Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Rekayasa Perangkat Lunak 1
Advertisements

Created By : Siti arofah, s.soS
PENDAHULUAN Pertemuan 1.
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Program Studi Manajemen informatika
1 Pendahuluan Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I.
PERENCANAAN PROYEK PERANGKAT LUNAK
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Methods for Software Engineering
PENGETAHUAN PERANGKAT LUNAK & REKAYASA PERANGKAT LUNAK
RE-ENGINEERING.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Diadopsi dari presentasi Ian Sommeriville, Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak.
Managing Software Requirement 1
Rekayasa Perangkat Lunak (Lanjut)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PEMAHAMAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
SOP dan Audit Keamanan Keamanan Jaringan Pertemuan 12
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak Perencanaan Proyek Perangkat Lunak
Perangkat Lunak 1.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Pendhahuluan Software engineering BY: Y. PALOPAK S.Si., MT.
Rekayasa Perangkat Lunak
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Enginer)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
Aspek Penilaian Prosentase Tugas Mandiri--20 %
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pendahuluan Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I..
RPL.
METode rekayasa perangkat lunak
Oleh : Dewi Sartika, M.Kom
Pengenalan Software Engineering
Pengenalan Software Engineering
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
RPL.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
TUGAS REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 1 Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak Oleh : Yudha Dwi Putra negara, S.Kom
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) 2017.
Pertemuan #1: Software & Software Engineering
SOFTWARE ENGGINERING Software LIFE CYCLE
11/15/2018 Pertemuan 1 Siti Mukaromah,S.Kom.
Pengenalan Perangkat lunaK
Pengenalan Perangkat lunaK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK PROGRAM STUDI D3
Pustaka Wajib Pressman, R. S., Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 8th Edition, McGraw-Hill, 2008 Sommerville, I., Software Engineering 8th.
Pengantar Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Transcript presentasi:

Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan Pertemuan 1 Khairul Anwar Hafizd khairul.anwarhafizd@gmail.com

Ruang Lingkup Mata Kuliah Software Perngertian RPL atau software engineering Pengenalan RPL Pengenalan faktor sosial yang berkaitan dengan teknologi informasi.

Software Perangkat lunak  istilah khusus untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Perangkat lunak merupakan kumpulan dari program, prosedur dan dokumen data lain yang saling berhubungan yang merepresentasikan masalah di dunia nyata yang dikonfigurasikan dalam sebuah bentuk aplikasi yang harus dikerjakan komputer. (IEEE-Standar Glossary of Software Engineering Terminology, 1990). Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud.

Karakteristik Perangkat Lunak Maintanability (Dapat Dirawat)  Perangkat Lunak harus dapat memenuhi perubahan kebutuhan. Perangkat Lunak harus dapat dipercaya. Efisiensi, Perangkat Lunak harus efisien dalam penggunaan resource. Usability, Perangkat Lunak harus dapat digunakan sesuai dengan yang direncanakan.

Perngertian RPL (Software Engineering) RPL atau Software Engineering (SE)  Disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. Perangkat Lunak yang dibuat harus mampu: Tepat waktu Tepat anggaran Meningkatkan kinerja Mengoperasikan prosedur sistem dengan benar

Produk Perangkat Lunak Produk Generik (Umum) Sistem stand-alone standar yang diproduksi oleh organisasi pengembang dan dijual ke pasar terbuka ke siapapun yg membelinya. Biasa disebut sebagai software shrink-wrapped. Contoh : pengolah kata (word processor). Produk pesanan (yang disesuaikan) Sistem yang dipesan oleh pelanggan tertentu. Dikembangkan khusus bagi pelanggan oleh kontraktor perangkat lunak. Contoh : Sistem untuk mendukung proses bisnis tertentu dan sistem kontrol lalu lintas udara.

Perbedaan PENTING antara 2 bentuk perangkat lunak: Pada produk generik, organisasi yang mengembangkan perangkat lunak mengontrol spesifikasi perangkat lunak. Pada produk pesanan, spesifikasi biasanya dikembangkan dan dikontrol oleh organisasi yang membeli perangkat lunak tersebut.

Karakteristik perangkat lunak yang baik: Mempunyai daya guna yang tinggi (usability). Mempunyai kinerja sesuai fungsi yang dibutuhkan pemakai Mampu diandalkan (be reliable) Mudah dirawat/diperbaiki (maintenability) Lebih efisien Mempunyai antarmuka yg menarik (eye cathcing user interface) Mempunyai siklus hidup yang cukup lama (long life time)

Aplikasi Perangkat Lunak Perangkat lunak dapat diaplikasikan ke berbagai situasi di mana serangkaian langkah prosedural (seperti algoritma) telah didefinisikan. Perangkat Lunak Sistem. Perangkat Lunak Real-Time. Perangkat Lunak Bisnis. Perangkat Lunak Teknik dan Ilmu Pengetahuan. Perangkat Lunak Komputer Personal. Perangkat Lunak Kecerdasan Buatan.

Krisis Perangkat Lunak Masalah yang muncul: Estimasi jadwal dan biaya yang seringkali tidak tepat Produktivitas orang-orang software yang tidak dapat mengimbangi permintaan software Kualitas software yang kurang baik. Kurangnya pengetahuan tentang: Bagaimana mengembangkan software Bagaimana memelihara software yang ada, yang berkembang dalam jumlah besar Bagaimana mengimbangi permintaan software yang makin besar

Mitos Perangkat Lunak Mitos manajemen. Mitos Pelanggan. Mitos Para Praktisi.