Komputasi dan Pemrograman D. Sinaga, M.Kom
Komputasi cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. inialah yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. (John S. Conery, 2010) Komputasi berbeda dengan kalkulasi !, Kalkulasi adalah proses mentransformasikan satu atau lebih input menjadi luaran (output). Contoh: Kalikan 20 dengan 5, hasilnya 100
Teori Komputasi Teori komputasi adalah cabang ilmu komputer dan matematika yang membahas apakah dan bagaimanakah suatu masalah dapat dipecahkan pada model komputasi, menggunakan algoritma. Bidang ini dibagi menjadi dua cabang: teori komputabilitas dan teori kompleksitas, kedua cabang ini berurusan dengan model formal komputasi.
Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957)
Bahasa Pemrograman Bahasa Program Sebuah notasi untuk mendeskripsi sebuah program bahasa pemrograman komputer: Ada, ALGOL, Assembly, BASIC, ASP, BASIC. COMAL, Visual Basic, Visual Basic for Applications, VBScript, Batch (MS-DOS), COBOL, UNIX shell script: Bourne shell (sh) script, Bourne-Again shell (bash) script, Korn shell (ksh) script, C shell (csh) script, C: C++, C#, Visual C++, ColdFusion, dBase Clipper, Foxbase, FoxPro, Visual FoxPro, Eiffel, FORTRAN, Haskell, Java , JavaScript, JSP, Lisp, Logo, Pascal , Delphi, Perl, Prolog, Python, PHP, Pike, REXX, RPG, Ruby, Simula, Smalltalk, Scheme, SQL.
Pemrograman Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Program :Hasil koversi algoritma ke kode [bahasa program].Spesifikasi rinci sebuah komputasi Aktifitas dalam pembuatan program adalah sebagai berikut : Pendefinisian masalah Deskripsi metoda formal Penyusunan algoritma [/flowchart] Penulisan instruksi (coding) menggunakan sebuah bahasa formal Uji coba & perbaikan kesalahan (debugging) Run program Dokumentasi
Algoritma Suatu urutan dari beberapa langkah yang logis guna menyelesaikan masalah. Pada saat kita memiliki masalah, maka kita harus dapat untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan langkah-langkah yang logis. Dengan kata lain, algoritma merepresentasi kan suatu komputasi.
Algoritma dapat dilihat sebagai sebuah logika deduksi terkontrol Algoritma dapat dilihat sebagai sebuah logika deduksi terkontrol. Pernyataan ini dapat diekspresikan sebagai: Algoritma = kontrol + logika. Komponen logika yang mengekspresikan aksioma dapat digunakan dalam komputasi serta komponen kontrol dalam menentukan cara-cara deduksi yang digunakan pada aksioma. Hal tersebut adalah dasar dari paradigma pemrograman logika.
FLOW CHART Struktur baku flowchart : Runtut (sequential / linear) Alternatif / pilihan / seleksi (alternative / selection) Berulang (loop / repetition)
GENERASI BAHASA PEMROGRAMAN Bahasa Mesin (Mnemonic Code) Bahasa Assembly Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language) Bahasa yang berorientasi pada masalah spesifik (specific problem oriented).
PARADIGMA PEMROGRAMAN Paradigma Prosedural / Imperatif Paradigma Fungsional Paradigma Berorientasi Objek
Dalam pemrograman, logika murni komponen kontrol ialah tetap serta algoritma yang ditentukan dengan memberikan hanya ada komponen logikanya. Daya tarik dari pendekatan logical ialah semantik elegan, sebuah perubahan yang ada dalam aksioma mempunyai perubahan dalam algoritma.
Contoh Flowchar A B
Latihan : Buat Flowchat untuk menetukan bilangan ganjil ! Buatlah flowchat untuk menampilkan nilai predikat mahasiswa, jika nilai angka diketahui. Dengan ketentuan sbb: 0-40 =E 41-55=D 56-70=C 71-80=B 81-100 =A