Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Example 1 : Tentukan matriks refleksi terhadap garis y = x Jawab: K = R(-450) * Refleksi thd sb-y * R(450) 2/2 2/2 0 -2/2 2/2 0 0.
Advertisements

Geometric Transformations
Pertemuan 4 Vektor 2 dan 3 Dimensi bilqis.
Kerja. Work (physics) is magnitude of force in direction of displacement times distances.
Transformasi geometri.  Pemindahan objek (titik, garis, bidang datar) pada bidang.  Perubahan yang (mungkin) terjadi: Kedudukan / letak Arah Ukuran.
Cartesian Coordinate System
Grafika Komputer (TIZ10)
Bab 5 TRANSFORMASI.
Transformasi Geometri 2 Dimensi
TRANSFORMASI 2 DIMENSI Dasar Representasi Titik dan Transformasi
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
Imam Cholissodin| 04 |Transformations Imam Cholissodin|
Perspective & Imaging Transformation
05 |Beyond Transformation Eriq Muhammad Adams J |
Rumus-rumus ini masihkah anda ingat?
Imam Cholissodin| 06 | Viewing / Camera Imam Cholissodin|
Imam Cholissodin| 06 | Viewing / Camera Imam Cholissodin|
II. Kinematika Robot Pendahuluan Definisi :
:: PRAKTIKUM CAD / CAM # 7::
HAMPIRAN NUMERIK SOLUSI PERSAMAAN NIRLANJAR Pertemuan 3
COMPUTER GRAPHICS D10K-5C01 GK11: OpenGL Transformasi dan Interaksi Dr. Setiawan Hadi, M.Sc.CS. Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas.
Grafika Komputer dan Visualisasi Disusun oleh : Silvester Dian Handy Permana, S.T., M.T.I. Fakultas Telematika, Universitas Trilogi Pertemuan 15 : Kurva.
TRANSFORMASI 2D.
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
VEKTOR VEKTOR PADA BIDANG.
Transformasi Geometri Sederhana
Transformasi Geometri Sederhana
Pengantar Grafika 3D Fakultas Ilmu Komputer 2014
GEOMETRI SUDUT DAN BIDANG.
Transformasi 2D Grafika Komputer.
Cartesian coordinates in two dimensions
Anna Dara Andriana, S.Kom., M.Kom
Cartesian coordinates in two dimensions
Transformasi geometri
Konsep 3D dan Representasi Objek 3D
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Proyeksi.
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Transformasi.
VECTOR VECTOR IN PLANE.
Transformasi 2D.
Crystal Structure.
Two-and Three-Dimentional Motion (Kinematic)
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
Transformasi (Refleksi).
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
Kelompok 2 Agra Ahmad Afandi Ahmad Afif Alfian Hadi Pratama
TRANSFORMASI OBJEK (TRANSFORMASI AFFINE 2D DAN 3D)
FACTORING ALGEBRAIC EXPRESSIONS
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
OPERASI GEOMETRI Yohana Nugraheni.
Transformasi Linier.
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
TRANSFORMASI 2 DIMENSI Oleh : Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Grafika Komputer Transformasi 2 Dimensi.
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
Transformasi 3D Grafika Komputer Defiana Arnaldy, M.Si
Peta Konsep. Peta Konsep C. Penerapan Matriks pada Transformasi.
3D Viewing & Projection.
Transformasi Geometri 2 Dimensi
Transformasi Geometri 2 Dimensi
Peta Konsep. Peta Konsep A. Macam-Macam Transformasi.
Peta Konsep. Peta Konsep C. Transformasi Geometris.
Peta Konsep. Peta Konsep A. Macam-Macam Transformasi.
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (TRANSLASI DAN SKALA)
Transcript presentasi:

Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran COMPUTER GRAPHICS D10K-5C01 GK05: Transformasi 3D Dr. Setiawan Hadi, M.Sc.CS. Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran

