FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #4

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
OOP berputar pada konsep dari obyek yang merupakan elemen dasar dari program Anda. Ketika kita membandingkan dengan dunia nyata, kita dapat menemukan.
Advertisements

Array.
Workshop SCS: Java Game Programming
Dasar Exception Handling
Flow Control & Exception Handling
Java array.
PERTEMUAN 2 Variabel, Ekspresi, Operator, dan Flow Control
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Pemrograman Berorientasi Objek
Mendapatkan Input dari Keyboard
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
Diberikan pada Kuliah Sela Teknik Informatika - Universitas Muhammadiyah Malang Tahun 2011.
Bekerja dengan Java class library
Algoritma & Pemrograman 1
Struktur Data List Linear : Linked List (Single Linkedlist)
Exceptional Pendahuluan Bugs dan error dalam sebuah program sangat sering muncul meskipun program tersebut dibuat oleh programmer berkemampuan tinggi.
Do you remember this?.  Strategy  Concrete Strategy  Context  Client Strategy Pattern consists of..
Algoritma & Pemrograman 1
MATERI IV OOP (Object Oriented Programming) Chapter II.
Algoritma & Pemrograman 1
Pemrograman Berorientasi Obyek
Java array.
Array Oleh Shoffin Nahwa Utama M.T Disampaikan pada mata kuliah Struktur Data.
Kelas A dapat memiliki referensi ke obyek dari kelas- kelas lain sebagai anggota. Kadang-kadang disebut sebagai hubungan “has-a”. Sebagai contoh, sebuah.
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Struktur Kontrol Struktur kontrol if Struktur kontrol if-else
Penanganan Eksepsi Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
JAVA ARRAY.
PBO Daniel Riano Kaparang, S.Kom., M.Cs
Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
METHODS Mr. Yasri Object Oriented Program.
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
S. Indriani Lestariningati, M.T
Java array.
DASAR DASAR JAVA Dengan Netbans PBO Java.
Struktur Kontrol Pemilihan
Pemrograman Berorientasi Obyek
Java array.
KELAS STRING DAN INNER CLASS
BAB XI EXCEPTION HANDLING.
Dosen : Bella Hardiyana, S. Kom
Pemrograman berorientasi Objek
JAVA FUNDAMENTAL Dhea Raniasti.
Java array.
OPERASI FILE & EXCEPTION HANDLING
Algoritma &Pemrograman 1
Pengenalan dan Struktur Java (Operator dan Input)
Identifier, Keywords, Variabel, Tipe Data Primitif dan Operator
Java array.
Algoritma & Pemrograman 1
Algoritma &Pemrograman 1
Dasar Bahasa Java.
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
PEMROGRAMAN JAVA.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Dasar exception handling
Java array.
Identifier, Keywords, Variabel, Tipe Data Primitif dan Operator
Mengulang Kembali Type Data Input Output Struktur Kontrol
Java array.
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Pemrograman Berorientasi Objek
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #5 - 1
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #3 - 2
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #3 - 1
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #3 - 4
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #3 - 3
Transcript presentasi:

FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #4 Fundamental Data Type & Array

Tujuan Pertemuan Mahasiswa paham dan mampu menggunakan reference type. Mahasiswa memahami konsep dan teknik penggunaan String Mahasiswa memahami konsep dan teknik penggunaan Array Mahasiswa memahami konsep dan teknik penggunaan Scanner & FileReader

Dasar Object & Reference Object adalah suatu instance of (instansi/umpama/perumpamaan) dari suatu tipe (tapi tipe nonprimitive berupa suatu class). Object disimpan dalam suatu memory Reference variable menyimpan reference (memory address) ke objects

Reference Variable Reference variable (atau sering disingkat reference) dalam Java adalah variable yang dengan suatu cara tertentu menyimpan alamat memory tempat suatu object disimpan. Object 1000 (0,0) 1024 (5,12) 3200 point2 = 1024 3600 point1 = 1000 5124 point3 = 1000 Object Reference Type Var Reference Type Var Reference Type Var

Reference Variable Reference akan selalu menyimpan alamat memory tempat penyimpanan suatu object. Contoh: point1 menyimpan 1000, yang merupakan alamat memori dari (0, 0). 1000 point1 1024 point2 point3 (0, 0) (5, 12) (at 1000) (at 1024) 1000 (0,0) 1024 (5,12) 3200 point2 = 1024 3600 point1 = 1000 5124 point3 = 1000

