Basic GUI Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 13 Tahun : 2008 Versi : 1/0.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Mike Yuliana PENS-ITS
Advertisements

Java Applets Pertemuan 7
Komponen Antarmuka Grafis
Konsep Abstract Windowing Toolkit (AWT)
GUI in Java.
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
JAVA GUI (Graphical User Interface)
Pemrograman Aplikasi Java (TF4361)
Arranging Components on a User Interface Pertemuan 14 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
Pemrograman Aplikasi Java (TF4361)
PBO - PERTEMUAN 9- JAVA GUI.
Abstract windowing toolkit & swing
Graphic User Interface
Bahasa Pemrograman 3 Lab Bahasa Pemrograman 3
Layout Management Akhmad Zaini.
Membangun Aplikasi GUI
Layout Managers and Event Handling
Presented by : Ratri Enggar Pawening
KONSEP OOP DAN AWT [ RIO PRIANTAMA ].
Graphical User Interface (GUI)
STREAM INPUT/OUPUT Pertemuan 4 Matakuliah: T0456 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2007.
Class and Object Matakuliah : XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 2 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
SORTING Matakuliah : T0974 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming I Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Pemrograman Berorientasi Objek
OPERASI JUMP DAN EXCEPTION HANDLING
Graphics Pertemuan 4 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
File Matakuliah: XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan: 9 Tahun: 2008 Versi: 1/0.
Java GUI Container Pertemuan 2
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Graphical User Interface
Polymorphism Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 5 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Multimedia Pertemuan 13 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
ArrayList and Vector Matakuliah: T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan: 7 Tahun: 2008 Versi: 1/0.
Polymorphism Pertemuan 9 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Creating User Interfaces Pertemuan 6 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Java Applets Pertemuan 7 Matakuliah: M0864/Programming I Tahun: 2009.
Pemrograman Berorientasi Obyek
1 Pertemuan 12 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING Matakuliah: M0074/PROGRAMMING II Tahun: 2005 Versi: 1/0.
JAVA GUI SWING Kelompok 4 : M.Fadli Rozak ( )
Implementasi Pemrograman Berorientasi Objek
KONSEP SWING.
PBOL Dewi Kusumaningsih
MENGUASAI LAYOUT MANAGER
Graphical User Interface (GUI)
Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)
KONSEP AWT.
Java GUI PBO.
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
PBOL Dewi Kusumaningsih
Inheritance Pertemuan 8
Java User Interface (Swing)
Java Progamming Membangun GUI dengan Swing
Component and Layout Manager Pertemuan 3
GUI Pertemuan 10.
GUI AWT & SWING Alpro-2.
JFC dan Swing U Abd. Rohim, MT mailto:
Matakuliah : M0864/Programming I
JAVA GUI (Graphical User Interface)
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Visual Java
Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming
Pertemuan 13 MEMBUAT USER INTERFACE DENGAN SWING (LANJUTAN)
Graphical User Interface
PACKAGE.
Pemrograman Berorientasi Obyek
GUI Stiki © 2014.
Pemrograman Berorientasi Obyek
VISUAL PROGRAMMING DALAM JAVA
Multithreading Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 12 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
Transcript presentasi:

Basic GUI Matakuliah : T0984 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 13 Tahun : 2008 Versi : 1/0

Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu: Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu: Mendemonstrasikan pemograman Java menggunakan Grafik User Interface. Bina Nusantara

Adding Component to a Frame Layout Manager Panel Outline Materi Introduction Java GUI API Swing VS AWT Frame Adding Component to a Frame Layout Manager Panel Bina Nusantara

Introduction GUI (Graphical User Interface) : metode interaksi secara grafis antara user dengan komputer. API (Application Programming Interface) : suatu kumpulan fungsi-fungsi, prosedur-prosedur, kelas-kelas dalam sebuah operating system, library yang dapat mendukung apa yang diminta oleh program. Bina Nusantara

Kelas-kelas GUI diklasifikasikan menjadi 3 group : Java GUI API Kelas-kelas GUI diklasifikasikan menjadi 3 group : Container Classes  JFrame, JPanel, dan JApplet Component Classes  JButton, JTextField, JTextArea, JComboBox, JList, JRadioButton dan JMenu , adalah subclasses dari JComponent. Helper Classes  Graphics, Color, Font, FontMetrics dan Dimension. Bina Nusantara

