Islam Normatif dan Historis

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TOLERANSI DALAM BERAGAMA
Advertisements

Seminar Pendidikan Agama Islam
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Awal mula munculnya berbagai aliran-aliran dalam Islam sebenarnya adalah ketika Umat Islam kehilangan sosok fundamental seperti Nabi Muhammad Saw. Ketika.
Hukum Islam. Definisi Hukum Islam: Hukum yang bersumber dan merupakan bagian dari ajaran Islam. Syari’at Fiqh Ditetapkan secara langsung dan tegas oleh.
AGAMA ISLAM APAKAH ISLAM ITU SATU ATAU BANYAK? MANA ISLAM YANG BENAR?
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
KEBUDAYAAN ISLAM Konsep Kebudayaan Dalam Islam
ISLAM ?.
PERTEMUAN KE 3 AGAMA ISLAM
Abdu Rohman (At-Taufiq Madinah Institute)
Anggota : 1.Puspa Nurmawati Novita Selfiani Muhammad Yusuf efendi Galang Septi Bayu A Vicka Nandhya R
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
Problematika Umat Islam
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Pertama)
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
 Dalam berbagai situasi dilema, kita harus memilih berdaarkan niat, aksi, cara, konsekuensi, tujuan, situasi dan latar belakang budaya.  Pada pengambilan.
Pendidikan Agama Islam
Bismillahirrahmaanirrahiim Assalam’alikum Wr,wb
Mewujudkan Nilai-nilai Islam dalam Kehidupan Modern: Sebuah Tantangan*
S K I Konsep Kebudayaan Islam Nilai-Nilai Islam Dalam Budaya Indonesia
AGAMA Agama merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia. Agama berkaitan dengan kepercayaan-kepercayaan, keyakinan-keyakinan terhadap Tuhan.
Metode memahami islam Oleh: Sayan Suryana, S.Sos.M.M. FH. Unsika.
I. Arti dan Ruang lingkup agama Islam
SISTEM POLITIK ISLAM.
Masyarakat Madani Nurhasan, M. Ag.
AGAMA DAN AGAMA ISLAM NANING PUTRI UTAMI
Sepilis: Tak Kenal, Maka Tak Selamat
Ideologi dan Nilai-nilai Pancasila
Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang 2011
Agama? Apakah agama itu?.
BAHASAN HARI INI PENGERTIAN & FUNGSI AL-SUNNAH & AL-HADITS
6. BAGAIMANA MEMAHAMI HADITS NABI SAW
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Mata Kuliah Islam dan Budaya Jawa Jurusan PAI STIT Muh. Wates
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
1. Konsep Masyarakat Madani Pengertian Masyarakat Madani
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TEOLOGI PLURALISME Oleh: Hadi Santoso ( )
KEBUDAYAAN DAN PERADABAN ISLAM Dr. Hardiwinoto, SE., M.Si.
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
السلام عليكم.
SEJARAH ISLAM APA YANG DIMAKSUD DENGAN SEJARAH?
Konsep Kebudayaan Dalam Islam
KONSEP ETIKA DAN ETIKET
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
Islamic State : Perjanjian Madinah dan Dasar Teori Negara di Asia Barat Oleh : Sastra Dinata.
ISLAM dan PERKEMBANGAN ISLAM
Politik dalam Islam Pegangan Guru. Politik dalam Islam Rumusan Masalah 1.Apa itu politik islam? 2.Nilai-nilai dasar dalam politik islam? 3.Apa itu negara.
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM.
ASSALAMU’ALAKUM Wr. Wb KELOMPOK 7 : MUTHIAH ALIBAS
KODE D.11.2 TAFSIR SURAT ASY-SYU’ARA 214 OBJEK PENDIDIKAN
KRITIK TERHADAP HERMENEUTIKA
Strategi Dakwah & Manifestasi Tabligh Dalam Kehidupan Masyarakat
ISLAM DALAM DISIPLIN ILMU
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
ThemeGallery PowerTemplate
6. BAGAIMANA MEMAHAMI HADITS NABI SAW
ISLAM METODOLOGI MEMAHAMI ISLAM Nama kelompok Nama kelompok Lutfi yuliono D Lutfi yuliono D Syaifuddin zuhri D Syaifuddin.
KBM 4 AQIDAH ISLAMIAH BAB 1 : FIRAQ DALAM ISLAM
PLURALISME DALAM ISLAM
AQIDAH UNIT 1 Kelas Bimbingan Dewasa.
بسم الله الرحمن الرحيم. Agama Islam Kelompok 3 : Athifah Midra Nanda Delina Fara Dinda Ayu Rahma.
DEMOKRASI (2) MASYARAKAT MADANI.
Oleh : Said Al Zubaidy, S.Ag, M.PdI Dosen METODOLOGI STUDI ISLAM.
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
OLEH : ARIE SULISTYOKO, S.Sos, M.H. Nilai, norma, dan moral adalah konsep- konsep yang saling berkaitan. Dalam hubungannya dengan Pancasila maka ketiganya.
Perkembangan Iptek di Dunia
Modul ke: Fakultas Program Studi Pendidikan Agama Islam Etos Kerja Islam Dian Febrianingsih, M.S.I 08 PSIKOLOGI Psikologi.
Transcript presentasi:

