Proses Berpikir Kreatif dalam Mendesain Kemasan Pertemuan 4/13

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TF 308 Etika Profesi dan Pengembangan Diri
Advertisements

RISET FORMATIF DAN SUMATIF Pertemuan 4
Gaya Geser Pada Penampang Beton Prategang Pertemuan 12
PANJANG PENYALURAN TULANGAN PERTEMUAN 16
KEBUTUHAN RUANG Pertemuan 10
Branding Masa Kini Pertemuan 13 Matakuliah: U0286 – Desain Komunikasi Visual IV (New Media) Tahun: 2010.
Studi Kasus : Desain Rumah Tinggal Sederhana Pertemuan 19 & 20
Pengertian Identity Manual Pertemuan 10
Program Pembuatan Brand Identity Pertemuan 5 Matakuliah: U0286 – Desain Komunikasi Visual IV (New Media) Tahun: 2010.
1 Pertemuan 8 Model Kehandalan Suatu Sistem Matakuliah: H0204/ Rekayasa Sistem Komputer Tahun: 2005 Versi: v0 / Revisi 1.
Kondisi dibutuhkannya Branding Pertemuan 12 Matakuliah: U0286 – Desain Komunikasi Visual IV (New Media) Tahun: 2010.
STRUKTUR BETON DI DALAM TEKAN PERTEMUAN 09
METODE / PROSES DESAIN GRAFIS Pertemuan 5 Matakuliah: Metodologi Desain Tahun:
1 Pertemuan 7 Klasifikasi dan Rekognisi Pola (1) Matakuliah: T0283 – Computer Vision Tahun: 2005 Versi: Revisi 1.
1 Pertemuan 09 Sequense Cerita Pendek Matakuliah: UO112 / Menggambar II Tahun: 2006.
Fungsi Logaritma Pertemuan 12
Pertemuan 26 PERANCANGAN LANJUT
1 Pertemuan 5 PPh PASAL 21 Matakuliah: A0572/ Perpajakan Tahun: 2005 Versi: Revisi 1.
Mengambar kurva fungsi linier Pertemuan 4
1 Pertemuan 12 Kombinasi Data Media Aplikasi pada Point of Sales Matakuliah: UO276 / Desain Komunikasi Visual III Tahun: 2006.
Fungsi Eksponensial Pertemuan 11 Matakuliah: J0174/Matematika I Tahun: 2008.
1 Pertemuan 9 Gaya Horisontal Matakuliah: S0512 / Perancangan Struktur Baja Lanjut Tahun: 2006 Versi: 1.
Matakuliah : R0022/Pengantar Arsitektur Tahun : Sept 2005 Versi : 1/1
BESARAN RUANG Pertemuan 11
PERDAGANGAN INTERNASIONAL
Pengertian Brand Identity Pertemuan 5
Sebaran Peluang Diskrit (II) Pertemuan 6
TOPIK DESAIN FISIK BANGUNAN Pertemuan 9
Pertemuan 1 Pendahuluan
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual III – UO276
Pengertian Brand Pertemuan 3
Pengertian Identity Manual Pertemuan 9
Prinsip pembuatan Branding Pertemuan 7
Peranan Studi Branding dalam Desain Kemasan Pertemuan 9/13
Peranan Studi Branding dalam Desain Kemasan Pertemuan 9/13
Pertemuan 13 Desain Aplikasi pada POS
“inovAsi TIADA HENTI” creativity skills for entrepreneurs
SIDANG KONSEP Pertemuan 7
Sebaran Peluang (II) Pertemuan 4
Regresi Dalam Lambang Matriks Pertemuan 09
KRITERIA DESAIN, STANDAR DESAIN, DAN METODE ANALISIS PERTEMUAN 6
<<Soal Desain Interior 3>> W 0186
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual III – UO276
DESAIN STRUKTUR BALOK BETON PERSEGI BERTULANGAN RANGKAP PERTEMUAN 14
ANALISA DAN KESIMPULAN Pertemuan 4
Pertemuan 16 SISTEM AKUNTANSI UTANG
Pengenalan Definisi, Manfaat, dan Format Desain Kemasan Pertemuan 1/13
Analisis Sensitivitas Pertemuan 6
STRUKTUR BETON DI DALAM GESER DAN TORSI PERTEMUAN 08
PRESENTASI DAN EVALUASI Pertemuan 39
STRUKTUR BALOK BETON PERSEGI BERTULANGAN TUNGGAL PERTEMUAN 13
DESAIN GRAFIS SEBAGAI PROBLEM SOLVING Pertemuan 1
DESAIN STRUKTUR KOLOM PENDEK PERSEGI PERTEMUAN 17
Ordinary Annuity vs. Annuity Due Pertemuan 13
MODEL TRANSPORTASI Pertemuan 10
PROSES DESAIN Pertemuan 9
DESAIN PONDASI DANGKAL GABUNGAN PERTEMUAN 22
METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Learning Outcomes Mahasiswa dapat menjelaskan definisi aljabar boole dan hukum-hukum aljabar boole,duality dan contoh pemakaian aljabar boole. Bina Nusantara.
METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Kreatif dan Inovatif.
Pengambilan Keputusan dengan Data Utama Pertemuan 18
KAPASITAS PENAMPANG MENAHAN GAYA LINTANG Pertemuan 13
Matakuliah : Desain Komunikasi Visual II (New Media)
Prategang Pada Struktur Statis Tak Tentu Pertemuan 13
PROSES MENCIPTA KARYA SENI
“inovAsi TIADA HENTI” creativity skills for entrepreneurs
“inovAsi TIADA HENTI” creativity skills for entrepreneurs
“inovAsi TIADA HENTI” creativity skills for entrepreneurs
Faktor Pembentuk Brand Pertemuan 4
Transcript presentasi:

