EXPERT SYSTEM By Daniel Damaris NS
Pengertian Suatu program komputer yang dirancang untuk mengambil keputusan seperti keputusan yang diambil oleh seseorang atau beberapa orang pakar.
Proses Sistem Pakar Kombinasi kaidah-kaidah penarikan kesimpulan (inference rules) dengan basis pengetahuan tertentu yang diberikan oleh satu atau lebih pakar dalam bidang tertentu Kombinasi kaidah-kaidah tersebut disimpan di dalam komputer kemudian dipakai dalam proses pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah-masalah tertentu
Komponen Utama Sistem Pakar Knowledge Base 3 1 Inference Machine 2 Data Base 3 User Interface 4
Knowledge Base Inti dari sistem pakar Representasi pengetahuan dari pakar Terdiri dari Fakta: informasi tentang objek, peristiwa, atau situasi Kaidah: cara untuk membangkitkan fakta baru dari fakta yang sudah diketahui
Inference Machine Otak dari sistem pakar Memandu proses penalaran terhadap suatu kondisi berdasarkan knowledge base yang tersedia Terjadi proses manipulasi dan pengarahan kaidah, model & fakta yang disimpan dalam knowledge base untuk mendapatkan solusi
Data Base Tempat menyimpan semua fakta: Tempat penyimpanan data: Fakta awal saat operasi dimulai Fakta yang didapat dari proses pengambilan keputusan Tempat penyimpanan data: Data hasil observasi Data pendukung lainnya untuk proses pengambilan keputusan
User Interface Fasilitas perantara komunikasi antara pemakai dengan sistem
Komponen dari Sistem Pakar
Modul Penyusun Sistem Pakar Knowledge Acquisition Mode 3 1 Consultation Mode 2 Explanation Mode 3
Knowledge Acquisition Mode Modul penerimaan pengetahuan Sistem pakar sedang mengumpulkan semua pengetahuan dari pakar untuk pengembangan sistem
Consultation Mode Modul konsultasi Sistem pakar sedang berinteraksi dengan user memberi jawaban atas masalah yang diajukan user
Explanation Mode Modul penjelasan Sistem pakar menjelaskan proses pengambilan keputusan yang diambil
Modul Penyusun Sistem Pakar
Bahasa Pemprograman Bahasa pemprograman sistem pakar memakai bahasa pemprograman khusus, misalnya: PROLOG LISP Shell Sistem Pakar (EXSYS, PC-PLUS, CRYSTAL, dsb)
Strategi Penalaran Sistem Pakar Exact reasoning (penalaran pasti): data yang dibutuhkan tersedia. Inexact reasoning (penalaran tidak pasti): data yang dibutuhkan hanya tersedia sebagian atau sama sekali tidak tersedia. Memakai bantuan fuzzy, probabilistic, belief, default
Strategi Pengendalian Panduan arah dalam melakukan proses penalaran Teknik-teknik pengendalian: Forward chaining Backward chaining Gabungan keduanya Forward chaining: Rule is evaluated as: (1) true, (2) false, (3) unknown Rule evaluation is an iterative process When no more rules can fire, the reasoning process stops even if a goal has not been reached Backward chaining: Divide problem into subproblems Try to solve one sub-problem Then try another
Contoh Penerapan Sistem Pakar Pada Strategi Bisnis
World Class University Thank You ! World Class University