Part 1 PENGENALAN GRAFIKA
PENGERTIAN GRAFIKA KOMPUTER Menurut Suyoto (2003), grafika komputer (Computer Graphics) dapat diartikan sebagai perangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar, grafik atau citra realistik untuk seni, game komputer, foto dan film Sistem grafika komputer dapat dijalankan dengan komputer pribadi (Personal Computer) atau pada workstation. Grafika komputer semakin lama semakin pesat perkembangannya, sehingga definisi dari Grafika komputer dapat diartikan sebagai suatu studi tentang bagaimana menggambar (membuat grafik) dengan menggunakan komputer dan manipulasinya (merubah sedikit/transformasi/animasi).
SEJARAH GRAFIKA KOMPUTER Sejarah Grafika telah dimulai sejak jaman dulu kala berkomunikasi. Leonardo da Vinci pelukis dari Italia sudah menghasilkan lukisan dengan objek 3D. Proyeksi ortografik yang digunakan dalam sistem grafika komputer sekarang ini, ditemukan oleh Gaspard Monge (1746-1868) seorang ahli matematika berkebangsaan Perancis.
PERANAN DAN PENGGUNAAN GRAFIKA KOMPUTER GAME Visualisasi Pendidikan Image prosesing Graphical User Interface (GUI) Desain Grafik Presentasi Computer Art Film Televisi
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER Sistem grafika komputer dibedakan antara non-interaktif dan interaktif. Grafika Komputer non-interaktif dibuat asebagai akhir dari proses dalam bentuk hardcopy.
TEKNOLOGI DISPLAY GRAFIKA KOMPUTER Perkembangan teknologi komputer grafik dari masa ke masa harus juga diikuti dengan perkembangan teknologi display yang berfungsi sebagai alat keluaran dari grafik yang dibentuk agar dapat dinikmati oleh kita semua. Saat ini teknologi display yang paling populer dan paling banyak digunakan adalah LCD (Liquid Crystal Display), Teknologi LCD (Liquid Crystal Display) telah ada sejak beberapa tahun yang lalu, yang secara stabil menghasilkan begitu banyak produk baru yang tampilannya semakin baik.