PERTEMUAN 4 SISTEM PAKAR

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
SISTEM PAKAR Ari Eko Wardoyo, ST.
Advertisements

PERTEMUAN MINGGU KE-1.  Pengertian A.I  Merup. Sub-bid pengetahuan komp. yang ditujukan u/ membuat software (S/W) dan hardware (H/W) yang sepenuhnya.
SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
DECISION SUPPORT SYSTEMS & EXPERT SYSTEMS.
BAB 13. SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN Sistem Pendikung Keputusan (Decision Support System) atau DSS adalah sustu sistem yang digunakan oleh para manajer.
Sistem Pakar.
SISTEM PAKAR Disusun Oleh : Dessy Ratnasari ( )
ARSITEKTUR SISTEM PAKAR
TEKNOLOGI KECERDASAN ARTIFISIAL DALAM BISNIS
Arsitektur Sistem Pakar
METODE INFERENSI Dr. Kusrini, M.Kom.
Pengertian Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
SISTEM PAKAR.
SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN
KONSEP DASAR AI PERTEMUAN MINGGU KE-1.
SISTEM PAKAR & KECERDASAN BUATAN
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN
Kecerdasan Buatan (AI)
SISTEM PAKAR PERTEMUAN 8.
Definisi Inferensi  Inferensi adalah : Proses yang digunakan dalam Sistem Pakar untuk menghasilkan informasi baru dari informasi yang telah diketahui.
Konsep Sistem Informasi
Materi Pertemuan 9 & 10 SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
Sistem pakar Sistem pakar merupakan cabang dari Artificial Itellegence (AI) yang cukup tua karena sistem ini mulai dikembangkan pada pertengahan 1960.
SISTEM PAKAR DAN SPK.
Evolusi Sistem Informasi Berbasis Komputer
INFERENSI.
Kecerdasan Buatan Dalam Sistem Informasi Bab : Sistem Pakar – part one
Pendekatan Inferensi dalam Sistem Pakar
EXPERT SYSTEM By Daniel Damaris NS.
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) dan SISTEM PAKAR
Materi Pertemuan 9 SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
Artificial Intelligence
Pendekatan Inferensi dalam Sistem Pakar
BASIS PENGETAHUAN DAN METODE INFERENSI
SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN
MENGELOLA PENGETAHUAN
Model Heuristik Dr. Sri Kusumadewi, S.Si., MT. Materi Kuliah [8]:
METODE INFERENSI Kusrini, M.Kom.
SISTEM PAKAR & KECERDASAN BUATAN
Fakultas Ilmu Komputer
Evolusi Sistem Informasi Berbasis Komputer
Materi Pertemuan 9 & 10 SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
Sistem Informasi SISTEM PAKAR Rika Yunitarini, ST.
Pengembangan Sistem Pakar
ARSITEKTUR SISTEM PAKAR
Sistem Berbasis Pengetahuan Pertemuan ke - 2
Pertemuan 9 PENGANTAR SISTEM PAKAR
LATIHAN PERTEMUAN 9.
PENGANTAR PENGANTAR KECERDASAN BUATAN Artificial intelligence
Kecerdasan Buatan Dalam Sistem Informasi Bab : Sistem Pakar – part one
TEKNIK RISET OPERASI MUH.AFDAN SYAKUR CHAPTER.2
Kecerdasan Buatan Dalam Sistem Informasi Bab : Sistem Pakar – part two
SISTEM PAKAR Presentasi mempersembahkan Ponang Lahida
INFERENSI DAN PENALARAN
Pertemuan 11 PENGANTAR SISTEM PAKAR
Mesin Cerdas 17/9/2015 Kode MK : MK :.
SISTEM PAKAR.
Kecerdasan Buatan Dalam Sistem Informasi Bab : Sistem Pakar – part one
Sistem Informasi Manajemen
Pengenalan Sistem Pakar
SISTEM PAKAR & KECERDASAN BUATAN
Kecerdasan Buatan Dalam Sistem Informasi Bab : Sistem Pakar – part two
MENGELOLA PENGETAHUAN
SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA KERUSAKAN PERANGKAT TELEVISI MENGGUNAKAN METODE BACKWARD CHAINING Oleh: Achmad Faiz Nabil L. (01) Nafa Meilantu(17)
GUNAWAN Materi Kuliah [8]: (Sistem Pendukung Keputusan)
(CBIS) Computer Base Information System
Materi Pertemuan 9 SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
ARSITEKTUR SISTEM PAKAR
Transcript presentasi:

PERTEMUAN 4 SISTEM PAKAR PENDAHULUAN Sub Sistem CBIS Yg Menarik Sistem berbasis pengetahuan (knowledge based system) Kecedasan buatan ( artificial Intelligent) Bentuk sistem berbasis pengetahuan yg populer adalah sistem pakar (expert system) yg mempunyai 4 bagian utama User interface Inference engine Devolopment engine Knowlagde base

KECERDASAN BUATAN Kecerdasan buatan (artificial Intelligence A/I) adalah : Kegiatan memberikan pada mesin ( komputer) kemampuan untuk menampilkan prilaku yg dianggap cerdas. AI pertama kali diperkenalkan pada tahun 1956 dgn program komputer pertama disebut : logic theorist ( pembuktian teorima kalkulus). AI sedang diterapkan dibidang bisnis dlm bentuk sistem berbasisi pengetahuan ( knowledge base system), jenis yg paling popular adalah : program komputer yang memcoba untuk mewakili pengetahuan aturan yakni aturan praktis ( rule of thumb) dan aturan dugaan ( rule of good guessing).

PROBLEM DOMAIN MODEL SISTEM PAKAR PEMAKAI DEVELOPMENT ENGINE EXPERT & KNOWLEDGE ENGINEER INFERENCE USER INTERFACE KNOWLAGE BASE

USER INTERFACE Input Sistem Pakar User interface memungkinkan manajer untuk memasukkan instruksi & informasi ke dlm sistem pakar Input Sistem Pakar User interface dirancang untuk mempermudah dialog dua arah antara sistem & pemakai dgn menampilkan teknik tanya-jawab dan pengisian formulir kemudian muncul bahasa perintah & menu speadsheet elektronik & sistem manajemen data base (DBMS)

KNOWLEDGE BASE Knowlage base memuat fakta-fakta yg menjelaskan area masalah & juga teknik menerangkan masalah yg memjelaskan bagaimana fakta fakta tsb cocok sata dgn yang lain INTERFACE ENGINE Penaran Maju Penalaran maju disebut juga forward chaining dimana sistem pakar akan menguji apakah setiap kondisi benar atau salah. Penalaran Mundur Penalaran mundur disebut juga backward chaining

Membandingkan Penalaran Maju & Penalaran Mundur Penalaran mundur bergerak lebih cepat dari penalaran maju krn penalaran mundur tdk harus mempertimbangkan semua aturan & tdk membuat beberapa putaran melalui perangkat atauran. Penalaran mundur sangat sesuai jika: Terdapat variabel sasaran berganda ( multiple goal variable) Terdapat banyak aturan Semua atau hampir semua aturan tdk hrs diuji dalm proses mencapi pemecahan.

DEVELOPMENT ENGINE Komponen utama sisem pakar adalah development engine, yg digunakan utk menciptakan sistem pakar. Ada 2 pendekatan dasar yakni : Bahasa Pemrograman Shell sistem pakar