengan Simulated Annealing Bangkitkan bilangan random r, apabila r < 0,5; maka: DepanBaru = Depan TengahBaru = Tengah dengan urutan dibalik BelakangBaru = Belakang Lbaru = [DepanBaru TengahBaru BelakangBaru] Jika r  0,5; maka kerjakan : Sementara = [Depan Belakang], Misalkan memiliki M elemen Bangkitkan bilangan random r dengan nilai antara 1 sampai M DepanBaru = Sementara(1:r) TengahBaru = Tengah BelakangBaru = Sementara(r+1:M)

Contoh TSP Dengan Simulated Annealing : Misalkan jalur yang ada adalah : L = [4 3 6 9 11 2 5 1 7 8 12 10]  NC = 12 Bangkitkan bilangan random, misal: N1 = 4 dan N2 = 10; maka: Depan = [4 3 6] Tengah = [9 11 2 5 1 7 8] Belakang = [12 10] Bangkitkan bilangan random r, apabila r < 0,5; maka: DepanBaru = [4 3 6] TengahBaru = [8 7 1 5 2 11 9] BelakangBaru = [12 10] Lbaru = [4 3 6 8 7 1 5 2 11 9 12 10]

Contoh TSP Dengan Simulated Annealing : Jika r  0,5; maka diperoleh : Sementara = [4 3 6 12 10], M = 5 Bangkitkan bilangan random r, misal : r = 2 DepanBaru = [4 3] TengahBaru = [9 11 2 5 1 7 8] BelakangBaru = [6 12 10] Lbaru = [4 3 9 11 2 5 1 7 8 6 12 10]

THE END