Bahasa : Pascal HandOut : Pertemuan 1 Dosen : Eko Purwanto, S.Kom

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
FUNGSI / FUNCTION ALGPROG II
Advertisements

PENGENALAN PASCAL STATEMENT TIPE DATA
Dasar Komputer & Pemrog 2 A minggu 5. PROCEDURE DAN FUNCTION Procedure dan Function adalah suatu program yang terpisah dalam blok sendiri Dan memiliki.
Pengenalan Bahasa Pemrograman Pascal
Praktikum pemprograman terstruktur1
RECORD.
Identifier, Variabel, Operator, Tipe Data dan Mengenal Object
VARIABEL DAN OPERATOR.
Chapter 3.2 : Tipe, Nama dan Nilai
Materi 2 Sequence & Flowchart
OPERASI MASUKKAN-KELUARAN
Logika & Algoritma -- Pertemuan II: Variabel dan Operator Logika & Algoritma --
Dasar Komputer & Pemrog. 2A
Pemprograman Terstruktur 1
Outline Awalnya dikembangkan oleh Borland dan umunya igunakan untuk paket perangkat lunak tingkat lanjut dengan kepustakaan yang lebih banyak dan.
T I P E D A T A.
Kontrak Praktikum Rabu, 24 Maret 2010
KOMENTAR Komentar dipakai untuk memberikan penjelasan atau keterangan di dalam baris program. Teks yang ditulis sebagai komentar tidak akan dikompilasi.
Algoritma Dan Pemrograman
Pengenalan Type Data Type data dapat dikelompokkan menjadi 2
ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
ANALISA DAN DESAIN ALGORITMA
ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
Pertemuan 2.
PENGGUNAAN TIPE DATA YANG EFEKTIF
Pertemuan 2 Muhamad Haikal, S.Kom., MT
PRAKTIKUM ALGORITMA PEMROGRAMAN
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tipe Data
PERTEMUAN 2 Bambang Irawan.
Contoh Aplikasi Untuk Pemrograman :
Dasar-Dasar Pemrograman
Algoritma pemrograman 2a
Algoritma dan Pemrograman 2A
BAB 2 Elemen Dasar.
Dasar-Dasar Pemrograman
PENGENALAN USER INTERFACE DALPHI 7.0 Volume 2
Konsep Dasar Bahasa Pascal
LINGKUNGAN TURBO PASCAL
FKIP Pend. Matematika Universitas Muhammadiyah Gresik
STATEMENT INPUT DAN OUTPUT
NILAI DAN EKSPRESI (TRANSFORMASI NILAI), TIPE DATA DAN TIPE OPERATOR
PENGGUNAAN TIPE DATA YANG EFEKTIF
PEMROGRAMAN PASCAL ELEMEN PEMROGRAMAN PASCAL.
Pengenalan Type Data Type data dapat dikelompokkan menjadi 2
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tipe Data
Tipe data & Variabel 1. Bahasa Pascal 2. Tipe data & Variabel
Dasar-Dasar Pemrograman
STRUKTUR DATA ( Menjelaskan Mengenai Data & Struktur Data )
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tipe Data
PENGENALAN PASCAL STATEMENT TIPE DATA
TIPE DATA.
BAB 1 PENGENALAN PASCAL.
Pertemuan 2 Rismayuni.
PENGGUNAAN TIPE DATA YANG EFEKTIF
Tipe data sederhana Hermansyah,S.Kom.
Dasar-Dasar Pemrograman
Bahasa Pemrograman Pascal
DATA DAN OPERATOR.
Pemrogram 1 Agus Darmawan, S.kom.
Tipe data & Variabel 1. Bahasa Pascal 2. Tipe data & Variabel.
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Chapter 3.2 : Tipe, Nama dan Nilai
PENGGUNAAN TIPE DATA YANG EFEKTIF
Dasar-Dasar Pemrograman
KOMENTAR Komentar dipakai untuk memberikan penjelasan atau keterangan di dalam baris program. Teks yang ditulis sebagai komentar tidak akan dikompilasi.
Algoritma 1 Temu 2.
Indentifier, Keywords, Variable, Tipe Data dan Operator
KOMENTAR Komentar dipakai untuk memberikan penjelasan atau keterangan di dalam baris program. Teks yang ditulis sebagai komentar tidak akan dikompilasi.
SMK BINA INSAN Pemograman Dasar Operasi Aritmatika Dan Logika Yobi Saputra 22.
Bahasa Pemrograman Prosedural. Program, Pemrograman, dan Bahasa Pemrograman Program adalah kumpulan instruksi/.perintah yang diberikan kepada komputer.
Transcript presentasi:

Bahasa : Pascal HandOut : Pertemuan 1 Dosen : Eko Purwanto, S.Kom Bahasa Pemrograman I Bahasa : Pascal HandOut : Pertemuan 1 Dosen : Eko Purwanto, S.Kom

