Start.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENDAHULUAN KONSEP ALGORITMA DAN DIAGRAM ALIR (FLOWCHART)
Advertisements

DASAR PEMROGRAMAN (VTI 301)
TEORI ALGORITMA.
Pengenalan Algoritma Ardian Maretta Prastiawan, Ssi
Introduction to Algorithm and Programming
ALGORITMA.
Algoritma dan Flowchart
Pengajar : ELIYANI, S.T., M.Kom Semester : I Tahun : 2012/ 2013
Algoritma dan Pemrograman
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
Algoritma.
PENGANTAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Pengantar Logika & Algoritma
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
Pengantar Algoritma dan pemograman
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
Flowchart.
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
Pengantar Algoritma.
Pengantar Logika & Algoritma Hasbu Naim Syaddad, S.Kom.,M.Kom.
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Mahasiswa diharapkan dapat:
Pengantar Logika & Algoritma
Analisis dan desain Algoritma (PG157)
Pertemuan 1 Muhamad Haikal,S.Kom., MT
ALGORITMA & PEMROGRAMAN I-A
PERTEMUAN 1 Algoritma & Pemrograman
Flowchart (Diagram Alur)
Algoritma dan Pemrograman 1
Algoritma.
Algoritma merupakan pondasi yang harus dikuasai mahasiswa yang ingin menyelesaikan masalah secara terstruktur, efektif, dan efisien, khususnya untuk.
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN 1A
ALGORITHMA DAN ATURAN PENULISANYA
Virdiandry Putratama,ST Politeknik Pos Indonesia Tahun 2015
penyusunan algoritma (flowchart)
Flowchart.
Menuliskan Algoritma Algoritma dapat dituliskan dengan berbagai cara:
ALGORITMA Anifuddin Azis.
Struktur Algoritma Sequence Process: instruksi dikerjakan secara sekuensial, berurutan. Selection Process: instruksi dikerjakan jika memenuhi kriteria.
Algoritma.
Flowchart.
Algoritma Indriati ,ST .,M.Kom.
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
Definisi Algoritma Algoritma adalah urutan langkah logis tertentu untuk memecahkan suatu masalah. Yang ditekankan adalah urutan langkah logis, yang berarti.
Introduction to Algorithm and Programming
PENGANTAR ALGORITMA.
Bahasa Pemrograman Poltek Balikpapan 2010.
Introduction to Algorithm and Programming
FLOW CHART.
Pengantar Algoritma.
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
Introduction to Algorithm and Programming
Pertemuan ke-2 KONSEP ALGORITMA
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
Pengantar Logika & Algoritma
Pengantar Logika & Algoritma
Chapter 1 : Pengantar Algoritma
Chapter 1 : Pengantar Algoritma
ALGORITMA 1 Temu 1.
Algoritma Pemrograman II
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
ANALISIS ALGORITMA Hoiriyah, S.Kom., M.Kom.. Analisis dan Algoritma.
YULI ASTUTI, S.KOM.  Algoritma yaitu urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan sebuah masalah yang disusun dengan sistematis.  Program yaitu.
Dasar Konstruksi Pemrograman
PEMROGRAMAN DASAR 3.1 & 4.1 KONSEP, STRUKTUR, PENULISAN ALGORITMA DHARU WIHARTASIH, S.PD SMK PALAPA SEMARANG.
SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL ALI BASYAH, ST., M.Pd SMK PESANTREN DARUL DAKWAH.
Pengantar Logika & Algoritma Wiratmoko Yuwono Ali Ridho Barakbah Tita Karlita.
Konsep Algoritma Pemrograman
Transcript presentasi:

Start

ARE YOU READY TO STUDY THIS LESSON???

Jurusan Teknik Informatika ALGORITMA LOGIKA Jurusan Teknik Informatika Betha Nurina Sari,S.Kom STT RRI MALANG

Apa itu ALGORITMA ??? Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis.

Kata ALGORITMA Kata ALGORITMA berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal yaitu: Abu Ja Abu Ja’ ’far Muhammad Ibnu Musa Al far Muhammad Ibnu Musa Al- Khuwarizmi Khuwarizmi. Al-Khuwarizmi Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorisms.

