Pertemuan 4 PROGRAMMING LANGUAGE.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Dasar Pemrograman Komputer
Advertisements

DASAR-DASAR PEMROGRAMAN C
STRUKTUR DATA (5) Pointer dan Function
Algoritma : CONTROL STRUCTURES
Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Semester Genap Nur hayatin, S.ST.
II Kendali percabangan (branching)
PERTEMUAN 2 Variabel, Ekspresi, Operator, dan Flow Control
INSTRUKSI MASUKAN DAN KELUARAN
Struktur Kendali Proses (Seleksi)
Pemrograman Berorientasi Objek Bab 1 – Pemrograman Terstruktur.
STRUKTUR KENDALI PROSES
Elemen Dasar Program C++
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 DPK Issa Arwani, S.kom, M.sc.
FUNGSI.
PERULANGAN.
STRUKTUR DATA (5) Pointer dan Function
III. STRUKTUR KONTROL.
2 JAM TEORI dan 1 jam praktek
Diberikan pada Kuliah Sela Teknik Informatika - Universitas Muhammadiyah Malang Tahun 2011.
STRUKTUR DATA Pointer dan Function
Statement Input – Output
Pertemuan Operasi Seleksi
Struktur kontrol ∞ kondisi. ∞ if-else ,
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 REVIEW Issa Arwani, S.kom, M.sc.
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 DPK Pertemuan -- Issa Arwani, S.kom, M.sc. PROGRAM STUDI.
Struktur kontrol.
Modul 2 Pengenalan Bahasa C++
PROGRAMMING LANGUAGE USING C/ C++.
Algoritme dan Pemrograman
Struktur Kontrol Struktur kontrol if Struktur kontrol if-else
MODUL 3 PERULANGAN PERCABANGAN ARRAY
Kendali program dan teknik penyimpanan data
Dasar Pemrograman Pertemuan 10 Pengulangan dalam C
Transfer of control (pemindahan langkah)
STRUKTUR DATA MENGGUNAKAN C++ Windha Mega PD, S.Kom
Pengantar C++.
INTRODUCTION TO C++ Prepared by: Edi, SKom, MKM.
STRUKTUR DATA MENGGUNAKAN C++ Windha Mega PD, S.Kom
Looping, Percabangan dan Array
Pertemuan 2 (Perkenalan Bahasa C) .:: Erna Sri Hartatik ::.
Pertemuan 1 (Perkenalan Bahasa C) .:: Nurul Fuad, S.Kom., M.Kom.::.
PERCABANGAN.
Algoritme dan Pemrograman
STRUKTUR DASAR PROGRAM
Perulangan / Looping / Repetisi PEMROGRAMAN DASAR
Percabangan dan Perulangan.
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
Remainder Senin depan mulai UTS Praktikum
Latihan #0 Dengan menggunakan pernyataan looping WHILE dan jumlah instruksi sesedikit mungkin, tuliskan cuplikan program (bukan program lengkap, hanya.
Latihan & Studi Kasus Perulangan / Looping PEMROGRAMAN DASAR
Pemrograman Terstruktur
Bagian 3 Unsur-unsur kode program Borlan C++
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemrograman
Algoritma dan Struktur Data
Looping, Percabangan dan Array
Flow Control & Exception Handling
Variabel dan Tipe Data TEE 2103 Algoritma & Pemrograman
Bab 2 Struktur Dasar.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Pemrograman Terstruktur
STRUKTUR DATA.
Pertemuan 3 Input/output Statement Assignment Statement
Kendali program dan teknik penyimpanan data
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
Konsep Bahasa Pemrograman I Operator
Nested if 164.
STRUKTUR perulangan (1)
Pengantar Pemrograman Bahasa C
PERCABANGAN.
Tipe Data & Notasi Algoritmik
Transcript presentasi:

Pertemuan 4 PROGRAMMING LANGUAGE

PROLOG: THE COMPUTER SYSTEM HARDWARE SOFTWARE BRAINWARE PROGRAMMING O/ S GAMES APPLICATIONS

PROGRAMMING FRAMEWORK FILE APLIKASI COMPILING RUNNING SOURCE CODE MEMORI/ RAM OPERATING CODING USER PROGRAMMER

LATIHAN SOAL Buatlah algoritma + flowchart untuk memasak mi instan! Buatlah algoritma + flowchart untuk naik angkot/ bus kota! Buatlah algoritma + flowchart untuk memasak telur!

AKAR PERS. KUADRAT Mulai Masukkan nilai variabel A, B, C Hitung D = B2 – 4*A*C Jika D = 0 maka X1 = X2 = – B/(2*A) Tapi jika D < 0 maka X1, X2 Imaginer selain itu maka X1,2 = (– B ± √D)/(2*A) Tampilkan X1, X2 Selesai

FLOWCHART AKAR PERSAMAAN KUADRAT Start Input Nilai A, B, C D = 0 ? Cetak X1, X2 End X = (– B ± √D)/(2*A) D = B2 – 4*A*C X1 = X2 = – B/(2*A) Y T D < 0 ? X1, X2 Imaginer DIKET: Y = AX2 + BX + C FLOWCHART AKAR PERSAMAAN KUADRAT

Bilangan Faktorial Mulai Masukkan N (N adalah bilangan yang akan dihitung nilai faktorialnya) Set variabel Faktorial  1 Set variabel Angka  1 Hitung Faktorial  Faktorial * Angka Angka  Angka + 1 Apakah Angka > N ? Jika TIDAK kembali ke langkah (4). Jika YA tampilkan nilai Faktorial. Selesai