Perkenalan Nama : Eko Purwanto E-mail : ekopurwanto_stmik@yahoo.co.id YM : ekopurwanto_stmik@yahoo.co.id Blog : http://www.ekostmik.wordpress.com Alamat : Jantirejo, Sidowayah, Polanharjo,Klaten Tinggal : Cemani (Utara Konimex) No. Hp : 081802525150 / 02717991796

Kehadiran : 30 Tugas : 30 UAS : 40

Program, Pemrograman, dan Bahasa Pemrograman Program adalah kumpulan instruksi/.perintah yang diberikan kepada komputer untuk melaksanakan tugas tertentu Pemrograman adalah upaya untuk membuat kode-kode instruksi/perintah yang dapat dimengerti oleh komputer Bahasa pemrograman adalah sarana yang digunakan untuk membuat kode-kode instruksi/perintah yang dapat dimengerti oleh komputer

Bahasa Pemrograman Low Level Middle Level High Level Bahasa Mesin Bahasa Assembler Middle Level Bahasa C High Level Pascal COBOL BASIC Fortran dll

Language Translator (1) Komputer hanya mengerti bahasa mesin (0 dan 1) Sedangkan manusia justru tidak mengerti bahasa mesin Bagaimana Solusinya ???

Language Translator (2) MANUSIA LANGUAGE TRANSLATOR

Language Translator (3)

Compiler dan Interpreter Menterjemahkan seluruh instruksi sekaligus Menterjemahkan instruksi baris per baris Pembuatan dan pengujian program relatif lama Pembuatan dan pengujian program cepat Program hanya dapat diuji jika benar-benar bebas kesalahan Program dapat langsung diuji meskipun masih ada beberapa kode yang salah Proses eksekusi berjalan cepat Proses eksekusi berjalan lambat Kode program dapat dirahasiakan Kode program tidak dapat dirahasiakan Contoh : Pascal, VB, Cobol, Fortran Contoh : PHP, ASP, Perl, Phyton http://verynewbie.blogspot.com/2009/05/perbedaan-compiler-dan-interpreter.html

Editor Pascal Turbo Pascal 7.0 Turbo Pascal 7.1 Turbo Pascal For Window dlsb

Turbo Pasca 7.0 dan Turbo Pasca 7.1 Under DOS (TPX.EXE)

Turbo Pascal for Window Under Windows (TPW.EXE)

Sifat Dasar Pemrograman Pascal Diawali Begin diakhiri End Tanda pemisah antar baris perintah adalah titik koma (;) Bersifat non sensitive case (tidak membedakan huruf kapital atau kecil)

Struktur Bahasa Pemrograman Pascal Judul Program (Boleh ada boleh tidak) aturan judul : Tidak menggunakan spasi Tanda penghubung harus berupa garis bawah ( _ ) Bukan kata perintah yang ada dalam bahasa pascal Bagian Deklarasi (Boleh ada boleh tidak) Tubuh program (Keharusan)

Persiapan Praktikum (1) Buat Folder di localdisk anda (C, D, E atau F) dengan nama PASCALxxx dimana xxx adalah digit terakhir NIM anda. Jalankan editor pascal dikomputer anda (Turbo Pascal 7.1) Pilih menu File kemudian pilih Change Dir… Ketik Path/Lokasi Direktori anda. Contoh : D:\PASCAL021 Setelah itu pilih OK

Praktikum (1) Setelah itu pilih Menu File Kemudian Pilih New Ketik Program berikut ini :

Praktikum(2) Lihat hasil kode program anda dengan menekan tombol CTRL+F9 pada keyboard secara bersama-sama atau Pilih Menu Run Kemudian pilih Run Hasil Program yang anda ketikan TEKAN TOMBOL ENTER UNTUK KEMBALI KE EDITOR

Perintah Dasar Pemrograman Pascal Write berfungsi untuk menampilkan informasi (yang diapit tanda kutip) kedalam layar dan kursor diletakkan disebalah kanan informasi yang ditampilkan Writeln berfungsi untuk menampilkan informasi (yang diapit tanda kutip) kedalam layar tetapi kursor akan dipindahkan kebaris berikutnya Readln menghentikan sementara program untuk dapat melihat hasil eksekusi sebelum ditekan enter

Perbedaan write dan writeln LETAK KURSOR LETAK KURSOR

Pertanyaan 1 Buatlah program untuk menampilkan tulisan sebagai berikut :

Membersihkan Layar Eksekusi (1) Setelah berulangkali kita mencoba mengeksekusi program untuk melihat hasil dari program yang kita jalankan maka layar eksekusi akan menampilkan beberapa hasil yang kita coba tidak hanya hasil dari program yang baru kita coba untuk membersihkannya gunakan perintah CLRSCR;

Membersihkan Layar Eksekusi (2) Jalankan program anda untuk melihat hasilnya. Apa yang terjadi ??? Terjadi kesalahan dan program tidak bisa dijalankan. Mengapa????

