(Object Oriented Programming)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KONSEP PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Advertisements

Latihan Soal 1. Dalam membagun aplikasi tidak lepas dari SDLC(System Development Life Cycle), yang tidak masuk dalam kategori tahapan SDLC adalah a. Analisa.
6. Tabel yang berisi program-program bantu yang dapat berfungsi untuk mempercepat dan optimalisasi dari pengolahan data, adalah : a. Tabel Kerja.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pemrograman Sistem terdistribusi
Oleh Ardian M. Prastiawan 9/12/2014 2:00:42 PM1. Materi 9/12/2014 2:00:42 PM2 1. Mangenal Delphi – 2 x Pertemuan 2. Mengenal IDE – 3 x Pertemuan 3. Object.
Paradigma OOP Ery Setiyawan Jullev A.
PENGENALAN ANALISA SISTEM BERORIENTASI OBYEK
Desain Sistem By Hendro Joko Prasetyo, M.Kom.
Pemrograman Lanjut Ratnokustiawan.wordpress.com.
DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom. BAB I – KONSEP PBO.
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
7 Rekayasa Sistem Konsep Utama OOP Dedy Alamsyah, S.Kom.
Konsep Pemrograman Berorientasi Objek
Perancangan dan pemrograman web Pertemuan 15
Desain Sistem By Hendro Joko Prasetyo, M.Kom.
BAB 1 KONSEP OOP.
Encapsulasi ( Pengkapsulan )
ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2C MATERI MINGGU KE-2 Pengenalan Teknik-teknik Bahasa Pemrograman Henny Medyawati.
Bag.3 Object Oriented Programming Pertemuan 25 Dasar Pemrograman
Operasi Dasar Input/Output
OOP pada pemrograman Web
CLASS, OBJECT METHOD, PROPERTIES Object Oriented Programming
PENGANTAR PEMROGRAMAN VISUAL BASIC
Mata Kuliah Algoritma dan Pemrograman 1-C
Desain Sistem.
Rekayasa Perangkat Lunak Konsep Orientasi Objek
Pemrograman Visual I Outline: Pengenalan bahasa C#
Pengertian Algoritma Pemrograman Pertemuan 1
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
OOidentity, state and behavior
Perancangan Sistem Informasi
Konsep delphi Pertemuan Ke-1 & 2.
PEMROGRMAN BERORIENTASI OBJECT Kontrak Perkuliahan
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
BAB 1 KONSEP OOP.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Pertemuan 1 KONSEP PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
1. Algoritma, Pemograman dengan C++
Latihan Soal 1. Dalam membagun aplikasi tidak lepas dari SDLC(System Development Life Cycle), yang tidak masuk dalam kategori tahapan SDLC adalah a. Analisa.
QUIZ PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Konsep Pemrograman berorientasi Objek
Object Oriented Programming
Konsep Object Oriented
POLYMORPHISM.
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Bina Sarana Informatika
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Pengenalan Borland Delphi 7.0
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJECT 4 SKS 2 TEORI DAN 2 PRAKTEK
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK
ANALISA & DESAIN BERORIENTASI OBJEK
Bina Sarana Informatika
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Testing Dan Implementasi Sistem
ISTILAH-ISTILAH PENTING PEMROGRAMAN BERBASIS OBYEK
PEMODELAN ANALISIS RPL – PERTEMUAN 5&6.
Desain Sistem.
TEORI DAN KONSEP PEMROGRAMAN BERBASIS OBJECT (OOP)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
Perkembangan Teknik Pemrograman
“DASAR-DASAR PEMBUATAN PROGRAM DENGAN MENGGUNAKAN Uton Sultoni
Transcript presentasi:

(Object Oriented Programming) Pertemuan 14 OOP (Object Oriented Programming)

I. Pengertian Tujuan utama dari pengembangan perangkat lunak atau program berorientasi objek, dapat dijelaskan sbb :   Mempersingkat waktu dan menurunkan biaya pengembangan rekayasa perangkat lunak. Menurunkan biaya perawatan perangkat lunak. Pemrograman berorientasi objek memberikan landasan yang sangat berguna untuk pembuatan prototype sistem secara cepat. Meningkatkan produktivitas pemrogram dgn meningkatkan ekstensibilita & kreativitas pemrogram

Kelebihan OOP Memiliki sarana yg bersifat visual Berorientasi objek Bekerja & menghasilkan program berbasis sistem operasi windows Memanfaatkan windows unt aspek grafis, multimedia, multitasking