TRANSFORMASI 3 DIMENSI Pendahuluan Skala Rotasi Refleksi Transformasi Majemuk

PENDAHULUAN a, b, c, d, e, f, g, h, i adalah elemen yang Menggunakan koordinat 3 sumbu yaitu x, y dan z Sebuah titik pada ruang 3 dimensi dituliskan sebagai [ x y z 1] Transformasi 3 dimensi dituliskan sebagai [x’ y’ z’ 1] = [x y z 1] [T] MTU 3 dimensi a, b, c, d, e, f, g, h, i adalah elemen yang berpengaruh terhadap transformasi linier p, q, r adalah elemen yang untuk proyeksi dan perspektif l, m, n adalah elemen untuk translasi pada sumbu x, y dan z s adalah elemen untuk overall scaling

Translasi Translasi sebuah titik y x z

SKALA 3D Terdapat 2 jenis skala yaitu local scaling dan overall scaling. Local scaling dipengaruhi oleh elemn a, e, dan i. Sedangkan overal scaling dipengaruhi oleh elemen s Contoh di bawah adalah MTU local scaling untuk faktor 1/3, 1/2 dan 1 serta overall scaling dengan faktor 2. Ingat bahwa nilai overall scaling adalah 1/s

3D Scaling Global Scaling y x z

3D Scaling Local Scaling y x z

Relative Scaling Scaling with a Selected Fixed Position y y y y x x x z z z z Original position Translate Scaling Inverse Translate

3D Rotation Coordinate-Axes Rotations X-axis rotation Y-axis rotation Z-axis rotation General 3D Rotations Rotation about Origin Rotation about an axis that is parallel to one of the coordinate axes Rotation about an arbitrary axis

ROTASI 3D Rotasi pada sumbu utama MTU [Tx] untuk rotasi pada sumbu x sebesar θ˚ MTU [Ty] untuk rotasi pada sumbu y sebesar ο˚ MTU [Tz] untuk rotasi pada sumbu z sebesar ψ˚

Coordinate-Axes Rotations Z-Axis Rotation X-Axis Rotation Y-Axis Rotation y y y x x x z z z

Urutan Rotasi Urutan rotasi mempengaruhi hasil akhir X-axis  Z-axis Z-axis  X-axis

Rotasi 3D Secara Umum Rotasi pada sebuah sumbu yang paralel dengan sumbu utama Translate objek sehingga sumbu rotasi berimpit dengan sumbu koordinat yang paralel Lakukan rotation yang diinginkan pada sumbu tsb Translate objek kembali ke posisi semula

Rotasi 3D Secara Umum Rotasi pada Sumbu Sembarang Basic Idea T R R-1 Translate (x1, y1, z1) to the origin Rotate (x’2, y’2, z’2) on to the z axis Rotate the object around the z- axis Rotate the axis to the original orientation Translate the rotation axis to the original position y T (x2,y2,z2) R (x1,y1,z1) R-1 x z T-1

General 3D Rotations Step 1. Translation (x2,y2,z2) (x1,y1,z1) x z y

General 3D Rotations Step 2. Establish [ TR ]x x axis y (0,b,c) (a,b,c) Projected Point   x z Rotated Point

Arbitrary Axis Rotation Step 3. Rotate about y axis by  y (a,b,c) Projected Point l d x  (a,0,d) Rotated Point z

Arbitrary Axis Rotation Step 4. Rotate about z axis by the desired angle  y l x  z

Arbitrary Axis Rotation Step 5. Apply the reverse transformation to place the axis back in its initial position y l l x z

Example Ex) Find the new coordinates of a unit cube 90º-rotated about an axis defined by its endpoints A(2,1,0) and B(3,3,1). A Unit Cube

Example Step1. Translate point A to the origin y x z B’(1,2,1)

Example Step 2. Rotate axis A’B’ about the x axis by and angle , until it lies on the xz plane. y Projected point (0,2,1) B’(1,2,1) l  x z B”(1,0,5)

