Multimedia Authoring For Health Information

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Memahami etimologi multimedia
Advertisements

Selamat Datang Oleh : Edrizon
Bab 6 Multimedia.
Dasar-dasar Web Design
E-LEARNING, I-LEARNING DAN FUNGSI MENU PULLDOWN PADA Ms. POWER POINT
Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak
Aplikasi Multimedia Pengenalan Merk Laptop dengan Swish Max4 Rezi Syahputra
10 LANGKAH PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
SISTEM OPERASI.
Prinsip Perancangan Multimedia
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
ANAK KELAS 6 SD DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3
SOFTWARE Perangkat lunak.
MEMAHAMI ETIMOLOGI MULTIMEDIA
Sistem Multimedia.
PEMBUATAN Agung Wicaksono
Merancang Multimedia Interaktif
SIDANG PENULISAN TUGAS AKHIR Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Ilmu Astronomi Berbasiskan Komputer Cerdas dan Interaktif Menggunakan Python dan.
MULTIMEDIA PEMBUATAN APLIKASI TATA CARA SHOLAT BERBASIS
PI. Manajemen Informatika, Direktorat Program Diploma Tiga Manajemen Cara belajar Modifikasi Motor Matic Lowrider for further detail, please visit
Pemrograman Multimedia
Pengenalan Visual Studio 2008
APLIKASI PEMBELAJARAN MEMBACA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH Arief Fathulah,
APLIKASI TUTORIAL MEMBUAT BERBAGAI MACAM EFEK PADA Yudo Arif Wibowo
PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA
UNIT 1 Pengembangan APLIKASI MULTIMEDIA
Pertemuan 12 Perancangan dan Pengembangan Sistem Multimedia Interaktif
Storyboard.
ANIMASI 3D PADA ARCHICAD
PENGEMBANGAN BAHASA AJAR BERBASIS WEB
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA
Sesi 2 : Apakah Tujuan Belajar Mengajar ?
Tahapan Pengembangan Multimedia
LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 3 PEMBUATAN APLIKASI PENGENALAN RAMBU RAMBU LALU for further detail, please visit
MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN for further detail, please visit
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
Tahapan Proyek Pembuatan Situs Web
CD Interaktif Panduan Membuat Slide Presentasi Yang Menarik Untuk Guru
MICROSOFT POWER POINT 2007 APLIKASI KOMPUTER 2.
Komputer Sebagai Alat Pemecahan Masalah
Website Panduan Dan Latihan English Grammar Septian Budi Praditya
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX 2004
MULTIMEDIA Loading … masuk keluar.
Produk TI untuk aplikasi perkantoran
Sikllus Pengembangan Aplikasi Multimedia
FLASH WEB LAY OUT AND NAVIGATION
KEPULAUAN JAWA PEMBUATAN MEDIA INFORMASI TENTANG
Infografis (Infographics)
desain multimedia dasar
Desain web Good vs bad Dimas wahyu utomo
Android Multimedia Anggota kelompok: Kukuh Prasetyo Adhi ( )
Interaksi Manusia dan Komputer Antar Muka, Desain Layar, dan Usabilitas dari situs Harry Suryadi ( ) Henry Santoso ( )
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
LABKOM SMA NEGERI 34 JAKARTA April 2013
PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA PRESENTASI
Software Perangkat lunak Teknisi Komputer - LPK HIDAYAH.
Mengenal Power Point Menu-menu Home Treansitions Format Insert
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
Memahami etimologi multimedia
Literasi Digital NAZARUDDIN 10/05/2019DIKLAT PENGUATAN KEPALA SEKOLAH - LPPKS1.
PEMBUATAN CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN MUSIK ‘EASY BASS A
PPG DALAM JABATAN Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF STORYBOARD.
Pemrograman Multimedia Dede heru. s.kom. OVERVIEW Position : Contact Address: Phone: - Handphone : dedeheru Homepage:
Modul 5 Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF Kelompok 4: Nur Awaludin Warjito Totok Hermawan.
KOMUNIKASI MULTIMEDIA
Transcript presentasi:

Multimedia Authoring For Health Information Iwan Sonjaya, MT

Pengertian Multimedia adalah pemanfaatan perangkat komputer serta piranti penunjangnya ( media digital ) untuk menyajikan informasi secara integratif dengan menggabungkan teks, gambar, audio, grafik, animasi, video.