Swing VS AWT AWT (Abstract Windows Toolkit) Swing Baik untuk pengembangan simple graphical user interface Kurang cocok untuk pengembangan GUI Projector. Rawan untuk bugs. Heavyweight components Contoh kelas : Button, Label, List Component, Canvas, dll dari java.awt Swing More Robust More Versatile Flexible library Komponennya tergantung pada platform. Lightweight components, untuk JApplet, JFrame dan JDialog masih heavyweight component karena masih tergantung dari AWT. Contoh kelas : JButton, JLabel, JList, JComponent, dll dari javax.swing Umumnya semua kelas menggunakan “J” di depan nama kelasnya Bina Nusantara

Tingkatan paling atas dari kontainer untuk menghandle komponen GUI. Frame Menggunakan JFrame Tingkatan paling atas dari kontainer untuk menghandle komponen GUI. Method : setSize(lebar,tinggi)  mengatur ukuran frame setLocation(x,y)  mengatur lokasi letak frame setVisible(boolean)  mengatur untuk ditampikan atau tidak setDefaultCloseOperation(int)  Spesifikasi operasi jika frame ditutup setLocationRelativeTo(component) Set lokasi frame ke komponen yang spesifik. Jika komponennya null maka frame akan tepat di tengah layar pack() secara otomatis set ukuran frame dengan komponen-komponen yang ada di dalam frame. Bina Nusantara

Frame ( lanjut .. ) Contoh Kode : Output : 400 300 Bina Nusantara

Adding Component to a Frame Untuk menambahkan komponen pada frame menggunakan method add. Setiap JFrame terdiri dari 1 buah content pane (java.awt.Container) Contoh : Kita menambahkan 1 komponen dari JButton pada JFrame secara langsung. Buat objek button JButton btn = new JButton(“Submit”); Tambahkan objek button ke dalam frame dengan method add frm.add(btn); Kita dapat menggunakan kelas Container untuk menambahkannya dengan cara : Ketika objek telah dibuat maka langsung menambahkannya dengan: java.awt.Container con = frm.getContentPane(); con.add(btn); Bina Nusantara

Adding Component to a Frame ( lanjut .. ) Contoh Kode : Output : 1 buah Button yang dihandle oleh 1 content pane frame tersebut Bina Nusantara

Mengatur tampilan komponen-komponen pada kontainer. Layout Manager Mengatur tampilan komponen-komponen pada kontainer. Ada 3 layout manager dasar : FlowLayout GridLayout BorderLayout Bina Nusantara

Layout Manager ( lanjut ..) FlowLayout Simple Layout Manager Peletakan komponen perbaris dari kiri ke kanan 3 Konstanta : FlowLayout.RIGHT FlowLayout.CENTER FlowLayout.LEFT Bina Nusantara

Layout Manager ( lanjut ..) Contoh FlowLayout Bina Nusantara

Layout Manager ( lanjut ..) GridLayout Diatur dalam grid (matix) Dapat mendefinisikan jumlah baris dan kolom waktu dipanggil konstruktor Bina Nusantara

Layout Manager ( lanjut ..) Contoh GridLayout Bina Nusantara

Layout Manager ( lanjut ..) BorderLayout Terdiri dari 5 area peletakan : BorderLayout.EAST BorderLayout.SOUTH BorderLayout.WEST BorderLayout.NORTH BorderLayout.CENTER Bina Nusantara

Layout Manager ( lanjut ..) Contoh BorderLayout Bina Nusantara

Untuk mengatur letak komponen. 1 panel hanya menghandle 1 layout. Menggunakan JPanel. Letak default panel : FlowLayout Menggunakan fungsi add(Component), menambahkan komponen pada panel Bina Nusantara

Panel ( lanjut .. ) Contoh Panel Bina Nusantara

Referensi Introduction to Java Programming. 7ed. Liang. 2009. Chapter 13, hal 447 GUI Basic http://en.wikipedia.org/wiki/Graphical_user_interface http://en.wikipedia.org/wiki/JFrame http://www.dreamincode.net/forums/showtopic17705.htm http://www.ged.fi/DesignPatterns/ Bina Nusantara