Objek Komponen objek 1. Property (Data) Sesuatu yg menentukan karakteristik / sifat objek 2. Metode Aksi / tindakan yg dpt dilakukan oleh objek 3. Event Serangkaian kejadian / segala sesuatu yg dpt dialami oleh objek

II. Metode dan Objek Ada 3(tiga) karakteristik utama bahasa pemrograman berorientasi objek yaitu : a. Enkapsulasi ( pengkapsulan ) Enkapsulasi merupakan gabungan beberapa type data (record) dengan prosedur dan fungsi yang membentuk suatu type data baru yang tepat. Hakikat dari enkapsulasi ini adalah memadukan langkah program dengan data yang ada didalamnya. Dengan enkapsulasi anda dapat menyembunyikan didalam objek, baik data maupun fungsi / prosedur. Hanya dengan interface objek maka kita dapat mengakses datanya.

b. Inheritance ( penurunan sifat ) Penurunan sifat memungkinkan kita untuk membuat sebuah objek baru yang sama dengan objek sebelumnya yang telah didefinisikan. Karakteristik dari suatu objek diturunkan ke objek yang lain sehingga objek yang baru akan memiliki karakteristik yang sama dengan induknya. Penurunan ini diawali dengan mendefinisikan objek induk, sehingga dengan menggunakan objek induk tersebut, dapat membuat objek yang bertumpu pada objek induknya. Sehingga akan terbentuk objek keturunan. Dimana setiap objek turunannya dapat mengakses semua data dan program yang dimiliki oleh objek induknya.

c. Polimorphism ( keaneka ragaman )   Dengan polimorphism kita dapat membuat sebuah objek baru yang menunjukkan fungsi-fungsi yang sama dengan objek induknya, namun fungsi fungsi yang sama tersebut memiliki operasi yang berbeda-beda. objek yang masih didalam suatu hierarki dapat menyusun objek yang lainnya, sesuai dengan kebutuhan dari objek tersebut, yang artinya pemrograman berorientasi objek ini menyangkup keaneka ragaman objek yang menjamin terhimpunnya perpaduan keaneka ragaman data dengan prosedur atau fungsi.

SOAL LATIHAN PT Karakterisitik bahasa pemrograman berorientasi objek yang menyembunyikan data, fungsi dan prosedur dalam objek, adalah : a. Polimorphism c. Inheritance b. Modular d. Enkapsulasi 2. Karakteristik utama bahasa pemrograman berorientasi objek, adalah : a. Enkapsulasi c. polymorphism b. Inheritance d. Jawaban a, b dan c BENAR

Karakteristik utama bahasa pemrograman berorientasi objek, adalah : a Karakteristik utama bahasa pemrograman berorientasi objek, adalah : a. Enkapsulasi c. polymorphism b. Inheritance d. Jawaban a, b dan c BENAR Pemrograman berorientasi objek mencakup keaneka ragaman objek yang menjamin terhimpunnya perpaduan keaneka ragaman antara data dengan prosedur atau fungsi, adalah : a. Enkapsulasi c. polymorphism b. Inheritance d. Jawaban a, b dan c BENAR

3. Pemrograman berorientasi objek mencakup keaneka ragaman objek yang menjamin terhimpunnya perpaduan keaneka ragaman antara data dengan prosedur atau fungsi, adalah : a. Enkapsulasi c. polymorphism b. Inheritance d. Jawaban a, b dan c BENAR 4. Meningkatkan extensibilitas dan penggunaan kembali perangkat lunak merupakan tujuan dari : a. Pemrograman Terstruktur b. Pemrograman Top Down c. Pemrograman Object Oriented d. Pemrograman Modular

4. Meningkatkan extensibilitas dan penggunaan kembali perangkat lunak merupakan tujuan dari : a. Pemrograman Terstruktur b. Pemrograman Top Down c. Pemrograman Object Oriented d. Pemrograman Modular 5. Dibawah ini pernyataan yang benar tentang metode dan objek, kecuali: a. Metode merupakan suatu procedure atau fungsi yang disatukan dalam suatu objek b. Didalam sebuah objek, metode didefinisikan dengan sesuatu header fungsi atau prosedur. c. Nama metode harus diletakkan sebelum nama objek yang memiliki metode tersebut d. Diluar objek, sebuah metode didefinisikan secara penuh.