Islam Normatif dan Historis Kelompok 3 m Islam Normatif dan Historis PGMI 2C O l e h : 1. Nurul Aliyah 2. Ragil Sari. M 3. Rohmi Inayah 4. Sugeng Prayitno 5. Umi Widiastuti

Pengertian Islam Normatif Kata normatif (Bahasa Inggris) “Norm” yang artinya norma, ajaran, ketentuan tentang masalahyang baik dan buruk dan boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan Kata Norma selanjutnya masuk dalam kosa kata bahasa indonesiadengan arti ukuran untuk menentukan suatu/ugeran. Jadi islam normatif yaitu salah satu penyebutan atau islam sebagai wahyu ISLAM NORMATIF DAN HISTORIS Oleh Kelompok 3 Fak. Tarbiyah Jurusan PGMI 2C IAIN WALISONGO SEMARANG

Islam historis Menurut Bahasa Menurut Istilah berkenaan dng sejarah; bertalian atau ada hubungannya dengan masa lampau kata sejarah berasal dari bahasa Arab syajarah (pohon) dan dari kata history dalam bahasa Inggris yang berarti cerita atau kisah islam yang tidak bisa dilepaskan dari kesejarahan dan kehidupan manusia yang berada dalam ruang dan waktu. Islam yang terangkai dengan konteks kehidupan pemeluknya. Oleh karenanya realitas kemanusiaan selalu berada dibawah realitas ke-Tuhan-an ISLAM NORMATIF DAN HISTORIS Oleh Kelompok 3 Fak. Tarbiyah Jurusan PGMI 2C IAIN WALISONGO SEMARANG

Pengelompokan Islam Normatif dan Islam Historis menurut Nasr Hamid Abu Zaid mengelompokkan menjadi tiga wilayah (domain) Pertama, wilayah teks asli Islam (the original text of Islam), yaitu Al-qur’an dan sunnah nabi Muhammad yang otentik. Kedua, pemikiran Islam merupakan ragam menafsirkan terhadap teks asli Islam (Al-qur’an dan sunnah nabi Muhammad SAW. Ketiga, praktek yang dilakukan kaum muslim. Praktek ini muncul dalam berbagai macam dan bentuk sesuai dengan latar belakang sosial (konteks). Contohnya : praktek sholat muslim di Pakistan yang tidak meletakkan tangan di dada. ISLAM NORMATIF DAN HISTORIS Oleh Kelompok 3 Fak. Tarbiyah Jurusan PGMI 2C IAIN WALISONGO SEMARANG

Menurut Abdullah Saeed menyebut tiga tingkatan pula, tetapi dengan formulasi yang berbeda Tingkatan ketiga manifestasi atau pratek berdasarkan pada nilai-nilai dasar tersebut yang berbeda antara satu negara dengan negara lain, bahkan antara satu wilayah dengan wilayah lain. Perbedaan tejadi karena perbedaan penafsiran dan perbedaan konteks dan budaya Tingkatan pertama, adalah nilai pokok/dasar/asas, kepercayaan, ideal dan institusi-institusi. Tingkatan kedua adalah penafsiran terhadap nilai dasar tersebut, agar nilai-nilai dasar tersebut dapat dilaksanakan/dipraktekkan. ISLAM NORMATIF DAN HISTORIS Oleh Kelompok 3 Fak. Tarbiyah Jurusan PGMI 2C IAIN WALISONGO SEMARANG

