Outline: Abstract Class Interface Boxing dan Unboxing

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Berorientasi Objek
Advertisements

Pemrograman JAVA (TIB09)
Rully Yulian MF MCAD,MCPD,MCT,MVP VB.NET Independent IT Trainer - Application Developer
Modul 14 – Hendi Hermawan - 1
ABSTRACT CLASS Imam Fahrur Rozi.
Object Oriented Programming
Pemrograman JAVA (TIB09)
Pemrograman Berorientasi Objek
Membuat Class Sendiri Atribut Pertemuan : Object Oriented Programming.
Advanced Class Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
Advanced Class 2 Pertemuan 11 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
Pemrograman Berbasis Obyek
Encapsulation, Inheritance, polymorphism, dan interface
Variabel, Method & Constructor Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
Pemrograman Berorientasi Objek
Inheritance (Pewarisan)
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
Class, Inheritance, Encapsulation & Interface
Pemrograman Aplikasi Bergerak
Pemrograman Berorientasi Obyek Oleh Tita Karlita
Abstract Class.
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING YANES HARDIANTO SUI Politeknik Manufaktur Astra 2011.
Pemrograman Berorientasi Obyek dengan JAVA Interface
Advanced Class Oleh : Nur Hayatin, S.ST Teknik Informatika – UMM 2011.
Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO)
Kelas Lanjut 2 Oleh Tita Karlita.
Class and Object Matakuliah : XXXX / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming II Pertemuan : 2 Tahun : 2008 Versi : 1/0.
INHERITANCE (Oleh : Nur Hayatin, S.ST)
Algoritma &Pemrograman 1
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
H. Risdiandri Iskandar, SKom,MM 1 Dasar Pemrograman Java.
Perancangan dan Pemrograman Web
Outline: Class Objek Konstruktor Destruktor Overloading dan Tipe value
Access Modifier.
Pemograman Berorientasi Objek
Outline: Pewarisan/Inheritance Polymorphism
Method & Constructor METHOD.
Inheritance Pertemuan 8
Pewarisan Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
MODIFIER JAVA.
POLYMORPHISM.
Pemrograman Berorientasi Objek
Abstrak class.
Association, Composition dan Inheritance
MEMBUAT CLASS SENDIRI 2.
Matakuliah : M0864/Programming I
Inheritance.
Interface Pertemuan 2.
Object Oriented Programming
Inheritance (Turunan)
Matakuliah : M0074/PROGRAMMING II Tahun : 2005 Versi : 1/0
Membuat Class Sendiri.
Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding
Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Object
Pemrograman Berbasis Objek
Algoritma dan Struktur Data
Pemrograman Berorientasi Object
PEWARISAN Kelompok : Alim Mutohidin ( )
ISTILAH-ISTILAH PENTING PEMROGRAMAN BERBASIS OBYEK
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
TEORI DAN KONSEP PEMROGRAMAN BERBASIS OBJECT (OOP)
Pertemuan 5 Inheritance
Pemrograman berorientasi objek
Dian Wahyuningsih, S.Kom., MMSI
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Obyek (PBO) Disusun oleh : Khairan Marzuki, M.Kom Fakultas Teknik dan Kesehatan, Universitas Bumigora.
Dasar Pemrograman Java H. Risdiandri Iskandar, SKom,MM 1.
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

Outline: Abstract Class Interface Boxing dan Unboxing PEMROGRAMAN VISUAL II Outline: Abstract Class Interface Boxing dan Unboxing

ABSTRACT CLASS Abstract secara sederhana bisa diartikan sebagai kelas yang tidak lengkap. Kelas abstrak mengandung satu atau lebih method yang tidak lengkap atau disebut abstract method. Abstrak hanya mendeklarasikan abstract method dan menyerahkan implementasi dari methods tersebut pada kelas turunannya (sub class). Abstract method dan class ditandai dengan adanya keyword abstract.

ABSTRACT CLASS Sintaks: [access modifier] abstract class nama_class { …………. statement; }

ABSTRACT CLASS Karena abstract class adalah sebuah kelas yang tidak lengkap (incomplete), maka kelas ini tidak bisa di instantiated (di buat objeknya). Untuk menggunakan fungsionalitas dari kelas ini, harus melalui kelas anaknya (sub class). Selain itu kelas turunan dari kelas abstrak harus mengimplementasikan semua method yang sudah dideklarasikan pada kelas induknya. Kelas turunan dari kelas abstrak disebut concrete class dari kelas abstrak.

INTERFACE Interface adalah suatu tipe jenis khusus di C#, digunakan untuk mendefinisikan spesifikasi yang harus di ikuti oleh kelas turunannya. Pada dasarnya interface bisa diumpamakan sebagai sebuah kontrak. Ketika anda mendesain sebuah interface, maka secara tidak langsung anda telah membuat sebuah aturan bahwa kelas yang menggunakan interface ini, harus mengimplementasikan semua method, properties yang telah didefinisikan pada interface tersebut. Access Modifier pada method dan member variable di Interface secara implisit adalah public.

INTERFACE Interface dideklarasikan menggunakan keyword interface. Seperti halnya abstrak class, interface juga tidak bisa di-instantiate. Interface di implementasikan oleh sebuah kelas. Kelas yang mengimplementasikan interface harus menyediakan body atau badan untuk semua anggota di interfaces. Untuk mengimplementasikan interface disebuah kelas, digunakan keyword colon ( : ), sama seperti halnya pewarisan. Penamaan interface pada umumnya selalu di awali dengan huruf i besar seperti Iwindows, Ikendaraan, dll.

Multiple inheritance pada kelas menggunakan Interface Konsep multiple inheritance bisa diwujudkan menggunakan interface. Kelas mampu mengimplementasikan lebih dari satu buah interface

Multiple inheritance pada interface Konsep multipe inheritance juga bisa diterapkan kepada interface. Artinya, interface juga bisa mewarisi sifat lebih dari satu interface.

Boxing dan Unboxing Proses Boxing dan Unboxing adalah suatu proses mengkonversi suatu tipe data value (misal:int) menjadi tipe reference / object. Jadi tipe value akan diperlakukan seperti sebuah objek. Istilah boxing berarti diubah menjadi object dan unboxing berarti dikembalikan lagi ke tipe data value. Proses boxing dilakukan secara implisit jadi compiler otomatis akan melakukannya ketika kita mengisi nilai bertipe value kedalam variabel bertipe object. Contohnya sebagai berikut:

Boxing dan Unboxing Tidak seperti boxing, proses unboxing harus eksplisit. Ketika proses unboxing kita harus tahu tipe data apa yang kita ingin konversikan dari tipe objek-nya.