Example Step 3. Rotate axis A’B’’ about the y axis by and angle , until it coincides with the z axis. y l  x (0,0,6) B”(1,0,  5) z

Finally, the concatenated rotation matrix about the arbitrary Example Step 4. Rotate the cube 90° about the z axis Finally, the concatenated rotation matrix about the arbitrary axis AB becomes,

Example

Example Multiplying [TR]AB by the point matrix of the original cube

REFLEKSI 3D Refleksi pada bidang utama xy, yz dan xz MTU Refleksi pada bidang xy MTU Refleksi pada bidang yz MTU Refleksi pada bidang xz

Refleksi Refleksi pada bidang xy Z-axis Shear y y z z x x

Refleksi pada bidang utama Reflection the xy Plane Reflection the yz Plane Reflection the xz Plane y y z z x x

Transformasi Multi Koordinat Multiple Coordinate System Hierarchical Modeling As tractor moves, tractor coordinate system and front-wheel coordinate system move in world coordinate system front wheels rotate in wheel coordinate system When tractor turns, wheel coordinate system rotates in tractor system World Coordinate System Tractor Coordinate System Front-Wheel Coordinate System

Coordinate Transformations Transformation of an Object Description from One Coordinate System to Another Set up a translation that brings the new coordinate origin to the position of the other coordinate origin Rotations that corresponding coordinate axes Scaling transformation, if different scales are used in the two coordinates systems Example y’ z’ x’ u’y u’z u’x (x0,y0,z0) x y z (0,0,0)

LATIHAN SCALING Diketahui sebuah objek P dengan koordinat sebagai berikut : {(0,0,1,1), (2,0,1,1), (2,3,1,1), (0,3,1,1), (0,0,0,1), (2,0,0,1), (2,3,0,1), (0,3,0,1)}. Gambarkan objek tersebut ! Lakukan local scaling terhadap objek P dengan faktor skala xyz={1/2, 1/3 dan 1}. Tentukan koordinat baru Gambarkan hasilnya Lakukan overal scaling terhadap objek asli dengan faktor 2.

LATIHAN ROTASI Diketahui sebuah objek Q dengan koordinat sebagai berikut : {(0,0,1,1), (3,0,1,1), (3,2,1,1), (0,2,1,1), (0,0,0,1), (3,0,0,1), (3,2,0,1), (0,2,0,1)}. Gambarkan objek tersebut ! Lakukan rotasi terhadap Q sebesar θ = −90 ° pada x Tentukan koordinat baru Gambarkan hasilnya Lakukan rotasi terhadap objek Q sebesar ϕ = 90° pada sumbu y

LATIHAN REFLEKSI Diketahui sebuah objek Q dengan koordinat sebagai berikut : {(1,0,-1,1), (2,0,-1,1), (2,1,-1,1), (1,1,-1,1), (1,0,-2,1), (2,0,-2,1), (2,1,-2,1), (1,1,-2,1)}. Gambarkan objek tersebut ! Lakukan refleksi pada bidang xy Tentukan koordinat baru Gambarkan hasilnya

LATIHAN TRANSFORMASI GABUNGAN Tentukan Matriks Transformasi Umum untuk transformasi berurutan berikut ini: Translasi sebesar -1, -1, -1 pada sumbu x, y, z Rotasi sebesar +30° pada sumbu x Rotasi sebesar + 45° pada sumbu y Tentukan koordinat objek baru untuk vektor posisi homogen (3 2 1 1) yang ditransformasikan dengan MTU yang dihasilkan

ROTASI PADA SUMBU SEJAJAR SUMBU UTAMA Diketahui sebuah objek dengan vektor posisi Lakukan rotasi sebesar θ=+30° pada sumbu yang sejajar sumbu x dan melalui titik centroid dari objek tersebut. Koordinat centroid adalah [3/2 3/2 3/2 1].