DOMAIN Masalah : Motivasi untuk membuat algoritma Algoritma : Prosedur untuk menyelesaikan masalah. Program : Representasi formal dari suatu algoritma dengan menggunakan bahasa pemrograman yang bisa dimengerti oleh komputer. Proses : Aktivitas menjalankan langkah-langkah dalam algoritma.

KRITERIA ALGORITMA 1. Input 2.Output 3.Definiteness (pasti): instruksi jelas & tidak ambigu. 4. Finiteness (ada batas): algoritma harus memiliki titik berhenti (stopping role). 5. Effectiveness (tepat dan efisien): algoritma sebisa mungkin harus dapat dilaksanakan dan efektif.

CONTOH Ada 2 buah gelas, satu berisi teh dan satunya berisi kopi. Bagaimana caranya menukar isi masing-masing gelas ?

JAWABAN

Contoh lagi… Algoritma hitung luas persegi panjang 1.Masukkan panjang 2.Masukkan lebar 3.Hitung hasil perkalian panjang dengan lebar 4.Tampilkan luas

DO YOU KNOW ? Algoritma untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap???

JAWABAN : Masukkan bilangan yang akan ditentukan Bagi bilangan dengan 2 Hitung sisa hasil bagi pada langkah b. Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.

Siapa Yang Bisa Menunjukkan Algoritma Pemecahan Game ini?

ATURAN PENULISAN ALGORITMA Uraian deskriptif Menggunakan bagan/simbol tertentu seperti diagram alir (FLOWCHART) Menggunakan kata/kalimat yang mirip bahasa pemrograman (PSEUDOCODE)

FLOWCHART SIMBOL ARTI Terminal yang menyatakan awal dan akhir Process yang melambangkan suatu pengolahan data Input/output Inialisasi awal / loop (for..next) On-page connector,penghubung di satu halaman yang sama Off-page connector,penghubung di halaman berikutnya Flow lines, menunjukkan arah arus/pekerjaan Predefined, sebuah program yang terpisah yang dapat dipanggil dari main program Decision, perbandingan antara dua/lebih nilai

Menghitung Luas Segitiga Mulai Input = nilai alas dan tinggi Proses = alas x tinggi / 2 Output = luas alas selesai

Mencari hasil c=a*b Mulai / start Inialisasi awal a=3,b=5,c=0 Proses = c=a*b Output = cetak c Selesai / end

MENENTUKAN LULUS MATA KULAH Jika nilai ujian >= 55, maka seorang mahasiswa dinyatakan lulus suatu mata kuliah, dan jika < 55, maka mahasiswa tersebut dinyatakan tidak lulus mata kuliah tersebut Start Stop Input Nilai Cetak “Lulus” Cetak “Tidak Lulus” Nilai >= 55 ? Y T

PSEUDOCODE Kode atau tanda yang menyerupai (pseudo) atau merupakan pejelasan cara menyelesaikan suatu masalah. Pseudocode sering digunakan oleh untuk menuliskan algoritma.

NOTASI ALGORITMA Setiap Algoritma akan selalu terdiri dari tiga bagian yaitu : 1. Judul (Header) 2.Kamus (Deklarasi) 3.Algoritma (Deskripsi) Komentar mengenai setiap bagian dituliskan diantara tanda kurung kurawal. contoh:{ Komentar }

CONTOH PSEDOCODE mulai nilai a=3;b=5;c=0 hitung c=a*b tampilkan nilai c end

TUGAS 1 Tuliskan algoritma dengan flowchart dan pseudocode untuk menentukan nilai akhir mahasiswa Input = nilai mahasiswa Output = cetak nilai mahasiswa Nilai A bila nilai ujiannya >=80. Nilai B, bila nilai ujiannya >=70 tetapi < 80. Nilai C, bila nilai ujiannya >= 55 tetapi < 70. Nilai D, bila nilai ujiannya >= 40 tetapi < 55. Dan mendapat Nilai E untuk sisanya. Dikumpulkan minggu depan softcopy