Integrasi multimedia pada umumnya menggunakan menu navigasi sehingga para pengguna dapat berinteraksi antar link bahkan dapat berkomunikasi dengan pengguna lain Selain itu multimedia merupakan proses komunikasi interaktif memanfaatkan teknologi komputer yang menggabungkan penggunaan unsur-unsur media dalam penyampaian informasi

Pilihan Multimedia piranti lunak pendukung multimedia tersebar didunia maya, jumlahnya melimpah, baik gratisan ( freeware, opensource ) maupun berbayar (shareware) atau bentuk lite (gratisan) dengan fitur terbatas. Kendati gratisan (freeware) bukan berarti tidak berkualitas, banyak diantaranya memiliki kualitas tinggi yang tak kalah dengan piranti lunak berbayar

pemilihan piranti lunak multimedia mempertimbangkan hal-hal berikut ini: Gratis ( freeware, opensource, lite ). Ini untuk menghindari pembatasan waktu pemakaian, artinya pengguna bisa memilih piranti lunak gratisan sekaligus tanpa batas pemakaian (unlimited). Ukuran kecil. Pengguna seyogyanya memilih piranti lunak sejenis dengan ukuran kecil agar nantinya tidak membebani kinerja komputer ketika pengguna banyak menggunakan piranti lunak multimedia. User friendly. Pengguna tidak harus terbebani dengan piranti lunak multimedia tertentu. Untuk itu setiap pengguna bebas memilih piranti yang mudah dioperasikan saat membuat, menyunting hingga menyebar luaskan.

Kompatibel. Sedapat mungkin pengguna memilih piranti multimedia yang outputnya ( format keluaran ) dapat dibuka oleh semua operating system ( OS ) atau setidaknya dapat dibuka oleh pengguna OS terkemuka yang banyak dipakai, semisal: windows, linux ataupun OS lainnya. Fleksibel. Pengguna sedapat mungkin memilih piranti multimedia yang format keluarannya dapat diatur layout-nya (jendela, tampilan, interface) agar pengguna lain lebih nyaman dalam mengakses format tersebut. Ini berarti format keluaran produk multimedia menyediakan menu fullscreen, maximize maupun minimize.

Jenis Piranti Multimedia Microsoft Power Point. Open Office Impress Adobe Flash Adobe Captivate

Keputusan memilih piranti multimedia Dalam hal penggunaannya selain user friendly, ada beberapa hal yang layak mendapatkan perhatian menyangkut format output, diantaranya adalah: Menu navigasi (default atau dibuat sendiri). Layout (tampilan antar muka, interface). Bahasa

H a m b a t a n Tak ada kendala apapun dalam penggunaan piranti lunak multimedia (???) Apalagi ? Yang diperlukan hanyalah minat, kemauan serta kesadaran bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maju demikian pesatnya.

Merancang Multimedia Interaktif ?

Perancangan Media Interaktif Konsep Desain Story Board Siapkan File Pendukung (cukup di laptop/PC masing2) Wire Frame

Penyusunan Konsep Rancang Konsep dalam Bentuk Dokumen Naratif Fasilitas dan konten yg akan dikembangkan : Media , mempunyai halaman antarmuka utama diantaranya; halaman login Halaman Selamat Datang Halaman Utama : Petunjuk Pendahuluan Materi Latihan Evaluasi Halaman Talent (about me)

Halaman Utama

Halaman Petunjuk

Penyusunan Desain / Rancangan Tentukan spesifikasi secara rinci, mengenai arsitektur media, gaya dan kebutuhan material Pengumpulan Materi dan pemasangan materi Ide dituangkan kedalam story board

Pembuatan Flow Chart Flow Chart = Tool untuk mempresentasikan cara kita dalam menyusun media Flow Chart menjelaskan semua aliran dari suatu scene (tampilan) ke scene lain Flow Chart harus bersifat informatif, mampu menggambarkan keseluruhan proses

Manajemen directory Manajemen Directory adalah pengelolaan direktori tempat semua object dikumpulkan Objek yang dikumpulkan umumnya terkait jenis File File Video dan Audio yang diperlukan dapat pula di letakan pada root direktori

Perancangan Media Interaktif Konsep Desain Story Board Siapkan File Pendukung (cukup di laptop/PC masing2)

Sesi 7 : Apakah Tujuan Belajar Mengajar ? Home >> Session 7 Sesi 7 : Apakah Tujuan Belajar Mengajar ? Placeholder Image Waktu : Sesi ini membutuhkan waktu mimimal 90 menit. Alat dan Bahan : korek api, kertas kartu, tusuk sate, klip kertas, isolasi, kertas tempel, benang, buku catatan, ballpoint , Style guide:

Apakah Pembelajar Berkelompok ? Ya Tidak Home >> Sesi 7>> Energizer Apakah Pembelajar Berkelompok ? Ya Tidak Sebelumnya Silahkan Anda Memilih !!! Apakah Anda akan Belajar secara Berkelompok atau Mandiri Apabila Anda bekerja dalam kelompok, cobalah untuk meyusun Korek Api sesuai dengan Petunjuk !

Home >> Sesi 7>> Energizer Untuk Menyusun batang korek api anda dapat men”drag” (seret) pada batang Korek api nya Buatlah 2 segiempat dari korek api-korek api tersebut tapi hanya dengan mengambil 2 batang korek api saja ! (waktu yang diberikan 5 Menit)

Tugas Buat Konsep Multimedia authoring Buat Story Board nya Siapkan File2 Pendukung

Terimakasih….. Untuk mahasiswa/i yang tidak ngantuk dan tetap konsentrasi Mengikuti Perkuliahan. Sampai berjumpa minggu depan …….. (Dalam perkuliahan dan dosen yang sama)