Operators for Reference Variable Operator yang dapat dipakai oleh variabel dengan tipe reference (kecuali type String) adalah operator assignment ( = ) dan operator equality comparison (== atau != ). Contoh: point3 = point2; Dengan demikian maka: Point3 sekarang berisi 1024, yaitu; Alamat dari object (5,12) Before After 1000 (0,0) 1024 (5,12) 3200 point2 = 1024 3600 point1 = 1000 5124 point3 = 1000 1000 (0,0) 1024 (5,12) 3200 point2 = 1024 3600 point1 = 1000 5124 point3 = 1024

Operations Deals with the Object Terdapat beberapa kategori operasi terkait object yang dijadikan referensi oleh variable tipe reference. Hanya terdapat 3 aksi yang dapat diberikan pada object: type conversion. Akses internal field (variable internal) atau call a method melalui dot operator (.). Menggunakan instanceof operator untuk verifikasi tipe dari object yang disimpan.

The dot operator (.) Dot operator digunakan untuk memilih method yang diterapkan pada suatu object. Contoh: String kalimat="Selamat pagi semua, apakabar hari ini"; char huruf3 = kalimat.charAt(3); Dot Operator method

Strings String dalam java akan ditangani secara reference type. String behaves like an object String immutable, Artinya begitu object string dibuat, isinya tidak bisa berubah. Contoh: String empty = “kosong"; String message = "Hello"; String repeat = message; Berdasarkan kode diatas: Terdapat 2 string, yaitu; object string kosong yang direferensikan oleh empty, dan object string Hello yang direferensikan oleh message dan repeat 1000 Kosong 1024 Hello 3200 Empty = 1000 3600 message = 1024 5124 repeat = 1024

Strings Concatenation "this" + " that" // Hasilnya "this that" "abc" + 5 // Hasilnya "abc5" 5 + "abc" // Hasilnya "5abc" "a" + "b" + "c" // Hasilnya "abc“ "a" + 1 + 2 // Hasilnya "a12" 1 + 2 + "a" // Hasilnya "3a" 1 + ( 2 + "a" ) // Hasilnya "12a"

Strings Comparing Untuk membandingkan kesamaan (equality) dua object String, digunakan equals method. String lhs = "this"; String rhs = "that"; Boolean sama = lhs.equals(rhs) // Hasilnya false Akan bernilai true jika lhs and rhs me-refer pada String yang menyimpan nilai yang identik.

Strings Methods String greeting = "hello"; int len = greeting.length(); // len is 5 char ch = greeting.charAt(1); // ch is 'e' String sub = greeting.substring( 2, 4 ); // sub is “ll"

String Converting/Casting .toString() Konversi primitive type ke String sourceType.toString(number_val, format); System.out.println( "55 in base 2: " + Integer.toString( 55, 2 ) ); Konversi String ke number destType.parseDestType(string); int x = Integer.parseInt( "75" ); double y = Double.parseDouble( "3.14" );

Arrays Array merupakan mekanisme dasar dalam penyimpanan sekumpulan entitas nilai yang memiliki type sejenis. Tiap entitas dalam array dapat diakses melalui operator index array, yaitu: [index] Nomer index dimulai dari nol.

Arrays Declaration Jumlah entitas yg dapat ditampung Array int [] array1; array1 = new int [100]; atau int [] array1 = new int [100]; Nilai atau sekumpulan entitas yang mengisi array atau int [] array1 = { 3, 4, 10, 6 };

Arrays Assignment array[i]= value; Index tempat penyimpanan nilai Nilai yang akan disimpan char [] array1 = new char[4]; for(int i=0;i<=3;i++) { array1[i]= (char) ('A' + i); System.out.println("isi" + i + ": " + array1[i]); }

Arrays Dynamic Array Expansion Dalam membuat array kita harus menetapkan ukuran array sehingga kompiler dapat mengalokasikan besaran memory yang akan dialokasikan bagi array int [] array1 = new int [10]; Teknik dynamic array expansion memungkinkan untuk menentukan ukuran array lebih fleksibel dan memungkinkan pengaturan besarnya ukuran array saat run time. int [] arr = new int[10]; int [] original = arr; arr = new int [12]; for( int i = 0; i < 10; i++ ) arr[i] = original[i]; original = null; Ukuran array Ukuran awal arr Ukuran baru arr

