Interaksi Manusia dan Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Advertisements

Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
Elemen multimedia User interface.
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
MODEL DATA.
Desain Sistem By Hendro Joko Prasetyo, M.Kom.
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
Pertemuan Keempatbelas Dukungan Implementasi
Perancangan Basis Data MI 1133
Teknik Sistem Informasi Industri
BUSINESS PROCESS REENGINEERING (BPR).
Interaksi Manusia dan Komputer
Desain Sistem By Hendro Joko Prasetyo, M.Kom.
BAB 2 MODEL-MODEL DATA ..
Perancangan Perangkat Lunak
PROYEK PERANGKAT LUNAK DENGAN MODEL PENGEMBANGAN TRANSFORMASI FORMAL
Methods for Software Engineering
Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Dialogue Notations and design
ARSITEKTUR SISTEM BASIS DATA
Suwirno Mawlan, S.Kom., M.T.I. Tata tertib 1.Tidak boleh memakai sendal 2.Berbaju rapih (berkerah) 3.Tidak boleh makan dan minum di kelas 4.Mematikan.
Interaksi Manusia Komputer
Rekayasa Perangkat Lunak Spesifikasi Formal 9 By : Andi Latifa Nabone.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengantar UML.
BUSINESS PROCESS REENGINEERING
HUMAN COMPUTER INTERACTION
Interaksi Manusia Dan Komputer
Desain Sistem.
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
BAB 2 MODEL-MODEL DATA ..
MODEL PENGGUNA Denny Sagita.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
11 Arsitektur Sistem Terdistribusi
MODEL-MODEL SISTEM Oleh Shary Armonitha Lusinia, M.Kom
Visualisasi Pemodelan Enterprise
PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK REAL-TIME
Analisis Arsitektur Enterprise
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Interaksi Manusia dan Komputer
Pengantar Teknik Elektro
10 Perancangan Arsitektural
PENDAHULUAN BY Ade Irma PS.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Interaksi Manusia dan Komputer (Desain dan Notasi Dialog)
Software Quality Assurance (SQA)
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pertemuan Keduabelas Desain dan Notasi Dialog
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
ANALISA & DESAIN BERORIENTASI OBJEK
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
Rekayasa Perangkat Lunak
Interaksi Manusia dan Komputer
Matematika Diskrit TIF (4 sks) 3/9/ /5/2010.
PERTEMUAN II PENGANTAR
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
Desain Sistem.
Rekayasa Perangkat Lunak
Kebutuhan dan Pemodelan Analisis
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER. PENGERTIAN DESAIN  Desain adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media untuk.
Tahapan pengembangan sistem basis data
Konsep Pemodelan Enterprise
Visualisasi Pemodelan Enterprise
FUNGSI IMPLISIT Fungsi dengan notasi y = f(x) disebut fungsi eksplisit, yaitu antara peubah bebas dan tak bebasnya dituliskan dalam ruas yang berbeda.
PERENCANAAN LAPORAN DAN PROPOSAL 1. Definisikan masalah, Tujuan dan Ruang Lingkup 2. Menganalisis Audiens 3. Menentukan Ide atau Gagasan 4. Mengumpulkan.
Transcript presentasi:

Interaksi Manusia dan Komputer 11 Interaksi Manusia dan Komputer By : Andi Latifa Nabone

Pendahuluan Materi ini akan membahas model sistem, seperti formalisasi standar, model interaksi dan analisis event. Dialog adalah tentang bagaimana aksi user yang sesuai dalam hubungannya dengan sistem : Formalisasi standar Model interaksi Perilaku terus-menerus

Relasi dengan Dialog Pemodelan dialog yang berhubungan dengan semantik sementara semantik sistem memengaruhi struktur dialog. Relasi keduanya mirip tetapi berbeda. Pada pembahasan berikutnya, formalisasi menjelaskan setiap aksi yang harus dikerjakan oleh suatu sistem.

Formalisasi Standar Formalisasi standar merupakan suatu notasi perhitungan yang menentukan spesifikasi sistem. Formalisasi rekayasa perangkat lunak standar dapat digunakan untuk menjelaskan suatu sistem interaksi yang mengacu pada metode formal, seperti : Berbasis mode Aljabar Logika perluasan

Formalisasi Berbasis Model Yang menggunakan notasi matematika secara umum, seperti jumlah, himpunan, dan fungsi untuk mempresentasikan suatu kondisi dan operasi yang ada pada kondisi. Deskripsi kondisi ini menggunakan variabel. Tipe dari variabel, yaitu ; Tipe dasar Individul item dari kumpulan Subset dari kumpulan yang lebih besar Function (terbatas)

Notasi Aljabar Notasi berbasis model yang menekankan pada konstruksi representasi secara eksplisit dari suatu kondisi sistem sedangkan notasi aljabar hanya menyediakan informasi secara implisit mengenai kondisi sistem.

Logika Perluasan Notasi berbasis model dan berbasis aljabar dapat memperluas penggunaan logika proposional dan predikat. Pengekspresian waktu (time), pertanggungjawaban (responsibility), dan kebebasan (freedom), serta ide, gagasan, pikiiran yang sering diperlukan untuk memenuhi kebutuhan interaksi manusia dan komputer.

Model Interaksi Ada beberapa model, seperti : Formal, model PIE guna mengekspresikan properti interaktif umum untuk mendukung tingkat kegunaan. Informal, arsitektur interaktif untuk memotivasi pemisahan dan modularisasi fungsionalitas dan presentasi. Semi-formal, analisis status-event untuk melihat potongan suatu sistem interaktif yang terentang pada beberapa layer.

Perilaku Terus Menerus Pada bagian ini akan dibahas tentang gerakan mouse, status event, model hibrid, granularitas dan gestalt. Perilaku terus-menerus yang merupakan suatu aktivitas antara event, objek dengan gerakan terus-menerus, dan model waktu.

Status, Analisis Event Perbedaan status dan event adalah being and doing. Status yang selalu memiliki nilai yang dapat di-refer. Event merupakan kejadian pada saat tertentu. Analisis status event ini yang terlihat di layer sistem yang berbeda, user layer (presentasi), dialog, dan aplikasi. Pencarian event tercapai di setiap level dan status berubah pada setiap level.

SEKIAN