Membersihkan Layar Eksekusi (3) Perintah CLRSCR bukanlah perintah pascal biasa tetapi ia (perintah CLRSCR) berada dalam satu unit khusus dalam bahasa pascal. Oleh karena itu pada saat menggunakan perintah ini kita juga harus mendefinisikan unitnya pada bagian deklarasi dengan perintah USES nama_unit;

Unit Unit adalah kumpulan konstanta, tipe data, variabel, procedur dan function untuk melaksanakan fungsi tertentu. Semua perintah yang terdapat dalam turbo pascal disimpan dalam bentuk unit-unit. (Baca Modul Halaman 14-17) back

Membersihkan Layar Eksekusi (4) Perintah CLRSCR berada dalam unit khusus yang bernama CRT sehingga kita harus mendefinisikan dulu penggunaan unit CRT pada bagian deklarasi.

Membersihkan Layar Eksekusi (5) Jalankan program anda dan lihat hasilnya. Simpan Kode Program anda dengan nama COBA1 dengan cara pilih Menu File kemudian Save Ketik Nama File ditambah Ekstensi .PAS Kemudian klik OK

Latihan 1 Penggalan program berikut benar atau salah ? Jelaskan !

Latihan 2 Penggalan program berikut benar atau salah ? Jelaskan !

Latihan 3 Penggalan program berikut benar atau salah ? Jelaskan !

Unit Crt Yang Sering Digunakan GotoXY menempatkan kursor pada koordinat tertentu dilayar TextColor memberi warna pada tulisan TextBackground memberi background warna pada tulisan ReadKey membaca karakter tertentu dari keyboard selain tombol fungsi KeyPressed membaca penekanan tombol tertentu

GotoXY, TextColor, TextBackground

ReadKey

KeyPressed

Tugas Kumpulkan tugas pada awal pertemuan ke 2 Kerjakan Soal Pada Modul Hal. 39 kecuali No.2 Jawaban dikumpulkan pada kertas A4 dan tulis tangan Tulis identitas anda pada sudut kanan atas Nama NIM Prodi Kelas

Variabel Adalah besaran yang nilainya dapat berubah-ubah Variabel dapat digunakan dalam tubuh program bila telah didefinisikan terlebih dahulu pada bagian deklarasi Nama variabel bebas (tergantung pemrogram) namu harus mengikuti aturan sebagai berikut : Bukan merupakan kata perintah khusus (reserved word) dalam bahasa pascal Tidak menggunakan spasi (penghubung yang digunakan adalah garis bawah [ _ ]) Tidak menggunakan simbol-simbol khusus seperti : +,=,-,*,/,$ dll Tidak didahului dengan angka Nama variabel jangan terlalu panjang dan sebaiknya mudah diingat

Format Definisi Variabel Var Nama_Variabel : Tipe_Data; Atau Var Nama_Variabel : Tipe_Data; Contoh : Var Nama : String; Nama_Mahasiswa : String;

Constanta Adalah besaran yang nilainya tetap atau tidak berubah Constanta dapat digunakan dalam tubuh program bila telah didefinisikan terlebih dahulu pada bagian deklarasi Nama constanta bebas (tergantung pemrogram) namu harus mengikuti aturan sebagai berikut : Bukan merupakan kata perintah khusus (reserved word) dalam bahasa pascal Tidak menggunakan spasi (penghubung yang digunakan adalah garis bawah [ _ ]) Tidak menggunakan simbol-simbol khusus seperti : +,=,-,*,/,$ dll Tidak didahului dengan angka Nama constanta jangan terlalu panjang dan sebaiknya mudah diingat

Format Definisi Constanta Const Nama_Constanta = Nilai; Atau Const Nama_Constanta = Nilai; Contoh : Const Phi = 3.14; Uang_Lembur = 8000;

Program Penggunaan Variabel dan Constanta Dalam kasus ini jari-jari lingkaran tetap yaitu 7 sehingga luas lingkaran juga tidak mengalami perubahan

Tipe Data (1) Artinya apa??? Tempat untuk menentukan pemberian nilai terhadap suatu variabel, sesuai atau tidak dengan nilai yang diberikan oleh user Batasan terhadap tanda pengenal terhadap semua nilai yang diterima Artinya apa??? Data yang kita olah ada beberapa macam, bisa berupa angka bulat, angka pecahan, huruf ataupun kata. Masing-masing data tadi harus menempati ruang yang tepat sesuai dengan kapasitas ruangan tersebut Tipe data angka tidak bisa untuk huruf ataupun kata begitu juga sebaliknya

Tipe Data (2) Masing-masing tipe data memiliki daya tampung tertentu sehingga bila seorang user memasukkan data yang melebihi daya tampung, secara otomatis data tersebut akan ditolak. Misal Tipe data Byte memiliki range nilai 0-255, jika seorang user memasukkan angka melebihi dari range nilai tersebut misalkan saja memasukkan angka 300, sudah tentu tipe data Byte tidak mampu menampung angka tersebut.

