The Process of Design Method Craig Rusbult, Ph.D.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Metoda perancangan dan konstruksi sistem
Advertisements

PENILAIAN POTENSI KEPEMIMPINAN
Teknik Sukses dan Kerjasama
Manajemen Proyek Sistem Informasi DAY-2
TRAINING and EVALUATION PHASE
MENGELOLA PERUBAHAN ORGANISASI DAN INOVASI
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
Seminar Metode Pembelajaran dan PTK
PERENCANAAN PROSES PERANGKAT LUNAK
Konsep Pendekatan Sistem dalam Desain Instruksional
The Process of Design Method Craig Rusbult, Ph.D.
METODOLOGI DESAIN.
PENGARAH BENTUK (GENERATOR OF FORM)
4. Model Proses Analisis Bisnis
Penggalian Ide (Brainstorming)
Lift Your Motivation on SCIENTIFIC PAPER
Karakteristik & Tantangan Pengembangan Produk
Skenario Diagram.
BAB V PENGAMBILAN KEPUTUSAN
FASE PERENCANAAN MPSI – sesi 4.
BRAINSTORMING DALAM MANAJEMEN PRODUKSI IKLAN
METODOLOGI MANAJEMEN PROYEK
PriNciples That Guide Practice
PERENCANAAN PENGAJARAN BAHASA INDONESIA
Pertemuan 11 Wawancara Kerja.
Proposal proyek.
FASE PERENCANAAN MPSI – sesi 4.
Chapter 7. Requirements Negotiation
Ertemuan 11 Wawancara Kerja.
Model Proses Analisis Bisnis
KORNELIUS BANDONO PENGENDALIAN DAN PENJAMINAN MUTU
Memahami Kebutuhan User (Fase Definisi)
MENGELOLA PERUBAHAN ORGANISASI DAN INOVASI ( bahan ke-5 )
Manajemen Proyek Pertemuan XIII
DISTORSI PESAN dalam KOMUNIKASI ORGANISASI Pertemuan 12
MENGELOLA PERUBAHAN ORGANISASI DAN INOVASI
SEPULUH TIPS MENGEMBANGKAN BUDAYA INOVASI
Kelompok IV Pramitas Sariatin Eka Novia Saputri
STUDI KUALITATIF.
Bab 8 Produk, Jasa, dan Strategi Penentuan Merek
mEnyusun rencana manajemen CAKUPAN PROYEK
Disusun Oleh: Defri Kurniawan, M.Kom Teknik Informatika UDINUS
Proses Dari Desain Interaksi
PROFIL GAYA BELAJAR.
Mata Kuliah : Analisa Disain Sistem Pertemuan VIII Manajemen Proyek
Manajemen Konflik Negosiasi.
PENELITIAN KUALITATIF
MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM “HILDA TABA”
Proses Perancangan Komputer Grafis
Manajemen Proyek Sistem Informasi DAY-2
Pengembangan Kebutuhan Bisnis
JABATAN PROFESIONAL DAN TANTANGAN GURU DALAM PEMBELAJARAN
TEKNIK MENULIS PROPOSAL
KOMUNIKASI : Memahami komunikasi & keahlian berkomunikasi
ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA
REKAYASA WEB Development Process
Understanding work teams
Project Technology Entrepreneurship
ANALISA KEBUTUHAN PERANGKAT LUNAK
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
Model problem based learning
PEMBERDAYAAN.
Penggunaan Dimensi Belajar
CONTOH PENUGASAN AKADEMIK (TERSTRUKTUR DAN MANDIRI)
STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF
OSKAR JUDIANTO SSn., MM., MDs. FAKULTAS DESAIN dan INDUSTRI KREATIF
MENGELOLA PERUBAHAN ORGANISASI DAN INOVASI Perubahan yang direncanakan (Planned Change) Perubahan yang direncanakan (Planned Change) usaha sistematik untuk.
PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
PERENCANAAN KARIER Achmad Rozi EL Eroy.
mEnyusun rencana manajemen CAKUPAN PROYEK
Transcript presentasi:

The Process of Design Method Craig Rusbult, Ph.D.