Arrays Dynamic Array Expansion int [] arr = new int[10]; … ; int [] original = arr; arr = new int [12]; for( int i = 0; i < 10; i++ ) arr[i] = original[i]; original = null; Mula2, arr merepresentasikan 10 integer; Original merepresentasikan 10 integer yang sama dengan arr; arr merepresentasikan 12 integer, yang sepuluh isi pertamanya di-copy dari original; dan Kemudian original dikosongkan lagi.

Arrays Enhanced for Loop & method length Code di atas akan mencetak isi suatu array dengan nama arrVariable, setiap satu loop isi arrVariable akan diisi ke value kemudian value dicetak. Berdasarkan kode di atas, variable panjang akan berisi nilai panjang dari array nama, yaitu: 4 for(String value : arrVariable) System.out.println(value); String [] nama = {"Budi", "Beni", "Betty", “Randy"}; int panjang = nama.length;

Arrays Enhanced for Loop & method length public class allAboutArray { public static void main(String[] args) { String [] nama = {"Budi", "Beni", "Betty", “Randy"}; for( String cetak : nama ) System.out.println(cetak); System.out.println("-----------"); for(int i=0;i<nama.length;i++) System.out.println(nama[i]); }

Exception Handling Exceptions digunakan untuk menangani kejadian eksepsi atau suatu kejadian yang tidak diharapkan (spt: error) try block digunakan untuk menguji kode yang mungkin akan menghasilkan suatu exception. catch block digunakan untuk melakukan proses jika suatu exception terjadi. The finally clause selalu dijalankan sebelum penyelesaian blok, terlepas dari exception.

Exception Handling import java.util.Scanner; public class exceptionTryCatch { public static void main( String [] args ){ Scanner in = new Scanner( System.in ); int x; System.out.println( "Enter an integer: " ); try { String oneLine = in.nextLine( ); x = Integer.parseInt( oneLine ); System.out.println( "Half of x is " + ( x / 2 ) ); } catch( NumberFormatException e ) { System.out.println("anda harus memasukkan angka bulat"); System.out.println( e );

The Scanner Type Metode termudah untuk membaca input adalah dengan menggunakan Scanner Untuk menggunakan scanner perlu melakukan import sbb: Membuat object type scanner import java.util.Scanner; Scanner input = new Scanner(System.in);

The Scanner Type The simplest method for reading formatted input is to use a Scanner Method: nextLine : untuk membaca satu baris input next : untuk membaca input string nextInt : untuk membaca integer nextDouble : untuk membaca double hasNextLine : untuk verifikasi apakah ada input baris berikutnya (outputnya: boolean) hasNext : untuk verifikasi apakah ada input string berikutnya (outputnya: boolean) hasNextInt : untuk verifikasi apakah ada input integer berikutnya (outputnya: boolean) hasNextDouble : untuk verifikasi apakah ada input double berikutnya (outputnya: boolean)

The Scanner Type FileReader Metode termudah untuk membaca input dari file teks adalah dengan FileReader dan Scanner Untuk menggunakan scanner perlu melakukan import sbb: Membuat object type scanner dengan FileReader import java.util.Scanner; import java.io.FileReader; import java.io.FileNotFoundException; Scanner input = new Scanner(new FileReader(fileName));

The Scanner Type Contoh Penggunaan FileReader import java.util.Scanner; import java.io.FileNotFoundException; import java.io.FileReader; public class bacaFile { public static void main(String[] args) { String file = “bio.txt”; try { Scanner fs = new Scanner(new FileReader(file)); String isi = fs.nextLine(); System.out.println(isi); } catch (FileNotFoundException fe) { System.out.println("Invalid filename. Try another:");

Latihan (Tugas) Buat program untuk membaca file teks. Kemudian tampilkan seluruh isi file teks tersebut pada Konsol. Kirim ke: augury.elrayeb@upj.ac.id Subject: tugas sdat 2016-01 - nim - nama Kasih penjelasan program pada email

See You Next Session Thanks