Waktu Respons dan Kecepatan Tampil

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Ragam Dialog.
Advertisements

MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Waktu Respons dan Kecepatan Tampil
Waktu Respons dan Kecepatan Tampil
DASAR-DASAR MICROSOFT WORD
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Dosen : Tata Sumitra M
Interaksi Manusia dan Komputer
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
Profil Komputer.
Dialog berbasis text dan pengisian borang
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
Piranti Interaktif.
Waktu Respons dan Kecepatan Tampil
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) 2 SKS Dosen : Yulistia,S. Kom. ,M
Teori , Prinsip, dan Pedoman
DESAIN IMK-M5.
Pengetahuan Auditor untuk Interface & Dialog
Interaksi Manusia Dan Komputer (Interaksi)
Statemen Input Output PRINT INPUT LINE INPUT INPUT$ READ-DATA RESTORE
Pengetahuan Auditor untuk Interface & Dialog
Struktur Program dan Pernyataan
Materi Pertemuan 5 Manipulasi langsung. Perasaan positif yang timbul pada user yg puas dengan sistem interaktif :  Penguasaan atas sistem  Kompetensi.
Interaksi Manusia dan Komputer
Prinsip-prinsip Pemasaran
SISTEM PERIPHERAL PADA SISTEM OPERASI WINDOWS
Interaksi Manusia & Komputer Desain
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
IMK Modul 7.
Interaksi Manusia dan Komputer
Bab 5 Pasar Konsumen dan Perilaku Pembelian Konsumen
MODEL PENGGUNA Denny Sagita.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
KONSEP INTERFACE
Pengenalan Sistem Operasi
Desain Sistem Akuntansi
PROTOTIPE (Berkerja dengan Model Pertama)
KOMPUTER Perangkat TIK Pendahuluan
Menguji Rancangan Antarmuka Pertemuan 4
Struktur Program dan Pernyataan
SISTEM TERDISTRIBUSI VIII. Sistem Distribusi Yang Hirarki
Human Computer Interaction (1)
KEBERGUNAAN Anna Dara Andriana., M.Kom
1.
Mobile Device User Interface
SEMESTER PENDEK INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Struktur Program dan Pernyataan
Interaksi Manusia - Komputer Rani Susanto, M. Kom
Pendahuluan Basis Data
Statement Input dan Output
Ragam Dialog.
Piranti Interaktif.
Tujuan instruksional umum:
Ragam Dialog.
Assalammualaikum wr. wb
KOMPUTER Perangkat TIK Pendahuluan
Dokumentasi Rekomendasi Teknologi
Ragam Dialog.
Ragam Dialog.
SISTEM PERIPHERAL PADA SISTEM OPERASI WINDOWS
Perangkat Lunak Pengolah Kata
KEYBOARD.
Piranti Interaktif.
Ragam Dialog.
Bab 5 Pasar Konsumen dan Perilaku Pembelian Konsumen
This presentation uses a free template provided by FPPT.com TEKNIK PENGETIKAN (KEYBOARDING) 10 JARI Teknologi Perkantoran.
Pengembangan Sistem Informasi Erliyan Redy Susanto.
Transcript presentasi:

Waktu Respons dan Kecepatan Tampil Materi Pertemuan Ke-7 Waktu Respons dan Kecepatan Tampil

Pendahuluan Waktu sangat berharga Sistem yang lambat atau waktu respons yang tidak diharapkan akan menghasilkan: frustasi; kekesalan; kemarahan.

Waktu Respons Definisi : waktu respons (respons time) : jumlah detik dari saat pemakai memulai aktivitas (misalnya dengan menekan tombol enter atau tombol mouse) sampai komputer menampilkan hasilnya di display atau printer waktu pemakai berpikir (user think time) : jumlah detik yang diperlukan pemakai untuk berpikir sebelum memasukkan perintah berikutnya

Model sederhana bagi waktu respons sistem dan waktu pemakai berpikir

Model yang realistik dari waktu respon

Pertimbangan bagi Para Desainer Hal-hal yg berhubungan dgn waktu respon dan kecepatan tampil : Complex interaction of technical feasibility cost Task complexity User expectation Speed of task performance Error rates Error-handling procedures

Pertimbangan bagi Para Desainer Hal-hal yg berhubungan dgn waktu respon dan kecepatan tampil : interaksi kelayakan teknis yang rumit biaya kompleksitas tugas (task) ekspektasi pemakai kecepatan kinerja tugas tingkat kesalahan prosedur penanganan kesalahan

Faktor-faktor lain : perbedaan kepribadian waktu pemakaian (siang,malam) kelelahan tingkat pengenalan komputer pengalaman melaksanakan tugas motivasi

Waktu respon > 15 detik - merusak produktivitas sistem - meningkatkan tingkat error - mengurangi kepuasan Waktu respon < 1 dtk Lebih disukai Meningkatkan produktivitas Meningkatkan tingkat eror u/ tgs yg kompleks

Pedoman Waktu Respons pemakai lebih menyukai waktu respons yang lebih pendek waktu respons yang lebih panjang (lebih dari 15 detik) mengganggu pemakai mengubah cara penggunaan sesuai dengan waktu respons waktu respons yang lebih pendek menyebabkan waktu pemakai berpikir yang lebih pendek

Lanjutan… langkah yang lebih cepat meningkatkan produktivitas, tetapi juga meningkatkan tingkat kesalahan kemudahan perbaikan kesalahan dan waktu perbaikan kesalahan mempengaruhi waktu respons optimal

waktu respons harus sesuai dengan tugasnya: Lanjutan… waktu respons harus sesuai dengan tugasnya: mengetik, menggerakkan kusor, memilih dengan mouse : 50-150 milidetik tugas sederhana yang sering: < 1 detik tugas biasa : 2-4 detik tugas kompleks : 8-12 detik

pemakai harus diberitahu mengenai penundaan yang panjang Lanjutan… pemakai harus diberitahu mengenai penundaan yang panjang perbedaan waktu respons yang tidak banyak dapat diterima penundaan yang tidak diharapkan dapat mengganggu tes empiris dapat membantu dalam menentukan waktu respons yang sesuai