Tipe Data (3) TIPE DATA DALAM PASCAL SEDERHANA TERSTRUKTUR INTEGER STRING REAL ARRAY BOOLEAN RECORD CHAR SET FILE

INTEGER BACK Tipe Data Rentang Nilai  Byte 0 s/d +255 Shortint  -28 s/d +127  Integer -32768 s/d 32767 Word  0 s/d 65535 Longint  2147483648 s/d 2147483647 Tipe data integer adalah tipe data khusus bilangan bulat. Artinya tipe data ini tidak bisa digunakan untuk bilangan pecahan atau desimal

REAL BACK Tipe Data Rentang Nilai real 2.9 x 10-39 s/d 1.7 x1038 single  1.5 x 1045 s/d 3.4 x 1038   double 5.0 x 10-324 s/d 1.7 x 10308 extended  3.4 x 10-4932 s/d 1.1 x 104932 comp  -9.2x 1018 s/d 9.2x 1018 Tipe data real adalah tipe data yang dikhususkan untuk angka pecahan atau desimal, namun tipe data ini juga bisa digunakan untuk angka bulat.

BOOLEAN Adalah tipe data yang hanya memiliki 2 nilai yaitu TRUE dan FALSE BACK

CHAR Tipe data char digunakan untuk menampung hanya satu karakter saja (1 digit) Karakter dapat berupa huruf atau angka yang diapit tanda kutip tunggal Contoh : ‘A’ ‘3’ BACK

STRING Tipe data string adalah tipe data yang digunakan untuk menampung karakter yang lebih dari 1 digit Karakter dapat berupa angka atau huruf yang diapit tanda kutip tunggal Tipe data ini termasuk tipe data terstruktur karena memiliki nilai index seperti pada tipe data array Contoh : ‘STMIK DUTA BANGSA’ ‘05235’ Misal Kata:=‘STMIK’; akan memiliki nilai index berikut : KATA[1]=S KATA[2]=T KATA[3]=M KATA[4]=I KATA[5]=K S T M I K 1 2 3 4 5 BACK

Fungsi-Fungsi Khusus Tipe Data String Length berfungsi untuk menghasilkan panjang string Copy berfungsi untuk mengcopy karakter dalam string Pos berfungsi untuk menghasilkan posisi suatu karakter dari string Val berfungsi mengkonversi tipe data string ke numerik (integer atau real) Str berfungsi untuk mengkonversi tipe data numerik (integer atau real) ke tipe data string Concat berfungsi menggabungkan dua buah string

Contoh Program Fungsi String

Contoh Program (1)

Hasil Program (1)

Operator Aritmatika Operator Operasi Tipe Operand Tipe Hasil Operasi + Penjumlahan Integer, real  Integer, real - Pengurangan * Perkalian / Pembagian div integer, integer integer mod Sisa pembagian

Operator Relasional Operator Operasi = Sama dengan <> Tidak sama dengan < Lebih kecil dari > Lebih besar dari <= Lebih kecil atau = >= Lebih besar atau =

Simbol dengan arti khusus Keterangan dan Contoh : = Assign Value (Diisi dengan) Contoh : Gol:=’A’; gaji_pokok:=2500000; = Equal to (sama dengan) if gol = ‘A’ then gaji_pokok:=2500000; : Mendefinisikan sebuah nama Var A: char; ; Akhir sebuah kalimat (statement) Writeln(‘STMIK Duta Bangsa Surakarta); . Akhir dari sebuah program End.

Fungsi Matematika Yang Sering Nama Fungsi Deskripsi abs absolute value arctan arctan (radian)  cos cosine (radian) sin sin (radian) exp fungsi Perpangkatan e ln round Pembulatan terdekat sqr  kuadrat sqrt Akar kuadrat trunc Pembulatan ke bawah

Contoh Program (2)

Hasil Program (2) Dalam kasus ini luas lingkaran tergantung pada berapa besar Jari-jaring lingkaran yang diinputkan oleh user.

Tugas Tugas ditulis dalam kertas folio bergaris dan dikumpulkan paling lambat pertemuan ke-3 Tulis identitas anda pada sudut kanan atas meliputi : Nama, NIM dan Program Studi Kerjakan modul halaman 47-48 No. 1,2,3,4,5,6