Proses Berpikir Kreatif dalam Mendesain Kemasan Pertemuan 4/13 Matakuliah : Desain Komunikasi Visual III – UO276 Tahun : 2009 Proses Berpikir Kreatif dalam Mendesain Kemasan Pertemuan 4/13

Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Mahasiswa dapat menguraikan proses berpikir kreatif dalam Mendesain Kemasan. Bina Nusantara University

Outline Materials 1. Definisi Berpikir Kreatif 2. Definisi Proses Kreatif 3. Proses Pembuatan Desain Kemasan: Riset Strategi Visualisasi Evaluasi/Audit Bina Nusantara University

1. Definisi Berpikir Kreatif 1.d. Ciri Berpikir Kreatif: > GENERATIF: tiap buah pikir selalu merupakan ide baru yang mandiri. > DIVERGEN (menyimpang): tidak ada rumusan, berbeda dengan umum. > MENYEBAR: menghasilkan turunan/cabang pikiran baru sebagai alternatif. > LATERAL: selalu memulai pikiran dari titik pandang yang berbeda. > PENUNDAAN NILAI: ide yang lahir tidak dinilai baik/buruknya. > KEKAYAAN: didasari tujuan untuk mencari kekayaan gagasan. Bina Nusantara University

2. Definisi Proses Kreasi 2.a. Diagram Proses Kreasi (Model Alex Osborne): 1. ORIENTASI: Penetapan Masalah & Tujuan 2. PREPARASI: Koleksi Data & Studi Kasus 3. ANALISIS: Konfirmasi, Eksplorasi & Memetakan Data 7. EVALUASI PenilaianTerhadap Solusi (Memulai Revisi Ide) 6. SINTESIS: Meramu Ide, Wujud Ide dibuat Komprehensif 5. INKUBASI: Menimbun Ide, Argumentasi antar Ide, Terjadi Pencerahan 4. IDEASI: Melahirkan Ide, Eksperimen, Alternatif Ide Bina Nusantara University

2. Definisi Proses Kreasi 2.b. Definisi Proses Kreasi: Proses melahirkan dan mewujudkan ide menjadi solusi yang memaksimalkan potensi cara Berpikir Kreatif dan cara Berpikir Kritikal/Analitik. Ciri Berpikir Kritikal: > ANALITIK: tiap buah pikir berasal dari pertimbangan beberapa hal. > KONVERGEN: selaras dengan rumus yang berlaku, ikut pola baku. > FOKUS: mengurangi beberapa ide menjadi satu yang terbaik. > VERTIKAL: memulai pikiran dari satu titik dan mendalam. > PENETAPAN NILAI: ide yang lahir langsung dinilai baik/buruknya. > ARGUMEN: didasari tujuan untuk mencari alasan eksistensi suatu ide. Bina Nusantara University

2. Definisi Proses Kreasi 2.a. Diagram Proses Desain Kemasan: 1. RISET: Penentuan Objektif Kemasan, Koleksi Data, Riset ORIENTASI PREPARASI ANALISIS EVALUASI SINTESIS INKUBASI IDEASI 3. VISUALISASI: Perwujudan, Perbaikan 2. STRATEGI: Ide konsep, Brainstorming Bina Nusantara University

Summary Proses Mendesain Kemasan adalah Proses Kreasi, yang didalamnya melibatkan kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritikal. Mendesain Kemasan merupakan salah satu bentuk aktivitas kreatif untuk mengasah kemampuan kreatif, sehingga seiring waktu dan meningkatnya pemahaman akan tertanam sikap kreatif pada diri desainernya. Bina Nusantara University