Membangun Universalisme Islam. Pengertian Universal Pengertian Islam Menurut KBBI Universalisme artinya 1 aliran yg meliputi segala-galanya; 2 penerapan nilai dan norma secara umum; 3 Ling pendekatan dl linguistik yg menganggap semua bahasa di dunia ini mempunyai dasar yg sama dng sistem logika Kata islam berasal dari kata aslam yang berarti patuh dan berserah diri. Kata ini berakar pada kata silm, yang berarti selamat,sejahtera dan damai. Orang yang menyatakan dirinya islam atau berserah diri, tunduk dan patuh kepada kehendak penciptanya disebut Muslim. Kedamaian akan tercipta adanya penyerahan serta kepatuhan (islam) kepada Sang Pencipta. Membangun Universalisme Islam. ISLAM NORMATIF DAN HISTORIS Oleh Kelompok 3 Fak. Tarbiyah Jurusan PGMI 2C IAIN WALISONGO SEMARANG

Membangun Universalisme Islam. Perkembangan global masyarakat sekarang ini sebagai dampak dari kemajuan ilmu pengetahuan terutama informasi dan komunikasi. Disebabkan era global itu akan mempengaruhi tatanan kehidupan manusia di abad ini. ISLAM NORMATIF DAN HISTORIS Oleh Kelompok 3 Fak. Tarbiyah Jurusan PGMI 2C IAIN WALISONGO SEMARANG

Membangun Universalisme Islam. Seorang muslim yang mengetahui islam dengan baik akan menjadi seorang muslim yang ‘alim ataupun ‘arif dan segala sikap dan tindak tanduknya terjaga oleh ilmu pengetahuannya. Seorang muslim ibarat seorang yang berjalan disuatu tempat yang terang dan jelas, yang tidak hanya bias menghindarkan diri dari terperosok ke dalam lubang-lubang yang terdapat di sepanjang jalan, tetapi juga bisa memilih jalan benar yang akan mengantarkannya ke tempat tujuan. Sebaliknya, seorang muslim yang tidak banyak mengetahui islam ibarat orang yang berjalan di tempat gelap dengan berpedoman pada bintang yang sering tertutup oleh pohon –pohon rindang. Dia mungkin mengetahi atau bisa memperkirakan tujuan perjalananny, tetepi suasana yang gelap tidak hanya menyebabkan sering tersandung atau terperosok kedalam tempat-tempat yang berlubang, tetapi juga akan menyesatkannya dari tujuan semula. ISLAM NORMATIF DAN HISTORIS Oleh Kelompok 3 Fak. Tarbiyah Jurusan PGMI 2C IAIN WALISONGO SEMARANG

Membangun Universalisme Islam. umat islam harus dapat meletakkan kembali konsep pembangunan, bukan dalam arti pembangunan fisik atau ekonomi semata, melainkan harus dimulai dari pembanguan individu yang memahami kedudukannya, baik dihadapan Tuhan, masyarakat, maupun dirinya sendiri. Dengan kata lain pembangunan masyarakt harus dilandaskan pada konsep pengembangan individu yang mengarah pada pembentukan manusia beradab tersebut yang dapat menghadapi segala problematika kehidupan tanpa kehilangan identitas diri ISLAM NORMATIF DAN HISTORIS Oleh Kelompok 3 Fak. Tarbiyah Jurusan PGMI 2C IAIN WALISONGO SEMARANG

WASSALAMUALaiKUM WR. WB. PENGANTAR STUDY ISLAM TEAM WORK BY : 1. SUGENG PRAYITNO 2. NURUL ALIYAH 3. ROHMI INAYAH 4. RAGIL SARI MUSTIKA NINGRUM 5. UMI WIDIASTUTI KELAS PGMI 2C 2013 IAIN WALISONGO SEMARANG DOSEN PENGAMPU : M. RIKZA CHAMAMI, MSI TERIMAKASIH WASSALAMUALaiKUM WR. WB. Nuwun