Methods and the design process Tentukan secara bersama mengenai metode desain yang hendak digunakan untuk merumuskan sebuah masalah. Hal ini bertujuan untuk melihat jalan/pola dan kaitannya pada proses mendesain  Mengapa menetapkan metode? Metode adalah bagian yang terintegrasi pada proses mendesain. Hal ini ditujukan untuk menetapkan struktur proses desain; Memudahkan tim untuk saling berkomunikasi, berbagi ide dan kemampuan, strategi sinergi keahlian, saling apresiasi dan persepsi mengenai metode tiap individu dalam mengidentifikasi, membuat kondisi berkreasi lebih cair dan tidak kaku. Perbedaan Metode menunjukkan Tingkatan Perbedaan: Inspiration - ideas, insights, new things Validation - testing, feedback, development Evaluation - effectiveness, impact, completion Setiap metode membantu untuk menetapkan tahapan proses yang akan dilakukan. Berikut proses aktivitas yang sering dilakukan sebagai fase awal: Having ideas-Selecting ideas-Understanding users-Running workshops-Researching Information-Analysing research-Prototyping

Methods and the design process

Proses Desain Kita lihat proses desain yang ditunjukan pada model double diamond, secara spesifik menunjukkan empat tahapan, yakni: Tahap Discovering; Tahap Defining; Tahap Developing; Tahap Delivering Diagram ini (yang ditunjukkan di atas) adalah suatu kerangka kerja untuk berpikir tentang proyek dan proses. Doble Diamond merupakan bentuk generik seluruh proyek meskipun dapat ditarik dan bermetamorfosis tergantung pada fase berkonsentrasi sebuah proyek . Sumber: http://www.designcouncil.org.uk                                        

Menetapkan Kriteria (Assessment criteria)   Membuat penilain model skoring ide/gagasan secara individual untuk diadu dan diperbandingkan dengan ide-ide lainnya, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Kegiatan ini bertujuan untuk menseleksi berbagai ide yang dipaparkan. Why Agreed assessment criteria (Persetujuan Kriteria Penilaian) berguna untuk mempertimbangkan perhatian dari berbagai stakeholder dalam memilih ide-ide. How Brainstorm, perbaikan-perbaikan dan rangkaian persetujuan kriteria penilaian. Hal ini perlu diatur sehingga mendorong setiap desainer mempertimbangkan perspektif lain stakeholder ketika deainer merumuskan penilaian. Sebagai contoh: Ketika kita hendak memilih produk desain untuk diproduksi, kita telah memberikan berbagai masukan/ide masing-masing kriteria skor 1 – 5 pada : kelayakan teknis (the concern of stakeholders in engineering), kelayakan biaya (the concern of finance), passion for the idea (the concern of the project team), portability and size (hal-hal yang mungkin dikhawatirkan oleh pengguna). Skor semua ide-ide Anda terhadap kriteria individu sebelum total skor akhir untuk setiap gagasan.

Sebagai Pengguna (Being your users) Sebuah metode untuk menentukan harapan-harapan baik dari klien dan tim desain pada awal proyek baru   How Identifikasi target kelompok pengguna anda, kemudian lakukan penelitian untuk mengidentifikasi skenario pengguna. Tempatkan diri dalam situasi pengguna selama beberapa jam, hari atau bahkan seminggu. Laksanakan tugas-tugas yang akan mereka lakukan, dalam lingkungan di mana mereka akan melakukannya. Ini bisa berarti, misalnya, bekerja di sebuah supermarket atau mengendarai mobil asing selama seminggu. Membuat catatan rinci atau menyimpan buku harian untuk mencatat pikiran Anda. Anda bisa ... .. menggunakan alat empati untuk mensimulasikan karakteristik pengguna tertentu. Misalnya, mengenakan sarung tangan dan kacamata berwarna dapat mensimulasikan beberapa efek fisik usia tua, atau setelan kehamilan dengan bobot 'bump' dapat mensimulasikan apa akan seperti wanita hamil untuk menggunakan produk atau jasa Anda.