Faktorial = Faktorial * Angka FLOWCHART FAKTORIAL EX. 4! = 4 x 3 x 2 x 1 = 24 Start Input N Faktorial = Faktorial * Angka A Angka > N ? Cetak Faktorial End Faktorial  1 Angka  1 Angka = Angka + 1 T Y

PROGRAMMING STEPS ANALISA MASALAHNYA KETIK SOURCE CODE-NYA INPUT-NYA APA SAJA? ALGORITMA PROSESNYA BAGAIMANA? OUTPUT-NYA APA? KETIK SOURCE CODE-NYA HEADER FILES  #include < library > GLOBAL SECTIONS  VARIABEL GLOBAL, FUNGSI BANTU MAIN SECTIONS  VARIABEL LOKAL, INPUT, PROSES, OUTPUT JALANKAN PROGRAMNYA  ADA ERROR ? TES HASILNYA  SUDAH BENAR ? BUAT ARSIP/ DOKUMENTASINYA

VARIABEL & TIPE DATA Variabel = penyimpan nilai/ data. Setiap masalah harus dianalisa terlebih dahulu variabel apa saja yang terlibat/ dibutuhkan. Setiap variabel ditentukan tipe datanya yang sesuai. Variabel Utama  menyimpan data input/ output Bantu  dipakai selama proses Tipe data Angka  int, float, double, long, single Karakter  char Turunan  array, struct, union, pointer

INPUT & OUTPUT FORMAT Angka  %i, %d, %f Huruf/ karakter  %c String/ array of char  %s Alamat memori  %p INPUT scanf(format, variabel)  scanf ( “%d”, &angka ); getch(), getche(), getchar() gets(variabel)  gets ( nama ); OUTPUT printf(kalimat, variabel)  printf ( “IPK = %f“, ipk ); putch(), putchar() puts(variabel)  puts ( alamat );

CONTROL STRUCTURES SEQUENTIAL/ URUTAN BRANCHING/ PERCABANGAN Program dijalankan mulai dari perintah paling atas/ awal sampai paling akhir secara berurutan/ sekuensial. BRANCHING/ PERCABANGAN Penyeleksian kondisi (TRUE/ FALSE) untuk menentukan proses selanjutnya LOOPING/ PERULANGAN Mengulangi proses selama syarat/ kondisi tertentu terpenuhi

SEQUENTIAL/ URUTAN Action 1 Action 2 Action 3 Entry Exit

BRANCHING/ PERCABANGAN Entry Condition 1 Action 1 Condition 2 Action 3 Action 2 Exit TRUE FALSE

LOOPING/ PERULANGAN Action 1 Action 2 Action 3 Entry Exit if 1 if 2

IF - ELSE Biasa digunakan untuk seleksi nilai/ data Kondisi jamak  ((kondisi_1) &&/ || (kondisi_2)) if (kondisi=TRUE) jalankan_statement_ini if (kondisi=TRUE) statement_1 else statement_2 // if kondisi=FALSE else if (kondisi=TRUE) statement_2 else statement_3 // if kondisi=FALSE if (kondisi=TRUE) if (kondisi=TRUE) nested_statement

SWITCH - CASE Biasa digunakan untuk membuat menu dalam program switch (variabel_pilihan) { case nilai_1 : statemen_1; break; case nilai_2 : statemen_2; break; case nilai_3 : statemen_3; break; … default: statemen_default; } Bisa berbentuk nested/ bersarang

LOOP FOR Syntax source code lebih ringkas Biasa dipakai untuk perulangan yang sudah jelas jumlah perulangannya for(nilai_awal; syarat_ulang; inc/dec) { statemen_yang_akan_diulang2; }

LOOP WHILE & DO-WHILE Biasa dipakai untuk perulangan dengan kondisi bersyarat/ logika while (kondisi=TRUE) { jalankan_statemen_ini; } do

NESTED LOOP Perulangan bersarang (terjadi di dalam perulangan) Yang biasa dipakai adalah loop FOR karena lebih mudah & ringkas Contoh kasus yang sering dipakai adalah pengolahan tampilan, angka dan matrik for(int i=1; i<=5; i++) { for(int j=1; j<=i; j++) printf(“%d “, j); // milik loop for dalam printf(“\n”); // milik loop for luar }

FUNGSI Adalah subrutin/ subprogram/ potongan program Mempunyai tugas tertentu Mempunyai bagian RETURN VALUE dan PARAMETER/ ARGUMEN Ada istilah deklarasi & prototype fungsi tipe_return_value nama_fungsi (parameter) { statemen2; // badan fungsi return (return_value/ variabel); }

ARRAY 1 DIMENSI ARRAY adalah TIPE DATA TURUNAN 1 variabel bisa untuk menyimpan banyak data yang bertipe sama Memiliki indeks untuk tiap elemen Umumnya menggunakan LOOPING untuk INPUT, PROSES & OUTPUT data-datanya

ARRAY MULTIDIMENSI (2) Mempunyai elemen BARIS & KOLOM Dapat dipakai untuk representasi sebuah MATRIK Struktur data untuk rekapitulasi informasi berdasar baris dan kolom  TABEL, misal: penjualan barang Memakai NESTED LOOPING dalam operasinya

STRUCT STRUCT adalah TIPE DATA TURUNAN 1 variabel bisa untuk menyimpan beberapa data yang bisa berbeda tipenya Menggunakan operator titik (.) untuk mengakses tiap elemen datanya. Seringkali dikombinasikan dengan ARRAY  ARRAY of STRUCT

POINTER Adalah TIPE DATA TURUNAN Variabel bertipe pointer digunakan untuk menyimpan ALAMAT sebuah data, BUKAN NILAI datanya. Operator yang sering dipakai: &  mendapatkan alamat memori *  mengakses nilai dari sebuah pointer