Brainstorming Brainstorming adalah bekerja sama sharing ide bertujuan untuk membantu Anda menghasilkan ide-ide lebih cepat dan efektif   How Mulailah dengan pemanasan. Brainstorm masalah yang menyenangkan seperti 'Bagaimana kita bisa pergi bekerja setiap Senin pagi? Tempatkan permasalahan dengan jelas dan ringkas. Jangan kehilangan apapun. Tuliskan ide-ide pada flipchart, atau di dinding (post-it). Nomori ide-ide Anda, dan tetapkan target, katakanlah 1 sampai dengan 100. Jaga ketajaman fokus. ketegangan dan ketepatan lebih baik daripada pernyataan-pernyataan yang kabur. Jaga ide-ide tetap mengalir, responsif dan terus berusaha untuk mendekati masalah dari sudut pandang yang berbeda. Brainstorming akan sangat efektif jika Anda menyimpan aturan-aturan dasar ini:     * Tunda penilaian - membangun ide-ide untuk membuatnya lebih baik.     * Jangan mengkritik!     * Cari waktu untuk berdiskusi     * Go for kuantitas - semakin banyak ide yang lebih baik     * Miliki ide-ide liar - setiap ide adalah sah     * Tetap fokus pada masalah yang dihadapi     Visualkan - menggambar ide-ide atau wakili mereka dengan apa pun, atau buatlah sketsa-sketsa

Profil Karakter (Character profiles) Setelah melihat profil karakter dan menanganinya selama proses desain, akan merangsang ide-ide dan membantu pengambilan keputusan. Profil karakter juga dapat membantu dalam menjelaskan inovasi kita kepada stakeholder atau pemilik pekerjaan (klien) How Berdasarkan penelitian yang sebenarnya dari kelompok pengguna Anda, atau bertukar pikiran, mengidentifikasi karakter merupakan kunci desain anda. Berikan nama karakter dan visual mewakili bagaimana melihat mereka berpakaian, aspirasi mereka, perilaku, gaya hidup dan tantangan setiap keanehan. Hal ini penting untuk menciptakan profil pengguna yang ekstrem maupun yang khas. Juga dapat berguna untuk menulis 'berita' tentang keseharian dalam kehidupan mereka. Menampilkan profil mencolok. Membantu kita untuk tetap berada di jalur dan menghentikan kita untuk merancang sendiri. Pada akhir keputusan, tanyakan pada diri sendiri, 'Apa yang akan mereka pikirkab tentang ini? " Anda bisa ... ... membuat komposit profil dengan menggabungkan karakteristik pengguna yang kita temui. Resources Foto dan gambar yang dipotong dari majalah, selembar kertas atau foamboard

Memilih Sampel (Choosing a sample) Memilih sampel desain adalah metode yang membantu kita menciptakan sebuah strategi untuk menemukan sesuatu paling tepat. Why Membuat sampel adalah langkah awal salah satu metode memahami pengguna, termasuk wawancara dan diskusi kelompok terarah. How Mulailah brainstorming atribut setiap pengguna. Kemudian pilih atribut yang paling penting dan berguna untuk dipelajari. Atribut umum lainnya mungkin mempertimbangkan usia, pola hidup, etnisitas dan latar belakang sosial-ekonomi, serta karakteristik atau sikap emosional. Berhati-hati berbicara kepada lebih banyak orang daripada waktu untuk menganalisis. Ada trade-off antara jumlah orang yang berbicara kepada anda dan jumlah wawasan yang akan anda dapatkan. Seringkali sampel enam sampai sembilan orang akan cukup. Sampel yang Anda pilih akan bergantung pada apa yang ingin Anda dapatkan dari pengguna Anda. Jika Anda meneliti untuk mengidentifikasi peluang, sampel yang beragam termasuk pengguna ekstrem dapat sering menghasilkan hasil yang terbaik. Jika Anda meneliti untuk memvalidasi desain yang diselesaikan (misalnya focus dalam sebuah group), di sisi lain, sampel yang lebih representatif dan kurang beragam mungkin lebih tepat

Pilah dan Pilih (Cluster and vote) Cluster dan vote adalah sebuah metode untuk mengidentifikasi pola-pola dalam setiap masalah atau dalam serangkaian ide. Hal ini pada gilirannya akan membantu Anda memilih solusi Why Ketika anda tiba pada pola penentuan hasil, anda akan dihadapkan kepada pilihan-pilihan hasil ide yang beragam. Anda dituntut untuk dapat mengajukan pilihan berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. How Memilah setiap ide-ide berdasarkan kriteria dan hasil metode skoring akan memudahkan untuk mengelompokkan beragam ide dan memilih ide terbaik yang diterima dengan baik oleh stakeholder dan dianggap sebagai solusi terbaik. Terkadang menentukan ide dibutuhkan pemilihan untuk menetapkan sebuah ide yang dianggap memuaskan semua pihak dan merupakan gagasan terbaik yang telah dihasilkan.